alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fakta singkat tentang kota Samarinda
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016193351/fakta-singkat-tentang-kota-samarinda

Fakta singkat tentang kota Samarinda

Inilah gambaran kota Samarinda jika kalian belum pernah ke Samarinda.

Tempatnya Semerawut

Pengaturan tata-letak kota, bangunan, jalanan terbilang semerawut. Selain itu jalan-jalan yang jauh dari wilayah pemerintahan kurang dirawat, bahkan di jalanan kita bisa menemukan lubang sedalam 30 Cm bahkan 1 Meter!

Gang-gang lebih banyak mendominasi, jalan semen yang hancur serta got yang hitam lagi kotor menambah hancurnya estetika kota Samarinda. Bangunan-bangunan yang berdempetan, penuh tulisan papan iklan dan kabel-kabel semerawut menjadi pemandangan kota Samarinda.

Panas

Banyak orang bilang, Samarinda adalah kota kompor. Letakkan saja telur di jalan aspal pada tengah hari, niscaya masak sampai kekuning-kuningnya. Selain itu apabila panas, debu banyak beterbangan dicampur dengan truk-truk yang bermuatan pasir dan tronton yang penuh debu. Ditambah banyak setiap truk memiliki bagian belakang penutup hingga menyentuh aspal, sehingga debu dan pasir akan mengalami gesekkan yang mengakibatkan debu dan pasir beterbangan ke mana-mana.

Kota Samarinda sudah terasa panas pada jam 9 hingga 12 siang. Biasanya pada tengah hari awan kelabu menutupi kota ini dan jarang turun hujan. Jika panas seharian, pada jam 3 puncak panas membuat sebagian baju pengguna kendaraan bermotor bagaikan habis disetrika tiga gesekkan.

Taksi Nakal

Di Samarinda bisa ditemukan taksi berwarna hijau dan merah serta biru, taksi-taksi tersebut biasanya akan stop dengan tiba-tiba dan berhenti di pinggir jalan sesuka hati. Apabila pengguna motor berada di depannya, biasanya sering sekali membunyikan klakson mobil, begitu pula untuk sesama pengendara kendaraan bermotor. Jadi bagi Anda yang berkunjung atau tinggal di Samarinda, jangan segan-segan bermain klakson kendaraaan Anda apabila menemukan hal semacam ini.

Pengemis dan Pengamen

Di Samarinda juga memiliki pengamen dan pengemis. Pengamen-pengamen tersebar di pusat-pusat kota atau jalan-jalan besar. Mereka biasanya adalah anak-anak kecil atau remaja dengan style alay. Membawa peralatan musik seadanya dan menyanyi sesuatu yang membuat bertambahnya polusi suara setelah kendaraan. Tak ada kemahiran bernyanyi, plus anak-anak kecil yang dieksploitasi menjual koran-koran, tidak sekolah dan dibiarkan oleh orang tuanya meminta-minta ketika lampu merah berlangsung. Tidak ada keseriusan pemerintah wilayah Samarinda dalam menghadapi masalah ini, sehingga kebanyakkan warga Samarinda lebih memilih Balikpapan sebagai kota terbaik di Kalimantan Timur.

Jarang tindak kriminal

Jarang apabila kurang diekspos, minimal terjadinya KDRT, pencurian motor atau isi dalam mobil, kaca spion. Untuk masalah perselisihan antar daerah, kota Samarinda jauh dari hal itu.

Jalan raya perumahan untuk kendaraan industri

Di kota Samarinda, kurang banyak jalan alternatif. Pada tahun 2012, jalan Jakarta yang terkenal sebagai perumahan dengan tanah yang belum banyak ditempati justru dijadikan arus kendaraan industri. Jalanan hancur dan dipenuhi dengan lubang-lubang yang amat parah.

Tempat Hiburan

Hiburan bagi warga Samarinda adalah pergi ke Islamic Center untuk orang yang senang beribadah dengan khusuk dan luas serta remaja yang ingin berpacaran lebih intim di sana, tempat berkumpulnya anak-anak alay dan abg muda. Di tepian pada pagi, siang dan malam warga bisa menikmati angin semilir dan penjual-penjual es campur, k-i-k-i-l, keripik dan lain-lain.

