Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016126309/bi-uang-jangan-dilipat-lipat
Peringatan! 
BI: Uang jangan dilipat-lipat
BI: Uang jangan dilipat-lipat

Jakarta (A*TARA News) - Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan kerapihan uang kertas untuk mengurangi angka pemusnahan uang yang sudah tidak bisa terpakai lagi.

"Kalau punya uang dijaga baik-baik, jangan sampai lusuh, dilipat-lipat dan sobek," kata dia kepada ANTARA News beberapa saat lalu.

Sepanjang priode Januari-Desember 2011 uang yang dimusnahkan Bank Indonesia karena lusuh mencapai Rp161,79 triliun, sementara untuk priode Januari - Juli 2012 uang yang dimusnahkan mencapai Rp38,19 triliun.

"Ini kan banyak sekali walaupun tiap tahun sudah turun karena banyak terbantu penggunaan uang elektronik," kata dia.

Ia menjelaskan, uang lusuh yang tidak terpakai itu dilaporkan oleh kantor cabang di semua daerah setiap bulan untuk dimusnahkan dan diganti dengan uang baru.

Kategori tingkat kelusuhan akan dilakukan oleh mesin sortasi dengan memilah uang mana yang masih layak digunakan dan mana yang tidak.

"Kemudian baru dimusnahkan, tiap kantor cabang sudah punya mesinnya," kata dia.

Bank Indonesia kini berupaya mendorong penggunaan uang elektronik untuk mengurangi penggunaan uang tunai.

"Kita harus kurangi uang tunai karena sudah tidak praktis lagi baik dari segi keamanan atau pemakaian, kalau uang tunai hilang ya sudah kan hilang. Sekarang kan sudah ada elektronic money, nggak ribet harus ke mal cari ATM lagi jadinya," ujarnya.

SUMBER


Makanya bikin uang logam (coin) semua aja. biar gk bisa di lipat
baru juga dilipat...
itu pejabat diluar sana uangnya ampe dicuci..:
cuma di indonesia uang harus di jaga baik baik
Ada isu uang yg harusnya dimusnahin malah diperjualbelikan ... tapi baru isu, mudah-mudahan tidak benar... ... daripada ngurusin isu ane mah mendingan kabur...
efek kebanyakan nominal buat uang kertas

sekalian aja pecahan Rp. 2000,00 dibuat koin jg kaya pecahan seribuan

lumayanlah nambah" kerjaan buat BI, buat duit" baru/bagus lagi
semakin sedikit digitnya, semakin sering dilipat-lipat

kalo kecuci gimana pak
wah, emang duit tu bolehnya cuma diliat, diraba, ditrawang ?
di indonesia bukan dilipat-lipat lagi, tapi digambar2...
yang lusuh kebanyakan pecahan kecil jadi dianggap sepele
yang lebih parah klo uang udh distlepes buat kembalian gan

itu lebih parah dari dilipat-lipat
kalau Elektrik money semakin marak digunakan bukannya malah gawat?

Secara gt loh bank manapun jadi bisa nyetak uangnya sendiri,meminjamkan uang yang tidak dimilikinya

ujung2nya......
ooohhh yang dimusnahin banyak amir
kalo ane sih ngelipet duit biasanya cuman 1 lipatan doang (ditekuk tengah)
kecuali kalo ngesih sumbangan ke kotak infak jadinya harus ditekuk kecil2
ane sering dapet 1000an kertas digambarin sampe patimura gak keliatan wujud aslinya, kumel, udah diselotipin. wkwkwwkw
andaikan kayak singapore... semua uang kertasnya diganti uang polymer/plastik (kayak jaman 100rban lama)
Rakyat: Cetak Uang Yang BAgus Dikit Kualitasnya, BI!!
Quote:Original Posted By milatherosa
baru juga dilipat...
itu pejabat diluar sana uangnya ampe dicuci..:


bener juga gan kata ente giliran pejabat uang nya ampe di cuci BI nya diem aja
kalo gitu ganti aja jgn pake kertas, pake papan
Quote:Original Posted By batu.merah
di indonesia bukan dilipat-lipat lagi, tapi digambar2...


ada yang sampe dilakban juga gan
yang penting masih laku
Quote:Original Posted By snowonsummer
cuma di indonesia uang harus di jaga baik baik


di luar negri juga harus gitu kali gan
memang sih uang di indonesia banyak yg kelewat kumel
ga tau tuh duit disiksa kek apa
ada yg digambar2in, benangnya dicabut, dll
kalo cuman di lipat sih mending
nah ini ibu-ibu di daerah ane kalo belanja ke warung uang nya di gulung-gulung gak menghargai uang
Pengennya sih ngejaga duit bener-bener biarpun cuma seribu. Tapi seringnya nerima seribuan juga yang udah buluk. Banyak bekas lipatan, lusuh, kumel, banyak coretan. Jadi ya, LANJUTKAN saja
×