alexa-tracking

Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik - Part 6

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016147307/menuju-sepakbola-indonesia-yang-lebih-baik---part-6
1 
[update 23 Januari 2012] Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik
Quote:


Akses singkat thread ini: [url]www.saveoursoccer.tk[/url]
Thx to agan wa2nlinux dan hdindonesia


Gerakan Kaskuser telah dimulai!! klik!'n klik!
Testimoni kaskuser! klik! 'n klik!












Quote:




Quote:








FAQ to PSSI - IPL



PSSI memberikan promosi gratis pada 6 tim!

Fakta: Tidak ada promosi gratis, yang ada adalah klub manapun boleh tampil asal lolos verifikasi sebagai peserta kompetisi professional kelas 1 atau kelas 2.
Quote:

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/14603583 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/13391596 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
KASKUS Ads

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12808925 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/12237035 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/11799319 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Quote:

Fakta: Penentuan jumlah peserta liga ini adalah hak prerogatif Exco sesuai statuta PSSI pasal 37 ayat 1 (a): Exco berwenang mengatur tanggal, tempat, dan jumlah peserta kompetisi.
Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik - Part 6

Fakta: Tapi ingat 6 tim itu kemarin harus diverifikasi lagi, kalo lolos silahkan ikut kompetisi profesional, kalo ga, ya ga bisa.... Jadi bukan gratis.
Quote:

Fakta: Kelompok klub pembangkang dan PT LI menuduh PSSI memberikan promosi gratis, padahal ISL 2011/2012 juga memberikan promosi gratis kepada: Persiram, Gresik United, PSAP, dan PSMS. Kali ini apa dasarnya? Tanpa verifikasi?


***



Kenapa harus ada reset kompetisi! Pasti ini adalah akal-akalan saja untuk melegalkan promosi gratis!

Fakta: Reset kompetisi disebabkan oleh AFC yang menilai klub kita tidak ada yang profesional. Untuk memperbaiki sistem yang bobrok ini sudah sangat sulit. Oleh karena itu, kita merubuhkan bangunan sistem reyot masa lalu, dan membangun sistem liga baru yang profesional. Refresh!

Konsekuensi dari refresh adalah membersihkan statistik-statistik pertandingan dan nilai-nilai koefisien musim lalu. Semua klub posisinya sama. Nol kembali. Siapapun yang lolos verifikasi berhak tampil di liga baru! Meskipun tim itu dulunya ada di divisi 2.
Quote:

Believe it: Jangan terlalu skeptis pada perubahan. Hanya orang gila yang berharap hasil yang berbeda dengan melakukan cara yang sama! Hanya orang gila yang menginginkan Timnas berprestasi dengan menggunakan sistem lama yang terbukti bobrok!

Dengan berubah, mungkin saja kita berhasil, dan mungkin saja kita gagal. Tapi bila tidak berubah, kita sudah terbukti gagal! Bangkit dan berubah! Perubahan dimulai dari mengubah pola pikir kita!

Contoh Liga Jepang. Tahun 1993, Jepang menghentikan Japan Soccer League yang telah berlangsung sejak 1965. Kemudian merombak liganya menjadi lebih profesional yang bernama J-League. Di musim pertamanya hanya tercatat 10 tim yang tergabung. Namun perlahan tim bertambah dan liga menjadi semakin profesional. Sekarang lihat hasilnya, Jepang mampu berbicara di pentas dunia.

Sekarang momentum kita tepat seperti di Jepang 18 tahun lalu. Jangan takut berubah. Jepang telah memberi kita pelajaran bahwa kita masih punya harapan.
Quote:

Contoh lain dari klub yang tidak perlu ‘berdarah-darah’ untuk mencapai liga utama adalah Gwangju FC. Meskipun baru berdiri pada Desember 2010, Gwangju FC langsung menjadi peserta K-League 2011. Itu karena memang Gwangju FC memenuhi persyaratan dan verifikasi. Lalu buktinya tidak ada pergolakan dari klub-klub lain yang merasa ‘didzalimi’, dan tidak ada tuntutan KLB di Football Association Korea Selatan. Itulah cirri dari bangsa yang cerdas, tidak seperti segelintir pengurus sepakbola Indonesia yang primitif.
Quote:


Quote:


Quote:



***



Keanggotaan PSM, Persibo, dan Persema sudah dicabut! Harusnya tidak boleh ikut kompetisi!

