Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016215540/indonesia-terancam-krisis-air
Indonesia Terancam Krisis Air!
Jakarta Indonesia terancam krisis air. Sejumlah indikasi sudah mengarah ke arah itu. Di masa mendatang diprediksi terjadi penurunan curah hujan dan meningkatnya pencemaran air.

"Juga terjadinya kerusakan lingkungan dan bertambahnya penduduk akan membuat semakin berat penyediaan air di Jawa," Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers, Jumat (31/8/2012).

Sutopo menjelaskan, kekeringan menyebabkan krisis air makin meningkat. Secara global 1 dari 4 orang di dunia kekurangan air minum, dan 1 dari 3 orang tidak dapat sanitasi layak.

"Abad 21 air akan menjadi masalah besar dunia karena krisis air akan meningkat. Diperkirakan 2/3 penduduk dunia akan kekurangan air pada tahun 2050," jelasnya.

Kriris air pun akan terjadi di Indonesia. Saat musim kemarau saja sejumlah wilayah di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara sudah mengalami defisit air sejak 1995.

"Defisit air terjadi selama 7 bulan pada musim kemarau. Surplus air berlangsung 5 bulan saat penghujan. Diproyeksikan tahun 2020 potensi air yang ada hanya 35% yang layak dikelola yaitu 400 m3/kapita/tahun. Angka ini jauh dari standard minimum dunia 1.100 m3/kapita/tahun," ungkapnya.

Sejak tahun 2003 terdapat 77 persen kabupaten atau kota di Jawa yang memiliki defisit air selama 1-8 bulan dalam setahun. Bahkan sebanyak 36 kabupaten atau kota mengalami defisit air 5-8 bulan dalam setahun.

"Jadi bukan hal yang aneh jika saat ini terjadi dampak kekeringan, khususnya di Jawa," imbuhnya.

Upaya mengatasi krisis air dengan distribusi air, hujan buatan, pemboran sumur pun hanyalah solusi singkat yang belum mengatasi masalah dengan tuntas.

"Diperlukan upaya penyediaan air secara besar-besaran. Pembangunan waduk, bendung, embung, dan pengelolaan DAS dapat mengatasi masalah yang ada. Namun ini perlu dukungan politik, dana dan partisipasi masyarakat yang besar," terangnya.

Partisipasi masyarakat perlu didorong melalui ekonomi kerakyatan yang langsung memberikan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. "Pembangunan embung dan waduk kecil di sungai-sungai orde 1 perlu dibangun di banyak tempat. Upaya ini bisa mengatasi kekeringan yang rutin tiap tahun. Jika tidak maka kekeringan berkelanjutan yang ada," tegasnya.

[url]http://news.detik..com/read/2012/08/31/142123/2004443/10/indonesia-terancam-krisis-air[/url]

kalo krisis air masih mending bisa disuling air laut kek, tapi kalo krisis pemimpin yg baik dan adil gimana tuh lebih bahaya lagi lo
Waduh jangan-jangan nanti air bisa lebih mahal dari BBM
ironis bener yak

negara agraris tukang ngimpor beras

skrg negara kepulauan bisa krisis air
pengalaman ane gan ngerjain project PDAM, di sumatera lebih parah krisis airnya.. apalagi di wilayah indonesia timur, kaya di sumbawa atau kupang...
kenapa??
karena uang proyeknya di pake korupsi..
sebenernya jatah dari negara udah ada.. tapi ya gitu .. INDONESIA
Dikota ane juga gan.. bahkan rumah ane lantaran pake sumur jadi kering
baru terancam, bangsa ini kalo lom ngalamin ya ga nyesel.

yang perduli paling cuma berapa %
Quote:Original Posted By kyujzo
pengalaman ane gan ngerjain project PDAM, di sumatera lebih parah krisis airnya.. apalagi di wilayah indonesia timur, kaya di sumbawa atau kupang...
kenapa??
karena uang proyeknya di pake korupsi..
sebenernya jatah dari negara udah ada.. tapi ya gitu .. INDONESIA


disuruh setor "upeti" sama raja-raja kecil setempat ya gan?
gak heran deh dengan sikap "raja kecil" di daerah, buntutnya mereka menyalahkan jawa....
kalau dilihat dari beritanya, terdapat surplus selama 5 bulan dan kering selama 7 bulan.

kalau saya boleh komentar, solusi dari berita ini berarti bagaimana mengalokasikan surplus air selama 5 bulan itu agar dapat didistribusikan secara merata untuk 7 bulan yang kering air tersebut sehingga nantinya efek kering air bisa diminimalisir.

CMIIW, kalau dilihat dari masterplan negara kita, kayaknya pembangunan waduk agak terpinggirkan dengan proyek2 aw!! lainnya macam pembangkit listrik.
mungkin ada pertimbangan lain juga. Semoga berita ini jadi masukan berguna buat pemerintah
Insya Allah..sore/malam hari ini jakarta hujan..amin..
ah bullshit,tuh buktinya akua masih dijual bebas,berarti kita semua sisa banyak aer dong..
hhmmmh, alamat gagal panen lagi dah sawah ane
mulai sekarang mandi harus hemat, mandi cukup 1 gayung

aje gila kalo mandi cm 1 gayung gmn caranya coba
ada2 aja nih agan yg diatas
aneh aja, negara dengan laut paling luas di dunia bisa krisis ari,
* mangnya air laut bisa di minum
2050 teknologi juga sudah sangat canggih dan jauh berkembang pesat kali.
alat2 pemurnian air sudah demikian canggih , dan sudah pasti diproduksi secara massal, mengubah air comberan sampe menjadi air dengan kemurnian seperti aqua, cuman perlu waktu 1 menit gw rasa

jangan meremehkan kemampuan manusia
dibogor juga gan tetangga ane pada ngangkutin aer dr mesjid. kasian
dirumah lancar banter bgt airnya keluar...

alhamdulillah seh, di komplek ada swadaya dari penghuni komplek bikin pompanisasi air untuk kebutuhan warga...


lebih - lebih dah air disini.... (semarang utara)
hemat BBM,
hemat air, dan hemat2 yg lain
kita memng harus berhemat.

maklum kita gede di utang (lebih dari Rp.1800 TRILIUN)
tanpa maklum, kita msh mampu beli
memang kita harus maklum bila harus berhemat
Ah masa sih... Kata Aqua "Sekarang Ambil Air So Dekat !"....

Indonesia Terancam Krisis Air!
negara maritim bisa krisis air!! ironis!!!
×