Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016045636/siapa-menyangka-foke-buat-pendapatan-gaji-guru-jakarta-tertinggi-di-indonesia
Siapa Menyangka, Foke Buat Pendapatan Gaji Guru Jakarta Tertinggi di Indonesia
Siapa Menyangka, Foke Buat Pendapatan Gaji Guru Jakarta Tertinggi di Indonesia
Siapa bilang nasib Guru selalu menyedihkan? Di Jakarta, berkat kebijakan Foke, gaji Guru yang lumayan tinggi bikin banyak Guru Jakarta yang tajir- tajir, minimal sekarang mereka bisa naik mobil sejuta ummat, pake HP merk BB, dan bawa Laptop ke Sekolahnya, bukan lagi sepeda motor kreditan kayak dulu


Foke Buat Pendapatan Gaji Guru Jakarta Tertinggi di Indonesia
Kamis, 16 Agustus 2012 13:42 WIB

Jurnas.com | SETIAP pemimpin punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Begitu juga dengan Gubernur Jakarta Fauzi Bowo yang maju dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta. "Semua punya ciri tersendiri. Foke pandai dalam hal administrasi. Contohnya adalah perhatiannya pada kebutuhan guru yang dituangkan dengan gaji yang tinggi," ujar akademisi atau dosen kesejahteraan Universitas Indonesia, Rissalwan Habdy Lubis, di Jakarta, Kamis (16/8). Ia juga mengatakan secara administrasi, pendapatan guru di Jakarta merupakan yang tertinggi di Indonesia.

Menurut Rissalwan, Foke tentu sudah memikirkan kegunaan memberikan gaji yang tinggi untuk guru. Salah satunya adalah untuk menunjang kualitas pendidikan di Jakarta. Guru MTsN 23 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Chotaman membenarkan pernyataan Rissalwan. "Untuk setiap guru PNS di bawah naungan Dinas Pendidikan DKI, saya mendapat tunjuangan kinerja daerah dari Pemda DKI hingga Rp3 juta per bulan dipotong PPh sebesar 15 persen," ucapnya.

Tidak hanya itu, jika guru PNS memperoleh sertifikasi maka masih ada tunjangan sebesar sebulan gaji. Untuk guru swasta mendapat tunjangan khusus Rp250 ribu per bulan, dan tunjangan sertifikasi Rp1,5 juta per bulan. Lebih lanjut Rissalwan mengatakan, yang dilakukan Foke dalam dunia pendidikan adalah sebuah contoh dia paham betul soal administrasi yang menunjang kesejahteraan warganya.
http://www.jurnas.com/news/69058/Fok...ota/Balai_Kota

Siapa Menyangka, Foke Buat Pendapatan Gaji Guru Jakarta Tertinggi di Indonesia

Siapa Menyangka, Foke Buat Pendapatan Gaji Guru Jakarta Tertinggi di Indonesia

Quote:
APBD DKI 2011: Anggaran Gaji Guru Rp 4,03 T, tapi Bisa Timbulkan Kecemburuan

Jumat, 12 Nopember 2010
JAKARTA (Suara Karya): Para guru di DKI Jakarta bakal semakin sejahtera. Pasalnya, Pemprov DKI telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,06 triliun untuk urusan pendidikan. Dan, 50 persennya atau sekitar Rp 4,03 triliun untuk gaji dan tunjangan guru. Sedangkan 30 persennya untuk pembangunan fisik, yakni pembangunan baru, rehabilitasi gedung sekolah, dan 20 persennya lagi untuk kegiatan penunjang kualitas pendidikan.

Seorang guru DKI golongan III bisa membawa pulang penghasilan lebih kurang Rp 9,1 juta per bulan. dengan perincian tunjangan kinerja daerah (TKD) Rp 3,8 juta, gaji Rp 2,8 juta dan tunjangan sertifikasi dari APBN sebesar Rp 2,5 juta. Penghasilan guru tersebut sangat tinggi, dibandingkan jam kerjanya. Mereka mengajar mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB, hari besar nasional libur, kemudian setiap tahun memperoleh kesempatan 1 bulan libur 2 kali semesteran (lebih kurang 2 minggu). Penghasilan guru Jakarta bisa menimbulkan kecemburuan, karena penghasilan guru di luar Jakarta jauh di bawah angka tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudhi Mulyanto membenarkan, bahwa mulai APBD 2011, anggaran untuk urusan pendidikan sebesar Rp 8,06 triliun, separuhnya untuk gaji guru. "Jumlah guru di DKI mencapai lebih kurang 40 ribu orang, dan mulai 2011 TKD-nya disesuaikan dengan goloangan," ujar Taufik Yudhi Mulyanto. Besarnya gaji guru menjadi beban berat APBD DKI, dan tak heran bila di Ibu Kota masih ratusan gedung sekolah yang usianya 25-30 tahun, yang rawan roboh.

