alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016088605/logicpsychological-3-elang-abadi-1-elang-abadi-kebenaran
[Logic+Psychological] 3 Elang Abadi 1 Elang Abadi Kebenaran
Mungkin pernah dengar soal jujur dan bohong??.Mungkin bisa dibilang versi lain..akan tetapi ada perbedaan yg cukup signifikan.Maaf klo repost,msh newbie jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) sakit emoticon-Berduka (S) . Oke cekidot.....



Suatu hari ada pengelana yg terjebak di desa tanpa penduduk yg misterius. Di tengah desa tersebut terdapat 3 patung elang. Satu patung tertulis kata "Alfa",yg kedua tertulis "Beta",dan yg ketiga tertulis "Gama". Saat dia berjalan menju patung2 itu tiba2 patung itu menjadi hidup. Terdengar suara misterius dari atas...

"3 Patung Elang Abadi!!"
"Akan tetapi hanya satu Elang Abadi Yang Asli "
"Elang Asli SELALU BERKATA BENAR!!"
"Dua yang lain adalah Elang Palsu SUKA BERKATA BOHONG"
"HANYA SATU ELANG ABADI ASLI YG BISA MENUNTUNMU KEJALAN YG BENAR!!"

Ketiga elang itu kemudian mendekati pengelana dan saling ber argumen.

Alfa:Hei...Pilih lah aku!! aku satu-satu nya yg asli di sini!!!

Beta:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah yang asli!!!

Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang tahu...Aku yg asli di sini!!!

Kemudian mereka menjadi patung kembali.

Nah tugas kalian membantu pengelana tersebut keluar dari desa itu... tentukan mana Elang Abadi yg asli.. ALFA,BETA,atau GAMA??
Jangan lupa sertakan alasan emoticon-Smilie

Klo menarik bisa bantu emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau emoticon-Rate 5 Star

nb:Nama2 yg muncul di sini adalah Nama yg tidak berhubungan dgn kata2 lain (ex: beta=aku,WRONG)
pertamaxx kah??

Kalo menurut ane beta yang asli gan,
soalnya dari cerita agan alpha sudah diberitahu oleh beta bahwa dia palsu
dan dari cerita agan, si gama bilang gini "beta (aku) itu kan yang palsu, semua tau itu". jadi dia nyadar gan kalo dia palsu..

hehehh benarkah?
Quote:Original Posted By HopeLucky
pertamaxx kah??

Kalo menurut ane beta yang asli gan,
soalnya dari cerita agan alpha sudah diberitahu oleh beta bahwa dia palsu
dan dari cerita agan, si gama bilang gini "beta (aku) itu kan yang palsu, semua tau itu". jadi dia nyadar gan kalo dia palsu..

hehehh benarkah?


Wah... "Beta" dan nama2 di sini itu nama Elang nya gan...bkn implikasi dari arti kata lain... Makannya supaya membedakan saya kasih huruf kapital di awal kata nya. Jadi Beta disini bkn sama dengan Aku.

Lagi pula kalau ternyata apa yg di omongin Beta itu bohong gmn...?? emoticon-Ngakak
Beta yg asli gan... kan yg laen suka boong emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Ane coba jawab. emoticon-angel

hmm, Kalo teka-teki kayak begini ane biasanya melakukan asumsi.

Alfa:Hei...Pilih lah aku!! aku satu-satu nya yg asli di
sini!!!

Mari kita asumsikan bahwa si alfa saat ini sedang berbohong. Berarti berdasarkan statementnya diatas si Alfa adalah yang palsu.

Beta:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah
yang asli!!!

Si Beta saat ini kita asumsikan sedang berkata jujur. Berarti sesuai dengan statementnya diatas si Alfa adalah yang palsu dan Beta adalah yang asli.

Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang
tahu...Aku yg asli di sini!!!

Alfa dan beta tadi telah kita asumsikan masing2 berkata bohong dan jujur, berarti saat ini gama berkata bohong. Berdasarkan statementnya diatas, si Beta adalah yang asli dan gama adalah yang palsu.

Mari kita rangkum kembali kesimpulan dari masing2 statement.
1. Alfa = palsu
2. Alfa = palsu & Beta = asli
3. Beta = asli & Gama = palsu
Setelah dicek statement2 diatas tidak ada yang saling berbenturan.
Berarti yang asli adalah Beta.

