Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015997992/tarian-sufi-tampil-di-gereja-katedral-surabaya
Tarian sufi tampil di Gereja Katedral Surabaya.
Penyanyi Trie Utami dan Candra Malik menyanyikan lagu berjudul “Syahadat Cinta” di gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus, Katedral Surabaya pada akhir pekan lalu, yang berisikan pesan cinta dan perdamaian, serta pentingnya saling menghargai, menghormati dan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dan antar manusia.

Candra, pencipta kidung sufi tersebut, mengungkapkan pentingnya menebarkan benih cinta dan perdamaian untuk menyatukan kembali nusantara yang terpecah belah akibat perselisihan, yang disebabkan kurangnya penghargaan terhadap keberagaman dan kemanusiaan.

“Saya bersama teman-teman membawa kidung sufi ke tempat-tempat ibadah, ke tempat-tempat yang tadinya tidak dihiraukan oleh masyarakat, atau yang tadinya menjadi sumber-sumber yang dianggap sebagai sumber perselisihan, tentang agama dan keyakinan,” ujarnya seperti dinukil VoA.

“[Kami] membawa pesan cinta kasih, persaudaraan dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap kebebasan beragama. Ini akan menjadi langkah terus menerus untuk kembali menyatukan nusantara dalam cinta kasih dan penghargaan kepada kebebasan beragama, persaudaraan juga.”

Kelompok Candra membawakan tarian sufi, whirling dance (tarian berputar), yang diajarkan dan dibawakan oleh sufi besar Jalalludin Rumi. Tarian tersebut, menurut Candra, melambangkan cinta kasih, kerinduan kepada kedamaian, cinta, persaudaraan.

“Arah berputar melawan jarum jam, itu symbol kembali kepada fitrah, kembali kepada titik berangkat, saling mengingatkan kepada kebenaran dan kesabaran,” ujarnya.

Pastor Agustinus Tri Budi Utomo, selaku Vikaris Jenderal Keuskupan Surabaya (Wakil Uskup) menyambut baik misi cinta yang dibawa para musisi dan seniman, sebagai upaya untuk menyebarkan benih cinta kepada setiap manusia, demi terwujudnya perdamaian dan kerukunan antar umat beragama.

“Kunjungan ini berharga bagi saya, ini kunjungan cinta. Kata cinta itu sekarang sudah mengalami devaluasi yang tidak karuan, dan ini cinta yang sebenarnya. Untuk umat Katolik, Allah adalah kasih, cinta. Cinta adalah hakikat Allah, maka ketika ini kunjungan cinta, kunjungan Allah,” ujarnya.

Pastor Tri berharap gerakan cinta ini akan terus menyebar menjadi gerakan damai, yang mampu menampung segala macam hal yang seringkali dianggap sebagai sumber perselisihan dan permusuhan.
Sumber

Indahnya toleransi beragama. Demi Indonesia yang lebih baik
klo surabaya memang aman dan damai gan sampai saat ini
Quote:Original Posted By Map.Ijasah
klo surabaya memang aman dan damai gan sampai saat ini


moga-moga daerah lainnya juga ya gan,
jadi inget film youtoube

puter2 sampe pusing.
abis itu suruh mukul bola besbol.
Quote:Original Posted By zeroyonline
moga-moga daerah lainnya juga ya gan,


Semarang selalu aman(alhamdulillah),,,,
.... semoga mendapatkan hidayah....


vBot Post awal:


Thread: http://kask.us/15990182
Reason: Post not more than 3 words

Mari membudayakan postingan berbobot demi KASKUS yang lebih bermartabat
Penjelasan: http://www.kaskus.co.id/showpost.php?p=425627701
damai itu indah gan
Quote:Original Posted By Map.Ijasah
klo surabaya memang aman dan damai gan sampai saat ini


nggak cuman surabaya, banyak daerah yang damai
kira2 apa mungkin ada kebesaran hati bisa terjadi sebaliknya taro lah di negera lain, kalau ga bisa di republik odong2x..
Lebih tepatnya di halaman samping gedung gereja.

Tarian sufi tampil di Gereja Katedral Surabaya.

Klo di dalam jelas gak boleh.
untung jogja aman2 aja gan







—bangsepcrazy™
kalo di surabaya, seperti ini sudah biasa. Di tempat gw aja, gereja berjejeran sama KUA sudah puluhan taun dan ga masalah (yang tinggal di daerah genteng pasti tau ).

Sudah bukan berita baru kalo rukun antar umat beragamanya di Sby
Indahnya toleransi beragama. Demi Indonesia yang lebih baik
Quote:Original Posted By comanche
Lebih tepatnya di halaman samping gedung gereja.

Tarian sufi tampil di Gereja Katedral Surabaya.


kebersamaan yang patut ditiru ini
Mantap nih.
Tetap ada misi yang menyejukkan di suasana yang banyak isu sara.
semangat aja bwt penarinya. . .
Skuati saelah nan kadikarajoan, lah di lihia angok baru sasa nan tibo.
Quote:Original Posted By Map.Ijasah
klo surabaya memang aman dan damai gan sampai saat ini


RT deh sama agan ini dehh saya sebagai orang surabaya juga merasa aman-aman saja kota tercinta ini
dengan makin besar rasa toleransi kita maka pasti makin besar jg rasa damai dan kerukunan di tanah air kita
×