Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016026453/hnw----myanmar-harus-belajar-dari-indonesia-soal-kerukunan-beragama
( HNW ) - Myanmar Harus belajar dari Indonesia soal kerukunan beragama
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, Myanmar harus belajar dari Indonesia.
Menurutnya, Myanmar harus belajar dari Indonesia untuk menciptakan kerukunan umat beragama, dan hidup berdampingan antar-agama.
"Saya kira Myanmar harus belajar dari Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Di sini pun ada minoritas agama Buddha, namun mereka mendapatkan perlakuan yang adil," ujarnya.
"Mereka (Umat Buddha) mendapatkan hak yang sama selayaknya penduduk mayoritas, bagian menjadi masyarakat Indonesia. Mereka bisa menjadi apa saja, dan bisa menduduki jabatan apa saja di Indonesia," tutur Hidayat kepada Tribun di Jakarta, Senin (13/8/2012).
Indonesia yang mampu menerapkan toleransi dan keadilan antarumat beragama, lanjutnya, harus menjadi modal sosial pemerintah dalam melakukan komunikasi yang elegan terhadap Myanmar.
"Supaya bisa memahami, bahwa beragama tidak berarti harus bermusuhan. Di Indonesia, Binneka bisa menjadi Tunggal Ika, dan harus kita perjuangkan terus menerus," imbuhnya.
Menurutnya, jika terjadi penindasan terhadap Umat Islam, tidak ada yang ada yang mengatakan itu terorisme terhadap Umat Islam. Namun, jika ada perilaku segelintir Umat Islam yang bermasalah, langsung dianggap sebagai terorisme.
"Dunia harus mengoreksi perilaku yang tidak adil seperti itu. Karena, ketidakadilan seperti ini, bila diteruskan, tidak akan menghadirkan kedamaian, malah akan terus mengakibatkan kemarahan dan konflik," tutur Hidayat.
Hidayat juga meminta Umat Islam di Indonesia menjadi anarkis, dan menganggap agama lain sebagai musuh.
Sebagai langkah kongkrit, ungkapnya, PKS akan mengirimkan delegasi untuk menemui perwakilan Rohingya di Myanmar.
"Tanggal 22 Agustus kami akan berangkatkan delegasi. Ada enam anggota DPR dari PKS, dan dua dari rekan lain," cetusnya. (*)

Sumber :
http://www.tribunnews.com/2012/08/13...kunan-beragama

Komen Ane :
Kita masih harus berbangga dengan kondisi Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika

juga kudu belajar "kerukunan" antar cagub
walaupun saat masih bersaing pak HNW selalu mengkritisi dan menyindir kumis,
tapi setelah keok, justru "memuji2" kumis
kalo jaman soeharto gak bakalan deh yang namanya umat Buddha bisa menjabat apa saja di negeri ini
betul gan itulah hebatnya persatuan dan kesatuan di negeri ini
Quote:Original Posted By
Mereka bisa menjadi apa saja, dan bisa menduduki jabatan apa saja di Indonesia," tutur Hidayat kepada Tribun di Jakarta, Senin (13/8/2012).

Gak semua jabatan tuh.
Bukannya dibilang haram kalau pemimpin itu non muslim?
Quote:Original Posted By Banteng.Hijau
Indonesia saking toleransinya sampai2 minoritasnya ngelunjak


udah mau lebaran nih saatnya
saling
dan kalo ane ada salah nih

ANE MINTA MAAF
MINAL AIDZIN WAL FAIZIN


Buat saudaraku sesama muslim, waspadailah tipu daya para kafir
Sesungguhnya para kafir akan selalu menghasut kita untuk menjauhi Al Quran dan Hadist
kata pak ustad biarpun jokowi muslim tapi wakil gubernurnya Bapak Ahok bukan muslim
Yang di coblos di pilkada itu satu paket, Gubernur dan Wakil Gubernur
Gubernur dan Wagub itu satu pasangan yg akan memimpin kita2 sebagai warga jakarta
Selain itu kata pak ustadz, dengan pilih Jokowi otomatis kita sudah mendukung FX Hadi Rudyatmo wakilnya jokowi di solo yg non muslim jadi Walikota Solo
Apalagi kalau Jokowi ikutan Capres 2014 bakalan Ahok yg gantiin dia jd Gubernur DKI
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimmpin (mu): sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka sebagai pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim (QS. Al-Maidah: 51)

