alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 fakta orang banjar
3.17 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016194849/5-fakta-orang-banjar

5 fakta orang banjar

Ada berbagai suku di Kalimantan diantaranya suku dayak, suku Banjar, suku Bugis, dan lain-lain. Karena saya orang Banjar ada 5 fakta yang khas tentang orang Banjar.
1. Orang Banjar itu Agamis :
Liat saja disetiap kampung dari hilir sungai hingga hulu sungai yang namanya langgar atau mushola hampir tiap 10 meter, Mesjid juga dimana-mana ada. Orang Banjar sangat menghormati ulama, guru agama. Dulu gadis2 banjar pantang keluar rumah dengan kepala terbuka kalo ngga pake kerudung minimal ditutupi handuk kalo mau pergi ke warung. Cowok yang pengen ngelamar sama ceweknya ditanya Bapaknya sang cewek apa? Kamu sholat 5 waktu? Bisa mengaji? Bisa mengucapkan syahadat? pake diuji dulu kalo gagal, lamaran ditolak!…he…he..Dan kuota Haji bobol, Haji plus aja antriannya panjang banget, apalagi Haji biasa sekarang orang kalo ada rejeki lebih cuma satu yg kepikir Umroh!

2. Orang Banjar itu kocak dan suka ngobrol
Orang banjar itu identik suka ngobrol dan punya sense of humor yang tinggi, Orang banjar selalu kelihatan ramai dan ceria, tidak di warung di sekolah, di jalanan, dimana saja hingga debat pilkadapun harus ada humor ala Banjar yg kocak abizzz….Makanya orang Banjar punya istilah “mealabiu” asal kata ini di dapat dari daerah Alabio yang terkenal orangnya kocak-kocak dan doyan bercanda. dari yg sopan hingga yg menyerempet-nyerempet ke hal-hal “pribadi”. Susah menceritakan kocaknya kita, kalo kamu berkunjung atau tinggal di banjarmasin lihat sekumpulan remaja, Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, kakek-nenek pada ketawa dan saling tik-tok bicara ditanggung mereka lagi ngobrol dan “ngebanyol bareng”. Apalagi kalo sudah terkeluar katakata ” mengalabuaw”, “mewadai”, “ketukialas!”, “mewaluhi”, “membunguli”, he…he…

3. Orang Banjar itu tukang Makan
Selain makanan Banjar itu luar biasa enaknya jumlahnya juga tiada terhingga saking banyaknya. Mau makanan serba “Baubar” (Bakar, papuyu bakar, bawal bakar, gabus bakar, sayurnya (gangan) macam2 gangan tungkul (tongkol pisang), gangan keladi ( dari bonggol keladi), gangan nangka, gangan ketuyung (sejenis siput sungai) dll, belum lagi soto Banjar, Ayam masak habang (merah), nasi kuning Banjar, ketupat kandangan, mandai (asinan kulit cempedak), kue-kue yg ada 40 macam seperti bingka, bingka berandam, pais pisang, amparan tatak, kakikcak, kalalapon, dll, sederet bubur baras, bubur gunting, bubur randang, bubur habang bubur putih, kalo ingin melihat semua makanan Banjar datang aja ke Pasar Ramadhan, bingung deh mau beli yang mana abis semuanya enyak…enyak…Orang banjar juga punya istilah mewarung, kita suka makan diluar makanya yang namanya warung makan yg buka di Kal-sel dan khususnya Banjarmasin, Insya allah ngga bakalan rugi, ngga warung tepi jalan hingga restauran penuh pengunjung apalagi kalo jam makan atau hari libur. Kita juga suka mencoba makan-makanan baru, kalo ada makanan Jawa dicoba, makanan Bugis dicoba, makanan sunda, dicoba lagi, makanan jepang, cina, malaysia. Orang Banjar itu bisa nahan beli barang tapi kalo beli makanan enak mana tahaaan…wakaka…

4. Orang Banjar itu setia kawan
Orang Banjar itu kelihatannya dari luar orangnya sedikit garang kalo bicara nyaring dengan volume suara tinggi, tapi hatinya lembut dan tidak tegaan kalo udah punya teman mereka akan setia kawan dan royal pada teman. Orang Banjar kadang seolah-olah cepat marah tapi cepat juga memaafkan. Kita juga suka terus terang dan apa adanya. Pokoknya dalam urusan sahabat orang Banjar itu TOP banget deh…he..he..

