Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016196881/asal-muasal-konflik-sampang
ASAL MUASAL KONFLIK SAMPANG
Quote:SAMPANG- Kerusuhan di desa Karang gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Minggu 26 Agustus 2012 silam bukanlah murni karena persoalan keyakinan. Kerusuhan tersebut murni berlatar belakang konflik keluarga yang tak lain adalah keluarga tokoh masyarakat setempat, Tajul Muluk dan Rois.

Keduanya merupakan kakak beradik, anak pasangan Kyai Mamun bin KH Achmad Nawawi dengan Ummah. Tajul Muluk merupakan tokoh sentral dalam penyebaran ajaran Syiah. Keluarga Kyai Mamun merupakan tokoh terpandang di wilayah Karang Gayam.
Tajul Muluk merupakan anak kedua dari delapan bersaudara. Saudara tertuanya bernama Iklil al-Milal, yang rumahnya turut dibakar masa anti syiah pada insiden kerusuhan tersebut. Sedangkan, adik Tajul secara berurutan yakni Rois al-Hukama, Fatimah az-zahra, Ummu Hani, Budur Makzuzah, ummu Kultsum, Ahmad Miftahul Huda.

Diakui Ibunda Tajul Muluk, Umi Ummah, konflik terjadi antara Tajul Muluk dengan sang adik Rois. Keduanya memang terlibat konflik pribadi sejak beberapa tahun silam. Apa masalah tersebut?
Ummah enggan membeberkan masalah tersebut. Tapi kata Ummah, persoalan itu sangat pribadi. “Masalah itu berawal dari masalah yang sangat pribadi, terus menjurus kepada masalah keyakinan, hingga Rois pernah mengatakan bahwa keluarga kafir,” kata Ummah di Sampang, Rabu (29/8/2012).

Perempuan paruh baya yang kini juga ikut mengungsi bersama warga Syiah di GOR Sampang, Madura, mengatakan dia sempat mengingatkan kedua anaknya agar menyelesaikan konflik. “Saya pernah mengingatkan mereka berdua, akan tetapi Rois tidak mau dan memilih untuk melakukan carok. Sejak itulah konflik tersebut muncul hingga menjadi besar seperti sekarang ini, bahkan hingga menimbulkan korban jiwa,” kata Ummah.

Berdasarkan Informasi yang beredar persoalan pribadi antara Tajul Muluk dan Rois terjadi sejak tahun 2005. Tajul Muluk pernah bercerita persoalan pribadi dirinya dengan KH. Rois yang berpaham sunni sengaja digiring ke konflik berlatar sehingga mengakibatkan bentrokan. Padahal, konflik tersebut dilatarbelakangi persoalan asmara diantara keduanya.

Ketika itu, Tajul Muluk ingin membantu tetangganya yang akan meminang salah satu santriwati yang mondok di pesantren KH Rois. Tapi, ternyata Rois juga ingin menikahi santriwati yang disebut-sebut bernama Halima itu. Sejak saat itulah konflik bermula. Rois tidak senang pujaan hatinya hendak dipinang oleh tetangga Tajul Muluk, Rois mengira dalang dari semuanya adalah Tajul Muluk. Pasalnya, Tajul-lah yang akan menjadi penghulu di pernikahan Halima dengan pemuda tetangga Tajul Muluk itu.
(Dedy Prianto/Sindo TV/ugo)


sumber
Spoiler for sumber berita:


kesimpulan TS
Quote:selesaikanlah masalah walaupun terlihat kecil dan remeh. karena kalo sudah dibumbui isu-isu tambahan bakal jadi masalah yg besar dan tak terkendali
busyet.. sepele banget asal-muasal permasalahannya
sampe bisa jadi konflik kayak gitu
benar2 bersumbu pendek orang Indonesia masa kini
buset dah lagi2 hal sepele..

mo ampe kapann??
hanya segitu nya kah kualitas orang Indonesia

mudah-an masih banyak lagi yg berakal sehat
jadi gara-gara wanita neh,,,
haduhhhhhhh,,
2012 masi aja konflik beginian molo

dasar retard

negara ga tegas jadinya gini dah
jadi pengen ngerti sperti apa sih Halima itu
Quote:Original Posted By not4given
busyet.. sepele banget asal-muasal permasalahannya
sampe bisa jadi konflik kayak gitu
benar2 bersumbu pendek orang Indonesia masa kini



wajarlah intelektualnya jg sempit , jd tingkat rasionalitas nya juga sempit, mentalnya masih mekultuskan seseorang sebagai yg dituakan dan didengar , jd kuping merekalah yg menentukanapa yg mereka lakukan
ah yang bener nih ?? macam cerita sinetron aja !!!! cuman pengaihan isu nih buat Sunni Vs Syiah di Madura Sampang !!!!
karena 1 cewek, hilang akal sehat para tetangga.



turut prihatin.

padahal cewek masih banyak khan...
kirim uya kuya aja kesono klo masalahnya cinta
seberapa unyu sih ceweknya sampai mengakibatkan konflik sebesar itu ?

@TS diharapkan menyertakan pict cenya biar para masta kaskuser menganalisanya
Quote:Original Posted By
Ketika itu, Tajul Muluk ingin membantu tetangganya yang akan meminang salah satu santriwati yang mondok di pesantren KH Rois. Tapi, ternyata Rois juga ingin menikahi santriwati yang disebut-sebut bernama Halima itu. Sejak saat itulah konflik bermula. Rois tidak senang pujaan hatinya hendak dipinang oleh tetangga Tajul Muluk, Rois mengira dalang dari semuanya adalah Tajul Muluk. Pasalnya, Tajul-lah yang akan menjadi penghulu di pernikahan Halima dengan pemuda tetangga Tajul Muluk itu.



ASAL MUASAL KONFLIK SAMPANG

"Sejak dahulu beginilah cinta, deritanya tiada akhir"...- Patkay

Jangan2 si Rois titisan Patkay... Gagal dalam Petualangan Cinta...

Love 

HALIMA ITU PASTI CUAAAKEEEP BUANGGGEEEEEEET
Sampai jadi rebutan gitu....
Tapi itu memang budaya orang sono, kalau berselisih bisa jadi carok..
Karena yg berkonflik juga beda keyakinan maka masalahnya bisa jadi konflik yang rumit....memberikan bumbu yg menambah pelik
jangan anggap masalah kecil itu sepele...dalamnya laut bisa diselami , dalamnya hati siapa bisa mengerti ???

meminta maaf bila ada salah...memaafkan kesalahan orang itu anugerah
Quote:Original Posted By
sumber
Spoiler for sumber berita:


kesimpulan TS


masalah LENDIR rupanya , mungkin karena cewe di sana cuma dikit kali ya
Naaaahhhh......yang sesat menyesatkan sudah bisa bernafas lega atau masih tetep pengen ngebunuh2in nih?
Quote:Original Posted By KimaxKaw
ASAL MUASAL KONFLIK SAMPANG

"Sejak dahulu beginilah cinta, deritanya tiada akhir"...- Patkay

Jangan2 si Rois titisan Patkay... Gagal dalam Petualangan Cinta...


ada ada aja ni agan

kirain perang keyakinan, ternyata karena awewe
Jangan-jangan KH Rois itu adalah titisan haji Muhidin yang curiga dengan haji Sulam
Ama sodara sendiri Sampe mo carok
Spoiler for :