Janganlah orang2 mukmin mengambil orang2 kafir jadi pemimpin, bukan orang mukmin. Barang siapa berbuat demikian, bukanlah dia dari (agama) Allah sedikitpun (Ali Imran:28)


Yg belum tahu definisi kafir :

Dan barangsiapa yang tidak berhukum dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir. (QS. al-Maidah : 44)

“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israel, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu” Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang lalim itu seorang penolong pun.“[QS. Al-Maidah:72]

"Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih."[QS.Al Maidah:73]



Tentu saja ini hanya berlaku buat orang islam, kepada anda anda yang non muslim anda tidak berkewajiban mentaati kitab suci Al-Qur’an. Tulisan ini hanya sekedar pengingat, bisa jadi ada di antara kita yang muslim lupa bahwa dalam menjalani hidup ini kita harus tetap berpedoman kepada kitab suci Al-Qur’an.

Indonesia memang bukan negara Islam tapi kebanyakan rakyatnya beragama Islam, sudah seharusnya setiap muslim saling mengingatkan dalam kesabaran dan dalam kebaikan, seandainya anda tetap berpaling dari kitab suci mengenai cara memilih pemimpin maka saya sudah terlepas dari kewajiban memberitahukan tentang hal ini.

Janganlah kita merasa hidup ini hanya di dunia saja, tengoklah saudara saudara, ayah, ibu, kakek, nenek, yang sudah mendahului kita pergi ke alam baka, mereka sudah di panggil oleh Tuhan sang penguasa alam raya…..
Pertanyaanya, sudahkah kita berbekal untuk menghadapi perjalanan yang panjang dan abadi??
Segeralah bertobat dan kembali kepada Al Quran dan Hadist sebelum semuanya menjadi terlambat
Semoga kita semua bisa mencapai kehidupan yang lebih baik di jalan Allah SWT,
Amin ya rabbal alamin....

Sindiran yang sangat jelas untk pihak siapa
Hah bosen sm nih propaganda
secara keseluruhan, ya memang benar, ada banyak negara di dunia yang harus belajar dari Indonesia.

maka dari itu nilai luhur yang telah ada di negara ini jangan direcoki mulu karena nanti yang rugi akhirnya ya semua rakyat Indonesia.
Quote:Original Posted By Pi-One
Gak semua jabatan tuh.
Bukannya dibilang haram kalau pemimpin itu non muslim?

jauh amat ente mikirnya gan
yaa itu termasuk terkecuali
kita juga masih harus belajar banyak, lah ini HNW gak kira kira ngasi saran, cem penerapan kerukunan kita udah bagus aja

Quote:Original Posted By

Kita masih harus berbangga dengan kondisi Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika


bangga?? susah bang, liat aja di ambon di poso, di papua, itu masih konflik, kok
hadeh kader dari pks ya yang ngomong ? yang partainya koar2 masalah rohingya sebagai masalah sara tanpa cek lokasi ?
ya.. rukun kayak cikeusik

Ini HnW mukanya makin tebel aja.
Quote:Original Posted By clcyep
kalo jaman soeharto gak bakalan deh yang namanya umat Buddha bisa menjabat apa saja di negeri ini
betul gan itulah hebatnya persatuan dan kesatuan di negeri ini


jaman soeharto kok ane ga pernah denger isu ttg agama n jabatan buat umat budha (minoritas kecuali cina) kecuali posisi presiden yg memang ga boleh buat siapapun kecuali mbah seorang.

