Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016080023/inilah-dia-varietas-padi-unggul-karya-batan
Thumbs up Inilah Dia Varietas Padi Unggul Karya Batan
Inilah Dia Varietas Padi Unggul Karya Batan

Menteri Riset dan Teknologi H Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan, Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) menemukan varietas padi unggul yang dalam tiga bulan dapat menghasilkan 9 hingga 10 ton padi per hektare.

"Jadi, keliru kalau ada yang beranggapan Batan cuma melakukan kegiatan yang bekaitan dengan masalah atom," ujarnya saat silaturahim Idul Fitri 1433 Hijriah, di Banjarmasin, Rabu.

Ia menerangkan, padi unggul temuan Batan dalam 90 hari atau sekitar tiga bulan sudah bisa panen.

Keunggulan varietas padi temuan Batan tersebut juga pada tingkat produktivitas, lanjutnya dalam silaturahim dengan Ikatan Alumnus Universitas Lambung Mangkutat (IKA Unlam) Banjarmasin.

"Kalau varietas padi lain mungkin tingkat produktivitasnya cuma sekitar lima ton, tapi temuan Batan bisa mencapai 9-10 ton/hektare," lanjut menteri asal Urang Banua Kalsel tersebut.

Menurut mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) itu, penelitian terhadap varietas padi sebagai salah satu wujud tanggung jawab bersama, untuk peningkatan produksi padi, guna menjaga ketahanan pangan nasional.

Selain itu, guna lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, lanjutnya yangh didampingi Ny Violet Gt Hatta.

"Memang ketahanan pangan kita secara nasional saat ini cukup baik, namun ke depan harus tetap kita pertahankan dan tingkatkan," demikian M Hatta.

Keberadaan HM Hatta bersama nyonya di Banjarmasin, dalam rangkaian belebaran bersama keluarga, sejak 21 Agustus selama dua hari.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Pengurus IKA Unlam memasangkan jaket almamater warna kuning kepada Menristek dan Ny Violet Gt Hatta.

Pemasangan jaket almamater Unlam tersebut oleh Ketua Pengarah IKA perguruan tinggi negeri tertua di Kalsel itu, H Gusti Rusdi Effendi AR yang juga Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group.

SUMBER

semoga dengan varietas ini...bisa memenuhi kebutuhan beras di dalam negeri....
....jadi ga perlu impor beras lagi...
Makin mantap aja nih batan
Tetapi apa bakal dilirik pemerintah dan terus dilanjutkan, itu sih gak tau
semoga ga diblokir cukong lagi biar surplus petani kita
Kenapa gak dari dulu indonesia bisa gini, bisa mengandalkan pasokan dalam negri
mantap dah, hati2 aja nasibnye ntar kek superletoy ntu...
Yg udah-udah bukannya padi hasil rekayasa ini ga bisa dijadikan bibit kembali

Jadi klo mau tanam lagi harus bli bibit lagi
wah.. kalo padi jaman sekarang yang penting tahan wereng dan tahan banting pak.. secara iklim benar2 susah ditebak.. kayaknya IR 64 masih relevan deh untuk saat ini.
biasanya yang produksinya tinggi untuk rasa kurang mantap gan.. semoga cepat diuji coba dilahan sungguhan
Iya..masa lahan kita seluas ini masih mengimpor beras?! Semoga saja bisa menutupi..
Quote:Menteri Riset dan Teknologi H Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan, Badan Tenaga Atom Nasional (Batan) menemukan varietas padi unggul yang dalam tiga bulan dapat menghasilkan 9 hingga 10 ton padi per hektare.


manusia terus bertambah sedangkan lahan tetap saja gak bertambah bahkan cenderung berkurang akibat pembangunan ataupun bencana

inilah salah satu cara meningkatkan produksi pangan dunia
Quote:Original Posted By not4given
wah.. kalo padi jaman sekarang yang penting tahan wereng dan tahan banting pak.. secara iklim benar2 susah ditebak.. kayaknya IR 64 masih relevan deh untuk saat ini.
biasanya yang produksinya tinggi untuk rasa kurang mantap gan.. semoga cepat diuji coba dilahan sungguhan


tahan wereng pakai mikroba gan atau bawang + mimba + perekat organik insyaallah
kembali aja ke alam kebanyakan pupuk , beras jadi gampang basi . jaga ekosistem yg terpenting
wouw!!! nah jadi ngapain impor2 beras? toh ada yang berkualitas, ane bingung kata orang2 indonesia ada semuanya, tapi semuanya malah impor ane jadi kurang percaya diri kalo kita tuh impor terus padahal kita punya semuanya!!
ane bantu rate gan
nais inpoh gan
makasih info nya gan
kedelai dong, mana ne pendukung tempe ama tahu
rumah ane dekat batan gan
kalo aku sih ...!! masih suka varietas ciherang ato impari .. dah terbukti
Nice info gan
bagaimana dengan varietas mekonga gan??
×