Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016140793/bos-pln-bantah-korsleting-sebagai-penyebab-kebakaran
Bos PLN Bantah korsleting sebagai penyebab kebakaran.
detikcom - Jakarta, Musibah kebakaran yang sering terjadi di Jakarta beberapa daerah di Indonesia belakangan ini bukan disebabkan oleh korsleting listrik.
Hal ini ditegaskan oleh Direktur Utama PT PLN (persero) Nur Pamudji ketika ditemui usai halalbihalal di Kantor PLN Pusat, Senin (27/8/2012).
"Saya sangat terganggu dengankejadian kebakaran yang seringterjadi beberapa hari terakhir khususnya di Jakarta, karena dibilang akibat korsleting listrik, padahal bukan," kata Nur
Menurut Nur, Jika korsleting listrik terjadi, maka instalansi listrik dalam rumah atau gedungakan otomatis langsung mati."Jadi ketika ada pertemuan kabel basah dengan kabel netral, jika terjadi korsleting, maka otomatis saklar atau MainCircuit Breaker (MCB), akan anjlok dan mati," ujarnya.
Dengan kondisi saklar anjlok tersebut, lanjut Nur, sangat kecil kemungkinan menyebabkankebakaran. "Pasalnya dengan matinya listrik tersebut maka belum sempat mengeluarkan asap apalagi api, jadi api tidak sempat membesar," ungkap Nur.
Ia menegaskan masyarakat salah kaprah jika kebakaran suatu rumah diakibatkan korsleting listrik.
sumber
trus,yang salah siapa om?
yang salah ya yang salah...


bingung kan?

yg jelas bukan saya
yang salah BANJIR .. soalnya belum juga kebanjiran ..
mungkin mcb nya di ganjel atau di ikat ke atas biar ngga turun


konslet kok nunggu di tinggal mudik...
Quote:Original Posted By Mr.Kira031
detikcom - Jakarta, Musibah kebakaran yang sering terjadi di Jakarta beberapa daerah di Indonesia belakangan ini bukan disebabkan oleh korsleting listrik.
Hal ini ditegaskan oleh Direktur Utama PT PLN (persero) Nur Pamudji ketika ditemui usai halalbihalal di Kantor PLN Pusat, Senin (27/8/2012).
"Saya sangat terganggu dengankejadian kebakaran yang seringterjadi beberapa hari terakhir khususnya di Jakarta, karena dibilang akibat korsleting listrik, padahal bukan," kata Nur
Menurut Nur, Jika korsleting listrik terjadi, maka instalansi listrik dalam rumah atau gedungakan otomatis langsung mati."Jadi ketika ada pertemuan kabel basah dengan kabel netral, jika terjadi korsleting, maka otomatis saklar atau MainCircuit Breaker (MCB), akan anjlok dan mati," ujarnya.
Dengan kondisi saklar anjlok tersebut, lanjut Nur, sangat kecil kemungkinan menyebabkankebakaran. "Pasalnya dengan matinya listrik tersebut maka belum sempat mengeluarkan asap apalagi api, jadi api tidak sempat membesar," ungkap Nur.
Ia menegaskan masyarakat salah kaprah jika kebakaran suatu rumah diakibatkan korsleting listrik.

[URL=http://m.detik..com/read/2012/08/27/111153/1999686/1034/bos-pln-bantah-korsleting-listrik-jadi-penyebab-maraknya-kebakaran]sumber[/URL]
trus,yang salah siapa om?


tapi kata sang ahli beda loh dengan pernyataan dirut PLN
ngeluarin percikan api pasti, masalah disekitar situ ada bau gas lpg ngendap / deket bahan mudah terbakar ya sambungan ceritanya tadi
nah sang achli listrik soeda ber fatwa bahwa kebakaran terseboet boekan kongslet listriknjah...

salahin sadja moesim kemaraoe kalaoe begitoe ...
hayo2 mari qta gunakan teori konspirasi sapa yg menjadi dalangnya???
Quote:Original Posted By renjanarose
mungkin mcb nya di ganjel atau di ikat ke atas biar ngga turun


konslet kok nunggu di tinggal mudik...


kalo mcb di iket/ganjel, di dalem kan ada sekering, pasti putus.
kalo sekering di lilit kabel gede ya gak putus juga sih, <<< kalo sekering gak putus, sekering di gardu listrik yang putus, gitu sih kata temen ane yg kerja di instalasi PLN
Quote:Original Posted By renjanarose
mungkin mcb nya di ganjel atau di ikat ke atas biar ngga turun


konslet kok nunggu di tinggal mudik...


logikanya ketika mudik beban listrik justru kecil karena kemungkinan semua perabotan elektronik dimatikan oleh sang pemilik, nah konslet nya dimana
gimana nih "sang ahli" menjawab ?

tapi kok petugas pemadam juga ngomong kayak gitu ??

siapa yang bisa dipercaya ??


iya jg sih di media media selalu alasannya arus pendek
eng ing eng...

liat juga kenapa kebakaran kebanyakan bermula dari rumah kos/kontrakan?

sedangkan penghuni kos/kontrakan itu orang yg baru pindah

setelah kebakaran si penghuni kos/kontrakan ilang gak ada jejaknya

TANYA KENAPA?

sumber
MCB anjlok belum tentu listrik mati. MCB kualitas jelek justru malah short meleleh terus terbakar merambat ke kabel2-nya. Kantor gw yg lama meterannya pernah terbakar. Untung pas lagi siang hari. Tanya kenapa, MCB pusat di dalam meteran tersegel siapa yg pasang ???
sebenernya proteksi listrik rumah tuh udah bagus (MCB), asal instalatir n pelanggannya ga ngotak-atik yg ga perlu
Quote:Original Posted By striketrought
gimana nih "sang ahli" menjawab ?

tapi kok petugas pemadam juga ngomong kayak gitu ??

siapa yang bisa dipercaya ??




udah, percaya sama foke aja, dari pada lu di usir dari jakarta
kalo korsleting timbul percikan api dan percikannya kena bensin baru ada api dan kalo apinya terus bakar yang laenya baru kebakaran .......

kalo hubungan singkat (korsleting) selama mcbnya yang digunakan sesuai spec mustahil kebakaran, karena gak sampe sedetik udah trip (aliran listrik padam)
Berarti sang ahli ga nanya-nanya dulu ama bos PLNnya (baca: "si ngaku ahli" cuma tong kosong berbunyi nyaring)
ane juga ahli listrik gan..

memang betul apa yang di katakan bapak nur..

menurut ane kemungkinan kebakaran akibat kosleting listrik itu adalah 5%..

ya kalau misal kosleting akibat colok steker tidak rapat..

akhirnya panas dan meletus juga tidak mengakibatkan kebakaran,,

kecuali ad bensin di deket situ ..


sekian,, semoga bermanfaat,, terimakasih
Quote:Original Posted By L.Banditz


logikanya ketika mudik beban listrik justru kecil karena kemungkinan semua perabotan elektronik dimatikan oleh sang pemilik, nah konslet nya dimana


Quote:Original Posted By DDAAAAfg
kalo korsleting timbul percikan api dan percikannya kena bensin baru ada api dan kalo apinya terus bakar yang laenya baru kebakaran .......

kalo hubungan singkat (korsleting) selama mcbnya yang digunakan sesuai spec mustahil kebakaran, karena gak sampe sedetik udah trip (aliran listrik padam)


Betul. Ngga segampang itu korslet langsung bikin kebakaran. Rumah ane pernah kena petir bbrp kali, TV n modem gosong tp ya cuman itu aja yg rusak. Ngga sampe bikin kebakaran satu rumah.