Fakta: Hukuman bagi ketiga klub itu sudah diputihkan oleh Komite Normalisasi yang dipimpin oleh Agum Gumelar.
Quote:


Quote:
Berdasar kongres di Bali, liga cuma boleh 18 klub!

Fakta: Tidak ada keputusan kongres yang menyatakan peserta liga hanya 18
Quote:

Fakta: Pasal 23 ayat 1 kongres Bali hanya menyatakan jumlah peserta kongres pada saat itu. Kebetulan ISL musim lalu pesertanya ada 18 tim. Sehingga makna di pasal 23 ayat 1: peserta kongres yang berasal dari ISL adalah 18 orang sesuai jumlah tim saat itu. Pasal ini tidak mengatur jumlah klub peserta liga untuk seterusnya.
Quote:

Fakta: Penentuan jumlah peserta liga adalah hak prerogatif Exco sesuai statuta PSSI pasal 37 ayat 1 (a): Exco berwenang mengatur tanggal, tempat, dan jumlah peserta kompetisi.
Quote:

Fakta: Tuntutan format kompetisi kemungkinan berlandaskan surat palsu yang sengaja diedarkan oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab. SK yang beredar ini tertanggal 2011 namun di bagian lain 2010.
Quote:


Quote:


Quote:


Spoiler for SK Palsu:



***



Menurut hasil kongres Bali, PT LI adalah yang ditunjuk sebagai penyelenggara liga! Bukan yang lain!

Fakta: Tuntutan format kompetisi kemungkinan berlandaskan surat palsu yang sengaja diedarkan oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab. Bukti telah dipaparkan di atas.

Fakta: Sebenarnya PT Liga Prima tidak akan ditunjuk kalau PT LI mau bekerja sama. Rencana awal, PSSI akan mengaudit dulu PT LI. Untuk menganalisa kesehatan perusahaan ini. Tapi niatan ini ditentang PTLI, mereka menolak diaudit. Bagaimana PSSI bisa menggelar liga? PSSI tidak mau mengambil resiko bekerja-sama dengan perusahaan yang tidak akuntabel dan transparan, sebab mayoritas uang PSSI berputar disana. Di lain pihak deadline kompetisi dari AFC sudah mepet. Maka ditunjuk dulu PT Liga Prima untuk menjalankan kompetisi. Agar terhindar dari sanksi AFC. Jangan sampai gara-gara PT LI, bangsa ini rugi.
Quote:

Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik - Part 6

Quote:



***



ISL lebih seru! Tim besar semua! Pemainnya beken!

Jawaban: Menentukan benar-tidaknya kompetisi bukan dari seru-seruan. Melainkan legalitas. Bagaimana legalitas ISL? Bisa dibaca di FAQ ISL di bawah. Kalau melihat klub besar yang bermain disana, itu tergantung keputusan pengurus klub tersebut. Pertanyaannya, siapa orang-orang yang ada di balik pengurus klub? Ada kepentingan apa?


***



Klub kebanggaan ane di ISL! Jadi ane dukung ISL!

Jawaban: Mendukung ISL atau IPL adalah hak agan. Tapi yang jelas, kita harus bersatu untuk mendukung kemajuan sepakbola nasional. Jangan diam melihat sepakbola kita dirusak. Boleh dukung klub, tapi jangan lupakan kepentingan nasional yang lebih besar.
Terserah lo ngomong apa! Biarkan seleksi alam yang menentukan! Liat itu tiap pertandingan ISL penontonnya puluhan ribu! Pertandingannya enak ditonton!

Jawaban: Mau nonton ISL atau tidak itu kembali pada agan lagi. Silahkan apresiasi kalau pertandingan yang disuguhkan berkualitas. Tapi kalau ingin mendukung kemajuan sepakbola nasional, dan merindukan Timnas berprestasi di kancah dunia, ayo dukung juga liga yang resmi. Karena liga resmi adalah awal mula pembentukan sistem pembinaan yang baik dan profesional.


