Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016027948/hati2-naik-lion-air-perhiasan-senilai-29m-hilang-di-pesawat
Thumbs up [Hati2 Naik LION AIR] Perhiasan senilai 2,9M hilang di Pesawat
Kamis, 16/08/2012 15:16 WIB
Advokat Ini Bawa Perhiasan Rp 2,9 M di Bagasi Lion Air dan Hilang


Jakarta Kabar tas hilang di bagasi pesawat sering terdengar. Tetapi bila tas yang hilang berisi belasan cincin dan perhiasan senilai Rp 2,959 miliar, mungkin baru dialami oleh advokat Umbu S Samapaty. Kasus ini pun bergulir ke pengadilan.

"Tanggal 7 0ktober 2011, klien kami membeli tiket pesawat Lion Air rute Manado-Kupang dengan transit di Jakarta dan Surabaya untuk penerbangan tanggal 8 Oktober 2011," kata kuasa hukum Umbu, Manuarang Manalu, mengisahkan ikhwal kasus itu, kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jalan Gadjah Mada, Kamis (16/8/2012).

Pada 8 Oktober, pengacara yang berkantor di Tebet ini pun terbang dari Manado pukul 10.00 WITA dan sampai di Jakarta pukul 12.00 WIB. Lalu perjalanan dilanjutkan ke Surabaya dan berakhir di Kupang pada pukul 22.30 waktu setempat.

Saat mengambil barang bagasi di Kupang, Umbu sangat kaget sebab tas merek Polo miliknya, tidak ada. Lantas dia melaporkan kehilangan tasnya ke Lion Air. Setelah melakukan musyawarah kekeluargaan dengan pihak Lion Air, tasnya ternyata tetap tidak kunjung kembali sehingga Umbu menggugat maskapai tersebut.

"Saat mediasi, kami ditawari penyelesaian dengan menggunakan PP No 3/2010 tentang Angkutan Udara di mana kerugian bagasi per kilonya diganti Rp 100 ribu," ungkap Manulung.

"Bagasi klien kami kurang lebih 20 kg. Jika dikalikan dengan Rp 100 ribu, hasilnya sangat jauh sekali, tidak layak pengganti tersebut. Memang ada larangan membawa barang berharga di bagasi, tapi kita tanpa sengaja memasukkan barang tersebut ke bagasi. Kami menggugat Lion Air supaya mengganti Rp 2,959 miliar," ujar Manulung menambahkan.

Kuasa hukum Lion Air, Nusirwin, menanggapi dingin gugatan itu. Menurutnya, jika penumpang membawa barang berharga sebaiknya ditaruh di kabin pesawat, bukan di bagasi.

"Kita jelas menolak gugatan ini. Bagasinya kan harus dibuktikan, apalagi ini barang berharga yang hampir Rp 3 miliar. Mengapa menitipkan ke bagasi? Seharusnya kan dibawa ke pesawat," ujar Nusirwin usai sidang.

Persidangan yang diketuai oleh Nur Ali ini akan dilanjutkan minggu depan.


(asp/nrl)
[url]http://news.detik..com/read/2012/08/16/150638/1993394/10/advokat-ini-bawa-perhiasan-rp-29-m-di-bagasi-lion-air-dan-hilang?nd771108bcj[/url]


Kamis, 16/08/2012 15:40 WIB
Ini Dia Daftar Perhiasan Rp 2,9 M yang Hilang di Bagasi Lion Air
Salmah Muslimah - detikNews

Jakarta Advokat Umbu S Samapaty mengaku kehilangan kopor yang disimpannya di bagasi pesawat Lion Air pada penerbangan 8 Oktober 2011 lalu. Barang yang di dalam kopor tersebut berisi cincin dan perhiasan lainnya senilai Rp 2,959 miliar.

"Kami telah mengajukan somasi pertama pada 1 November 2011 tapi tidak mendapat tanggapan apa pun dari Lion Air. Somasi kedua pada 11 November 2011, lalu baru mendapat tanggapan somasi pertama pada 14 November 2011," kata kuasa hukum Umbu, Manuarang Manalu, kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jalan Gadjah Mada, Kamis (16/8/2012). Setelah jalan musyawarah buntu, Umbu pun menempuh jalur hukum.

