Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016197532/ekonomi---peluang-kerjaindonesia-butuh-18-ribu-pilot
[Ekonomi - Peluang Kerja]Indonesia Butuh 18 Ribu Pilot
Indonesia Butuh 18 Ribu Pilot

[Ekonomi - Peluang Kerja]Indonesia Butuh 18 Ribu Pilot


TEMPO.CO , Jakarta - Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, menyatakan penerbangan di kawasan Asia Pasifik berkembang pesat. Ia menyebut pada 2030, 50 persen jumlah pesawat di Asean, atau sekitar 2.000 pesawat, akan berbasis di Indonesia.

"Oleh karena itu Indonesia masih membutuhkan 18 ribu pilot lagi," ujar Emirsyah dalam Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition 2012 di Jakarta Convention Center, Rabu 29 Agustus 2012.

Emirsyah mengatakan kebutuhan akan belasan ribu pilot tersebut juga penting untuk menggantikan para pilot yang pensiun. Selain pilot, kata dia, Indonesia juga masih membutuhkan banyak teknisi. Dibandingkan dengan pilot, Emirsyah mengatakan kebutuhan atas teknisi lebih sulit untuk dipenuhi.

Seorang pilot menyelesaikan pendidikan di sekolah penerbangan selama 18 bulan dan menjad co-pilot selama 6-bulan sebelum akhirnya menjadi pilot. Sedangkan seorang teknisi, kata Emirsyah, perlu menempuh pendidikan formal untuk mendapatkan gelar insinyur teknik dan memiliki pengalaman 4 sampai 5 tahun dalam pemeliharaan pesawat, untuk bisa menjadi teknisi pesawat. "Butuh waktu panjang untuk mendapatkan teknisi," kata Emirsyah.

Emirsyah pun menyatakan jumlah sekolah tinggi penerbangan (STP) di Indonesia masih kurang. Saat ini Indonesia baru memiliki 13 STP. Sedangkan Filipina sudah memiliki 53 STP.

Ia pun membandingkan jumlah STP di Indonesia dengan yang ada di Amerika Serikat. Emirsyah mengungkapkan, di Amerika Serikat dengan populasi 230 juta orang, ada lebih dari 1.000 STP. "Di Indonesia, dengan jumlah populasi sama, hanya ada 13 STP," ujarnya.
---------------------------------------------------------------------
Peluang kerja ini bagus loh....., jangan rebutan jadi PNS melulu....

Bayangkan seorang pilot dengan kru pesawatnya yang.... :

Spoiler for Genit:
Yang minat sih banyak gan tapi.....uang sekolah nya itu lho muahaalll nya minta ampun, untuk smp menjadi pilot dg licence yg lengkap butuh duit 500 smp 600 juta rupiah, duit lho gan..bukan kerupuk , ini kenyataan gan, so..kalo bukan anak orang kaya yah lupakan lah kalo pingin jd pilot he..he..
ane mau bangeet gan jd pilot, uda jadi cita cita ane dari dulu, trus ortu ma pacar juga mendukung, tapi sayangnya ane takut naek pesawat gimana donx
kalo ada agan2 aganwati mo jadi pilot karena duit dan gengsi mendingan ga usah deh... uda banyak kenalan ane yg mo jadi pilot dengan alasan kaya gitu dan hasilnya begitu tau ga seenak yg dibayangin pada mutung semua.... sayang buang2 duit mahal (min 200 jt)

mendingan dengan alasan cita2 dari kecil... karena dia akan lebih tahan banting dibanding yg ane jelasin diatas
Quote:Original Posted By djoen cena
kalo ada agan2 aganwati mo jadi pilot karena duit dan gengsi mendingan ga usah deh... uda banyak kenalan ane yg mo jadi pilot dengan alasan kaya gitu dan hasilnya begitu tau ga seenak yg dibayangin pada mutung semua.... sayang buang2 duit mahal (min 200 jt)

mendingan dengan alasan cita2 dari kecil... karena dia akan lebih tahan banting dibanding yg ane jelasin diatas


Bener banget gan

Kalo kehidupan dari kecil punya jiwa petualang, punya komitmen tinggi, sudah terbiasa jauh dari keluarga dijamin bakalan sukses jadi pilot

Kalo tipe-2 orang yang biasa kerja teratur senin-jum'at, sabtu-minggu libur bareng keluarga, gak pernah jauh dari keluarga dijamin akan mengalami kejenuhan tingkat tinggi

Banyak yang berpikir jadi pilot enak, gaji gede, terbang bareng pramugari cantik-2, pake seragam keren, dilitiatin orang banyak, padahal sabtu-minggu kalo ada jadwal terbang ya harus terbang, apalagi kalo udah punya keluarga (istri & anak) dijamin jarang ketemu, giliran off dapetnya hari biasa, anak lagi sekolah gak bisa jalan-2 bareng keluarga, eh pas hari sabtu - minggu dapet jadwal padat, malem takbiran harus RON di luar base, lebaran kadang-2 gak sama keluarga, Idul Adha sholat gak bareng keluarga, sampai anak nanya "Ayah kapan kita jalan bareng hari minggu kayak teman-2 aku"

Di telp istri "ayah, si anak di rawat kena DB di rumah sakit ini" pas posisi dapat jadwal RON

Kalo orang yang gak bisa ninggalin keluarga, gak punya komitmen tinggi, cepat jenuh dijamin bakalan resign dari pilot, dua tahun pertama jadi pilot memang masih mengasyikkan, baru seneng-2nya terbang untuk selanjutnya bakalan jenuh deh
sayangnya untuk jadi pilot biayanya mahal....setahu saya sih sekitar gopek...
kira kira ada ngga sih yg bisa kasih informasi sekolah pilot yg ikatan dinas[gratis]??....







mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
Moga yang koment di Trit ini ,

Khoontol doakan jadi Pilot semua.