***



Gara-gara PSSI, Persipura gagal tampil di LCA! Mendzalimi rakyat Papua!

Fakta: PSSI sudah berupaya mendaftarkan Persipura ke AFC.

Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik - Part 6


Fakta: Sayangnya AFC hanya mengakui liga resmi.
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Jadi sekarang terbukti bahwa Persipura gagal tampil di LCA adalah karena kesalahan mereka sendiri. Coba kita kembali pada peristiwa 6 tahun lalu. Saat Persipura juga gagal tampil di LCA gara-gara kesalahan PSSI Nurdin Halid, saat itu kemana suara mereka? Kenapa diam saja didzalimi? Padahal posisinya terang benderang Persipura yang benar PSSI Nurdin Halid yang salah.
Quote:



***



Saham PT Liga Prima dikuasai Djohar 70%! Sisanya Farid Rachman! Pasti keuntungan mau dimakan sendiri! Tidak sesuai hasil kongres Bali!

Fakta: Sebenarnya PT Liga Prima tidak akan ditunjuk kalau PT LI mau bekerja sama. Rencana awal, PSSI akan mengaudit dulu PT LI. Kemudian menilai bagaimana keadaan perusahaan tersebut, apakah sahamnya layak dibagikan sekarang pada klub atau ditunda dulu. Kalau misal setelah audit ternyata PT LI sedang menanggung hutang 200 miliar. Tentu akan memberatkan klub bila saham dibagikan sekarang. Artinya hutang warisan itu juga akan dibagi-bagikan. Maukah?
Quote:

Fakta: Sebenarnya klub-2 pembangkang itu paham mengenai penundaan pembagian saham ini. Entah mereka lupa, amnesia, atau bagaimana.
Quote:
PSSI diktator! Bisanya maen ancam! Degradasi lah, sanksi lah!

Fakta: Sebelum sanksi turun, PSSI sudah berusaha agar klub-2 itu kembali ke IPL. PSSI sudah memberikan kesempatan.
Quote:

Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik - Part 6

Quote:



***



Alah! Semua pemberitaan di media membuktikan kalo PSSI yang salah!

Fakta: Hati-hati dalam menerima/membaca/mendengar berita. Beberapa media kini cenderung tidak netral. Kalau ingin mengetahui informasi yang obyektif, cari tahu dari berbagai sumber. Contoh : Viv*news, TV O*e, dan AN*V. Adakah dia mengulas status hukum PT LI? Atau surat pendaftaran Persipura ke AFC oleh PSSI? Kebanyakan berita mengenai kisruh PSSI adalah berupa tuduhan dan opini tanpa menunjukkan fakta-2 yang sesungguhnya. Sepertinya mereka telah mengabaikan Kode etik wartawan Indonesia, khususnya pasal 3.
Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik - Part 6

Quote:



***



Tapi kenapa sekarang banyak suporter yang menuduh PSSI salah dan ISL benar! Lihat komen-2 di media online!

Fakta: Ini merupakan efek permainan media. Media tertentu mengaburkan fakta yang sebenarnya, dan lebih banyak mengulas tuduhan dan opini. Bangsa ini adalah bangsa yang pelupa, juga merupakan bangsa yang mudah dipancing emosinya. Media bertanggung-jawab dalam hal ini.


***



Tunggu dulu! Sistem konsorsium IPL merupakan tindakan monopoli! Sama dengan mengekang klub!

Fakta: Ingat. Pemerintah melalui Permendagri Nomor 22 Tahun 2011 telah melarang penggunaan APBD untuk klub sepakbola profesional. Sementara selama ini hanya 4 klub yang sanggup bertahan tanpa APBD, yaitu: Persib, Arema, Pelita Jaya, dan Semen Padang. Karena peraturan ini mengikat, maka kelangsungan liga terancam karena mayoritas klub terancam gulung tikar.

