alexa-tracking

Udara Jakarta Masih Segar di 4 Taman Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016197932/udara-jakarta-masih-segar-di-4-taman-ini
Udara Jakarta Masih Segar di 4 Taman Ini
Jakarta - Di antara gedung-gedung tinggi dan polusi kendaraan yang menyesakkan, Anda masih bisa menemukan udara segar di Jakarta. 4 Taman ini menyuguhkan udara bersih lewat pohon-pohon rindang dan lahan hijau yang memanjakan mata.

Keberadaan lahan hijau cukup krusial di Jakarta. Saat kendaraan meramaikan jalan, oksigen serasa menipis. Pendingin ruangan di gedung-gedung seperti mal dan perkantoran tak pula membantu paru-paru menemukan udara segar, yang dihasilkan langsung dari tumbuhan.

Untunglah jantung Kota Jakarta masih berdetak. Berterimakasihlah pada taman kota. Anda bisa menikmati lahan hijau, menghirup udara segar, piknik dan berolahraga di taman kota. Beberapa yang terkenal adalah Taman Surapati, Taman Menteng, dan taman di sekitar Monumen Nasional.

Tapi, ada pula taman-taman tersembunyi yang bisa jadi tempat menghirup udara segar. detikTravel pada Kamis (30/8/2012) menghimpun 4 taman kota tersembunyi yang cocok menjadi tempat pelepas lelah.

1. Taman Ayodya, sebuah reinkarnasi pasar ikan hias

Udara Jakarta Masih Segar di 4 Taman Ini

Sebelum 2009, lahan yang berlokasi di Barito, Jakarta Selatan, ini merupakan pasar ikan hias. Namun, tempat ini disulap menjadi sebuah taman kota cantik yang dihiasi kolam dan air mancur. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan taman ini pada 15 Maret 2009, sebagai tempat rekreasi hijau untuk warga ibukota.

Di taman seluas 7.500 meter ini, pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati hijaunya rerumputan. Sore hari, taman ini diramaikan oleh keluarga dengan anak kecil yang lari-lari di rumput hijau. Sesekali terlihat juga, pasangan kekasih yang sedang romantis menunggu senja.

Danau buatan seluas 1.500 m2 menjadi penyejuk hawa Jakarta yang cenderung panas. Di antara 200 pohon rindang yang menaungi Taman Ayodya, tersedia 2 gazebo untuk beristirahat dan berteduh dari terik matahari. Bagi yang suka olahraga, tersedia juga jogging track yang mengelilingi taman ini.

2. Taman Amir Hamzah, tempat bermain Obama dan Gus Dur semasa kecil

Udara Jakarta Masih Segar di 4 Taman Ini

Rumah tua tepat di depan Taman Amir Hamzah pernah menjadi tempat tinggal KH Abdurrahman Wahid, atau biasa dipanggil Gus Dur. Kalau mendatangi daerah Menteng di Jakpus, Anda akan mendapati bangunan ini sebagai kantor The Wahid Institute. Kantor ini terletak persis di depan Taman Amir Hamzah, diambil dari nama seorang sastrawan besar angkatan Pujangga Baru.

Taman ini juga menjadi tempat bermain Barrack Obama semasa kecil. Waktu itu Presiden AS ini tinggal di Jl Taman Amir Hamzah No 22, yang letaknya sangat dekat dengan taman tersebut.

Dibanding taman kota lain, Taman Amir Hamzah terlihat sangat sederhana. Tak terlalu luas, tak pula tersedia kolam berair mancur di dalamnya. Namun, suasana di sini terasa sangat asri dan rindang. Taman Amir Hamzah adalah tempat favorit untuk melepas penat, olahraga pagi dan sore, juga menikmati kuliner pinggir jalan.

Di bagian tengah, terdapat sebuah taman kecil yang dipenuhi tanaman hias berwarna cerah. Pada hari libur dan akhir pekan, taman ini selalu ramai dikunjungi oleh keluarga. Mobil, motor, dan sepeda senantiasa parkir di sekelilingnya. Setelah puas bermain, beranjaklah ke bagian luar taman untuk berwisata kuliner. Ada bakso, ketoprak, mie ayam, juga minuman segar seperti es kelapa muda dan es cendol.

3. Taman Tanjung, sentra bermain dan olahraga

Udara Jakarta Masih Segar di 4 Taman Ini

Nama "Taman Tanjung" mungkin terdengar asing di telinga Anda. Padahal, ini adalah taman yang indah dan punya fasilitas cukup lengkap. Taman ini terletak di Jl TB Simatupang, Jakarta Barat. Tepatnya, dekat kantor DPP PKS, sebelah kiri jalan sebelum flyover kalau Anda melaju dari arah Ragunan.