kalo jaman sekarang justru mulai muncul isu jabatan yg mesti beragama tertentu. kayaknya HNW kurang pengetahuan ttg kondisi sekarang di indo
hah? belajar dari indonesia?? ngga salah tuh??
kalau indonesia yang dulu iya, kalau yang sekarang, jadi bingung, emang pelajaran apa yang bisa diambil? malah kebanyakan SARA nya....
mudah2an dengan berlalunya waktu, indonesia semakin rukun apalagi besok ultahnya
kasihan Muslim Rohingya kalau Myanmar suruh belajar kerukunan dari Indonesia...
kalo melihat kondisi nyata di lapangan, ane jadi malu sendiri baca judul thread agan TS ini
Quote:Original Posted By Pi-One
Gak semua jabatan tuh.
Bukannya dibilang haram kalau pemimpin itu non muslim?


memang kalo ngemeng doang itu enak yak


ini cagub gagal yg pengen perubahan tapi ngikut status quo
bangga deh gan jadi orang indonesia
Quote:Tanggal 22 Agustus kami akan berangkatkan delegasi. Ada enam anggota DPR dari PKS, dan dua dari rekan lain," cetusnya.

KAPAN BERANGKATKAN DELEGASI KE PAPUA ATAU OGAN ILIR, PAK? DI OGAN ILIR BAHKAN ADA ANAK KECIL KEPALA NYA DITEMBUS PELOR BRIMOB LOH.
Quote:Original Posted By orang.bodoh
Bhineka Tunggal Ika : adalah semboyan negara yg artinya berbeda beda tapi tetap satu.

PANCASILA : azas negara.

tapi banyak kaskuser di BP yg nganggep kita ini negara Islam


Makna bineka tunggal ika dulu adalah berbeda-beda suku tapi satu indonesia. Dulu tak ada isu pertikaian atas nama agama a dan b. Yang ada upaya devide et impera belanda atas dasar wilayah/suku2 yang tersebar sepanjang sabang-merauke
lho emang konflik agama yah
mang HNW udah kesono lgsg jelas2 kata pak JK bilang bukan.
nyerocosnya kgk disertai survey dulu.
Quote:Original Posted By banteng.hijau
jangan salah paham gan
yang haram itu kalau seorang muslim memilih pemimpin kafir
kalau orang kafir mau milih temennya sesama kafir bebas gan, gak ada yg melarang

ketahuilah para muslim yg masih mendukung jokowi-ahok, bahwa sesungguhnya teman2 kamu itu para kafir yg sangat membenci agama islam.
Para kafir itu ingin memperdaya kamu agar meninggalkan al quran dan hadist, mereka takut kalah apabila kamu masih berpegang teguh pada al quran dan hadist.

orang-orang yahudi dan nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "sesungguhnya petunjuk allah itulah petunjuk (yang benar)". dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.(q.s. Al-baqarah 120)

bahkan allah swt. Secara langsung dan berkali-kali mengingatkan kaum muslim untuk tidak mengangkat mereka sebagai pemimpin-pemimpin atau teman-teman akrab atau tempat menyimpan rahasia.

"hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang yahudi dan nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebagian mereka adalah pemimpin bagi sebagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu yang mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim" (qs. Al-maidah [5]: 51).


dalam qs. Ali imran [3]: 118 kaum muslim diingatkan untuk tidak menjadikan orang-orang di luar kalangan muslim sebagai bithanah (teman-teman tempat menyimpan rahasia) dengan alasan bahwa :

"... Mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kerugian bagi kamu (kaum muslim). Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka sedang apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Kami telah menjelaskan kepadamu tanda-tanda (siapa kawan dan siapa lawan), jika kalian memahaminya." (qs ali 'imran [3]: 118).


mmmantapp gw nemu akar masalahnya. Pngetahuan belum nyampai ke onta2. Yang masih waras tolong sadar yakk... :d