Solusinya adalah dengan sistem konsorsium. Dengan mekanisme perjanjian tertentu, klub yang butuh bantuan finansial akan ditolong, sehingga klub akan survive, dan liga terus berjalan.
Quote:


Quote:

Fakta: Kenapa harus dibantu konsorsium? Karena selama ini klub-klub sudah pernah diberi waktu sejak 2007/2008 untuk menjadi klub yang mandiri. Tapi selalu gagal. Manajemen yang buruk diduga menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, konsorsium datang bukan hanya sebagai pemberi uang, tapi juga bantuan manajemen.
Quote:

Jawaban: Konsorsium berbeda dengan sponsor klub. Sponsor klub adalah pihak/perusahaan yang melakukan kesepakatan bisnis dengan suatu klub dengan perjanjian timbal balik yang seimbang.

Seumpama, Google men-sponsori Persebaya. Google berkewajiban membayarkan sejumlah dana untuk mendapatkan fasilitas promosi yang dimiliki Persebaya selama jangka waktu tertentu, bisa pencantuman logo di jersey, di bus klub, dlsb. Sebaliknya Persebaya harus memfasilitasi itu semua. Perjanjiannya bisnis. Clear.

Sedangkan konsorsium maknanya adalah sekumpulan pihak/perusahaan yang berkumpul untuk melakukan pembiayaan atau pekerjaan bersama. Dalam kasusnya di IPL, konsorsium datang untuk membeli saham klub-klub profesional. Artinya posisi konsorsium di klub adalah pemilik. Bukan sponsor.

Dalam pengertiannya sebagai pemilik, pertama, konsorsium wajib menggelontorkan dana untuk biaya operasional klub sekaligus menjadi manajemen untuk mengelola klub tersebut. Kedua, konsorsium berhak mengomersilkan klub. Maksudnya, klub dapat ditawarkan kepada perusahaan-2 lain yang mau menjadi sponsor. Tentu dengan imbalan seperti contoh perjanjian klub-sponsor diatas.

Karena kondisi tiap klub di Indonesia berbeda-beda, maka perjanjian dari konsorsium kepada tiap klub pun berbeda. Untuk klub yang sepenuhnya telah mandiri, seperti 4 klub di atas, konsorsium mungkin tidak perlu datang membantu. Namun untuk Persiwa misalnya, konsorsium bisa membeli 90% saham.

Apa keuntungan bagi klub?
  1. Klub lepas dari APBD.
  2. Klub belajar mengelola perusahaan dan profesionalitas dari pihak manajemen yang diterjunkan oleh konsorsium.
  3. Jangka panjang klub semakin berkembang dan maju.

Apa keuntungan bagi konsorsium?
  1. Mengomersilkan klub melalui sponsor atau bentuk lain.
  2. Bila dalam jangka panjang klub semakin maju, maka nilai saham akan meningkat, inilah yang diincar oleh konsorsium.

Apa keuntungan bagi negara?
  1. Beban APBD untuk klub telah lepas.
  2. Bila nanti pengelolaan menjadi profesional, diharapkan akan lahir bibit-2 pesepakbola yang bermutu di masa depan.
  3. Timnas akan lebih berprestasi. Sebab dengan pengelolaan liga yang bobrok selama ini saja sudah bisa melahirkan Tibo, Andik, Egi melgiansyah, dkk. Apalagi kalau dikelola secara profesional...
Jadi niat PSSI menggulirkan IPL semata-mata karena uang?!

Jawaban: Kesampingkan masalah uang dulu, sekarang kita hanya dihadapkan pada 2 pilihan, mau politisasi sepakbola atau industrialisasi sepakbola. Perbedaan ini sangat mendasar. Politisasi sepakbola hanya menjadikan orang-2 di dalamnya bermental korup, malas, tidak kreatif, dan tidak peduli. Apalagi masih dibekingi APBD. Sedangkan pada industrialisasi sepakbola, jelas tujuannya adalah uang. Dengan orientasinya pada uang, maka pengurus klub dan liga dituntut bekerja keras, profesional, kreatif, dan bersih.

