alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016190365/129-pemulung-diangkat-sebagai-pemerhati-lingkungan
Thumbs up 129 Pemulung Diangkat Sebagai Pemerhati Lingkungan
Dijadikannya para pemulung itu sebagai pemerhati kebersihan sebagai cara menghapus penilaian negatif masyarakat terhadap para pemungut sampah

129 Pemulung Diangkat Sebagai Pemerhati Lingkungan

Sebanyak 129 pemulung di Samarinda, Kalimantan Timur, dijadikan sebagai Pemerhati Kebersihan (PK).

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda, Sugeng Chairudin menyatakan, dijadikannya para pemulung itu sebagai pemerhati kebersihan sebagai cara menghapus penilaian negatif masyarakat terhadap para pemungut sampah itu "Kami akan mengumpulkan para pemulung untuk dibina dan pada tahap pertama ini kami telah menghimpun sebanyak 129 orang selanjutnya diberi kartu tanda pengenal sebagai Pemerhati Kebersihan," kata Subeng Chairudin.

Selama ini, katanya, pemulung seakan menjadi musuh warga dan hal itu dapat dilihat di beberapa kawasan perumahan tertulis pemulung dilarang masuk.

Namun, lanjut dia, dengan membina pemulung sebagai pemerhati kebersihan kami berharap bisa menghapus pandangan negatif masyarakat itu.

Para pemulung yang telah dibekali kartu tanda pengenal sebagai Pemerhati Kebersihan yang berlaku selama satu tahun itu, lanjut Sugeng Chairuddin, akan membantu Pemerintah Kota Samarinda dalam mengatasi persoalan sampah.

"Merekalah yang akan membantu membersihkan TPS (tempat pembuangan sementara) dengan memilah sampah yang akan diambilnya. Pemulung yang tidak termasuk Pemerhati Kebersihan tidak diperbolehkan mengais sampah di TPS terkecuali di Tempat Pembuangan Akhir," kata Sugeng Chairudin.

Larangan mengais sampah di TPS itu, lanjut dia, telah diatur dalam Peraturan Daerah No 2 tahun 2011 pasal 40 yang menyatakan, pemulung dilarang mengais sampah di TPS dan pelanggaran atas perda itu dapat diancam dengan hukuman kurungan tiga bulan atau denda Rp50 juta, katanya.

"Pemerhati Kebersihan ini sebelumnya sudah kami beri pelatihan. Dari hasil diskusi dengan beberapa pemulung, ternyata penghasilan mereka bisa mencapai Rp2 juta per bulan," ungkap Sugeng Chairudin.

Jumlah pemulung yang ada di Kota Samarinda mencapai empat ribuan orang dan DKP Kota Samarinda, kata Sugeng Chairudin, akan terus menghimpun pemulung itu untuk dijadikan sebagai agen kebersihan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretariat Kota Samarinda, Diwansyah memberikan apresiasi khusus dijadikannya pemulung itu sebagai Pemerhati Kebersihan.

"Kami berharap, para pemulung bisa diorganisir dan ke depan bisa terbentuk koperasi para pemulung yang bertujuan untuk menyejahterakan mereka," kata Diwansyah.


SUMBER

Terobosan yg bagus....semoga diikuti kota2 lainnya....emoticon-2 Jempol

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:

[SEPUTAR ARSITEKTUR]Rumah Tradisional Flores Raih Penghargaan Tertinggi UNESCO
Pemilik The Jakarta Limousine, Dulu Loper Koran Kini Bos Rental
Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNS Kembangkan Sepeda Listrik
[SEMANGAT]Teguh, Seorang Penderita Stroke Nekat Bersepeda Keliling Dunia
[PRIHATIN]Dokter Spesialis Tawarkan Aborsi Secara Online


