Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016227992/super-tucano-gatotkaca-indonesia-tiba-siang-ini
Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini
Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini

Quote:TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Empat unit pesawat serang ringan bermesin turboprop Super Tucano baru milik TNI AU, dijadwalkan tiba siang ini sekitar pukul 11.30 WIB di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (01/09/2012).

Pesawat produksi Embraer sebuah perusahaan asal Brazil itu dibandrol sekitar 10 Juta USD per unitnya, Indonesia membeli pesawat tersebut termasuk dengan dukungan sarana darat serta paket logistik terintegrasi.

Direncanakan pesawat itu akan menggantikan pesawat OV-10 Bronco yang telah digrounded.

Informasi yang dikumpulkan Tribunnews.com, empat pesawat ini dilepas dalam sebuah upacara di fasilitas produksi Embraer di Gaveao Peixoto.

Super Tucano dapat digunakan untuk berbagai misi, termasuk serangan ringan, pengintaian, intersepsi udara-ke-udara dan kontra-pemberontakan. Sedangkan Embraer adalah produsen pesawat komersial terbesar ketiga di dunia, di belakang Boeing AS dan Airbus Eropa.


Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini
kiri : Mayor Pnb James Yanes Singal

Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini
Pesawat tuboprop Super Tucano dan pesawat Jet seperti F 16 dan Su-27/30 peranannya untuk saling melengkapi. Pesawat jet lebih ditujukan untuk perang terbuka dan posisi pesawat turboprop hanya sebagai “air support”. Sementara untuk perang ireguler atau gerilya, pesawat turboprop sangat diandalkan untuk menghancukan soft target dengan bekerjasama dengan pasukan darat.



EMB-314 (Super Tucano)
merupakan pesawat latih berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat serang antigerilya buatan Embraer Defense System, Brasilia. EMB-314 Super Tucano merupakan pengembangan dari EMB-312 Tucano yang telah terjual 650 unit untuk 15 negara dengan Brasilia sebagai pemakai utama memiliki 130 unit. Penyempurnaan yang dilakukan dari pesawat sebelumnya meliputi sistem avionik, sistem persenjataan dan sistem komunikasi data. Sejak diperkenalkan dan dipakai Brasilia pada tahun 2004, EMB-314 terbukti berhasil melakukan misi penjagaan perbatasan di kawasan Amazon yang terkenal sangat rawan dengan aktivitas penyelundupan dan perdagangan narkotika.
Sistem persenjataan

Super Tucano memiliki 2 senapan mesin yang berada di sayap kiri dan kanan, 5 buah stasiun pengait dengan komposisi masing-masing 2 buah di sayap kiri dan kanan dan 1 buah di badan pesawat dengan beban total 1550 kg. Semua stasiun pengait bisa dipasang bom sejenis MK-81 dan MK-82, peluncur roket jamak, dan bom berpemandu Laser.
Varian

A-29A
Kursi tunggal dengan kemampuan serang antigerilya, pendukung tugas udara jarak dekat, menhadang dan menghancurkan pesawat biasa
A-29B
Kursi ganda dengan kemampuan sama seperti versi kursi tunggal, dengan kemampuan tambahan sebagai pesawat latih dan fungsi pengawasan udara

SPESIFIKASI

wiki | Embraer Defense and Security

Video
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


Image
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


Si Moncong Hiu Super Tucano Tiba di Lanud Malang

Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini


Quote:TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil penantian selama lima tahun akhirnya selesai sudah. Empat pesawat Super Tucano tiba di Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh, Malang, sebagai home basenya, Minggu (2/9/2012).

Dalam landing perdananya di run way Abd Saleh, Super Tucano disambut secara langsung oleh Panglima Komando Operasi TNI AU II, Marsekal Muda TNI Agus Supriyatna yang didampingi oleh Kas Koopsau II Marsma TNI A Dwi Putranto, Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, para pejabat Koopsau II dan Lanud Abd Saleh beserta insub.

