Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016087940/mahasiswa-its-ciptakan-styrofoam-ramah-lingkungan-dari-sekam-padi
Thumbs up 
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi
Mahasiswa ITS Ciptakan Styrofoam Ramah Lingkungan dari Sekam Padi

Styrofoam temuan Arif Rahmatullah kini semakin dikenal publik. Di tengah protes terhadap penggunaan styrofoam plastik yang dinilai mengancam keseimbangan lingkungan, Arif berhasil menemukan styrofoam yang lebih ramah lingkungan.

Biasanya, styrofoam yang dijadikan isolator panas itu terbuat dari bahan plastik sintesis atau karbon-intens yang sulit untuk diurai di bumi atau non-biodegredable. Namun, styrofoam rancangan Arif bersama timnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, ini bersifat mudah diurai di bumi atau biodegredable karena terbuat dari bahan organik yaitu sekam padi.

“Styrofoam sekam padi ini memiliki nilai konduktivitas yang hampir sama dengan styrofoam (plastik). Dengan kata lain, sekam padi dapat dijadikan isolator panas seperti halnya styrofoam,'' ujarnya, Selasa (14/8/2012), seperti dilansir dari laman resmi ITS.

Secara singkat, Arif menjelaskan proses pembuatan styrofoam dari sekam padi. Pertama-tama, sekam padi dicampur dengan dedak padi dan kedelai, lalu direndam beberapa hari. Kemudian, rendaman itu dikukus dan didinginkan. Untuk proses akhir, rendaman dibubuhi ragi tempe, dan dicetak dengan cetakan yang sudah dibuatnya sendiri menyerupai bentuk wadah.

Karya mahasiswa jurusan Teknik Kimia agkatan 2009 itu pun dapat diterima publik, bahkan diakui di dunia internasional. Karena karyanya, Arif menjadi salah satu dari 12 besar finalis kompetisi internasional Bayer Young Enviromental Envoy (BYEE) 2012, dan akan berjuang di Leverkusen, Jerman, bersama timnya, Muhammad Fahmi, Angga Pradikta, Muhammad Maktum Muharja, dan Dita Ahmeta.

Arif meyakini, penemuannya nanti mampu memberikan alternatif penggunaan styrofoam di pasaran. Selain memiliki fungsi yang sama dengan yang berbahan dasar plastik, karyanya juga dianggap bisa menyelamatkan lingkungan karena memanfaatkan limbah pertanian lokal.

Selain kandungannya, Arif memilih bahan dasar sekam padi karena melimpahnya bahan tersebut di Indonesia. Di Pulau Jawa saja, Arif mencatat, produksi sekam padi rata-rata mencapai angka 7 juta ton per tahun.

Styrofoam yang biasa digunakan dalam pengepakan dan pengiriman makanan siap saji selama ini terbuat dari bahan yang sukar terurai di bumi sehingga penumpukan limbahnya bisa menyebabkan pencemaran lingkungan, menghambat laju penyuburan tanah dan menimbulkan polusi berkepanjangan. Butuh sekitar 500 tahun lebih untuk mengurai limbah styrofoam plastik.

SUMBER

Selamat berjuang di Leverkusen...semoga mampu menoreh prestasi di tingkat Internasional....

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:
[SEMANGAT]Teguh, Seorang Penderita Stroke Nekat Bersepeda Keliling Dunia
[PRIHATIN]Dokter Spesialis Tawarkan Aborsi Secara Online
[HOT NEWS]Berantas Buta Huruf, Indonesia Raih Penghargaan UNESCO
[HOT INFO]Indonesia Menjadi Tuan Rumah Miss World 2013
Inilah Dia Varietas Padi Unggul Karya Batan
mantap....

kira2 bisa di pake buat bahan OVJ gak ya?
kalo bisa di produksi masal bisa bagus tuh...nilai ekonomisnya tinggi..ayo patenkan sebelum di sabet ma org2 pikiran yahudi,...

skam padi bisa jadi styrofoam
dan bisa menjadi bahan alternatif yg ramah lingkungan.
mantab semogga makin banyak generasi muda yg menciptakan alat yang ramah lingkungan seperti ini
mantaplah, btw styrofoam dari sekam padi, nanti warnanya gimana ya? apa warnanya coklat?
Quote:Original Posted By zegler_army
mantap....

