Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016198930/tambah-ruwet-pemprov-dki-jadi-bangun-6-ruas-tol-dalam-kota-yang-baru
Peringatan! 
[Tambah Ruwet] Pemprov DKI Jadi Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota yang Baru
alhamdulilah, ga nyangka (pernah) jadi HT..
Spoiler for bukti (jangan dibuka):

Tahun Depan, DKI Bangun 6 Ruas Tol

Quote:Original Posted By update! jadi juga akhirnya

Jokowi Setuju Proyek Enam Ruas Jalan Tol Dilanjutkan
Penulis : Kurnia Sari Aziza | Rabu, 9 Januari 2013 | 20:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhirnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyetujui proyek enam ruas jalan tol dalam kota. Hal ini sangat bertentangan dengan pernyataannya saat masih menjadi Calon Gubernur DKI yang saat ia berkampanye menolak pembangunan jalan tol dalam kota.

Karena menurutnya dengan pembangunan tol dalam kota, tidak akan mengurai kemacetan justru menambah keinginan warga untuk membeli kendaraan pribadi.

"Bukan setuju dan tidak setuju, tapi ini kebutuhan yang saya lihat kebutuhan ada kalkulasi, yang kedua bis masuk dan transportasi massal bisa masuk," kata Jokowi, di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Rabu (9/1/2012).

Jokowi menyampaikan hal tersebut setelah ia mengadakan pertemuan tertutup selama sekitar 3 jam bersama Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Setelah mendapatkan gambaran dari Djoko Kirmanto terkait proyek tersebut, Jokowi merasa lebih mencerahkan.

"Setelah tadi dijelaskan oleh Pak Menteri, memang kita ini ada dua kekurangan yaitu kurang jalan dan transportasi umum. Dan memang benar kurang banyak," kata Jokowi.

Jokowi akhirnya menyetujui mega proyek yang bernilai sekitar Rp 42 triliun itu dengan catatan tol tersebut dapat dipakai untuk jalur busway dan transportasi massal lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan untuk proyek enam ruas jalan tol, dari kajian sistem jalan, feasibility, semuanya sudah terkaji. Oleh karena alasan jalan di Jakarta hanya 6-7 persen, proyek tersebut harus dijalankan.

"Untuk Ibu Kota dimanapun masih sangat kecil. Maka harus ditambah. Dilihat dari sistem juga baik, jalan tol ini satu-satunya yang bisa dipakai untuk public transportation," kata Djoko.

SUMBER


[Tambah Ruwet] Pemprov DKI Jadi Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota yang Baru
ilustrasi jalan tol dalam kota


108Jakarta.com, Kebon Jeruk - Tahun depan kondisi DKI Jakarta dipastikan bakal semakin sempit dan macet. Ya, hal ini lantaran akan adanya pembangunan enam ruas jalan tol.

Pemprov DKI mengungkapkan, pembangunan enam ruas jalan tol akan dimulai tahun depan dengan melibatkan pembiayaan dari swasta. Demikian seperti dikatakan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Kamis (30/8/2012).

Selain kontribusi dalam pendanaan, melalui skema Public Private Partnership (PPP), pihak swasta juga mengurusi soal teknis proyek tersebut.

"Walaupun banyak terjadi pertentangan, pembangunan 6 ruas jalan tol sudah sepenuhnya dilakukan oleh swasta setelah melalui pemerintah, sehingga proyek infrastruktur lain pemda bisa fokus," kata Fauzi Bowo.

Ia mengatakan dana yang dikeluarkan melalui skema public private partnership (PPP) mencapai Rp40 triliun sampai Rp50 triliun. Proyek tersebut merupakan kerja sama BUMD dengan pihak swasta. (ary)

SUMBER
-----------------------------------------------------------------------------
pemprov DKI Jakarta sepertinya tetap bakal membangun keenam ruas jalan tol dalam kota ini. total panjangnya kurang lebih 69.77 kilometer. di satu sisi sebagai ibukota, panjang jalanan ibukota memang tergolong kecil dan amat sangat membutuhkan jalan baru untuk menopang segala aktivitasnya. di sisi lain (kalau dilihat dari desain dan rencana lokasi pembangunan), ruas tol ini malah akan menambah kemacetan, jalan semakin sempit, berdampak sangat buruk terhadap lingkungan dan secara tidak langsung meningkatkan jumlah kendaraan baru.

menurut saya, ini adalah proyek ngawur.

bagaimana dengan pendapat para kaskuser?


