alexa-tracking

Blue Moon tak Kelihatan di Langit Indonesia gan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016192038/blue-moon-tak-kelihatan-di-langit-indonesia-gan
Blue Moon tak Kelihatan di Langit Indonesia gan!
BISMIMLLAHIRRAHMANNIRRAHIM...
thread pertama ane niy gan, mudah2an gak ada yang salah n gak repost ya gan... langsung aja gan niy tentang masalah BLUE MOON, masa di indonesia gak keliatan siy,tapi mudah2an keliatan ah biar ane ma orang2 yang dah nunggu fenomena ini bisa menyaksikan dengan mata kepala nya sendiri... amieeennn... emoticon-I Love Indonesia
"DARI SUMBER" REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masyarakat Indonesia yang menantikan fenomena alam Blue Moon atau 'Bulan Biru' yang kabarnya bakal muncul pada Sabtu (1/9) mendatang, harus menelan kecewa. Sebab, menurut Pakar Astronomi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Moeji Raharto, peristiwa berubahnya warna bulan menjadi biru itu tidak akan terlihat di langit Indonesia.

"Hanya akan terlihat pada keadaan cuaca yang lokal, misalnya tergantung kondisi aerosol di angkasa kita," jelasnya kepada ROL, Rabu (29/8).

Moeji menjelaskan, jika kondisi aerosol di angkasa yakni kandungan bulir es di angkasa Indonesia banyak, maka bulan dapat berwarna-warni. "Kalau atmosfer bumi tidak terdapat zat untuk membiaskan cahaya bulan, peristiwa Blue Moon tidak akan terlihat jelas," paparnya.

Namun prediksinya belum tentu seratus persen benar, karena menurutnya angkasa sangat dinamis. "Dapat saja kita melihatnya, semua kembali jika atmosfer terdapat bulir-bulir es," imbuh Moeji.

Meski penampakan Blue Moon tergantung bulir es, bukan berarti daerah bercuaca dingin dapat melihat Blue Moon. Mungkin saja, daerah panas seperti di Indonesia dapat melihatnya karena terletak di garis khatulistiwa. "Dapat saja panas membawa uap air, sehingga bulir es jatuh ke bumi kemudian membiaskan cahaya bulan," selorohnya.

Moeji menjelaskan satu tahun kalender masehi terdiri dari 365,2422 hari. Dalam satu bulan ada 29,53 hari, sehingga tiap satu tahun ada selisih 10,6 hari. "Maka setiap dua atau tiga tahun itu akan terjadi kelebihan satu bulan. Ini berarti akan ada dua purnama dalam satu bulan," jelasnya.

Artinya, setiap tahun biasanya ada 12 bulan purnama, tapi ini bisa 13 kali bulan purnama. "Untuk tahun ini bulan purnama dua kali dalam satu bulan jatuh di bulan Agustus tanggal 2 (Agustus) yang lalu dan 31 Agustus ini," ungkapnya. (baca: 1 September Bulan akan Berwarna Biru).

Menurut situs space.com, bulan terlihat biru jika di bumi terjadi kebakaran hutan atau letusan gunung berapi. Jelaga dan partikel abu yang tersimpan di atmosferlah yang terkadang bisa membuat bulan berwarna biru. Bulan berwarna biru akan terlihat seperti saat kebakaran hutan yang luas di bagian barat Kanada pada akhir September 1950 dan letusan gunung Pinatubo di Filipina pada Juni 1991.

Bulan purnama berwarna biru ini akan muncul dan dapat dinikmati kembali pada bulan Juli 2015 mendatang. Terakhir kali Blue Moon muncul pada Desember 2009 lalu. Istilah Blue Moon pertama kali digunakan pada 1542 lampau dan dipakai hingga sekarang.


SUMBER


oke gan segitu dulu yaaa,,, klo berkenan kasih ane yang ijo2 emoticon-Blue Guy Cendol (L) yaaa gan jgn di lempar bata emoticon-Blue Guy Bata (L)
sayang gak ada pic nya gan.. emoticon-Matabelo
Quote:


di sumber nya ada pict nya gan. ane gak bisa2 mo msukin gambar... emoticon-Sorry
Di semarang malem ni panas gan...
tapi malah mendung & bulannya ketutupan awan... emoticon-Cape d...
sekilas keliatan dikit bulannya tapi masih kuning warnanya... emoticon-Hammer2
Quote:


apalagi di tempat ane gan, mendung n gak kliatan gan... bener jga tuh kta c bapak...
Di tempat ane juga mendung gan







Blue Moon tak Kelihatan di Langit Indonesia gan!
wah ane gak ngerti blue moon gan
so what gitu loh
ane ga ngerti gan