CMIIW ....emoticon-Ngacir

Ngakak 
JAWABAN perkiraan ane (^^)

kynya GAMA deh soalnya

alfa mengaku dia elang asli
beta mengaku kalo alfa yg palsu
gama berkata bahwa beta yg palsu
(berarti cuma GAMA yg gk ke tuduh d sini) y gk??
intinya

sie beta nuduh alfa, sie gama nuduh beta, yg nuduh gama kan gk ad hahahaha
klo salah gk ap y
"3 Patung Elang Abadi!!"
"Akan tetapi hanya satu Elang Abadi Yang Asli "
"Elang Asli SELALU BERKATA BENAR!!"
"Dua yang lain adalah Elang Palsu SUKA BERKATA BOHONG"
"HANYA SATU ELANG ABADI ASLI YG BISA MENUNTUNMU KEJALAN YG BENAR!!"

Alfa:Hei...Pilih lah aku!! aku satu-satu nya yg asli di sini!!!

Beta:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah yang asli!!!

Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang tahu...Aku yg asli di sini!!!

Quote:menurut ane sih yang bener si Alfa
Beta dan Gama berkata tentang kebohongan

Beta:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah yang asli!!!
Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang tahu...Aku yg asli di sini!!!


ampun om kalo salah ane newbie emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By pshycosines


Wah... "Beta" dan nama2 di sini itu nama Elang nya gan...bkn implikasi dari arti kata lain... Makannya supaya membedakan saya kasih huruf kapital di awal kata nya. Jadi Beta disini bkn sama dengan Aku.

Lagi pula kalau ternyata apa yg di omongin Beta itu bohong gmn...?? emoticon-Ngakak


Kayanya BETA gak bohong, soalnya kalau dia bohong (dengan asumsi ALFA asli) maka berbenturan sama pernyataan GAMA yang menyatakan BETA itu palsu, kalau seperti itu berarti GAMA jujur donk.. dan disini gak ada 2 makhluk yang jujur kan??


Quote:Original Posted By justpretend
Ane coba jawab. emoticon-angel

hmm, Kalo teka-teki kayak begini ane biasanya melakukan asumsi.

Alfa:Hei...Pilih lah aku!! aku satu-satu nya yg asli di
sini!!!

Mari kita asumsikan bahwa si alfa saat ini sedang berbohong. Berarti berdasarkan statementnya diatas si Alfa adalah yang palsu.

Beta:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah
yang asli!!!

Si Beta saat ini kita asumsikan sedang berkata jujur. Berarti sesuai dengan statementnya diatas si Alfa adalah yang palsu dan Beta adalah yang asli.

Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang
tahu...Aku yg asli di sini!!!

Alfa dan beta tadi telah kita asumsikan masing2 berkata bohong dan jujur, berarti saat ini gama berkata bohong. Berdasarkan statementnya diatas, si Beta adalah yang asli dan gama adalah yang palsu.

Mari kita rangkum kembali kesimpulan dari masing2 statement.
1. Alfa = palsu
2. Alfa = palsu & Beta = asli
3. Beta = asli & Gama = palsu
Setelah dicek statement2 diatas tidak ada yang saling berbenturan.
Berarti yang asli adalah Beta.

CMIIW ....emoticon-Ngacir


setuju sama pretend emoticon-shakehand:

Kesimpulan :
Bisa dibilang melihatnya dari pernyataan si GAMA.

Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang
tahu...Aku yg asli di sini!!!
Bohong. (kalau GAMA jujur berarti bentrok dunk sama pernyataan BETA yang menyatakan ALFA itu palsu ( berarti GAMA jujur), jadi gak mungkin ada 2 orang jujur kan disini.

BETA:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah
yang asli!!
berarti GAMA Jujur. (kalau GAMA bohong bentrok sama pernyataan GAMA sebelumnya)

ALPHA : Alfa:Hei...Pilih lah aku!! aku satu-satu nya yg asli di
sini!!!
. Bohong.

CMIIW


menurut ane ^^

hmm agak bingung jg neh antara gama ama beta.

Alfa:Hei...Pilih lah aku!! aku satu-satu nya yg asli di sini!!!

Beta:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah yang asli!!!

Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang tahu...Aku yg asli di sini!!!

Scene 1: misal alfa asli (dia jujur), beta (alfa itu palsu, aku yg asli -> bohong dengan asumsi alfa asli), gamma (beta itu palsu -> bener dgn asumsi alfa asli)... di sini berati yg asli adalah gamma.