Juga hadir Bupati Malang, Walikota Malang dan Walikota Batu serta pejabat sipil dan militer di wilayah Malang Raya serta warga Lanud Abd Saleh.

Empat pesawat Super Tucano yang datang secara feri dari Jakarta tersebut, saat di atas wilayah Surabaya disambut pula oleh pesawat Herkules A- 1312 dari Skadron Udara 32 yang selanjutnya membentuk formasi terbang sebagai ungkapan selamat datang di Lanud Abd Saleh dengan melakukan 2 kali fly pass sebelum akhirnya landing dengan lancar dan aman.

Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI Gutomo, mengataklan, pesawat tempur jenis propeller ini dengan segala kelebihannya, diharapkan dapat menjadi pengganti pesawat OV-10 Bronco yang telah selesai pengabdiannya dalam menjaga dan mengamankan wilayah kedaulatan NKRI.

"Super Tucano semoga dapat melanjutkan tugas-tugas OV-10 Bronco mengamankan wilayah kedaulatan NKRI."

Dari pabriknya di Gaveao Pieixoto San Jose dos Campos, Brazil, pesawat tersebut menempuh 54 jam total penerbangan untuk tiba di Indonesia, antara lain melewati Noronha Island, Brazil, Sal Island Cape Verde, Gran Canaria Island, Spanyol, Nador, Maroko, Palermo, Italia, Athena, Yunani, Luxor, Mesir, Doha, Qatar, Muscat, Oman, Ahmedabad, India, Kalkuta, India, Rayong, Thailand, Medan, dan Jakarta.

Pesawat bermesin 1.600 tenaga kuda dan mampu membawa senjata seberat 1.550 kilogram.

Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 560 kilometer per jam dan dilengkapi dua senapan mesin. Pada sayap, pesawat mampu membawa bom, peluncur roket, rudal guding bom, rudal air to air, side winder, serta memilki alat jejak malam.

Moncong pesawat tersebut, menurut Wakasau sengaja didesain bermoncong hiu, untuk menghormati pendahulunya di Lanud Abdurahman Saleh, yakni pesawat perang dunia ke II, Mustang P51.

Spoiler for P51 Mustang:


KSAU: Super Tucano Setara Hawk

Quote:Kepala Staf TNI AU (KASAU) Marsekal Imam Safaat menilai pesawat Super Tucano setara dengan pesawat tempur Hawk buatan Amerika Serikat, yang menggunakan mesin jet.

Hal ini disampaikan Safaat usai meninjau kesiapan skadron 21 Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh menyambut kedatangan pesawat buatan Brazil itu, Selasa (12/6/2012).

Menurut dia, Super Tucano, adalah pesawat tempur canggih, dengan penggerak proSENSOR atau baling-baling di moncongnya.
Ia menambahkan, bukan hanya Indonesia yang menggunakan pesawat ini. Namun, Amerika Serikat, juga telah memanfaatkannya sebagai salah satu kekuatan udaranya. Saat menjalankan misi pertempuran di Afganistan. "Amerika juga pernah gunakan pesawat ini," imbuh Safaat.

Kekuatan baru pesawat tempur Super Tucano ini, lanjut dia, akan mengisi kekosongan Skadron Udara 21. Pasca lima tahun sejak pesawat OV-10 Bronco digrounded, akibat sudah berulang kali mengalami kecelakaan.

Safaat membeberkan, sebanyak 16 unit pesawat Super Tucano mengisi kekuatan Skadron Udara 21.
Pesawat itu didatangkan secara bertahap dari Brazil mulai akhir Agustus ini. "Ada empat tahap, setiap tahapan empat unit pesawat," terangnya.
Sementara kebutuhan awak pesawat ini, akan diisi oleh sebagia kekuatan lama di Skadron Udara 21, serta tambahan penerbang baru dari luar Skadron Udara 21.

Sementara Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Marsekal Pertama (Marsma) TNI, Gutomo, mengatakan, persiapan sudah dilakukan menyambut hadirnya pesawat tempur baru ini. Baik fisik, berupa hanggar, dan tempat fasilitas penunjang lainnya. Selain itu juga disiapkan para personil, yang nantinya menjalani pelatihan di Brazil.