Quote:Original Posted By warning! harap dibaca

mengenai seperti apa gambarnya, rendering desainnya, model konstruksi hingga lokasi selengkap-lengkapnya bisa dibuka di link ini :
KLIK DI SINIH (NO JEBAKAN BETMEN)
sori dulu sebelumnya, link di atas kemungkinan agak lama nariknya dan mudah-mudahan ini ngga repost di kaskus.

beberapa contoh gambarnya

[Tambah Ruwet] Pemprov DKI Jadi Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota yang Baru

[Tambah Ruwet] Pemprov DKI Jadi Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota yang Baru

[Tambah Ruwet] Pemprov DKI Jadi Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota yang Baru


ini adalah salah satu contoh rute tol.
jalan zainul arifin yang begitu sempit, diplot untuk dibangun jalan tol. secara desain memang bagus, menarik, tapi pada kenyataannya nanti, nda tau deh gimana jadinya.

tujuan daripada trit ini ditegaskan bukan untuk black campaign. saya netral terhadap siapapun gubernur DKI. saya hanya ingin menyampaikan kritik terhadap kebijakan-kebijakan pemprov DKI yang menurut saya perlu pengkajian lebih dalam.


beberapa komentar :
Quote:Original Posted By wizardianx
pembangunan jalan hanya akan memanjakan pengguna kendaraan pribadi
sehingga malas menggunakan public transport


ngasih link tambahan rute jalur tol. terima kasih, gan.
Quote:Original Posted By themember
ngatasi macet biar langsung plong dan DKI juga perlu cari tambahan buat nambah penghasilan

nih peta sambungan sampe trans jawa
http://180.235.148.31/gisbpjt/

dari trans jawa terus rencananya disambung sampe Iran

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_Jalan_Asia
http://www.unescap.org/ttdw/index.as...e=AsianHighway

Quote:Original Posted By .jajamiharja.
jalan tol cuman buncitin perut2 pejabat yg terkait

Dinas PU : proyek gede
Jasamarga : investasi untung besar
Perusahaan otomotif : makin merajalela memproduksi massal mobil
Pemda : dapet fee dari 3 pejabat2 di atas...alhamdulillah, sesuatu banget

Quote:Original Posted By egoldnih
siasat busuk. kalau MRT or monorail orang2 pemkot ga dapet feenya cause dana dari luar atau konsorsium. kalo pembangunan jalan, yang nunjuk kan orang2 pemkot otomatis dapet komisinya dong. aji mumpung nih selagi si kumis masih menjabat, takut nanti jokowi menang, sebanyak mungkin proyek baru di keluarin n fee otomatis mengalir.


yang solutif :
Quote:Original Posted By starindopro
bukan bikin jalan yang diperlukan... proyek proyek lama seperti:

busway dibagusin... ditambah busnya... dinyamankan fasilitasnya.. (jangan tamah semeruwet seperti sekarang---zaman sutiyoso bagus buswaynya).

Monorail itu dilanjutkan... banyak yang mau melanjutkan tapi ngk dikasih kasih izinnya... (tanda tanya besar kenapa begitu...)

MRT... gw iri sama bangkok (yang menurut gw sama seperti jakarta)...

Quote:Original Posted By satyr
tambahan tol emang bagus mengurangi kemacetan jkt yg super parah.....

tp IMHO public transport lbh crucial saat ini...

pengalaman coba naek trans jkt - desak2an dorong2an, antri dah kyk ada kerusuhan .... nunggunya jg lamaaaa bgt -_-

gw sendiri sebetulnya mending naek angkutan umum kalau emg udah aman nyaman dan murah. ga pusing cari parkir dan bayar parkir mahal, ga pusing perawatan kendaraan, ga pusing macet.. tinggal duduk manis ... drpd nyetir pegel2 emosi pula


yang setuju :
Quote:Original Posted By jurigkuris
menurut ane pembangunan jalan tol ini sangat perlu dan suatu langkah yang tepat karena penambahan kendaraan pribadi di jakarta sudah jauh sekali dengan perbandingan penambahan jalan , pembangunan jalan tol yang dananya murni dari swasta ini merupkan suatu hal yang tepat karena tidak mengunakan apbd sehingga nanti APBD bisa di alokasikan untuk membangun transportasi umum untuk seluruh lapisan masyarkat dari kelas bawah sampe kelas atas semua bisa pake fasilatis transportasi masal ini yang dananya berasal dari APBD. sedangkan untuk jalan tol bikin ajah tarif yang mahal karena pemakai jalan tol ini adalah masyarakat kelas menengah ke atas nanti masyarakat yang punya mobil tapi ekonominya ngepas mau tidak mau akan menggunakan transportasi masal selain itu pemerintah juga ada tambahan pemasukan dana bagi hasil dari pengoperasian jalan tol ini
untuk contohnya bisa liat kota tokyo ,jalan tol di sana juga sanagt bagus tapi di barengan dengan adanya transportasi masal sehingga masyarakat punya pilihan .kalo jalan tol tidak di bangun gw yakin jakarta bakal macet total sekarang kita bayangkan saja seandainya dulu pemerintah tidak membangun jalan tol jakarta cikampek , pada saat in mungkin jalur pantura jakarta-cikampek sudah lumpuh

suara para penderita kekejaman macet ibukota :
Quote:Original Posted By ooT13
tambahin jalan tol...ilangin trotoar2...foke, pejalan kaki dikemanain ? mreka jg butuh perhatian loh

hmmm ya dibilang black campaign jg ngga sih. kalo sering bolak balik sudirman,yang deket kampus LSPR situ pasti ngerasain kalo pembangunan jalan tol yang sudah berlangsung (terlalu) lama ini bikin macet gila2an pada jam yang seharusnya bisa agak mendingan. pas jam pulang kantor? astagah

gw lebih setuju dengan ide mikirin gimana menghambat pertumbuhan banyaknya kendaraan pribadi saat ini.
daripada pelebaran- pelebaran jalan dan ngasi jalan tol?
tuh trotoar uda pada ilang


trims kaskus. semoga bisa jadi perhatian banyak orang agar sebisa mungkin proyek tol ini dikaji ulang pelaksanaan pembangunannya.