5. Orang Banjar itu bungas-bungas
Bungas itu artinya cantik dan ganteng. Wah kalo liat cewek-cowok Banjar yg berseliweran di Jalan seakan melihat para bintang sinetron abis cantik-cantik dan ganteng-ganteng. baik yg asli banjar maupun yang campuran dayak, Arab, Jawa, Bugis, hingga Cina. Kulitnya putih kuning hingga sawo matang dan wajah kita cenderung oval, mata belo dan bulu mata lentik dan alis tebal. Ditambah ramah dan setia kawan, menarik bukan gan?

ane juga sebenarnya orang banjar gan emoticon-Malu

kasih komentar ya gan..

makasih udah mampir di trit ane,, emoticon-Smilie
jangan dikasih emoticon-Bata (S) ya gan
kalo emoticon-Cendol (S) ane terima
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
ooo
baru tau ane orang banjar gan nais inpo gan
misi agan ts orang bungas mau meninggalkan jejak dolo emoticon-Paw
emoticon-Cape d... (S)
klo ane suka dengerin orang banjar ngobrol, cukup 2 orang banjar, jaminan rame deh......
point no 5 alngkah baiknya kalau disertakan gambar/pict.....emoticon-Request
seperti kebanyakan agan2 bilang no pict=hoax
iya gan ane jg pernah ke kalsel ada gawean awal puasa kemeren (banjar, barabai, tanjung)

ane akuin dech org banjar jago bikin kue-kue emoticon-2 Jempol
Orang Banjar itu bungas-bungas emoticon-2 Jempol

hintallu

nice info gan emoticon-2 Jempol
Quote:


Begitulah gan emoticon-Malu
ulun ne keturunan banjar.. emoticon-Cendol (S)
Quote:


hahaha iya gan, rame.. trus cepat gitu kalo ngomong emoticon-Malu
Quote:


gimana gan kuenya enak kan... emoticon-thumbsup
Oh bagitu leh gan.. hanyar ulun tahu...
diatas bawah Ulun = Bungul
emoticon-Ngakak
Quote:


hintallu = telor gan emoticon-Ngakak
10 bulan yang lalu ane ke banjarmasin sampe nyeberang ke kota baru gan...dan makan nasi kuning dan soto banjar bang mamat dan soto mas anang. Mantab deh banjar, tapi sayang alamnya hancur oleh tambang batubara dimana mana, buat ceweknya emang sih bsnysk yang bening2, kalo lakinya ane bukan :maho
oooo... banjar yg deket dgn ciamis itu kan...??
Quote:


sama dong gan emoticon-Shakehand2
Bengkeng bengkeng lha urang banjar
Quote:


bener gan, tiap kota yang dijajah batubara. kecantikan alami kota itu akan hilang...
Quote:


Makanye gan udah gitu galian bekas dibiarin gitu aja...parah deh kalo ane liat fenomena yg terjadi di kampung agan...hutan udah abis di kapling2 buat batubara dan sawit...
Quote:


enak koq gan dan bermacam2 variasinya, dibarat lagi terkenal rainbow cake nah dibanjar dah buat rainbow jelly (ager-ager warna-warni kaya rainbow cake) sayang gak sempet foto..
cuma gan kalo lagi ngomong sama orang banjar asli bgt dari dusun ane gak ngerti gan..emoticon-Bingung waktu ane masuk ke pedalamannya ampe hrs bawa penterjemah..emoticon-Malu
dan cewe-cewenya bnr lumayan gan cakep koq emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di