Apa saja isi koper Umbu tersebut? Berikut daftar isi koper menurut berkas gugatan Umbu yang didaftarkan ke pengadilan:

1. Tiga cincin berlian seharga Rp 400 juta
2. Sebuah cincin Rp 120 juta
3. Dua cincin berlian cokelat seharga Rp 90 juta
4. Dua cincin blue ruby warna cokelat seharga Rp 160 juta
5. Dua cincin red ruby seharga Rp 220 juta

6. Cincin merah delima seharga Rp 450 juta
7. Dua cincin giok besar sebesar Rp 40 juta
8. Satu cincin kecubung seharga Rp 20 juta
9. Sebuah cincin hijau lumut seharga Rp 100 juta
10. Tiga cincin blue safir seharga Rp 240 juta

11. Sebuah cincin cat eyes seharga Rp 225 juta
12. Sebuah cincin oval seharga Rp 30 juta
13. Sebuah jam tangan Rolex gold seharga Rp 120 juta
14. Sebuah jam tangan Guess seharga Rp 12 juta
15. Dua buah kepala sabuk model kepala kuda berlingkar berlian seharga Rp 60 juta

16. Sebuah kepala sabuk Montblanc white gold seharga Rp 9 juta
17. Sebuah gelang white full diamond seharga Rp 380 juta
18. Sebuah jam Rolex old gold seharga Rp 110 juta
19. Dua buah pena white gold Montblanc seharga Rp 14 juta
20. Dua buah pena emas kuning Montblanc seharga Rp 20 juta

21. Lima pasang anting white berlian seharga Rp 70 juta
22. Sepasang anting white berlian seharga Rp 17 juta
23. Tiga helai Batik Keris sutera seharga Rp 18 juta
24. Sehelai batik sutera gambar kepala orang seharga Rp 2 juta
25. Dua pasang sepatu merek Bally seharga Rp 12 juta

26. Enam potong pakaian pria seharga Rp 10 juta
27. Empat potong celana panjang pria seharga Rp 4 juta
28. Dua pasang celana pendek pria seharga Rp 1 juta

Kuasa hukum Lion Air, Nusirwin, menanggapi dingin gugatan itu. Menurutnya, jika penumpang membawa barang berharga sebaiknya ditaruh di kabin pesawat, bukan di bagasi.

"Kita jelas menolak gugatan ini. Bagasinya kan harus dibuktikan, apalagi ini barang berharga yang hampir Rp 3 miliar. Mengapa menitipkan ke bagasi? Seharusnya kan dibawa ke pesawat," ujar Nusirwin usai sidang.

[url]http://news.detik..com/read/2012/08/16/150638/1993394/10/advokat-ini-bawa-perhiasan-rp-29-m-di-bagasi-lion-air-dan-hilang?nd771108bcj[/url]


Hati2 naik pesawat abal2.... apa aja bisa ilang
btw ini orang tajir juga ye....

Quote:Original Posted By ryancemux


1. PP nomor 3 tahun 2010 itu bukan ttg angkutan udara, tapi tentang pemindahan kabupaten blitar

2. PP tentang angkutan udara itu PP nomor 40 tahun 1995, yang dimana udah ga berlaku lagi karena isinya sudah terangkum semua dalam UU penerbangan baru, yaitu UU nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

3. mengenai tanggung jawab pengangkut, harusnya memakai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 77 tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara (yang udh direvisi dgn PM 92 Tahun 2011). disitu dijelaskan ganti kerugian bagasi tercatat yang hilang adalah sebesar 200rb/kg, dengan jumlah maksimum ganti kerugian yaitu 20kg (4juta)

4. di PM 77 dijelaskan kalau barang berharga ga boleh masuk ke dalam bagasi. kalau memang mw masuk bagasi ya penumpang harus mengasuransikan sendiri bagasi tercatatnya, dan penumpang harus memberi tahu kalau di dalam bagasi tsb terdapat barang berharga (dimana ptugas cheking baggage akan menolak kalau belum diasuransiin)

5. kalau nekat dimasukin bagasi dan tanpa asuransi?? ya siap2 aja noh emas 20kg dinilai 200rb/kg nya. di bandara selalu ada pengumuman kan tidak terima barang berharga. kok ngeyel

jadi dalam kasus ini udh jelas gan, penumpang yang salah. kalaupun Lion Air mw memberi ganti kerugian itu ga lebih dari menjaga nama Brand mereka. bukan mereka yang salah.

tambahan : banyak kasus barang di airlines itu hilang bukan sepenuhnya salah dari airlines itu sendiri gan. karena untuk pengangkutan bagasi dari checkin counter ke pesawat biasanya menggunakan jasa agen GSE (Groud Support Equipment). nah kadang GSE ini yang nakal. tapi terlepas dari itu, artinya memang quality kontrolnya masih belum bagus gan.