Jika berkenan mohon sumbangan emoticon-Rate 5 Star -nya
Syukur2 dihujani emoticon-Blue Guy Cendol (L)
wah langkah yang bagus, memanusiakan pemulung emoticon-Embarrassment
memang citra pemulung udah negatif, itu dikarenakan ada oknum2 yang berkdeok sebagai pemulung tapi malah (maaf) mencuri. Tapi itu kadang juga kita sendiri teledor, meletakkan barang di luar rumah emoticon-Hammer

semoga kesejahteraan mereka menjadi lebih baik, dan punya visi dalam hidup... emoticon-linux2

resmi amat komen ane emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By fajrenk
wah langkah yang bagus, memanusiakan pemulung emoticon-Embarrassment
memang citra pemulung udah negatif, itu dikarenakan ada oknum2 yang berkdeok sebagai pemulung tapi malah (maaf) mencuri. Tapi itu kadang juga kita sendiri teledor, meletakkan barang di luar rumah emoticon-Hammer

semoga kesejahteraan mereka menjadi lebih baik, dan punya visi dalam hidup... emoticon-linux2

resmi amat komen ane emoticon-Hammer2



mereka lebih terhormat gan dari pada dewan yang katanya terhormat yang cuman tidur2 di senayan sesekali piknik keluar negri dengan dalih study banding emoticon-Mad:


coba yah para koruptor dikasih hukuman jadi pemulung ato tukang sampah 5 taun aja lah..dan mereka dilarang tinggal di rumah mewah dan dilarang menggunakan fasilitas2 yang mewah pula walaupun itu punya sodara atau keluarga mereka...emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By ResidivisBaned
mereka lebih terhormat gan dari pada dewan yang katanya terhormat yang cuman tidur2 di senayan sesekali piknik keluar negri dengan dalih study banding emoticon-Mad:


coba yah para koruptor ndi kasih hukuman jadi pemulung 5 taeun aja lah..dan mereka dilarang tinggal di rumah mewah dan dilarang menggunakan fasilitas2 yang mewah pula walaupun itu punya sodara atau keluarga mereka...emoticon-Blue Guy Peace


ahahaha....
tapi ntar klo anggota dewan jadi pemulung, trus kerjanya tidur ,mulu gimana? emoticon-Big Grin

entahlah gan, entah harus dengan jalan apa biar mereka yg duduk di dewan bisa lebih peka, lebih menyadari bahwa di tangan mereka ada tanggung jawab utk mensejahterakan rakyat.

btw, nice for TS emoticon-thumbsup:
ane pernah nonton ditipi bahwa ada juga lho guru yang sekaligus merangkap menjadi pemulung dan dia bilang penghasilan dari memulung lebih besar dari pendapatan sebagai guru.
ada benernya juga karena pemulung tiap hari di lapangan dan paling tau kondisi sekitar
salut sama pemda samarinda...emoticon-2 Jempol
kota lain kapan nyusul..?
kalau bukan mereka siapa lagi !!!!!! emoticon-I Love Indonesia (S)
Bagus juga pemberian apresiasi Pejabat Daerahnya.




Tapi ...... emoticon-Amazed


Jangan sampai jumlah para pemulungnya

Di setiap bulannya juga meningkat.
wah program pemerintah yg bagus n patut didukung dan dicontoh
mereka pahlawan lingkungan gan... emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
kita juga berperan dalam menjaga lingkungan, bukan sekadar buang sampah ditempatnya gan, dengan sedikit perhatian lebih, sampah bisa bernilai positif lo agan-agan. kata dosen ane si begichuemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
gak kebayang gimana jadinya klo gak ada mereka, pasti sampah numpuk dimana2
lebih terhormat daripada pengemis musimanemoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-thumbsup lebih terhormat daripada sehat tapi ngemis. semoga pemulung2 Indonesia makin kreatif dengan adanya pendidikan untuk memanage sampah..misalnya dijadiin tas, sendal, dsb.
dulu ada gameny Trash Tycoon di facebook,
sayang kurang peminatnya akhirnya pengembangnya menyerah
pdhl lumayan ilmunya
memang kalau gak ada mereka jadi apa dunia ini??
emoticon-Cool
wah keren pemerintahnya disana, ane salut ganemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
pemulung diangkat jadi pemerhati lingkungan...

pejabat korupnya gantiin jadi pemulung aja...
pemulu juga punya peran terhadap lingkungan ya.
×