"Pengiriman personil dilaksanakan secara bertahap. Jumlahnya akan bertambah, sesuai kebutuhan," ujarnya.

Sumber : Detik


.
16 Pesawat Super Tucano seharga Rp1,3 Triliun

Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini


JAKARTA–Untuk memperkuat kekuatan Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrahman Saleh, Malang, TNI AU membeli pesawat tempur taktis Super Tucano buatan Brasil 16 unit dengan total biaya USD 143 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun. Pembelian ini dilakukan dalam beberapa tahap.

Wakasau Marsdya TNI Dede Rusamsi mengatakan, untuk tahap pertama didatangkan 4 pesawat yang hari ini telah tiba di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur.

“Kita sudah beli pesawat tempur taktis Super Tucano EMB-314 beserta persenjataan lengkap yang sudah satu paket dengan pelatihan dengan harga USD 143 juta untuk 16 buah pesawat (1 skuadron). Tahap selanjutnya, pada bulan Januari 2013 akan tiba 4 pesawat lagi dan seterusnya hingga lengkap 16 buah pesawat, setiap tahapnya akan dikirim 4 buah pesawat,” ujar Dede di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu (1/9/2012).

Pesawat Super Tucano TNI AU ini memiliki warna dasar doreng abu-abu dengan tambahan lukisan moncong hiu berwarna merah atau cocor merah sesuai tradisi skuadron sejak pesawat P-51 Mustang. “Pemilihan warna ini sudah sesuai dengan survei di mana dengan warna ini berguna dalam hal kamuflase disesuaikan dengan kondisi Indonesia yang bergunung dan berbukit” jelasnya.

“Pesawat ini sudah lama kami nantikan dan akhirnya sekarang dapat didatangkan. Ke depan pesawat ini akan digunakan unutk melindungi kedaulatan di seluruh wilayah kita, NKRI,” tambahnya.

Dede menjelaskan, pesawat yang dibeli TNI AU ini adalah tipe EMB-314 berkemampuan serang antigerilya (counter insurgency), pengendali udara depan (forward air control), dukungan udara dekat (closed air support), penyekatan (interdiction) dan pertahanan udara (kecepatan rendah), dengan kemampuan tambahan sebagai pesawat latih dan fungsi pengawasan udara (air surveillance).

“Pesawat ini bermesin tunggal Turboprop Pratt & Whitney PT6A-68C berdaya 1600 tenaga kuda dan sanggup terbang sejauh 1400 km atau 3,5 jam terbang namun bila ditambah drop tank atau tangki tambahan mampu terbang lebih jauh sejauh 2.855 km/jam atau 7,5 jam terbang. Kecepatan pesawat maksimum 320 knot/580 kmph dengan kecepatan o[erasi normal 280 knot/500 kmph,” jelasnya.

Kedatangan 4 pesawat Super Tucano yang memiliki warna dasar doreng abu-abu dengan nomor ekor TT-3101, TT-3102, TT 3103 dan TT 3104 ini diterbangkan langsung dari pabrik Embarer di San Jose dos Campos Brasil pada tanggal 20 Agustus 2012 dipimpin oleh Kapten Pilot Carlos Alberto beserta 7 pilot lainnya yang melintasi 12 negara dimulai dari Brasil, Cape Verde, Spanyol, Maroko, Italia, Yunani, Mesir, Qatar, Oman, India, Thailand sebelum tiba di Lanud Abdulrahman Saleh, Malang pada hari Minggu 2 September 2012 besok.

“Sebelum diterbangkan ke Indonesia keempat pesawat ini telah mendapat pemeriksaan meliputi klarifikasi dokumen, pencocokkan komponen pesawat, interior pesawat dan uji terbang yang melibatkan personel ahli dan penerbang uji TNI AU,” terangnya.