"TS, taro page one dung biar bwt info ke agan2 lainnya

Quote:Memang ada larangan membawa barang berharga di bagasi, tapi kita tanpa sengaja memasukkan barang tersebut ke bagasi
jadi ?
yang salah seharusnya siapa?



gila kalo diganti 100ribu/kilo...mending beli kwaci aja....
Quote:Original Posted By fakepath

jadi ?
yang salah seharusnya siapa?
Kalau berdasarkan isi berita sih yg bawa barang yg tolol.. coba buktikan kalau isi koper seberat 20kg itu beneran barang senilai hampir 3M itu..

udah jelas ni kasus bakal dimenangkan oleh lion air
emang sapa yang tau elu bawa perhiasan atau bawa cincin imitasi made in china di tas elu

ngaku pengacara tapi kok
Quote:Original Posted By pecotot
Kamis, 16/08/2012 15:16 WIB
[size="6"]Memang ada larangan membawa barang berharga di bagasi, tapi kita tanpa sengaja memasukkan barang tersebut ke bagasi. Kami menggugat Lion Air supaya mengganti Rp 2,959 miliar," ujar Manulung menambahkan.


Apa saja isi koper Umbu tersebut? Berikut daftar isi koper menurut berkas gugatan Umbu yang didaftarkan ke pengadilan:

1. Tiga cincin berlian seharga Rp 400 juta
2. Sebuah cincin Rp 120 juta
3. Dua cincin berlian cokelat seharga Rp 90 juta
4. Dua cincin blue ruby warna cokelat seharga Rp 160 juta
5. Dua cincin red ruby seharga Rp 220 juta

6. Cincin merah delima seharga Rp 450 juta
7. Dua cincin giok besar sebesar Rp 40 juta
8. Satu cincin kecubung seharga Rp 20 juta
9. Sebuah cincin hijau lumut seharga Rp 100 juta
10. Tiga cincin blue safir seharga Rp 240 juta

11. Sebuah cincin cat eyes seharga Rp 225 juta
12. Sebuah cincin oval seharga Rp 30 juta
13. Sebuah jam tangan Rolex gold seharga Rp 120 juta
14. Sebuah jam tangan Guess seharga Rp 12 juta
15. Dua buah kepala sabuk model kepala kuda berlingkar berlian seharga Rp 60 juta

16. Sebuah kepala sabuk Montblanc white gold seharga Rp 9 juta
17. Sebuah gelang white full diamond seharga Rp 380 juta
18. Sebuah jam Rolex old gold seharga Rp 110 juta
19. Dua buah pena white gold Montblanc seharga Rp 14 juta
20. Dua buah pena emas kuning Montblanc seharga Rp 20 juta

21. Lima pasang anting white berlian seharga Rp 70 juta
22. Sepasang anting white berlian seharga Rp 17 juta
23. Tiga helai Batik Keris sutera seharga Rp 18 juta
24. Sehelai batik sutera gambar kepala orang seharga Rp 2 juta
25. Dua pasang sepatu merek Bally seharga Rp 12 juta

26. Enam potong pakaian pria seharga Rp 10 juta
27. Empat potong celana panjang pria seharga Rp 4 juta
28. Dua pasang celana pendek pria seharga Rp 1 juta



masak tanpa sengaja ampe segini banyak?
gak percaya ane
Percis gan.. Percis banget!! 2hari lalu tmen ane balik dr medan kejakarta naik liona*r bawa oleh2 bolu meranti ditaro bagasi. Nympe jakarta ilang!! Kue bolu aj ilang. Apa lg berlian! Hahaha
Tapi baiknya liona*r refund tuh barang yg ilang..
awas gan..pencemaran nama baik..hoax bukan ya >??

nyang mau ber-hari raya..
baca ini dulu

http://kask.us/16016253
Mungkin duitnya dari duit "panas" tu pengacara jadinya kaga berkah dan akhirnya di ambil lagi
Dari sisi lion air sih udah bener, udah jelas ada peraturan barang berharga dilarang di taro di bagasi
Cuma orang tolol atau orang caper yang bawa harta segitu lewat bagasi pesawat. Jelas lah airline gak mau ganti, toh airline tidak tahu apakah barang tersebut beneran berharga atau tidak?

Beda bila si penumpang mengasuransikan baggage nya, sayangnya tidak.

