alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ritual Ganti Baju Mayat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016190178/ritual-ganti-baju-mayat

Ritual Ganti Baju Mayat

Spoiler for monggo gan:


Spoiler for monggo gan:


Spoiler for monggo gan:


Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menghormati leluhurnya. Di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, setiap 3 tahun sekali masyarakat yang bermukim di sekitar pegunungan Sesean, menggelar prosesi adat mengganti pakaian jasad leluhurnya yang disemayamkan di dalam peti tempat pekuburan Patane. Prosesi adat ini disebut Ma'nene.

Ritual Ma'nene atau mengganti pakaian mayat sebutan masyarakat Toraja, diawali dengan berkunjung ke lokasi pekuburan leluhur mereka yang dinamakan Patane di Desa atau Lembang Paton, Kecamatan Sariale, yang jaraknya berkisar 28 kilometer dari Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara. Di Patene, mayat moyang (leluhur) mereka yang telah berumur ratusan tahun tersimpan dalam keadaan utuh, karena sebelumnya diberi bahan pengawet.

Prosesi Ma'nene dilakukan pihak keluarga dengan membersihkan mayat leluhur yang telah berusia ratusan tahun, dengan melepas pakaian lama yang digunakan. Lalu seluruh badan mayat dibersihkan dengan menggunakan kuwas. Setelah itu, jenazah tersebut kemudian dipakaikan dengan pakaian baru. Bagi mayat pria memakai jas lengkap dengan stelan dasi hingga kaca mata.

Sebelum membuka pintu kuburan Patane dan mengangkat peti mayat untuk di bersihkan, tetua adat dengan sebutan Ne' Tomina Lumba, terlebih dahulu membacakan doa dalam Bahasa Toraja kuno, memohon izin kepada leluhur agar masyarakat mendapat rahmat keberkahan setiap musim tanam hingga panen berlimpah.

Ne'tomina merupakan gelar adat yang diberikan kepada tetua kampung, dimana artinya adalah orang yang dituakan juga imam atau pendeta. Pieter Rayub, tokoh masyarakat Lembang Poton yang juga keluarga pelaksana ritual Ma'nene menuturkan, prosesi adat Ma' nene sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Waktu pelaksanaannya berdasarkan kesepakatan bersama keluaarga dan tetua adat melalui musyawarah desa.

Ritual ini disepakati digelar 3 tahun sekali. Tujuannya agar keluarga yang berada di perantauan bisa datang menjenguk orang tua atau Nene To'dolo (moyang mereka), juga untuk mempererat hubungan tali silaturahmi orang perantauan dengan orang tua yang masih hidup atau yang sudah meninggal agar lebih mengingat kampung halamannya.

"Prosesi adat Ma'nene kami gelar dalam 3 tahun sekali berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah Lembang. Selain itu, kegiatan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi keluarga yang berada jauh di perantauan," ungkap Piter Rayub, saat mengelar prosesi adat Ma'nene pada Jumat (24/8/2012).

Menurutnya, Ma'nene digelar sebelum musim tanam dimulai atau sesudah memotong padi, yang hasil panennya digunakan dalam prosesi tersebut. Prosesi mengganti pakaian satu mayat tidaklah lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Usai mengganti pakaian mayat leluhur, masyarakat kampung di Lembang Poton kemudian berkumpul mengikuti acara makan bersama. Makanan yang disajikan adalah hasil sumbangan setiap keluarga keturunan leluhur yang melaksanakan kegiatan prosesi adat Ma'nene.

Usai makan bersama, acara dilanjut dengan tradisi Sisemmba', bertujuan menjalin keakraban serta silaturahmi antara keluarga perantau dengan yang berada di kampung halaman.

spirit indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
PERTAMAX gan !!!emoticon-thumbsup
waduh itu yang mayat jalan jalan ya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
wah itu cara ngawetinnya dulu gimana ya? kok bisa utuh sampai sekarang. . .
serem amat ya jd kesian ama tuh mayit
mayat nya masih cool gan emoticon-Cool
tapi cepet juga ya cuma 30menit mandiin nya

Bystem chneah

Quote:


disuntik formalin gan, tp ga tau tiap brp hr/bln/thn... btw serem gan
Quote:


buset di suntik formalin. gilan lucu juga yak emoticon-Ngakak
emoticon-Takut ane setuju sih soal tiap 3 tahun kumul bwt mempererat tali silaturahmi antar keluarga, dan yg dirantau. tapi emoticon-Takut nya ane ma urusan mayatnya
emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut
itu mayat gan...??
serem amat..
udh ky mumi
apa gkk membusuk yah bau
radak serem gan mukany
serem amat y jdii kesian ama tuh mayit
Gak berani gua gan emoticon-Takut (S)
serem amat mayatnya gan emoticon-Takut
Ritual yang unik ya




emoticon-PawOriginally Posted byimmateriallightemoticon-Paw
emoticon-Takut
klo ane kabur gan
Quote:


iya gan tu mayat dah diformalin jadinya kayak mumi gitu kering
Quote:


namanya juga mayat dah puluhan tahun gan
emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S)
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di