alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016221969/bangunkan-quotpetrusquot-dari-tidurnya
Bangunkan "PETRUS" Dari Tidurnya
Welcome To My Thread

Harap Di Baca Terlebih Dahulu!
Sedikit Rules di Thread ini


~Biasakan memahami terlebih dahulu
~Biasakan untuk memberi komen yang membangun,jelas,dan tidak keluar dari topik
~kaskuser yang dewasa dan baik hati tidak akan lupa memberikan sedekah berupah reputasi emoticon-Cendol (S) dan emoticon-Rate 5 Star
~Terimakasih


Bangunkan "PETRUS" Dari Tidurnya

Sedikit Sejarah PETRUS

Quote:Artikel ini masih berkaitan dengan artikel Totosociety sebelumnya dengan judul ‘Petrus Solusi Terakhir Berantas Preman?‘. Kali ini saya akan menulis ulang kisah penembakan misterius beberapa tahun lalu. Operasi clurit yang masyarakat awam lebih akrab dengan sebutan Petrus.

Tahu 1980-an suasana Yogyakarta tiba-tiba berubah mencekam. Para preman yang saat itu dikenal sebagai gabungan anak liar (Gali) dan menguasai berbagai wilayah operasi tiba-tiba diburu tim OPK aka Operasi Pemberantasan Kejahatan yang kemudian dikenal dengan Petrus atau penembakan misterius. Ketika melakukan aksinya tak jarang suara letusan senjata para penembak misterius terdengar oleh masyarakat sehingga menimbulkan suana mencekam. Mayat dari aksi Petrus itu umumnya mengalami luka di kepala serta leher dan dibuang di lokasi yang mudah ditemukan penduduk. Dan saat mayat ditemukan akan langsung menjadi headline media massa yang terbit di Yogyakarta.

Berita terbunuhnya para tokoh gali itu sontak membuat heboh dan menjadi pembicaraan seantero wilayah DIY hingga pelosok kampung. Meskipun merupakan korban dari penembakan misterius, sudah menjadi rahasia umum warga Yogyakarta saat itu bahwa pembunuhan itu dilakukan oleh pihak militer. Sasaran penembakan misterius saat itu adalah pentolan-pentolan gali terkenal, yaitu mereka-mereka yang secara terang-terangan menguasai satu lokasi atau daerah, memungut uang keamanan dari daerah itu, bila ada yang melawan bakalan dianiaya di tempat terbuka, merampok dan melakukan kejahatan secara terang-terangan. Polisi setempatpun dibuat hilang nyali oleh tokoh-tokoh gali ini.

Aparat keamanan di Yogyakarta melakukan Operasi Penumpasan Kejahatan (OPK) terhadap para gali ini dikarenakan tindak kejahatan para gali sudah sangat keterlaluan, bahkan masyarakat DIY cenderung lebih takut kepada gali dibanding aparat kepolisian. Turunnya militer dalam operasi OPK diakui sendiri oleh Letkol M. Hasbi yang saat itu sebagai Komandan kodim 0734 yang sekaligus merangkap Kepala Staf Garnisun Yogyakarta.


Meskipun cara kerja tim ini tidak pernah diumumkan secara formal namum modus operandinya senderi dapat dikenali dari cara meng-eksekusi para gali. Tim OPK akan melakukan briefing sebagai langkah operasi yang standar, selanjutnya menentukan target, melakukan penyergapan, saat target berhasil ditemukan ada dua opsi: ditembak di tempat itu juga atau dibawa dulu untuk selanjutnya dieksekusi di tempat lain. Selanjutnya mayat korban dimasukkan ke dalam karung atau langsung dilempar di tempat yang mudah di temukan. Esoknya Tim OPK akan mengecek hasil operasinya melalui surat kabar yang terbit pada hari itu sekaligus mengukur tingkat kehebohan masyarakat.

Aksi OPK dengan modus operandi semacam itu dengan cepat menebar teror dan ketegangan bagi para pelaku kejahatan secara nasional, karena korban OPK di kota lain juga mulai berjatuhan. Pentolan-pentolan gali yang selama ini seolah tidak tersentuh berjatuhan dengan luka tembak mematikan di kepala dan leher. OPK secara psikologis mampu menekan angka kriminalitas dengan melakukan pembunuhan secara terang-terangan.

Pada tahun 1982, Presiden Soeharto memberikan penghargaan kepada Kapolda Metro Jaya Mayjen Pol Anton Soedjarwo atas keberhasilannya membongkar aksi perampokan yang meresahkan masyarakat sekaligus dinilai sukses dalam melancarkan aksi OPK. Pada bulan Maret tahun yang sama pada acara khusus membahas persoalan pertahanan dan keamanan, Rapim ABRI, Presiden meminta secara langsung kepada jajaran Polri —- waktu itu masih menjadi bagian dari ABRI —- untuk mengambil langkah pemberantasan kejahatan secara lebih efektif untuk menekan tingkat kejahatan. Permintaan presiden tersebut diulangi dalam pidato resmi kenegaraan pada 16 Agustus 1982. Hal inilah yang menyebabkan Pangkopkamtib Laksamana Soedomo melakukan rapat koordinasi bersama Pangdam Jaya, Kapolri, Kapolda Metro Jaya dan Wagub DKI Jakarta. Dan dari rapat koordinasi ini lahirlah operasi pemberantasan kejahatan yang bersandi Operasi Clurit.