Itu dari sisi pengurus. Ditinjau dari sisi pemain dan kualitas sepakbola...
Politisasi sepakbola
Mental dan kelas permainan para pemain sulit berkembang. Sebab semua pertandingan bisa diatur dengan uang. Pertandingan berjalan dengan tidak fair. Pemain terbiasa emosi, terbiasa bermain kasar, terbiasa berkelahi, terbiasa menyerang wasit, terbiasa mendapat penalti di menit 89, terbiasa kalah dalam away, dlsb. Kualitas permainan sudah tidak penting. Yang penting dengan uang pertandingan lancar sesuai skenario.

Industrialisasi sepakbola
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, liga harus profesional dan bersih untuk bisa meraih keuntungan finansial non APBD. Dengan demikian pengaturan pertandingan harus dihapuskan, dan kualitas kepemimpinan wasit harus ditingkatkan. Sehingga, pertandingan bisa berjalan dengan fair. Hanya tim dengan permainan terbaik-lah yang akan menang. Dari sini, akan mulai adu cerdik antar tim untuk meningkatkan mutu permainan, bukan adu gede uang suap. Akibatnya, mental pemain akan bagus, dan kualitas sepakbola akan meningkat.

Ditinjau dari pembinaan usia dini...
Politisasi sepakbola
Paham politikus di Indonesia adalah politik praktis. Pokoknya semua serba instan dan harus memberikan keuntungan sebesar-besarnya. Dengan pemahaman seperti itu, PSSI akan mengabaikan pembinaan usia dini. Prioritasnya adalah naturalisasi. Yang penting bisa juara, supaya bisa cari keuntungan. Di level klub pun demikian, mengontrak pemain yang sudah jadi dianggap lebih baik dari membina pemain muda.

Industrialisasi sepakbola
Justru pembinaan usia muda yang menjadi prioritas. Sebab pengurus ingin menciptakan pemain-2 hebat di masa depan sehingga bisa dijual dengan harga mahal. Syukur-2 kalau bisa diekspor bahkan ke eropa. Sekarang perhatikan, hebatnya bangsa Indonesia adalah, dengan pembinaan usia dini yang minim selama ini, ternyata bisa muncul bibit-2 alami seperti Andik, Tibo, Wanggai, dll. Apalagi kalau pembinaan dilakukan secara serius? Sulit membayangkan bagaimana hebatnya nanti timnas kita.
Quote:



***



Kalau memang PSSI menuduh kisruh yang terjadi sekarang karena pengurus lama kurang legowo, harusnya PSSI berinisiatif untuk membuka perundingan dong!

Fakta: PSSI lewat Saleh Ismail Mukadar sudah pernah berupaya melakukan itu dengan menemui perwakilan dari keluarga Bakri*. Tapi keluarga Bakri* meminta diberi wewenang mengelola timnas dan liga, dua area dimana berpotensi banyak uang mengalir dan rawan politisasi. Selain itu bisa dibilang dua hal tersebut sangat vital posisinya bagi perkembangan sepakbola tanah air. Tentu saja PSSI pasti berat melepaskannya.
Quote:



***



PSSI tidak bisa seenaknya memecat anggota Exco!

Fakta: Berkaca pada FIFA, komite etik diperkenankan memecat anggota Exco apabila yang bersangkutan melanggar peraturan. Pada kasus La Nyalla, Roberto Rouw, Erwin Budiawan, dan Toni Apriliani, keempatnya dinilai telah melakukan pembohongan publik. Komite etik PSSI sebenarnya tidak langsung menghukum, melainkan diawali dengan meminta klarifikasi. Sayangnya kesempatan itu diabaikan oleh terhukum, kecuali Roberto Rouw. Lalu komite etik tetap bersabar dengan tidak langsung menjatuhkan sanksi pemecatan, mereka hanya menghukum dengan meminta surat permintaan maaf resmi dari terhukum. Lagi-lagi keempat pembangkang itu menampiknya.
Quote:


Quote:


Quote:

Menuju Sepakbola Indonesia yang Lebih Baik - Part 6


FIFA sebelumnya diketahui telah memecat salah seorang anggota Exco-nya, Mohamed bin Hammam, melalui komite etik.
Quote:
Mengapa jatah Indonesia di ACL terancam hilang?

