Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016194984/kronologi-orangutan-yang-terbakarbukan-dibakar
Kronologi OrangUtan yang terbakar[bukan dibakar]
sumber : http://foto.news.viva.co.id/read/786...ngutan-sekarat

Menanggapi berita tantang evakuasi orangutan sekarat di Pontianak Kalimantan Barat di thread http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16186043, dimana menurut kami perlu diluruskan untuk pemberitaannya yang keliru.

kalau salah room, monggo dipindah MOD...

berikut ini merupakan laporan dari tim penyelamat di lapangan :

Spoiler for Laporan:
Spoiler for Lanjutan:
Spoiler for Lanjutan:


silahkan disimpulkan sendiri, disini ane tidak mau menghakimi siapa yang salah
Maaf sebelum nya kk , saya mau tanya sebab terbakar nya karena apa ya ?
Quote:Original Posted By backlist
Maaf sebelum nya kk , saya mau tanya sebab terbakar nya karena apa ya ?


Itu penjelasannya ada di point no.8 bos.
Sepertinya tidak sengaja terbakar karena api dari pengasapan yg mendadak membesar karena angin.

CMIIW.
Quote:Original Posted By backlist
Maaf sebelum nya kk , saya mau tanya sebab terbakar nya karena apa ya ?


sudah dijelaskan dalam kronologi gan.

Quote:Namun, tiba-tiba angin bertiup kencang dan menimbulkan percikan api dari sumber pengasapan. Percikan api ini terus melayang tinggi lalu menyambar bagian daun kelapa yang kering, dan api terus merambat ke atas, hingga ikut membakar beberapa bagian badan Orangutan.
tetep aja yang salah petugasnya dong,

dia nyalain api, tapi apinya sendiri ga bisa dia kontrol sehingga menyebabkan kebakaran di pohon yg membakar tubuh orangutan...

kan sudah dibekali senapan bius, harusnya yg lebih mahir nembaknya malah nyuruh orang lain, latihan nembak yg sering

tapi apapun itu, yg penting sudah terselamatkan itu orangutan
namanya binatang, kalo dia lapar pasti nyari makanan sendiri. tungguin aja, nti juga turun sendiri. ya skrg orangutannya udah mati juga. diomongin juga udah basi.
kalo emang ada kesalahan penanganan evakuasi orangutan itu mbok diakui aja, yg ada malah muncul tanggapan yg enggak2

Quote:Original Posted By Mas Fahman
tetep aja yang salah petugasnya dong,

dia nyalain api, tapi apinya sendiri ga bisa dia kontrol sehingga menyebabkan kebakaran di pohon yg membakar tubuh orangutan...

kan sudah dibekali senapan bius, harusnya yg lebih mahir nembaknya malah nyuruh orang lain, latihan nembak yg sering

tapi apapun itu, yg penting sudah terselamatkan itu orangutan


udah mati tuh gan orang utannya...
Quote:
Metrotvnews.com, Pontianak: Orangutan jantan yang mengalami luka bakar saat diusir dari perkebunan di Parit Wak Dongkak, Desa Wajok Hilir, Kalimantan Barat, akhirnya mati. Sebelumnya, kondisi Orangutan itu sempat membaik.

Menurut seorang petugas konservasi sumberdaya alam Niken Handayani, Orangutan itu mati saat dalam perjalanan ke rumah rehabilitasi Ketapang, tadi malam, Rabu (29/8). Selanjutnya, bangkai Orangutan itu akan kembali dibawa ke Pontianak untuk diotopsi.

Sebelumnya, Orangutan itu secara umum mulai membaik setelah mendapat perawatan di Rasau Jaya. Namun, Orangutan itu masih mengalami stres. (Wtr4)
kesimpulan ane: tidak sengaja terbakar karena dibuatkan api unggun pengasapan (alasan yang terlalu dibuat-buat)
MORON sekali langkah terakhirnya
anak kecil aja tau main air kebasahan.. main api kebakaran
apa gak ada prosedur standar evakuasi hewan...?
tolol lah itu team evakuasinya... pantesan orangutan semakin terancam punah, kita mempercayakan keselamatan orangutan pada team kayak gini
atau itu hanya sebuah pembelaan dengan merekayasa agar tidak disalahkan

toh benar atau tidaknya kita tidak tahu kan

gw kan pernah tinggal di pontianak
Quote:Original Posted By Girl.In.Jamban
kalo emang ada kesalahan penanganan evakuasi orangutan itu mbok diakui aja, yg ada malah muncul tanggapan yg enggak2



memang betul ada kesalahan penanganan, cuma yang perlu dipahami adalah berita yang keliru tentang masyarakat sengaja membakar untuk mengusir orangutan
apa ga bisa dipanggil namanya itu orang utan?, kan pasti turun dia..

klo ga punya nama ya langsung di kasi nama saat itu juga..anas misalkan kalo cowo, kalo cewe angie,.kalo perutnya buncit sekali panggil aja gayus..pasti turun dia kalo dipanggil nama..payah sih petugasnya..
Quote:Original Posted By mrjack
atau itu hanya sebuah pembelaan dengan merekayasa agar tidak disalahkan

toh benar atau tidaknya kita tidak tahu kan

gw kan pernah tinggal di pontianak


ane juga orang pontianak, kebetulan ane satu almamater dengan tim penyelamat(Kehutanan UGM). Btw, disitu banyak saksi dan bukan hanya pembuat laporan
Quote:Original Posted By neotoon
apa ga bisa dipanggil namanya itu orang utan?, kan pasti turun dia..

klo ga punya nama ya langsung di kasi nama saat itu juga..anas misalkan kalo cowo, kalo cewe angie,.kalo perutnya buncit sekali panggil aja gayus..pasti turun dia kalo dipanggil nama..payah sih petugasnya..


ide bagus gan, tapi perlu diingat, itu orangutan, bukan manusia...
waduh inalillahi wainailaihi rajiun, kasian orangutannya, beranak pinak jg susah...

petugasnya mungkin harus dibekali SOP dan skill yg memadai lain kali nih
ngeri gan ngeliat fotonya yg dr thread yg ngasi link ke sini....
asal main nyulut api aja...
yg kyk gini bikin ane kesel kadang2 gan....
Quote:Original Posted By n@ruto
ane juga orang pontianak, kebetulan ane satu almamater dengan tim penyelamat(Kehutanan UGM). Btw, disitu banyak saksi dan bukan hanya pembuat laporan


ada video penyelamatan gak?

biasanya ada yang merekam, untuk antisipasi jak
dari segitu banyaknya tim yang terlibat
yang perlu dipertanyakan adalah prosedur mengasapi (membakar pohon)
apakah hal tersebut sesuai dengan prosedur evakuasi satwa liar
saya belum pernah hal tersebut selama menonton natgeo wild dan
animal planet.
Mohon agar niat baik bisa dilakukan dengan cara2 yang baik dan juga benar

nasi sudah menjadi bubur, berita dan foto sudah tersebar
smg bisa menjadi pelajaran dalam melestarikan satwa liar selanjutnya

Quote:Original Posted By Masquerader
Dibilang 'dibakar' karena penyebabnya memang api yg sengaja dinyalakan oleh org2 tolol disana, gitu aja kok repot? Malu kali mengakui kebiadaban bangsa sendiri


dalam pemberitaan, dibuat seolah-olah orangutan tersebut sengaja dibakar(dalam artian untuk dibinasakan), bukan tentang pembakaran untuk pengasapan
×