Quote:

S , TS.

Ini asli wanita ya S ....

[Ekonomi - Peluang Kerja]Indonesia Butuh 18 Ribu Pilot

Khoontol jadi pingin mimik cucu .... :


agan2,, jgn cuma pilot, "tukang parkir" pesawat di soeta juga di butuhkan, regenerasi harus di utamakan, jgn hanya "supir" pesawat nya aja,, "tukang parkir" nya juga,, pcuma bnyak supir tp tukang parkir nya dikit, bisa2 tabrakan,,

oh yah, pilot rotary wing (bhs keren nya Helikoter) jg lg sangat di butuhkan Indonesia,, untuk rotary wing, gak sampe 1000 pilot jumlah nya saat ini,,
Quote:Original Posted By Khoontol
Moga yang koment di Trit ini ,

Khoontol doakan jadi Pilot semua.


baru tau ada pic yg kek gitu....tadi kok ngga liat ya..

Spoiler for nyumbang:

mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
iyalah banyakin pilot dan pesawatnya juga lion delay mulu kebanyakan pilot asing lagi.....tiap pulang pergi kok gw denger namanya asing semua pilotnya, jarang nama indonesia pilotnya:
Quote:Original Posted By FL410
Bener banget gan

Kalo kehidupan dari kecil punya jiwa petualang, punya komitmen tinggi, sudah terbiasa jauh dari keluarga dijamin bakalan sukses jadi pilot

Kalo tipe-2 orang yang biasa kerja teratur senin-jum'at, sabtu-minggu libur bareng keluarga, gak pernah jauh dari keluarga dijamin akan mengalami kejenuhan tingkat tinggi

Banyak yang berpikir jadi pilot enak, gaji gede, terbang bareng pramugari cantik-2, pake seragam keren, dilitiatin orang banyak, padahal sabtu-minggu kalo ada jadwal terbang ya harus terbang, apalagi kalo udah punya keluarga (istri & anak) dijamin jarang ketemu, giliran off dapetnya hari biasa, anak lagi sekolah gak bisa jalan-2 bareng keluarga, eh pas hari sabtu - minggu dapet jadwal padat, malem takbiran harus RON di luar base, lebaran kadang-2 gak sama keluarga, Idul Adha sholat gak bareng keluarga, sampai anak nanya "Ayah kapan kita jalan bareng hari minggu kayak teman-2 aku"

Di telp istri "ayah, si anak di rawat kena DB di rumah sakit ini" pas posisi dapat jadwal RON

Kalo orang yang gak bisa ninggalin keluarga, gak punya komitmen tinggi, cepat jenuh dijamin bakalan resign dari pilot, dua tahun pertama jadi pilot memang masih mengasyikkan, baru seneng-2nya terbang untuk selanjutnya bakalan jenuh deh


Betul gan....

terima kasih untuk masukannya....setiap pekerjaan pasti beresiko....

Quote:Original Posted By 0ralucu
sayangnya untuk jadi pilot biayanya mahal....setahu saya sih sekitar gopek...
kira kira ada ngga sih yg bisa kasih informasi sekolah pilot yg ikatan dinas[gratis]??....








—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™



welcome to my thread mbah.....newbie mohon petunjuk....

Quote:Original Posted By Khoontol
Moga yang koment di Trit ini ,

Khoontol doakan jadi Pilot semua.


Amin....ane jadi pilot kapal laut aja yah...om...

Mimik cucunya besok2 aja yah...
hehehe...

mantabs dah..
semoga kedepannya profesi pilot tidak disalahgunakan yah..
karena tanggung jawab pilot itu mengantarkan penumpang yang mereka mempunyai keluarga yg menantinya.. hehehe
jd bukan hanya pintar dan capability baik.
tetapi juga harus memiliki attitude yang baik.

lebih murah nyogok jadi PNS gan daripada jadi pilot
Anak saya bilang cita-citanya jadi pilot. Waduuhh gawat...mesti nyiapin duit gopek nich...
Quote:Original Posted By djoen cena
kalo ada agan2 aganwati mo jadi pilot karena duit dan gengsi mendingan ga usah deh... uda banyak kenalan ane yg mo jadi pilot dengan alasan kaya gitu dan hasilnya begitu tau ga seenak yg dibayangin pada mutung semua.... sayang buang2 duit mahal (min 200 jt)

mendingan dengan alasan cita2 dari kecil... karena dia akan lebih tahan banting dibanding yg ane jelasin diatas


Quote:Original Posted By 0ralucu
sayangnya untuk jadi pilot biayanya mahal....setahu saya sih sekitar gopek...
kira kira ada ngga sih yg bisa kasih informasi sekolah pilot yg ikatan dinas[gratis]??....




—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™

kalau gak salah sekarang BANK bisa kasih fasilitas kredit pendidikan

dengan catatan


ada surat dukungan atau kontrak kerja dari Airlinesnya gan
×