SUPER TUCANO AKAN DIPERSENJATAI PRODUCT LOKAL & BOM BUATAN DALAM NEGERI

Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini

Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini
plis deh, ini bukan gudang elpiji


Pesawat tempur ringan Super Tucano yangs segera memperkuat jajaran alat utama sistem senjata (alutsista) TNI Angkatan Udara akan mengandalkan persenjataan dari dalam negeri.

Hanya misil andalan pesawat ini yakni MAA-1 Piranha didatangkan dari luar karena industri pertahanan dalam negeri belum mampu membuatnya. Pesawat ini dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 28 Agustus nanti setelah diterbangkan dari pabrik pembuatnya Embraer, Brasil. Menurut Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat seusai peringatan Hari Bhakti TNI AU, pada 28 Agustus nanti ada empat unit Super Tucano yang tiba di Tanah Air.

Tiga bulan selanjutnya disusul empat unit lagi sehingga tahun ini ada delapan Super Tucano untuk mengisi Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang. Pengadaan pesawat asal Brasil ini terpisah dengan sistem persenjataannya.“Kalau untuk senjata seperti bom, kita sudah bisa buat sendiri. Kita pakai itu. Tapi kalau seperti misil Piranha, kita belum bisa buat, jadi harus beli,” ungkapnya belum lama ini.

Sementara itu,Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Azman Yunus menambahkan, empat unit pesawat tempur ringan Super Tucano sudah siap untuk diterbangkan dari Brasil ke Indonesia.Keempat pesawat itu adalah Super Tucano TT-3101, TT-3102, TT-3103, dan TT-3104 dengan desain moncong berwarna merahkarya almarhumMarsda TNI (Purn) F Djoko Poerwoko.

Tim dari Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Udara telah melakukan pemeriksaan pesawat dengan nomor seri produksi 179 dan 180 tersebut di fasilitas produksi Embraer di Gaveao Peixoto, SaoPaulo, Brazil. Pemeriksaan meliputi dokumen, pencocokan komponen pesawat, interior pesawat, pengecatan, dan uji terbang. Adapun uji terbang dilaksanakan oleh test pilot Embraer, William disertai oleh Komandan Skuadron Udara 21 Mayor Pnb James Yanes Singal.

Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini
Misil andalan pesawat ini yakni MAA-1_Piranha didatangkan dari luar karena industri pertahanan dalam negeri belum mampu membuatnya


sumber sindo

Quote:Super Tocano jelas peruntukannya bukan untuk dogfight frontal dalam perang udara besar melawan pesawat semacam F16 dan sejenisnya (untuk ini AU kita mempunyai pesawat tempur jet jenis lain untuk keperluan ini), tetapi lebih kepada menjaga dan penindakan gangguan keamanan dalam negeri seperti mengawasi dan menjaga perbatasan terutama pulau-2 terluar di seluruh wilayah Indonesia, pengintaian keamanan garis perbatasan dengan negara tetangga, penumpasan gangguan gerilya separatis semacam OPM , mencegah penyelundupan narkoba lewat laut, penumpasan bajak laut dll.TS.

Spoiler for :
serasa zaman th 45'an
ada P51, ZERO, splitfire
berisik g tuh gan?
sepertinya sama aja ma bronco
kesian abis di anestesi bs kaget bangun lage tar
Keren :

Moga makin mantap saja pertahanan Negara dan Bangsa ini.
kayak di pilem2 ya.... pokoknya mantabs
Quote:Original Posted By rakjatketjil
berisik g tuh gan?
sepertinya sama aja ma bronco
kesian abis di anestesi bs kaget bangun lage tar


lain gan, OV-10 Bronco pensiun ganti baru
Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini
Quote:Original Posted By primula.
model jadul banged?!
cocoknya jd armada kamikaze keknya
tp keren gan, msh bs ngangkut bom, minimal bs bw elpiji gede


Jadul gundulmu!! :

Komen ga mutu!! Pelajari dulu apa role nya.. baru komen.. :
wih garang..


