alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016165557/indonesia-impor-beras-kamboja-100000-ton-tahun
Indonesia impor beras Kamboja 100.000 ton/tahun
Indonesia impor beras Kamboja 100.000 ton/tahun

Pemerintah Indonesia menandatangani kesepakatan untuk membeli beras dari Kamboja dengan volume 100.000 ton per tahun untuk jangka waktu lima tahun ke depan dan sebaliknya negeri bangsa Khmer itu akan mengimpor pupuk dan peralatan pertanian seperti traktor dan mesin penggiling gabah.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan dan Menteri Perdagangan Kamboja Cham Prasidh pada sela-sela Pertemuan ke-44 Menteri-Menteri Ekonomi ASEAN di Siem Reap, Kamboja.

Turut menyaksikan penandatangan kesepakatan itu Dubes RI untuk Kamboja Soehardjono Sastromihardjo dan sejumlah pengusaha Indonesia yang berbisnis di Kamboja.

"Ini penandatangan kesepakatan pertama kali yang bersejarah," kata Menteri Perdagangan Kamboja Cham Prasidh sambil menyalami mitranya Mendag Gita Wirjawan.

"Akan banyak lagi kesepakatan seperti ini yang ditandatangani ke depan," jawab Gita Wirjawan.

Chad Prasidh tampak begitu sumringah karena berhasil menggolkan kesepakatan penjualan beras itu kepada Indonesia.

Kamboja memproduksi 8,25 juta ton beras tahun 2011. Pada tahun 2012, Kamboja mentargetkan eskpor beras sebanyak 180.000 ton, dan sampai dengan 2015 Kamboja mematok target ekspor beras sedikitnya 1 juta ton.

Pembicaraan soal kesepakatan pembelian beras, menurut Prasidh, sudah lama dibahas dan dibicarakan dengan pihak Indonesia. Ia mengaku senang sekali pada akhirnya kesepakatan itu berhasil ditandatangani dan dilaksanakan.

Menjawab pertanyaan apa yang akan dibeli dari Indonesia sebagai imbal balik penjualan beras ke Indonesia, Prasidh mengatakan apa saja yang Indonesia punya dan dibutuhkan oleh rakyat Kamboja.

Oleh karena rakyat Kamboja 80 persen bertani, maka yang diperlukan adalah pupuk dan teknologi pertanian serta penanganan pasca-panen.

"Kami butuh pupuk, traktor, dan mesin penggiling gabah, silahkan pengusaha Indonesia pasok ke Kamboja bersama-sama dengan mitra-mitra kami lainnya," kata Prasidh.

Mendag Gita Wirjawan mengatakan kesepakatan tersebut merupakan payung hukum yang nantinya akan dieksekusi oleh Bulog sebagai penyangga komoditi strategis beras. Kesepakatan yang sama juga sudah ditandatangani dengan Thailand dan Vietnam.

"Intinya adalah untuk keamanan pasokan dan ketersediaan beras, bukan serta merta langsung diimpor. Ini cadangan untuk jaga-jaga karena produksi nasional setiap tahunnya kurang 2 juta sampai tiga juta ton," katanya.

Kurangi konsumsi beras

Menurut Gita, produk pangan menghadapi ketidakpastian pasokan karena faktor cuaca dan perubahan iklim. Sementara produksi beras nasional antara 35 juta sampai 40 juta ton per tahun sehingga untuk stabilitas harga dan cadangan terpaksa harus impor untuk memenuhi kekurangannya.

Di sisi lain, katanya, pemerintah mentargetkan tahun 2014 produksi beras nasional surplus 10 juta ton.

"Sebenarnya supaya surplus gampang saja, kurangi konsumsi beras dengan diversikasi pangan," katanya.

Data Kementerian Perdagangan menyebutkan konsumsi beras Indonesia adalah 140 kg per orang per tahun. Itu jaiuh di atas angka-angka konsumsi beras di Vietnam, Thailand, dan Malaysia yang hanya berkisar 65-70 kg.

Menurut Gita, jika Indonesia bisa menurunkan konsumsi beras dari 140 kg ke 100 kg saja maka sudah bisa menghemat 40 kg per tahun. Jika angka itu dikalikan 250 juta penduduk, maka penghematannya mencapai 10 juta ton.

"Jika kita bisa menghemat 10 juta ton, maka kita tidak usah impor tiga juta ton. Sebaliknya malah bisa ekspor tujuh juta ton," demikian Mendag Gita Wirjawan.