Tahun 2010, Pemprov DKI melakukan rehab total di 43 lokasi dengan rincian, 22 Sekolah Dasar Negeri (SDN), 19 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), serta pembangunan dua gedung baru di dua lokasi yakni, SDN Semanan (Jakarta Barat) dan SMPN Sukapura (Jakarta Utara). Menyelesaikan rehab total pada tahun anggaran 2009 di sebanyak 8 lokasi yang telah rampung dilaksanakan pada tahun ini. Sedangkan dari 43 lokasi sekolah yang direhab tahun ini, baru 3 lokasi sekolah yang telah rampung yakni, SDN Semper Timur 3/5, SDN Kedoya Utara 9/10 dan SDN Cilandak 6/7. Sisanya, sebanyak 40 lokasi lagi akan dilanjutkan dalam tahun anggaran 2011.

Taufik Yudi Mulyanto menambahkan, pelaksanaan kegiatan rehab total sekolah SDN dan SMPN serta pembangunan dua gedung baru untuk SDN Semanan dan SMPN Sukapura dialokasikan anggaran sebesar Rp 305,25 miliar. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menegaskan, mengenai prosentasi dan struktur penggunaan anggaran hendaknya dikaitkan dengan mutu pendidikan yang telah ada. Dalam proyeksi Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja dan Daerah (RAPBD) DKI 2011 dialokasikan untuk fungsi pendidikan sebesar Rp 8,06 triliun atau 28,9 persen dari total RAPBD DKI 2011 sebesar Rp 27,95 triliun.
http://www.suarakarya-online.com/new...html?id=266108


------------------

Siapa Menyangka, Foke Buat Pendapatan Gaji Guru Jakarta Tertinggi di Indonesia

Siapa Menyangka, Foke Buat Pendapatan Gaji Guru Jakarta Tertinggi di Indonesia

Sejak Presiden SBY berbaik hati menurunkan kebijakan sertifikasi Guru di Indonesia, nasib guru terangkat sangat signifikan. Ukurannya mudah sekali, coba tengok ke halaman parkir sekolah (mulai SD sampai SMA), kini penuh di isi mobil-mobil pribadi miliki Bapak dan Ibu Guru, meski rata-rata sekelas mobil sejuta ummat, tapi itu lebih baik ketimbang Pak Guru Oemar Bakrie dahulu. Di Jakarta, Foke kayaknya menambahi pula dengan tambahan tunjangan kesejahteraan dan transportasi untuk Guru-guru di wilayahnya (maklum, PAD DKI Jakarta itu nilainya paling tinggi se Indonesia, bahkan bisa melampaui bantuan subsidi daerah otonom dari Pemerintah Pusat), makanya gaji Guru menjadi sangat tinggi. Gara-gara gaji Guru sekarang tinggi di Indonesia ini, makanya banyak calon mahasiswa yang pas-pasan ekonominya, bukan mengejar bangku kuliah di STAN semata, tapi juga kini minat masuk PT Keguruan untuk menjadi Guru kelak, melimpah peminatnya! ...
walah... pendidikan dikelola sebagai sebuah indutri nih... maklum FOKE ahli dalam hal administrasi... jelas aja gaji guru tinggi di jakarta (secara biaya juga tinggi)..
tolok ukur pendidikan berkualitas itu bukan kesejahteraan guru.. tp outputnya, ini gurunya disejahterakan.. muridnya dijadikan sapi perah..
jadi gw harus bilang WOW gt



Spoiler for KLIK SEKALI AJA, JANGAN LEBIH:
ga ada aneh nya tuh kalau gaji guru di jakarta tinggi, namanya juga ibukota, biaya hidup juga termasuk yang tinggi ..

sama aja kek bilang di amerika lebih gede gaji nya daripada di indonesia
Ntar kubu jokowi nyerang nih thread..
INI JELAS2 BUKAN HOAX NIH, BUKTI NYATA BUKAN CUMA PENCITRAAN DOANG!!