kira2 bisa di pake buat bahan OVJ gak ya?


buset dah...buat OVJ mending bahan2 yg keras beneran gan....
yg ane bingung, di indonesia banyak banget penemu2 muda kita yang bertarung di pentas internasional, dan ga jarang juga memenangi event tsb..

tapi herannya, abis itu kok ilang beritanya ? diculik alien kah ?
mudah mudahan kalo di produksi masal harganya bisa murah
jangan sampe berhenti nak, lanjutkan terus penelitianmu
jangan pernah puas
Hebat nih, moga berguna bagi nusa bangsa dan agama


==LoveJIL==
wwujud nya kayak gimana yak?????
bukannya mau merendahkan atau apa,gua rasa dia ini terlalu muda dan kurang pengalaman

buktinya resep bikinnya disebarkan kek gini?
ntar cuman bisa melongo karena beberapa minggu lagi sudah di produksi masal dan dicap made by
yang paling penting sih jangan sampai disini aja, dan pemerintah membantu untuk mengembangkannya
Quote:Sumatera,Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua Milik U.S.A
kalo tidak di produksi massal bakal percuma
tolol ah
masa namanya "styrofoam"?


styrofoam itu adalah polystyrene yang dibentuk dalam proses foaming (busa).
klo bikin dari sekam padi, ya itu udah bukan polystyrene lagi, dan ga bisa disebut styrofoam lagi.

itu sih kayak bikin nasi kuning tapi dari beras merah...
ga mungkin cuy

klo dibilang "mirip styrofoam", sy setuju lah


ngasi nama aja susah
payah ah
waduuuh bertambah satu lagi saingan peternak ayam dan petani..
masyarakat pengguna terbesar sekam di Indonesia itu peternak ayam dan industri batu bata. saat ini harga satu karung sekam sudah mencapai 15000 (karung pollard) harga segini sudah berlangsung kurang lebih 1 tahun.. dan trend semakin naik
kalo dibilang produksi sekam melimpah.. BLUNDER besar dan gak tau realitas lapangan. pelaku industri peternakan dan pertanian harus BEREBUT SEKAM yang terbatas itu.. karena selain industri bata merah.. beberapa raksasa industri seperti pabrik kertas, pabrik semen, dan pabrik2 lain yang perlu pembakaran biasanya pakai SEKAM dalam jumlah banyak.
Quote:Original Posted By drifts
kalo tidak di produksi massal bakal percuma


iya sih gan...semoga bisa diproduksi massal ke depannya...
Quote:Original Posted By Auto....Banned
yg ane bingung, di indonesia banyak banget penemu2 muda kita yang bertarung di pentas internasional, dan ga jarang juga memenangi event tsb..

tapi herannya, abis itu kok ilang beritanya ? diculik alien kah ?


biasanya dapet penghargaan beasiswa ke LN, bis itu gimana ya tinggal tuh orang aja maunya

kalau masalah barang buatannya, TIDAK SEMUA hasil temuan itu bisa masuk skala ekonomis untuk di mass produksi
dilempar ke industri kalau ternyata kalangan industri berdasarkan hitung2an ternyata gak masuk skala ekonomis atau belum dapat pasarnya trus mo gimana ?
Quote:Original Posted By drifts
kalo tidak di produksi massal bakal percuma


iya sih..memang sebaiknya penemuan semacam ini bisa diaplikasikan di industri dengan kata lain bisa diproduksi massal, tapi kalau pun ga bisa ya ga papa, toh dia kan masih mahasiswa dan penelitiannya pun nampaknya juga hanya didedikasikan untuk keilmuannya saja..kita berharap saja, nanti ketika dia sudah lulus dan masuk ke dunia industri, dia bisa mengaplikasikan ilmunya sesuai kebutuhan industri..
Quote:Original Posted By drifts
kalo tidak di produksi massal bakal percuma


kalo uda di produksi massal , tapi karna ga di kampanyekan ga di promosikan dng baik akhirnya ga laku juga percuma..
×