Scene 2: misal alfa palsu, beta (alfa itu palsu -> bener, aku yg asli -> bener), gamma (beta itu palsu -> bohong, aku yg asli di sini ->bohong)..dr scene ini beta asli.

yg menurut ane jd kunci nya "semua orang tahu aku yg asli di sini" dari gama..mnrt ane itu bener makanya kedua elang sisanya berbohong untuk menutupi keaslian si gama..hahha..

jd jawaban ane "gamma"

emoticon-Blue Guy Peace
Wah..sudah lumayan bnyak yg memberikan jawaban..ada yg bener,ada yg salah,dan ada bbrp post yg gk keliatan di Kaskus Beta emoticon-Big Grin .Dan keliatannya dah ada yg bisa jawab benar dgn alasan yg sgt mendukung dan mepet2 dgn cara saya... emoticon-Smilie

Mari kita solve aja kasus nya

Cara yg tepat utk soal ini adalah seperti yg dikatakan agan pretend adalah dgn ASUMSI!!
Tpi mnkin cara menganalisa saya agak beda dgn agan2. Saya secara adil mengasumsikan satu persatu klo pernyataan mereka itu benar. Mungkin dgn cara ini agan yg masih bingung dan yg menjawab salah bisa lbh mengerti.Gini..
Perhatikan baik2 pernyataan mereka terutama yg saya tebalkan

Alfa:Hei...Pilih lah aku!! aku satu-satu nya yg asli di sini!!!

Beta:Heh..Jangan bohong!! Alfa itu palsu... Akulah yang asli!!!

Gama:Cukup!! Beta itu kan yg palsu!! Semua orang tahu...Aku yg asli di sini!!!

1.Kita asumsikan bahwa ALFA adalah Elang Asli. Jika ALFA asli,maka otomatis BETA dan GAMA adalah Palsu (Karena hanya ada Satu yg asli).Pernyataan benar ALFA membuat BETA dan GAMA palsu ,dan yg palsu akan Selalu Bohong.Akan tetapi disaat yg sama,GAMA juga menuduh BETA itu palsu,berarti pernyataan GAMA Benar ,padahal Elang Palsu Tidak Pernah Berkata Benar.

2.Kita asumsikan bahwa GAMA adalah Elang Asli. Jika GAMA asli,maka otomatis BETA dan ALFA adalah Palsu (Karena hanya ada Satu yg asli).Pernyataan benar GAMA membuat BETA dan ALFA palsu ,dan yg palsu akan Selalu Bohong.Akan tetapi disaat yg sama,BETA juga menuduh ALFA itu palsu,berarti pernyataan BETA Benar,padahal Elang Palsu Tidak Pernah Berkata Benar.

3.Kita asumsikan bahwa BETA adalah Elang Asli . Jika BETA asli,maka otomatis ALFA dan GAMA adalah Palsu (Karena hanya ada Satu yg asli).Pernyataan benar BETA membuat BETA dan GAMA palsu,dan yg palsu akan Selalu Bohong.GAMA menuduh BETA itu palsu,padahal sebenarnya BETA asli,dan ini menunjukkan kalau GAMA dan ALFA benar2 Palsu

Jadi Elang Asli adalah BETA
kalo aku pilih yang Alfa....
walau dia dituduh sama si Beta sebagai elang yang palsu...
tapi Alfa satu2nya yang gak nuduh Beta dan Gama palsu...

elang yang asli adalah YANG SELALU BERKATA BENAR bukan menyalahkan dan menuduh siapa yang palsu... apa yang benar dia pasti berkata jujur tanpa menjelek2an yang lain nya... jadi saya pilih Alfa... emoticon-Smilie
maaf ya dopost... emoticon-Frown
beta gan yang asli

1.kalau pendapat A benar bahwa B & G salah = A asli
2.kalau pendapat B benar bahwa A salah = B asli
3. kalau pendapat G benar bahwa B salah = G asli , A asli(kalau pendapat si B salah berarti A asli) < si G jelas ngebohong, karena ga mungkin ada 2 yg asli
4 nah dari situ udah ketauan si G ngebohong, jadi kebalikannya pendapat G si B adalah yang asi

oh udah di jawab ama TSemoticon-Cape d... (S)
klo menurut ane elang gama udah keliatan bohongnya.disinilah letak kebohongan elang gama "Semua orang
tahu...Aku yg asli di sini!!!
"padahal di awal cerita udah disebutkan bahwa hutan itu ga ada penghuninya (Suatu hari ada pengelana yg terjebak di desa tanpa penduduk yg misterius).
Nah klo kalimat elang gama itu aja udah merupakan sebuah kebohongan,maka semua perkataan elang gama juga merupakan kebohongan.Berarti disini dia juga berbohong mengenai elang beta.
Jadi kesimpulannya hanya dengan menganalisa kebohongan elang gama,kita sudah tahu bahwa elang yang asli adalah elang beta tanpa harus mengaitkan dengan elang alfa.

sekian gan dari ane,maaf klo bahasanya agak membingungkan emoticon-Peace
×