Bagi warga yang ingin lebih nyaman di siang hari yang panas, biasanya mereka pergi ke Mall-mall, yaitu Lembusuwana, Plaza Mulia, dan SCP. Hanya ada satu bioskop yang terletak di SCP, dan di sana tempat bagi warga kelas menengah atas bisa memanjakan diri dan terlepas dari hancurnya estetika kota tersebut. Ada pula donat JCO yang sebagian warga Samarinda sangat menyukainya, dan sebagai donat paling lezat di Samarinda. Bagi warga menengah ke bawah, hiburan alternatif adalah bersilaturahim ria dengan tetangga membicarakan apapun yang sedang hangat terjadi, membeli makanan yang dijual di pinggir-pinggir jalan atau naik odong-odong ria bersama kawan-kawan dengan lagu yang membuat pekak sebagian telinga orang-orang.

Inilah fakta singkat tentang kota Samarinda. Meski banyak kekurangannya, tapi warga Samarinda tetap mencintai kota ini apa adanya. Meski ada apanya, itu sebagai nilai plus untuk menambah kesan mewah kota Samarinda dan memberikan hiburan tambahan bagi warganya. Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke kota Samarinda, persiapkanlah tabir surya, masker, dan jaket putih atau warna terang. Menurut TS pribadi, TS seperti sedang tinggal di koloni planet Mars yang sudah menjadi peradaban.


Quote:
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
emoticon-I Love Indonesia (S) ya saya jg tinggal di samarinda, dulu di bekasi cm nikah sama org samarinda...beda jauh sama bekasi,,,wlo sama2 panas, tapi bekasi lebih teratur.

angkutan kota nya jg ga bgtu enak, buat contohnya pemerintah sni bangun perumahan murah tapi jauh dari akses transportasi, ya sama aja boong....

klo hujan banyak "waterpark" dmn2, bisa2 sebetis klo banjir, , ,

gelap kalau malam....

saya juga ada darah jogja, lebih bagus jogja penataan kota nya yg notabene penghasilan kecil, g ada tambang....

sebenernya kalo pemkotnya mw bagusin,,pasti samarinda bs bagus koq emoticon-I Love Indonesia (S)
gue bukan orang sono gan











Fakta singkat tentang kota Samarinda
emoticon-Ngakak emang kacau mah samarinda
Quote:


Semua berawal dari walikota sama gubernurnya, kalo gak serius ya sama aja - mending turun deh...
ane jg tinggal di Samarinda..ane kira Samarinda gk ada walikotanya..emoticon-Blue Guy Peace
mau yg lama ato yg baru, sama saja..gk ada perubahan..


tpi ane tetep bersyukur Samarinda aman..emoticon-I Love Indonesia (S)
satu lagi gan "kota banjir" ga hujan ja bisa banjir. emoticon-Ngakak
taro pejwan
Panas

Banyak orang bilang, Samarinda adalah kota kompor. Letakkan saja telur di jalan aspal pada tengah hari, niscaya masak sampai kekuning-kuningnya. Selain itu apabila panas, debu banyak beterbangan dicampur dengan truk-truk yang bermuatan pasir dan tronton yang penuh debu. Ditambah banyak setiap truk memiliki bagian belakang penutup hingga menyentuh aspal, sehingga debu dan pasir akan mengalami gesekkan yang mengakibatkan debu dan pasir beterbangan ke mana-mana.

Kota Samarinda sudah terasa panas pada jam 9 hingga 12 siang. Biasanya pada tengah hari awan kelabu menutupi kota ini dan jarang turun hujan. Jika panas seharian, pada jam 3 puncak panas membuat sebagian baju pengguna kendaraan bermotor bagaikan habis disetrika tiga gesekkan.