Tidak usah tuntut-tuntut lah, Lion Air pasti menang...
waduh gawat jg nih si bapak, malah taro di bagasi

digandulin di leher harusnya pak jgn sampe lepas dr pandangan.
Salah 2-2 nya gan

Hrusnya Advokatnya ga naro tuh tas di bagasi...semua org yg biasa naik pesawat juga udah tau, sgala sesuatu yg berharga mending dibawa ke dalam kabin.

Tp disisi lain, maskapai juga salah. Melama2kan pembenahan prosedur bagasi supaya meminimalisir pencurian
gimana pun klo ada pencurian di tumpas lah
ini kok jadi sampe rahasia umum
aduh bingung...ada oknum org dalem juga kali yah hehehe
advokat dengan bawaan lebih dari 2M dimasukin bagasi....

udah gitu Manado - Kupang naik LION????

kata saya se..bloon aja orang kaya bawa harta banyak kemana mana...naik lion lagi padahal ada Garuda ke Kupang


----------------------------------------
Lajeng Kulo Kedah Matur WOW Ngaten????
menurut gw kali ini yg salah emang penumpangnya, pan udah jelas tertulis klo barang berhaga jangan di masukin bagasi ... \t
pengacara goblok.. nyimpan barang berharga dibagasi .., udah tau bagasi banyak tikusnya..
kecerobohan sendiri kq ampe segitunya
kok ngak sekalian otaknya masukkan dalam bagasi ? edan
ini mah bloon si advokatnya.

mana ada barang 3 milyar dibiarin di bagasi aja.

ga usah nuntut,pasti kalah.
Quote:Original Posted By
Kamis, 16/08/2012 15:16 WIB
Advokat Ini Bawa Perhiasan Rp 2,9 M di Bagasi Lion Air dan Hilang


Jakarta Kabar tas hilang di bagasi pesawat sering terdengar. Tetapi bila tas yang hilang berisi belasan cincin dan perhiasan senilai Rp 2,959 miliar, mungkin baru dialami oleh advokat Umbu S Samapaty. Kasus ini pun bergulir ke pengadilan.

"Tanggal 7 0ktober 2011, klien kami membeli tiket pesawat Lion Air rute Manado-Kupang dengan transit di Jakarta dan Surabaya untuk penerbangan tanggal 8 Oktober 2011," kata kuasa hukum Umbu, Manuarang Manalu, mengisahkan ikhwal kasus itu, kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jalan Gadjah Mada, Kamis (16/8/2012).

Pada 8 Oktober, pengacara yang berkantor di Tebet ini pun terbang dari Manado pukul 10.00 WITA dan sampai di Jakarta pukul 12.00 WIB. Lalu perjalanan dilanjutkan ke Surabaya dan berakhir di Kupang pada pukul 22.30 waktu setempat.

Saat mengambil barang bagasi di Kupang, Umbu sangat kaget sebab tas merek Polo miliknya, tidak ada. Lantas dia melaporkan kehilangan tasnya ke Lion Air. Setelah melakukan musyawarah kekeluargaan dengan pihak Lion Air, tasnya ternyata tetap tidak kunjung kembali sehingga Umbu menggugat maskapai tersebut.

"Saat mediasi, kami ditawari penyelesaian dengan menggunakan PP No 3/2010 tentang Angkutan Udara di mana kerugian bagasi per kilonya diganti Rp 100 ribu," ungkap Manulung.

"Bagasi klien kami kurang lebih 20 kg. Jika dikalikan dengan Rp 100 ribu, hasilnya sangat jauh sekali, tidak layak pengganti tersebut. Memang ada larangan membawa barang berharga di bagasi, tapi kita tanpa sengaja memasukkan barang tersebut ke bagasi. Kami menggugat Lion Air supaya mengganti Rp 2,959 miliar," ujar Manulung menambahkan.

Kuasa hukum Lion Air, Nusirwin, menanggapi dingin gugatan itu. Menurutnya, jika penumpang membawa barang berharga sebaiknya ditaruh di kabin pesawat, bukan di bagasi.

"Kita jelas menolak gugatan ini. Bagasinya kan harus dibuktikan, apalagi ini barang berharga yang hampir Rp 3 miliar. Mengapa menitipkan ke bagasi? Seharusnya kan dibawa ke pesawat," ujar Nusirwin usai sidang.

Persidangan yang diketuai oleh Nur Ali ini akan dilanjutkan minggu depan.