bantu sundul ah nih tread

: : : :
emang guru harus besar gan gajinya... kasian klo rendah... cape lg kerjanya...
...
masalahnya 'politik' biar 100 yg baik 5 yg jelek.... yg 5 gan bakal dibongkar abis...
sumbernya koran bemokrat

wajar dong gan guru di DKI paling sejahtera,secara DKI kan memang APBD nya terbesar di Indonesia, segala atandar apapun memang sewajibnya no 1 se Indonesia.Kalo ngga itu jadi pertanyaan
urusan gaji pns bukanya urusan pemerintah pusat ya gan? kan gede kecil ditentuin dari pangkat gol mereka? cmiiw ada yang sepemikiran?
tapi...setiap tahun.....coba liat para peraih angka ujian nasional tertinggi se Indonesia...

ga ada tuh yang berasal dari sekolah negeri di jakarta, just no one.... semuanya berasal dari daerah-daerah.....jadi apa gunanya gaji guru tertinggi? apa aja yang mereka lakukan dengan gaji tingginya?
ya wajar ajalah namanya juga ibukota, gaji Cleaning Service disini juga lebih gede daripada daerah laen..

dan juga sumber beritanya itu loh.. independen sekali
cukup nyaman sekali yah guru sekarang. tunjanganya banyak banget s:

tapi ini cukup gak nih 26% apbd buat nggaji guru ?
pokoknya yang dilakukan foke selalu salah.. kasian betul kaw foke..coba yang ngasi program gini jokowi... wah di puja bak dewa ...
Quote:Original Posted By not4given
walah... pendidikan dikelola sebagai sebuah indutri nih... maklum FOKE ahli dalam hal administrasi... jelas aja gaji guru tinggi di jakarta (secara biaya juga tinggi)..
tolok ukur pendidikan berkualitas itu bukan kesejahteraan guru.. tp outputnya, ini gurunya disejahterakan.. muridnya dijadikan sapi perah..


Quote:Original Posted By snowonsummer
ga ada aneh nya tuh kalau gaji guru di jakarta tinggi, namanya juga ibukota, biaya hidup juga termasuk yang tinggi ..

sama aja kek bilang di amerika lebih gede gaji nya daripada di indonesia


Quote:Original Posted By urashimax
sumbernya koran bemokrat

wajar dong gan guru di DKI paling sejahtera,secara DKI kan memang APBD nya terbesar di Indonesia, segala atandar apapun memang sewajibnya no 1 se Indonesia.Kalo ngga itu jadi pertanyaan


Quote:Original Posted By ravelkidz
ya wajar ajalah namanya juga ibukota, gaji Cleaning Service disini juga lebih gede daripada daerah laen..

dan juga sumber beritanya itu loh.. independen sekali


Quote:Original Posted By jojocircus
tapi...setiap tahun.....coba liat para peraih angka ujian nasional tertinggi se Indonesia...

ga ada tuh yang berasal dari sekolah negeri di jakarta, just no one.... semuanya berasal dari daerah-daerah.....jadi apa gunanya gaji guru tertinggi? apa aja yang mereka lakukan dengan gaji tingginya?


Wakakakakak langsung diserbu.... kesimpulanny biaya hidup di jakarta lebih tinggi, jakarta adl ibukota negara, danany jg lebih tinggi, so wajar2 aja kalo gaji disono lebih tinggi...
janji utk pengangkatan guru honorernya sampe sekarang gimana bang foke?
Foke itu memang baik gan ke guru , alhamdullilah sodara ane yang guru sekarang udah bisa jadi guru tetap,banyak tunjangan juga mungkin kedepannya bang foke harus bisa mengatasi tata kota optimis aja gan udah kerasa kok hasil di bidang lain
wowo gitu ya??? kwkwkwkwk biasa aja kale... toh itu uang rakyat juga.... kok seolah2 dari uang foke.. cape dech...
Quote:Original Posted By black_
pokoknya yang dilakukan foke selalu salah.. kasian betul kaw foke..coba yang ngasi program gini jokowi... wah di puja bak dewa ...


maklum lah bro hater gonna be hater , terlalu cepat kagum sama politik pencitraan tanpa menelusuri seluruh aspek
Quote:Original Posted By snowonsummer
ga ada aneh nya tuh kalau gaji guru di jakarta tinggi, namanya juga ibukota, biaya hidup juga termasuk yang tinggi ..

sama aja kek bilang di amerika lebih gede gaji nya daripada di indonesia


Iya ... wajar. Guru yang ideal ... biaya hidupnya juga lumayan. Mereka harus membeli buku untuk belajar dan nambah pengetahuan mereka, dan saat ini harga-harga buku memang mahal.
×