#ngeri banget kayakx agan menggambarkan kota samarinda,.. padahal ga segitux juga kalee..... tergantung musim aja kali.. trus debu beterbangan ga ada tuh gan... klw yg agan maksud di pelabuhan peti kemas ya wajar donk..
hadeeehhh agan... nakut-nakutin pendatang aja....
meski begitu ane senang jadi warga kaltim khususnya,,,walaupun udah demen di malang sekarang, dingin kotanya...emoticon-Smilie
Ane asal Jakarta kemudian dapat kerja di Bontang. Jomplang banget Jakarta-Bontang-Samarinda. Kalo berdasarkan kenyamanan untuk hidup Bontang-Jakarta-Samarinda. Ane ke Samarinda kalo istri pingin makan Pizza Hut doang itupun harus ditempuh dengan pengorbanan. Jalan poros Bontang - Samarinda Nauzubillah hancurnya padahal salah satu provinsi terkaya di Indo... Pilu
inget disini
TAKSI=ANGKOT
hehhehe
ane orang samarinda juga gan, emang ada benarnya juga sih. tapi ane tetap bangga jadi warga kota samarinda..
tapi yg ane sayangkan tuh dgn perizinan tambang batu bara, gunung2 yg dekat rumah ane udah pada di ratakan tanpa sebatang pohon yg tumbuh...
ntar masa depan anak cucu kita bagaimana?
nice info gan,
ane bantu rate ***** deh biar banyak yang baca hehe






kalo berkenan berkunjung kesini ya gan
meski begtu ogut senang jdii warga kaltim khususny,,,walaupun udech demen di malang sekarang, dingin kotanyemoticon-linux2emoticon-Smilie
waahh keknya ts orang sono ya emoticon-Matabelo
Quote:


Kwokwokwokwok... gak satu tempat aja Gan... emoticon-Big Grin


Quote:


Masa cuma mau makan pizza ke Samarinda Gan? emoticon-Cape d...

Btw di sono ada mall nya kan?


Quote:


Nah itu, walikota gak ada tanggapan apa2. Nnati samarinda bisa semakin panas kalo dibiarin.... Kan semua berawal dari tambang itu...


Quote:


Makasih Gan, sangat membantu emoticon-Big Grin


Quote:


Ah Lu mah... emoticon-Big Grin
emoticon-Smilie emang kacau mah samarinda

hadeh...

tambah satu lagi gan... kotor berdebu... apalagi jl. jakarta... feuh...emoticon-Sundul Gan (S)
Quote:


Sudah masuk page one Gan, ane sudah sering ke situ, ksian banyak kendaraan industri lalu lalang lewat, jalanannya sampe hancur, gak kaya taun 2008...
Emank ad kota di indonesia yg gk semerawut ?
Ketauan bgt ts bkan org asli smarinda
Sya putra asli samarinda merasa ini sebuah penghinaan trhadap kota kami,

Samarinda dan sebagian besar kota di kaltim mengandalkan batubara sebagai pendapatan daerah mereka, jadi kerusakan lingkungan jd faktor yg relevan dgn pengembangan SDA tsb, tp kenapa batubara msh terus di eksploitasi??? Karena merupakan Apbn ato pemasukan negara besar buat membenahin ibukota jakarta dan kota laen di jawa, semua daerah berlomba mngeksploitasi sumber daya daerahx lalu diambil pusat dan dikembalikan ke daerah asal hanya 3% ,

Kasian kalimantan dan papua punya banyak potensi energi ttp di salahgunakan oleh kebijakan pemerintah pusat yg tidak berkeadilan,

INDONESIA = P JAWA, INDONESIA = JAKARTA

sebagai contoh di samarinda mau bangun jembatan dan bandara, semua udh setuju ttp dpr pusat gak setuju trhdp RAB krna dianggap trlalu besar, lalu kaltim bersedia menggunakan PAD ttp lagi2 dpr pusat gak setuju padhl daerah kami snggup biayai sendiri, KENAPA?

Di jakarta listrik padam 2 jam saja mungkin udh jd headline berita jd trending di twitter, di daerah perbatasan kaltim tidak ada listrik, tiap malam warga pake mesin domping genset dgn bensin 10 rbu seliterx apa pemerintah mau tau ??
Di jawa semen 1 sak 50 ribu, di pedalaman papua harga semen tembus 500 ribu 1 sak biasa aja ??

Bagi kita warga daerah apakah kita sudah menjadi indonesia seutuhnya ???
emoticon-Smilie emang kacau mah samarinda
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di