trims buat yang udah ngasi 1 cendol (#COYG juga gans) dan 1 abu. *bighugbrader
[Tambah Ruwet] Pemprov DKI Jadi Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota yang Baru
di surabaya walikota menolak rencana pembangunan tol dalam kota

kata jokowi juga, ngawur kl utk mengatasi kemacetan dengan bikin tol dalam kota


lha kok si kumis yg katanya lulusan jerman ahli tata kota malah bikin tol dalam kota?
buseeetttttt...........percuma juga kalau jalannya dibanyakin tapi mobilnya juga dibanyakin.

pertumbuhan mobil dan jalan tidak seimbang.

untuk mengatasi macet di jakarta , harusnya mobil2 yg sudah lebih dari 15 tahun umurnya di pindahkan, tidak boleh beredar dijakarta.

karena sumbernya macet adalah kendaraan, jadi kendaraannya yg harus di kurangi bukan jalannya yg ditambah.

yg pasti pas keluar tol tetap akan macet banget.

yang ada jalan tol jadinya tempat parkir.
pembangunan jalan hanya akan memanjakan pengguna kendaraan pribadi
sehingga malas menggunakan public transport
solusi dari voke cuman bisa nambahin..nambahin jalan . lama2 ga jakarta bakalan jadi jalan semua,ga ada pemukiman ..
daripada dana nya bikin ruas jalan tol.. mending buat track tamiya aja di monas lumayan ngurangin angka pengangguran
nanti berubah lagi slogam jakarta.

jakarta dengan 1000 ruas jalan tol...
kendaraan transportasi umum di bagusin mutu pelayanannya.
tp tergantung DKI 1nya sih. kalo yang lulusan jerman mah sekarang terpaksa keluarin jurus kejar 1000 episode program kerja yang ngak jelas dikeluarin jadi wacana semua
tol penting.... tapi lbh penting lg memaksimalkan kendaraan umum yang aman, nyaman, cepat dan terstruktur..
idiot kuadrat, kalau bukan jalan tol sih ane masih setuju aja,tapi kalau nambah jalan tol, jelas pemprov cuman ngejar duit doang,makanya si kumis yg cuman pns doang bisa punya duit puluhan M

kapan transportasi umum diperbaiki? ane paling males kalau ada urusan di jakarta
ngatasi macet biar langsung plong dan DKI juga perlu cari tambahan buat nambah penghasilan

nih peta sambungan sampe trans jawa
http://180.235.148.31/gisbpjt/

dari trans jawa terus rencananya disambung sampe Iran

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_Jalan_Asia
http://www.unescap.org/ttdw/index.as...e=AsianHighway
berita seperti ini udah sering diperbincangkan, solusinya juga sudah ada.

tapi balik lagi semua sama yg punya jabatan.
ikutin aja gan kata AHLI dari JERMAN ini
ijin nyimak dulu yah gan
wah sip tapi tergantung DKI 1
Quote:Original Posted By wizardianx
pembangunan jalan hanya akan memanjakan pengguna kendaraan pribadi
sehingga malas menggunakan public transport

^^^ setuju gan
begitu jalan tol dibagun, pasti di kanan kiri juga dibangun mall dan super blok hunian baru. Sehingga kalau jam tangan jadi, ya tetap aja macet karena mall dan super blok hunian baru juga jadi, Intinya pembangunan fasilitas jalan juga harusnya dibatasi juga ijin2 utk pusat2 keramaian, Kalaupun mau ada pembangunan mall dan superblok, sebaiknya di pinggiran jakarta
kenapa ya tidak pernah sekalipun terpikir untuk membuat jalur kereta yg efektif sebagai alat transportasi massal di dki ini?
kenapa harus jalan tol?
yang dipindahkan mobilnya ato orangnya?

jokowi sanggup menyediakan sarana transportasi massal yg nyaman, aman dan 'murah' untuk penduduk jakarta?
[Tambah Ruwet] Pemprov DKI Jadi Bangun 6 Ruas Tol Dalam Kota yang Baru

pernah kejakarta, salah belok di tol, jadinya nyampek bintaro 7 jam dech.....
semoga tidak jadi yah, karena itu akan menguntungkan orang yg mampu beli mobil, kecuali di bangun juga mass transport yg baik






SOLUSI MENGATASI PANAS KETIKA BERSEPEDA MOTOR



MOBIL MURAH TATA NANO
wow apa beneran akan terwujud?
seperti sih ga yah?hihihi
tapi kalo emanga sampe jadi keren bgt itu
semoga segera terealisasi dan bisa membantu mengurangi kemacetan dan jangan lupa buat para insyinyurnya untuk bisa membuat bangunan tahan gempa
×