Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016177138/naik-sepeda-motor-seharusnya-maksimal-2-jam
Naik Sepeda Motor Seharusnya Maksimal 2 Jam
Naik Sepeda Motor Seharusnya Maksimal 2 Jam
Quote: Otosia.com - Naik sepeda motor pada dasarnya maksimal hanya boleh selama dua jam. Hal ini disampaikan Kabag Analis Kebijakan Korlantas Polri, Kombes Pol Adnas, dalam menyikapi faktor kelelahan sebagai faktor terbesar mengapa banyak pemudik bersepeda motor mengalami kecelakaan, bahkan meninggal akibat tabrakan.

Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas sendiri selama musim Lebaran 2012 menurut kepolisian daerah se-Indonesia mencapai 5.233 kejadian dengan total korban meninggal 908 orang, luka berat 1.505 orang, luka ringan 5.139 orang dengan kerugian materi diprediksi Rp. 11 miliar lebih.

"Sekitar 70 persen disebabkan oleh kendaraan roda dua," ungkap Adnas.

Dalam penjelasannya, sepeda motor sebenarnya hanya untuk jarak-jarak pendek, bukan digunakan untuk jarak panjang. Selain itu banyak pengendara sepeda motor yang seharusnya maksimal berkendara selama 2 jam, terkadang tidak berhenti juga walau sudah 4 jam lebih berkendara.

"Sepeda motor yang seharusnya hanya digunakan untuk dua orang, pada mudik lebaran sepeda motor di tunggangi lebih dari dua orang. Belum lagi tas dan barang-barang lain yang ditempatkan di depan, samping maupun belakang sepeda motor, yang menyebabkan hilangnya keseimbangan sepeda motor. Akhirnya pengendara kelelahan dan kehilangan konsentrasi berkendara," urainya.

Cara berkendara pun dinilainya menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Dalam kondisi arus lalu lintas padat, sejumlah pengendara sepeda motor justru melaju dengan kecepatan tinggi, mencoba menyelinap di sela-sela kendaraan lain, berbelok kanan-kiri, bahkan mendahului tidak menggunakan lampu sein, hingga menerobos lampu merah.

"Pengendara sepeda motor banyak yang tidak sabar dan tidak mematuhi aturan berlalu lintas," tambahnya.

Ia juga secara general memaparkan faktor-faktor penyebab kecelakaan. Sebanyak 28 persen disebabkan faktor manusia, 20 persen disebabkan faktor alam, 18 persen disebabkan faktor kendaraan yang digunakan, dan 15 persen disebabkan oleh faktor jalan. (kpl/why/bun)


Sumber : http://ayobacaberita.blogspot.com/20...aksimal-2.html

korban speda motor sama bencana alam serem sepeda motor ya gan... ada apa gerangan negri ini? ini salah pengendara ato pemerintah nih... motor juga sering buat prgi kluar kota... angkutan umum jadi sepi...
sumbernya mana gan entar di satronin vbot lu

sekarang gimana orang gak nekat mudik pake motor secara tiket bis mahal udah gitu jalanan macet semua
Quote:Original Posted By Adzka27
sumbernya mana gan entar di satronin vbot lu

sekarang gimana orang gak nekat mudik pake motor secara tiket bis mahal udah gitu jalanan macet semua


oke sudah diedit gan maklum jarang ngepost...

iya.. skarang motor emang kendaraan paling praktis sama murah biaya... tp jadi faktor pembunuh sama polusi paling serem gan... biasanya kita udah sering hati - hati tp mental pengendara yg lain itu macem2 gan...
kesalahan utama tetap pada pemerintah sebagai penyelenggara negara

kesalah kedua si motor itu sendiri, liat aja sendiri kelakuan mereka di jalanan

bagus lah kalo banyak kecelakaan, khususnya pengendara motor ababil yg ga tau diri, biar mampossss kalo kelindes truk

tp yg tau diri kesian sih kalo kecelakaan
Quote:Original Posted By Auto....Banned
kesalahan utama tetap pada pemerintah sebagai penyelenggara negara

kesalah kedua si motor itu sendiri, liat aja sendiri kelakuan mereka di jalanan

bagus lah kalo banyak kecelakaan, khususnya pengendara motor ababil yg ga tau diri, biar mampossss kalo kelindes truk

tp yg tau diri kesian sih kalo kecelakaan


nah itu gan biasanya yg udah ati2 juga sering jadi korban... banyak yg seenak jidat ngebut di jalan... ujung2nya nyuruh orang laen tanggung jawab.... apalagi pengguna kendaraan roda 4...
naik satu jam aja udah pegel2 kok badan ini
Quote:Ia juga secara general memaparkan faktor-faktor penyebab kecelakaan. Sebanyak 28 persen disebabkan faktor manusia, 20 persen disebabkan faktor alam, 18 persen disebabkan faktor kendaraan yang digunakan, dan 15 persen disebabkan oleh faktor jalan.

saiyah pikir 90% human error
yang 10% brain error
Setuju gan, ane pulang kantor aja kalo macet bisa sampe 2 jam, dan itu udah pegel banget... Gimana kalo 4 jam sambil boncengan...
Quote:Original Posted By RaiKou
nah itu gan biasanya yg udah ati2 juga sering jadi korban... banyak yg seenak jidat ngebut di jalan... ujung2nya nyuruh orang laen tanggung jawab.... apalagi pengguna kendaraan roda 4...


hukum jalanan gan, yg lebih susah selalu benar
gua pernah tuh.
dari jam 10 malam ampe jam 6 sore an keesokan harinya.
ke bromo berangkat malam.dan siang langsung balik lagi

(walau ada istirahatnya tapi lumayan amsyong karena jalananya amsyong)

pulang badan seakan patah patah tiap sendi

turun ke lautan pasir berbekal motor bebek yang udah semalaman digeber buat ke bromo nya

setelah pulang langsung service tuh sepeda.
asep knalpotnya bau sangit
Quote:Original Posted By Green3apple
naik satu jam aja udah pegel2 kok badan ini

Betul gan, ane dulu pernah coba PP rumah - kantor, sekali jalan 2 jam.
Cuma kuat seminggu abis itu badan masuk angin
wah emang gmn lagi


harusnya ada pengangkutan massal kendaraan bermotor ke kampung yang gratis dan membebaskan biaya


itu dia... ruwet, negeri auto pilot
emang si pengendara sekarang, banyakan kurang bertanggung jawab, yang ati2 yang sering jadi korban
ilustrasi motornya galak bener
kelamaan bisa mandul katanya gan
banyaknya motor bs jg krn kurangnya alat transportasi massal,
makanya meski jauh2 bela2in naik motor (meski berpanas2 juga)

klo konvoi 4L4Y moge ato abg, jatoh malah ane syukurin dah!
napa g dari dolo2 aja jatohnya..
:







siapa bilang sesat? >>> videoSYIAH.com
Benahi dulu angkutan umum buat mudik, baru bicara motor di pake mudik
waduh, kemarin waktu mudik ane pake motor sampe 5 jam gan,
nonstop dari kota ke kampung,
Bikin aja peraturan pemerintahnya.. gitu aja kok repot

Kalo cuma anjuran ya bodo bodo wae,,
Bisa merusak kualitas sperma gan.. 'pabriknya' kepanasan
ya gimana2 juga pemerintah ya tetep bersalah, soalnya udah melakukan pembiaran merebaknya penggunaan sepeda motor. Tauk tuh kenapa.... Apa jangan2 emang pemerintah kita ada perjanjian sama mafia2 otomotif ya,,?
×