Tulisan "Taman Tanjung" terukir di papan berbentuk daun. Parkir mobil ataupun motor tak dikenakan biaya apa pun. Masuk ke taman ini, terdapat bangku taman berbentuk lingkaran untuk tempat bersantai. Lahan hijau memenuhi pandangan, ditambah beragam permainan anak seperti ayunan dan perosotan.

Walaupun tak ada air mancur maupun kolam, taman ini adalah tempat warga berolahraga. Ada lapangan futsal yang selalu ramai saat sore tiba. Anak-anak biasa berlarian di taman sambil memegang layangan.

4. Taman Kota Tomang, taman yang tersembunyi

Udara Jakarta Masih Segar di 4 Taman Ini

Siapa sangka, sebuah lahan kosong penuh pemukiman liar disulap menjadi taman kota yang hijau dan memanjakan mata. Taman Kota Tomang berada di simpang Jalan Tomang, Jalan S Parman, Jakarta Barat. Kalau Anda melaju dari arah Slipi, taman ini terletak sebelum Mal Taman Anggrek.

Lanskap di taman ini tertata rapi. Rumput hijau menghampar, dengan bangku-bangku yang tersedia untuk bersantai. Ratusan pohon rindang membawa kesejukan dan memenuhi paru-paru dengan udara bersih. Danau di tengah taman sangat cocok menjadi objek foto, apalagi saat matahari terbit atau terbenam.

Bermain di taman ini, tak dipungut biaya apa pun alias gratis. Ini adalah taman yang cocok untuk piknik bersama keluarga. Membawa sendiri makanan dan minuman, lalu menggelar tikar di bawah pohon rindang, asal jangan membuang sampah sembarangan. Taman segar seperti ini, sama sekali tak terasa seperti Jakarta!

[URL="http://travel.detik..com/read/2012/08/30/120431/2003081/1383/2/udara-jakarta-masih-segar-di-4-taman-inivt22021381#topart"]SUMBER[/URL]

Mohon di emoticon-Rate 5 Star ya gan emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Kalau Berkenaan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) dong gan 

jangan di emoticon-Bata (S) ya gan




Tapi tetep aja jakarta macet gan emoticon-Big Grin
menurut ane sama saja gans.
waah untung ane gak tinggal di jakarta
kalau macet melulu 4 taman di atas juga bisa gak segar lagi gan
ane gak tinggal di jakarta gan emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By kxs
ane gak tinggal di jakarta gan emoticon-Blue Guy Peace


sama kita gan emoticon-Big Grin
subdulan terakhir sebelum begadang emoticon-Add Friend (S)
menurut ane taman suropati yang seger gan
hijau bener suasanya
dijamin seger kalo maen kesana
taman ayodya jember gan!
jorok!

yang masih bener bener asri tuh taman kota tomang!
samping tol, behh adem bener
Yang ane sering lewatin itu taman barito gan..Enak kalo Week end aja gan..kalo hari biasa mah rame kendaraan malah ga seger udaranya..apalagi kalo sore..tapi ya Enak sih buat ngadem..daripada ga ada taman…
Ditengah minimnya ruang terbuka hijau di Jakarta, masih ada banyak taman-taman keren yang menyimpan harapan. Ayo kurangi jalan-jalan ke Mall. Yuk ramein taman kota kita. emoticon-Cendol (S)
cuma taman amir hamzah aja gan yang udah pernah ke sono emoticon-I Love Indonesia (S)
dperbanyak harusnya, bagus buat paru2 kota emoticon-Salaman
sama aj gan..
taman yang tomang itu sebelah TOL udaranya kalau traffic hours sekitar jam 6-10 pagi dan 4-7 malam itu pekat banget.. tidak ada embun kalau pagi di taman itu..

kalau taman ayodhya itu kotor banget sampah plastik dimana-mana padahal ada tong sampah disitu.. apalagi sabtu pagi abis jam 10 kelar pada jalan pagi plastik makanan dimana"
Quote:Original Posted By Madsrealism
Tapi tetep aja jakarta macet gan Udara Jakarta Masih Segar di 4 Taman Ini

setubuh ama agan ini
Tapi tetep aja jakarta macet gan emoticon-Ngakak
enaknya hidup di pedesaan, gak perlu susah cari tempat yang adem
klo d'tempat ane d'tempatin buat pacaran gan..
harus dilestarikan tuh
klo bs taman2 di jakarta ditambahin lagi