Indikator mengapa Operasi Clurit atau Petrus tahun 1982 digelar:

Wibawa aparat kepolisian sudah tidak dipandang lagi
Kejahatan dilakukan secara terang-terangan dan semakin berani
Keresahan masyarakat sudah memuncak
Kelompok preman sudah mencapai populasi yang besar sehingga sulit untuk diatur dan dikendalikan
Presiden sudah ikut berbicara yang suka tidak suka itu merupakan titah langsung


Bangunkan "PETRUS" Dari Tidurnya

Quote:Secara Pribadi Saya ingin menuangkan pikiran saya terkait kondisi "bangsa" ini,atau masih pantaskah kita di sebut bangsa??
Secara Pribadi saya muak setiap hari jika saya bangun pagi dan melihat isi berita, semuanya tentang kekerasan,pembunuhan,penculikan,dll.

Pernah terbersit di benak saya, jika saya menjadi presiden, maka saya akan belajar dari pemimpin sebelumnya, tentu hal yg positif di masa lalu.

Sungguh ironi melihat keadaan bangsa sekarang, bahkan "bangsa' ini bisa di beli dengan uang!!

Tidak bisa di pungkiri "PETRUS" adalah Aktor Operasi yang sangat baik jika melihat kondisi sekarang, sungguh mengerikan jika anda keluar rumah, anda mendapati satu peluru bersarang di kepala anda atau celurit menempel di badan anda

Sudah saatnya "PETRUS" di bangunkan dari tidur lamanya!!
Anda memikirkan sisi kemanusiaan?? sementara orang orang yg melakukan aksi teror di negara ini tidak mempedulikan nyawa anda sama sekali

SO, WHAT DO YOU THINK, And Lets Share!


Bangunkan "PETRUS" Dari Tidurnya

Quote:Sekian Dan Terimakasih, Jika Berkenan Apresiasi TS dengan emoticon-Cendol (S), TS sangat Menolakemoticon-Bata (S)..emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

UPDATE
Quote:Quote:Yang Read And Run ga jauh Beda ama Koruptor dan pelaku Kejahatan lainnya, ayo Biasakan memberi Komen,emoticon-Cendol (S) ,serta emoticon-Rate 5 Star kalo ga mau disamain dengan Korup dan pelaku kejahatan lainnya emoticon-army:

UPDATE II
Quote:Quote:CAUTION!!! harap memberikan Komen dengan kepala Dingin,Sehingga Kita bisa bertukar Pikiran, saya sangat Yakin Kaskuser semua sudah dewasa, dan mengerti cara menyikapi Komen yang menurut anda tidak cocok dengan pendapat anda emoticon-shakehand, AND I WANNA SAY MY SPECIAL THANKS FOR KASKUSER WHO GIVE ME emoticon-Cendol (S) AND emoticon-Rate 5 Star, CHEERSSS!
emoticon-Toast emoticon-army:emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


UPDATE III
Quote:Quote:Memang Tidak ada yg abadi, bahkan kekuasaan sekalipun, namun Sejarah Selalu ada,dan memberikan pelajaran penting, Semoga Tuhan Tidak memalingkan Wajahnya dari negriku ini,SEMOGA emoticon-Sorry

Dan Apapun Yang terjadi, Jangan Pernah Berhenti Mencintai Tanah air Kita Ini emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S) ~ MovieAndMotiva~
nyimak aja gan emoticon-Bingung (S)
ho oh,jaman gw dulu kecil aman bener,ada orang tatoan dikit udah diuber.
masih inget bener jaman2 dulu ga kyk jaman skrg,ormas2 berkeliaran.
apakah bangsa kita bisa menjadi lebih baik?
semoga saja gan...
Quote:Original Posted By MovieAndMotiva
Welcome To My Thread

Harap Di Baca Terlebih Dahulu!
Sedikit peraturan di Thread ini


~Biasakan untuk membaca dan memahami terlebih dahulu
~Biasakan untuk memberi komen yang membangun,jelas,dan tidak keluar dari topik
~kaskuser yang dewasa dan baik hati tidak akan lupa memberikan sedekah berupah reputasi (bakalan ane doain masuk surga emoticon-thumbsup)
~Terimakasih


Bangunkan "PETRUS" Dari Tidurnya



SETUJU GAN !!!

