alexa-tracking

[Unik] Gaya Orang Vietnam Berbisnis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016214060/unik-gaya-orang-vietnam-berbisnis

[Unik] Gaya Orang Vietnam Berbisnis

*** Indahnya berbagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star tanpa emoticon-Blue Guy Bata (L) ***

Sumber : http://internasional.kompas.com/read...tnam.Berbisnis
Semoga tidak emoticon-Blue Repost

HANOI, KOMPAS.com - Tiap pedagang di tiap negara mempunyai gaya unik untuk berbisnis. Langgam di Amerika Serikat, Inggris, China, Jepang, Jerman, dan Australia tentu berbeda dengan negara-negara yang sedang tumbuh.

Para pedagang di Vietnam, misalnya, mempunyai cara sangat atraktif untuk berdagang. Masyarakat di beberapa kota besar, cukup dengan beberapa varian toko mungil. Di Hanoi misalnya, ada yang berniaga dengan toko ukuran satu kali satu meter, satu kali dua meter, tiga kali tiga meter, atau empat kali delapan meter. Varian yang disebut terakhir, jarang ditemukan.

Sempit sekali? Benar, toko-toko di Vietnam, terutama Hanoi, memang dalam wujudnya yang mungil. Sisa ruang di dalam toko menjadi tempat hunian. Dan supaya tidak terasa sempit, warga Hanoi umumnya membangun rumahnya tinggi-tinggi, antara empat sampai tujuh lantai. Jadilah rumah toko di kota itu sangat kurus.

Para pemilik toko ini merasa cukup hanya memajang dua lemari untuk meletakkan barang dagangan, sebagian lagi bahkan hanya satu meja kecil. Mengapa? Barang-barang itu hanya contoh. Bagitu pembeli memesan dalam jumlah yang banyak, pemilik toko tinggal mengambilnya di dalam toko.

Sebagian pedagang memajang dalam jumlah lebih banyak, bahkan sampai ekspansi ke halaman toko. Pemerintah daerah Hanoi tidak keberatan dengan gaya ini, sebab pemerintah Vietnam mempunyai tujuan lebih besar, yakni menggalakkan semangat entrepreneur di kalangan rakyatnya. Pemerintah komunis tersebut, seperti juga China, menerapkan dua sistem dalam satu negara. Komunis dan ekonomi pasar.

Intinya, komunis sebagai pemersatu bangsa, ideologi dan falsafah hidup rakyatnya. Namun di samping itu, pemerintah Vietnam ingin rakyatnya berbisnis secara baik untuk menaikkan, tidak saja pendapatan negara, tetapi juga kemakmuran seluruh rakyatnya. Maka sistem ekonomi yang menekankan pada mekanisme pasar diluncurkan.

Dampak dua sistem di dalam satu negara tersebut sudah tampak. Kemajuan ekonomi Vietnam sangat terasa sehingga menjadikan negara tersebut naga baru Asia yang patut diperhatikan. Negara dengan luar 331.689 km persegi dan penduduk 85 juta jiwa ini sudah menjadi eksportir pelbagai komoditas.

Koment TS : Jangan sampai Indonesia kalah sama Vietnam. emoticon-I Love Indonesia (S)

*** Indahnya berbagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star tanpa emoticon-Blue Guy Bata (L) ***

Baca2 Thread ane yang lainya :
Quote:
*** Indahnya berbagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star tanpa emoticon-Blue Guy Bata (L) ***
wah lumayan gan buat nambah pengetahuan
sekalian numpang naro jejak dulu ya hehe







kalo berkenan berkunjung kesini ya gan
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
udah kebawa gaya dagamg china nih ya

tapi vietnam emang maju pesat sekarang

Inspiratif 

Betul, bahkan udah sering export beras kemana-mana.

Quote:


woh ternyta mirip2 prinsip dagang orang china emoticon-thumbsup:
indonesia patut mencontoh tuh
thanks bwt share ny gan, lgian kita jg jd peng import beras vietnam
yuk kita ga boleh kalah sama orang vietnam..
btw beberapa pabrik luear negeri pada pindah kenegara ini loh..
di indonesia malah semakin berkurang saja, gara2 birokrasi yg rumit dan banyak uang hangusnya
Quote:


mungkin karena sama2 menganut paham komunis gan emoticon-Hammer2
gak ada penampaknannya gan emoticon-Bingung
Quote:


uang yg hangus kma tuh gan?

seharusnya apapun itu yg baik, hrus kita contoh emoticon-Big Grin
ane pernah ke vietnam padahal negara ini baru bersatu tapi kemajuannya melebihi indonesia yg lebih dahulu merdeka walau kota2 besarnya seperti ho chi minh city masih kalah metropolis sama jakarta
tapi tata kota nya lebih teratur
Harus ditiru tuh gan
bagus juga pemerintah mendukung
kl disini malah mendukung buat gelar dagangan di jalan raya
vietnamm
sepatu nya paling bagus dari sinii gannn
Disana kan harga tanah mahal banget gan, emoticon-Najisemoticon-Najis urutan kedua stelah amerika new york gan, kalo gak salah 48.000 ribu DOLLAR ato setara Rp. 473.000.000 per meter persegi, jadi wajar kalo bikin toko sempit, disana uang segitu bru dpet tnah 1x1 disini udah dapet rumah, tanah plus isinya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
hebat yaa gan.. patut ditiru tuh.
waahh indonesia harus niru vietnam nih emoticon-I Love Indonesia (S)