mudah2an bisa menjaga NKRI supaya tetap aman terkendali dari invasi2 tetangga sebelah (dan buat mereka jiper juga tentunya)
Quote:Original Posted By rakjatketjil
berisik g tuh gan?
sepertinya sama aja ma bronco
kesian abis di anestesi bs kaget bangun lage tar


Penggantinya bronco ya ini, Super Tucano.
Quote:Original Posted By primula.
model jadul banged?!
cocoknya jd armada kamikaze keknya
tp keren gan, msh bs ngangkut bom, minimal bs bw elpiji gede


ini pesawat latih gan, sekaligus bisa digunakan untuk light attack dan counter insurgency.
kan gak lucu ngejar2 separatis di hutan pake sukhoi, rugi bandar kita.
Quote:Original Posted By lemon.water
ini pesawat latih gan, sekaligus bisa digunakan untuk light attack dan counter insurgency.
kan gak lucu ngejar2 separatis di hutan pake sukhoi, rugi bandar kita.


betul gan, banyak dipakai di amerika latin memerangi kartel-2 narkoba atau pemberontak, dikita cocoknya ngawasin perbatasan dan pulau-2 terluar gan .. melototin tetangga sebelah M.
Quote:Original Posted By multimitraprks
serasa zaman th 45'an
ada P51, ZERO, splitfire


Quote:Original Posted By primula.
model jadul banged?!
cocoknya jd armada kamikaze keknya
tp keren gan, msh bs ngangkut bom, minimal bs bw elpiji gede


ini pesawat modern biarpun pake kitiran
lagian tugas ni pesawat buat coin,( anti gerilya dan fire support pasukan darat)
jadi ga cocok lah klo tugas tsb pake pesawat bermesin jet

so ga ada yg salah beli ini,malah sangat pas pembelian pesawat tsb
Quote:Original Posted By primula.
model jadul banged?!
cocoknya jd armada kamikaze keknya
tp keren gan, msh bs ngangkut bom, minimal bs bw elpiji gede


Quote:merupakan pesawat latih berkemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat serang antigerilya buatan Embraer Defense System, Brasilia. EMB-314 Super Tucano merupakan pengembangan dari EMB-312 Tucano yang telah terjual 650 unit untuk 15 negara dengan Brasilia sebagai pemakai utama memiliki 130 unit. Penyempurnaan yang dilakukan dari pesawat sebelumnya meliputi sistem avionik, sistem persenjataan dan sistem komunikasi data. Sejak diperkenalkan dan dipakai Brasilia pada tahun 2004, EMB-314 terbukti berhasil melakukan misi penjagaan perbatasan di kawasan Amazon yang terkenal sangat rawan dengan aktivitas penyelundupan dan perdagangan narkotika.
Sistem persenjataa


di baca lagi gan tritnya
makin galak nie sistem pertahanan kita...
model tabung elpiji...

Super Tucano Gatotkaca Indonesia Tiba Siang Ini
mantap idenya...:
liat postingan kaskuser diatas,banyak yg ngerti jenis pesawat tempur...mangstab,ane menyimak saja

btw,pesawat ini bisa buat nembak vantatnya la nyalla gak?
kalo punya 100 biji lumayan tuh buat tempur ... dari 100bj mungkin bisa 50% yg nyampe sasaran,.... lumayan!!!
Quote:Original Posted By primula.
model jadul banged?!
cocoknya jd armada kamikaze keknya
tp keren gan, msh bs ngangkut bom, minimal bs bw elpiji gede


pesawat militer jangan dilihat bentuknya.tapi lihatlah fungsinya.:

1234 5678
Quote:Original Posted By khan10
betul gan, banyak dipakai di amerika latin memerangi kartel-2 narkoba atau pemberontak, dikita cocoknya ngawasin perbatasan dan pulau-2 terluar gan .. melototin tetangga sebelah M.


yup, beli berapa banyak tuh pesawat..??
gila lumayan juga up gradenya TNI tahun ini.
kemaren kapal trimaran sudah selesai 1 unit.
MBT nunggu datang.
dulu2 juga ada kabarnya soal penambahan submarine.
semoga lancar-lancar semuanya.
×