Sedikit Sejarah PETRUS



Bangunkan "PETRUS" Dari Tidurnya



Bangunkan "PETRUS" Dari Tidurnya
menurut ane gan, tidak selamanya preman jahat, ada kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik, tapi polisi atau aparat harus punya index kejahatan , seberapa pun parameternya, jika sudah tidak bisa dkendalikan, mungkin PETRUS bisa jadi pilihan terakhir,
sy heran dgn bangsa ini. Org2 liar yg tergabung dalam topeng ormas justru bisa bergagah diri, bahkan bisa berlaku seperti kebal hukum...

apakah penegak hukum sudah betul2 impotent menghadapi mereka? mengapa ada segelintir pengusaha yg memiara preman2 ini?

sy setuju petrus diberlakukan kembali. Buat mereka yg berpikir bahwa petrus nantinya menjadi "alat kendali penguasa"..berpikirlah kembali, bukankah sewaktu2 kali bisa diganggu preman2 ini?

ga perlu lah berpikir tentang HAM mereka...mereka sendiri tidak perduli dgn ham org lain. penegakkan hukum perlu, namun utk ke arah sana perlu tangan besi dan keras, karena penegak hukumnya pun di negara ini masih pincang...
kalo bangun, biar petrus urus koruptor gan emoticon-Big Grin
masalah preman biar masyarakat yang urus, masyarakat sekarang lebih ganas dari masa lalu, towel dikit golok, bakar emoticon-Ngakak (S)
ijin nyimak agan...kalo aparat tegas tentu ga kan jd kaya gini gan..mpe tukang ngamen ja brani ngancam2 gt...
Quote:Original Posted By magabut01
menurut ane gan, tidak selamanya preman jahat, ada kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik, tapi polisi atau aparat harus punya index kejahatan , seberapa pun parameternya, jika sudah tidak bisa dkendalikan, mungkin PETRUS bisa jadi pilihan terakhir,


hehe tidak selamanya jahat? sesama mereka saja bisa saling bunuh, apalagi dgn org biasa???
mereka itu seperti penyakit menular, sedikit celah/kesempatan diberikan langsung mereka pakai utk menindas org lain...
begitu banyak ulah/korban akibat preman, mau berapa kesempatan lagi lo kasih mereka utk berubah?
denger-denger FPI ada 4juta member.. emoticon-Big Grin
berarti 4juta orang bakalan musnah dari Indonesia.. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By magabut01
menurut ane gan, tidak selamanya preman jahat, ada kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik, tapi polisi atau aparat harus punya index kejahatan , seberapa pun parameternya, jika sudah tidak bisa dkendalikan, mungkin PETRUS bisa jadi pilihan terakhir,


ngasih kesempatan.. emoticon-Thinking
emang sih.. emoticon-Thinking
tapi mau berapa banyak lagi korban jatuh.. emoticon-Thinking

Quote:Original Posted By BangMeko
ho oh,jaman gw dulu kecil aman bener,ada orang tatoan dikit udah diuber.
masih inget bener jaman2 dulu ga kyk jaman skrg,ormas2 berkeliaran.

zaman dulu preman tatoan.. emoticon-Thinking
kalau sekarang justru penampilannya religius.. emoticon-Shutup
the smiling general emoticon-Big Grin
ga bisa lagi sekarang kaya gitu, pasti ujung2nya mentok di HAM, dikit2 melanggar HAM emoticon-Cape d... (S)
ketika demokrasi menjadi teralu berlebihan
Iya gua juga setuju. Sekarang banyak preman dan Penyalahgunaan HAM

Btw kocak banget mbah harto mau nembak sambil ngisep cerutu. Keren gan tapi kocak
dulu aman banget waktu ada petrus emoticon-Big Grin
tapi sumpah nyeremin bikin was-was emoticon-Nohope

mereka tembak langsung gitu emoticon-Hammer
apa sekarang petrus mau dihidupkan lagi yak ? emoticon-Thinking
Yah gimana ya gan... serba salah...

Sekarang sedikit2 HAM emoticon-Cape d...

Padahal para bandit gak pernah mikir HAM.

Ane juga sempat kepikiran juga kalo Petrus dibangkitkan lagi. Supaya bandit2 pada takut (termasuk bandit2 ber seragam) emoticon-Cape d...

Ngakak 

Masa org sudah tiada mau dibangkitin lagi gan , serem juga emoticon-Takut



Maaf gan skalian promosi emoticon-Maaf Agan
Buat Agan ataupun Aganwati disini yang memiliki masalah dengan berat badan
pengen kurus sih tapi kejepit waktu gabisa olahraga ?
pengen kurus tapi takut dan malas minum obat diet dengan banyak pantangan ?
ane punya solusinya emoticon-Malu (S)
Ayo agan sekedar tanya" aja gapapa kok gan itung" nambah temen, btul ??
add bb : 2852206F
sms : 0898--895--2921
ane dudukmanis smbl menyimak gan...
cita cita ane malahan jadi petrus gan. tapi klo ketauan kan bisa berabe tuh jadi nya.