(asp/nrl)
[url]http://news.detik..com/read/2012/08/16/150638/1993394/10/advokat-ini-bawa-perhiasan-rp-29-m-di-bagasi-lion-air-dan-hilang?nd771108bcj[/url]


Kamis, 16/08/2012 15:40 WIB
Ini Dia Daftar Perhiasan Rp 2,9 M yang Hilang di Bagasi Lion Air
Salmah Muslimah - detikNews

Jakarta Advokat Umbu S Samapaty mengaku kehilangan kopor yang disimpannya di bagasi pesawat Lion Air pada penerbangan 8 Oktober 2011 lalu. Barang yang di dalam kopor tersebut berisi cincin dan perhiasan lainnya senilai Rp 2,959 miliar.

"Kami telah mengajukan somasi pertama pada 1 November 2011 tapi tidak mendapat tanggapan apa pun dari Lion Air. Somasi kedua pada 11 November 2011, lalu baru mendapat tanggapan somasi pertama pada 14 November 2011," kata kuasa hukum Umbu, Manuarang Manalu, kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Jalan Gadjah Mada, Kamis (16/8/2012). Setelah jalan musyawarah buntu, Umbu pun menempuh jalur hukum.

Apa saja isi koper Umbu tersebut? Berikut daftar isi koper menurut berkas gugatan Umbu yang didaftarkan ke pengadilan:

1. Tiga cincin berlian seharga Rp 400 juta
2. Sebuah cincin Rp 120 juta
3. Dua cincin berlian cokelat seharga Rp 90 juta
4. Dua cincin blue ruby warna cokelat seharga Rp 160 juta
5. Dua cincin red ruby seharga Rp 220 juta

6. Cincin merah delima seharga Rp 450 juta
7. Dua cincin giok besar sebesar Rp 40 juta
8. Satu cincin kecubung seharga Rp 20 juta
9. Sebuah cincin hijau lumut seharga Rp 100 juta
10. Tiga cincin blue safir seharga Rp 240 juta

11. Sebuah cincin cat eyes seharga Rp 225 juta
12. Sebuah cincin oval seharga Rp 30 juta
13. Sebuah jam tangan Rolex gold seharga Rp 120 juta
14. Sebuah jam tangan Guess seharga Rp 12 juta
15. Dua buah kepala sabuk model kepala kuda berlingkar berlian seharga Rp 60 juta

16. Sebuah kepala sabuk Montblanc white gold seharga Rp 9 juta
17. Sebuah gelang white full diamond seharga Rp 380 juta
18. Sebuah jam Rolex old gold seharga Rp 110 juta
19. Dua buah pena white gold Montblanc seharga Rp 14 juta
20. Dua buah pena emas kuning Montblanc seharga Rp 20 juta

21. Lima pasang anting white berlian seharga Rp 70 juta
22. Sepasang anting white berlian seharga Rp 17 juta
23. Tiga helai Batik Keris sutera seharga Rp 18 juta
24. Sehelai batik sutera gambar kepala orang seharga Rp 2 juta
25. Dua pasang sepatu merek Bally seharga Rp 12 juta

26. Enam potong pakaian pria seharga Rp 10 juta
27. Empat potong celana panjang pria seharga Rp 4 juta
28. Dua pasang celana pendek pria seharga Rp 1 juta

Kuasa hukum Lion Air, Nusirwin, menanggapi dingin gugatan itu. Menurutnya, jika penumpang membawa barang berharga sebaiknya ditaruh di kabin pesawat, bukan di bagasi.

"Kita jelas menolak gugatan ini. Bagasinya kan harus dibuktikan, apalagi ini barang berharga yang hampir Rp 3 miliar. Mengapa menitipkan ke bagasi? Seharusnya kan dibawa ke pesawat," ujar Nusirwin usai sidang.

[url]http://news.detik..com/read/2012/08/16/150638/1993394/10/advokat-ini-bawa-perhiasan-rp-29-m-di-bagasi-lion-air-dan-hilang?nd771108bcj[/url]


Hati2 naik pesawat abal2.... apa aja bisa ilang
btw ini orang tajir juga ye....




Cuma ada 2 kemungkinan dari kasus satu ini :
1. PENGACARANYA YANG GOBLOK , BAWA EMAS KOK DI BAGASI
2. PENGACARA KAGAK LAKU, CARI SENSASI BIAR LARIS.



gak masuk akal....
masukin perhiasan senilai 3M ke dalam bagasi :

ini mah aji mumpung aja...
mumpung bagasi hilang mau ngerampok
×