alexa-tracking

Orang Utan Kalimantan Terbakar !!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016181293/orang-utan-kalimantan-terbakar
Orang Utan Kalimantan Terbakar !!
Seekor orang utan berjenis kelamin jantan nekat masuk ke daerah pemukiman warga. Setelah empat hari mengusahakan untuk evakuasi, warga mencoba cara yang sedikit ekstreme, menggunakan api. Akibatnya, orang utan tersebut mengalami luka bakar. Insiden ini terjadi di Kampung Parit Wadongkak, Desa Wajok Hilir, Kecamatan Sianten, Pontianak, Kalimantan Barat. Primata yang memiliki nama latin pongo pygmaeus tersebut masuk ke area pemukiman pada Kamis, 23 Agustus 2012 dan bertengger di pepohonan selama beberapa hari hingga Minggu (26/8). Warga menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk meminta bantuan. BKSDA sempat mencoba berbagai cara untuk membuat orang utan yang berusia sekitar 17 tahun itu mau turun dan dievakuasi seperti dibius dan dikagetkan dengan bunyi petasan. Bahkan, warga sempat meminta bantuan kepada seorang dukun namun tetap berakhir gagal. Akhirnya, warga berinisiatif menggunakan api untuk menghalau dengan harapan primata tersebut mau turun dari pohon. Nahas, musim kering dan angin membuat api tidak terkontrol sehingga berakibat fatal. Orang utan itu pun terpaksa dievakuasi dalam keadaan penuh luka bakar. Warga sendiri mengaku insiden tersebut terjadi tanpa disengaja. “Nggak ada faktor sengaja untuk membakar orangutan,” ujar salah satu warga bernama Habibi, seperti dikutip dari Vivanews. Ia juga menambahkan, masyarakat menyadari bahwa orang utan adalah hewan yang dilindungi. Karena itulah mereka menghubungi BKSDA. Lantas, siapa yang harus disalahkan? apakah peralatan yang digunakan untuk evakuasi terlalu minim? Yang pasti, posisi primata yang dilindungi pemerintah ini adalah korban. Penghuni asli hutan-hutan Kalimantan tersebut mulai kehilangan tempat tinggal karena banyaknya hutan yang dibabat baik secara ilegal atau sebaliknya.

Momen Sebelum, Saat, Hingga Sesudah Terbakarnya Orang Utan Kalimantan emoticon-Mewek

Spoiler for foto sebelum primata ini terbakar:


Orang utan dewasa ini bermain di pepohonan yang ada di perkebunan warga desa Wajok Hilir. Diduga habitatnya terganggu sehingga ia mencari makan hingga ke perkebunan warga.

Spoiler for primata:


Foto di atas menunjukan hewan primata ini sedang asyik berayun dari pohon yang satu ke pohon yang lainnya

Spoiler for primata santai:


Orang utan ini juga bertengger di puncak pohon kelapa milik warga desa tersebut. Hal ini yang membuat warga khawatir. Mereka takut kalau orang utan tersebut akan menghabiskan seluruh hasil perkebunan mereka, atau mungkin saja, merusaknya.

Spoiler for naassssss:


Warga pun kehabisan akal untuk menghalau orang utan yang dianggap sebagai pengganggu ini. Akhirnya, mereka membakar pohon tersebut dengan harapan orang utan itu berhasil dilumpuhkan dengan asap yang timbul akibat pembakaran pohon.

Spoiler for kasiaaaan :


Alih-alih menghalau orang utan itu dengan asap, justru hewan primata ini ikut terbakar bersama pohon tersebut.

Spoiler for kasiiiiaaaannn:



Akhirnya, tim penyelamat datang untuk mengevakuasi orang utan tersebut. Menurut para petugas, diharapkan luka bakar pada orang utan ini akan sembuh dalam waktu kurang lebih 4 hari. Peristiwa orang utan terbakar ini, baru pertama kali terjadi. Sebelumnya, tidak pernah ada kasus tragis yang menimpa hewan langka yang dilindungi ini

Read more at: http://ciricara.com/2012/08/29/momen...limantan-foto/
Copyright © CiriCara.com




















memang gila sekarang manusia indonesia, satwa yang dianggap langka sama dunia malah ingin dibunuh. emoticon-Frown
wah kasian Gan !!!
Pejwan .. !! emoticon-Cool

wah kasian gan .. kok malah di bakar ? emoticon-Bingung (S) emoticon-Mad emoticon-Cape d... (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Genit emoticon-Betty (S)
wah kesian banget gan....
smoga bisa sehat kembali orang utannya gan.. aamiin..

Jual Fixie EG BIKE
wahhh... kasian jg kebakar gtu emoticon-Takut
mngkn krn takut kebunnya d rusak jd kehabisan akal/pikiran emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
udah terlalu parah emang
oknum yang bakar minta dibunuh tuh emoticon-Mad:
Yang penting bukan orang kita yang kebakaran
emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)

apa2an woi..
main bakar aja...
di bakar gila bgt gan kasian emoticon-fuck2
wakakkakakak koyo ngunu kok jaluk di ajeni menungso ngajeni kewan ae ra isoh emoticon-Ngakak (S)
pemerintah kita goblok banget dah dari dulu ga sembuh sembuh gobloknyaemoticon-Marah , kalo di luar negeri yang saya liat di TV ada masalah dengan lingkungan mereka maka akan menghubungi petugas pemadam kebakaran atau sejenisnya, kalo ini malah main bakar bakaran sendiri goblok banget dahemoticon-Marah , ga ada sosialisasi untuk menghubungi petugas baru kalo ada kebakaran aja telpon pemadam kebakaran
bukan terbakar
tapi di bakar dengan sengaja oleh warga emoticon-Marah
jahat banget yah orang itu
sebenernya itu kan pemukiman orang hutan, bukan pemukiman manusia
anjir kasian banget gan sumpah emoticon-Mewek
kalo orang utan nya mokad trus jadi hantu baru bisa bales dendam deh emoticon-Big Grin
waduh.. ga tega ane ngeliatnya, kasihan gan...
kok ga ditembak bius sih... penanganan dari pemerintah lamban ya? atau malah tidak ada jawaban?
Kalo setau ane yg sempat ngeliat sendiri, ane tinggal dekat TKP dan udah beberapa hari warga rame2 soal orang utan yg masuk ke kebun, oleh warga langsung dilaporkan ke BKSDA wilayah. Petugas BKSDA dibantu warga udah berusaha untuk menangkap orang utan itu bahkan sampe ditembak bius juga ga mempan. lalu dicoba dengan ditakut-takuti menggunakan api tapi celakanya malah melukai orang utan itu. setelah terluka bakar itu dicoba lagi ditembak bius dan baru berhasil di amankan orang utannya. jadi bukan sengaja dibakar, tapi sedikit ceroboh aja caranya, niatnya mau menakut-nakuti orang utannya supaya ga merusak tanaman warga. tapi terlepas itu ane emoticon-2 Jempol buat petugas n warga yg sigap mengamankan orang utan yg malang itu.
Kasian banget pake dibakar segala emoticon-Matabelo. Orang utan bukannya harus dilindungi? Parah bgt warganya.
gimana orang utan mau pindah kalo pas dihalau pake api banyak orang yg liat gitu ya emoticon-Hammer2
×