SUMBER

Katanya sawah kita luas?? Kok ini malah impor sih emoticon-Bingung
Lha emang ,petani kita bertanam PADI apa bertanam eceng gondok sih.. ? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By fendoank

Katanya sawah kita luas?? Kok ini malah impor sih emoticon-Bingung


luaskan katanya gan,,,buktinya di kampung nenek gw sawah sawah sekarang banyak yang jadi komplek perumahan, harusnya persawahan dilarang jadi perumahan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ngintip.oye
Lha emang ,petani kita bertanam PADI apa bertanam apa sih.. ? emoticon-Ngakak


selamat tinggal negara swasembada selamat datang negara ancur emoticon-Cape d... (S)

Indonesia impor beras Kamboja 100.000 ton/tahun

GEMAH RIPAH LOH JINAWI emoticon-Berduka (S)
sawah udah pada abis buat pemukiman
dan villa villa mesum

di pulau yang luas macam sumatra dan
kalimantan justru malah banyak kelapa sawitnya
Lumayan bisa ngasih kerjaan buat pegawai pabrik pupuk dan traktor
Quote:Pemerintah Indonesia menandatangani kesepakatan untuk membeli beras dari Kamboja dengan volume 100.000 ton per tahun untuk jangka waktu lima tahun ke depan dan sebaliknya negeri bangsa Khmer itu akan mengimpor pupuk dan peralatan pertanian seperti traktor dan mesin penggiling gabah.


Lumayanlah, saling memenuhi kebutuhan negara masing2. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ngintip.oye
Lha emang ,petani kita bertanam PADI apa bertanam eceng gondok sih.. ? emoticon-Ngakak


kita menanam pohon duit gan emoticon-Big Grin

jadi kalo udah panen, tinggal tukerin sama beras kamboja emoticon-Bata (S):
Quote:Original Posted By aloxusbatalover
kita menanam pohon duit gan emoticon-Big Grin

jadi kalo udah panen, tinggal tukerin sama beras kamboja emoticon-Bata (S):

parah emoticon-Cape d... (S) , mending beras sendiri di makan , kalo lebih export biat jadi duit gan emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Berduka (S) Apakah ini Indonesia emoticon-Berduka (S)
yang dikenal dengan negara agraris?

Ngakak 

- Tanah kita memang luas, anehnya yg menanam padi malah banyak di Jawa. Di luar jawa habis ditanami sawit.

- Cara penanaman padi di Indonesia masih tradisional, beda dengan negara tetangga. contohnya setiap kenalan saya melihat penanaman padi di Indonesia, mereka sangat terkejut dan kagum...katanya "di negara kami udah gak ada lagi yg seperti iniemoticon-Hammer"

- Pemerintah memang sengaja tidak ingin mencapai swasembada pangan di Indonesia, karna jika Indonesia swasembada...maka importir pada rugi emoticon-linux
Quote:Original Posted By ngintip.oye
Lha emang ,petani kita bertanam PADI apa bertanam eceng gondok sih.. ? emoticon-Ngakak


ya nanam padi lah gan.
ada2 aja komen ente emoticon-Ngakak (S)
makin kuat alasan anak2 petani tak mau jadi petani
daripada nganggur, mending sawah2 dijual aja ke developer
moga aja pendapat ini g bener emoticon-siul:
bukannya klo di luar jawa kyk kalimantan gbs dijadiin sawah yak emoticon-Malu
coz jenis tanahnya tanah gambut.... emoticon-Thinking


Quote:
Jual Macam-Macam Case iPad(BookBook for all iPad series), iPhone, Samsung Galaxy Tab
Laptopad. Solusi Bagi Orang Yang Suka Memangku Laptop dan Tidak Ingin Mandul!!
jadi maLes makan nasi,,
gw makan daun aja kLo gini caranya.. sekaLian jadi vegan,, emoticon-Cool
ini semua soal kebijakan gan..
pejabat2 kita udh g doyan makan nasi,
doyan duit rakyat emoticon-Najis (S)
simbiosis mutualisme sih boleh aja, tp knpa harus beras yg diimpor ke indonesia? lama lama petani pada gulung tiker juga ney emoticon-Cape d... (S)
gak pusing, karena ane makannya kentang emoticon-Cool
biarin aja,yg penting tersedia,mau impor kek,mau ekspor,mau salto..peduli amat.
bukan nya zaman pak JK dulu kita uda swasembada beras ?emoticon-Bingung







INGATLAH SUATU SAAT NANTI KITA AKAN MATI SAUDARAKU