alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016226063/macam-macam-ocha-teh-jepang
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”
Sebagian orang mungkin sudah sangat mengenal seperti apa Teh Jepang ini. Teh dari Jepang ini disebut dengan “Ocha” yang lebih dikenal di indonesia dengan nama “Teh hijau“. Nah, Teh hijau (ryokucha) adalah teh yang sangat umum di Jepang, makannya apabila di jepang sana kita menyebut “teh” (ocha) maka kemungkinan besar yang dimaksud pastilah teh hijau, dan baru bisa disebut sebagai teh jepang (nihoncha) kalau memang tersedia pilihan teh jepang yang lainnya. Setiap Teh memiliki harga yang berbeda tergantung dari tanaman-nya itu sendiri.

Berikut adalah Macam-macam dari Ocha:

1. Gyokuro
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha. Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.

2. Matcha
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.

3. Sencha
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.

4. Genmaicha
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.

5. Kabusecha
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.

6. Bancha
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh kasar yang dibuat dari panenan yang kedua kali antara musim panas dan musim gugur. Daun teh untuk teh bancha biasanya lebih besar dari daun teh sencha dan aromanya tidak begitu harum.

7. Hōjicha
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh yang digongseng di atas penggorengan atau di dalam oven.

8. Kukicha
Macam-macam Ocha “Teh Jepang”

Teh berkualitas rendah dari daun teh bercampur tangkai daun teh.

Sumber: kitsunecuisine
(Kitsune Japanese Food)
ane tau nya cm matcha aja gan...

Quote:mampir trit ane gan :
Masuk gan, ada yg bening banget... (no BB)
Banyak juga ya, kira-kira yang paling enak yang mana tuh ?
Quote:Original Posted By Guntz.
Banyak juga ya, kira-kira yang paling enak yang mana tuh ?


Ane sudah coba semua Gan, yg paling enak menurut gue Genmaicha, ada rasa beras gosongnya...tp yang paling mahal itu Gyokuro Gan, super mahal dan mau minumnya aja ada langkah2nya.....
ane lebih suka teh celup gan emoticon-Big Grin
wah macam macam teh ya gan awkawkwkaw
Sepi amat, bantu emoticon-Sundul:
nice inpoh, gan .. emoticon-thumbsup

pagi-pagi gini jadi pengen minum teh .. emoticon-Smilie
Kalo ane suka yang Ocha Gyokuro Gan...rasanya umami Gan....
wah ternyata banyak jenisnya ya gan
makasih gan sharenya...

ane baru tau nih.. emoticon-Matabelo
wow..mantaps gan..thanks atas infonya ya.
enak tuh keknya gan
jadi pengen nyobain satu2 emoticon-Big Grin
Ane suka yang matcha gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

ane suka teh hijau lokal gan...hehehehe gak pait
kebanyakan jadi pusing gan!
banyak banget jenisnya!
Banyak Ya Ocha Macam-macamnya.
banyak sekali jenisnya!