Quote:


Mengapa ISL 2013 disiarkan TVONE
Quote:


Quote:


Quote:

hoi postnya yang berbobot dikit emoticon-Nohope

biar ga didelet pibot emoticon-Ngacir
pejwan emoticon-Big Grin


jangan lupa rate emoticon-Rate 5 Star




kisruh yg dibangun oleh kelompok yg menamakan dirinya KPSI bukanlah persoalan/ bertujuan untuk memperbaiki sepakbola indonesia akan tetapi sangat besar bermuatan kepentingan kelompok bakrie yg sebelumnya memang pegang kendali kekuasaan di PSSI emoticon-Cape d... (S)


terkait kisruh sepakbola indonesia yg sangat alot dan ga kunjung selesai, gw setuju dengan opini ini emoticon-Big Grin



Politik, Bisnis dan Uang: Kunci sebenarnya penyelesaian Kisruh PSSI


7 September 2012 | 7:58 pm

Quote:



flash back opini ditwit gilang mahesa


Quote:



dokumen Penawaran IPO lembar 1

Quote:



document penawaran IPO yg memuat soal Djarum ISL

Quote:



cukup mengejutkan membaca berita2 soal rontoknya saham group bakrie dilantai bursa, tapi ternyata hanya saham PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) yg punya kinerja cukup baik ditahun ini emoticon-Embarrassment

Quote:


bisnis di industri media cukup sexy rupanya, dan sepertinya group bakrie sedang membentuk gurita bisnisnya di industri media emoticon-Embarrassment


pernyataan jokdri yg tetap ingin melanggengkan ISL, sudah pasti orang2 bakrie masih mau pegang kendali ISL untuk kepentingan bisnis tuannya emoticon-Cape d... (S)


Quote:



padahal sangat jelas sekali isi MoU yg ada adalah soal penyelesaian dualisme kompetisi dan penyatuan kompetisi emoticon-Big Grin

sebetulnya ga perlu lagi membuat kesepakatan seperti kata jokdri diatas, kesepakatan semua sudah sangat jelas pada isi MoU yg sebelumnya sudah disepakati emoticon-Big Grin


timnas tandingan dari KPSI hanyalah sebuah alat "bargaining" yg sia2, hanya saja yg bikin heboh adalah group medianya bakrie karena memang semua itu termasuk dalam kepentingan mereka juga emoticon-Busa:
mejeng di trit legendaris dulu ah ..
jarang2

nambahin ahh..
biar ga kena razia pibot
p05i5i b3r4p4 Eaa d1 huMzz y4nG b4ru

========
h0r3e dPt NuMzz 4 ...

cemungudhh ea kaka ..
Semoga sepakbola indonesia kembali seperti sediakala
Posting asli:
Spoiler for Posting Asli:


Mengenai Perjongi (Persatuan Jongos Indonesia)
alias Jongos DA FC

Apa itu jongos ?
Quote:

Kenapa sebagian pembaca di sini mau disebut jongos ?
Quote:


Kenapa disebut jongos DA ?
Quote:


Spoiler for Kronologi Terbentuknya Jongos DA:

Spoiler for Daftar Jongos-jongos DA:

Spoiler for Syarat jadi Jongos DA:

Spoiler for Cara Daftar jadi Jongos DA dan Membuat Member Card:

Spoiler for SURVEY : SAMPAI KAPAN AGAN AKAN MENJADI JONGOS DA ?:


Mengenai Kemajuan2 PSSI sejak ditangani Djohar Arifin
dibanding pengurus2 sebelumnya

Spoiler for Hasil Lengkap Instropeksi dan Rencana ke Depan PSSI DA, serta Harapan2 Masyarakat pada PSSI:




Quote:

wew ada sepuh yang mantau ternyata emoticon-Takut

eaaa diapus kan postnya emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


Beres gan.
Yang penting DP dulu.


emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)


Semoga dengan pekiwan ane, komen2 ane bisa lebih berbobot.
Dan berguna.


emoticon-Bola
×