Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015996898/pilih-monorail-atau-bus-layang
Pilih Monorail atau Bus Layang?
Foke Pilih Bus Layang daripada Proyek Monorel

Pilih Monorail atau Bus Layang?

Jakarta Rencana PT Adhi Karya kembali menggarap proyek monorel di Jakarta sampai saat ini belum diajukan ke Pemda DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berjanji akan melakukan kajian jika sudah menerima proposal dari BUMN konstruksi tersebut.

Namun terlepas dari itu, Foke sapaan akrab Fauzi Bowo mengatakan proyek monorel terdahulu di Jakarta (Senayan-Kuningan) sudah dinyatakan dihentikan karena dianggap tak layak. Sebagai gantinya akan dibuat proyek bus layang (elevated bus), dengan memanfaatkan tiang-tiang pancang monorel yang sudah ada.

"Proposal yang kemarin PT Jakarta Monorail itu sudah expired. Sementara itu kajiannya tidak layak, dan itu akan diganti dengan moda yang lebih feasible yaitu elevated bus," ungkap Foke saat ditemui di PRJ Kemayoran, Jakarta, Minggu (12/8/12).

Foke menyebutkan, investasi yang dibutuhkan untuk proyek monorel yang ia hentikan itu terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 4 triliun. "Investasinya tinggi, sekitar Rp 4 triliun diperlukan," imbuhnya.

Menurut Foke, Pemda DKI akan terlebih dahulu melakukan kajian terkait rencana Adhi Karya kembali menggarap monorel. "Iya itu kita lihat dulu Adhi Karya proposalnya, kita harus kaji dulu," pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan mengatakan setuju mengenai rencana PT Adhi Karya menggarap kembali proyek monorel di Jakarta. Pihak Adhi Karya pernah terlibat pada proyek monorel yang akhirnya dibatalkan oleh Pemda DKI Jakarta beberapa tahun lalu.

Rencana proyek monorel Adhi Karya ini diperkirakan akan menelan investasi Rp 3,73 triliun, proyek ini diberi nama Jakarta Link Transportation (JLT). Sementara saudaranya sesama BUMN karya yaitu PT Hutama Karya juga berencana membangun Urban Railway Transportation atau monorel dari Bekasi-Slipi.

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/08/12/134346/1989442/4/foke-pilih-bus-layang-daripada-proyek-monorel?991101mainnews"]sumber[/URL]

Drama Penyelamatan Ketika Monorel Macet

Pilih Monorail atau Bus Layang?

Kuala Lumpur Apa yang terjadi bila monorel yang berjalan di atas sana tiba-tiba macet di tengah jalan? Penyelamatan pun dilakukan menggunakan crane menjulang milik armada pemadam kebakaran. Itulah yang terjadi di Kuala Lumpur.

Sebanyak 183 orang terlantar hingga nyaris satu jam ketika gerbong monorel RapidKL tiba-tiba terhenti di depan Wisma Monorail di Brickfields. Akibatnya, para penumpang dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran menggunakan dua crane Skylift.

Tiga penumpang, termasuk seorang perempuan hamil, dilaporkan pingsan karena AC di gerbong mati akibat hilangnya daya listrik.

Monorel berisi dua gerbong yang disesaki penumpang yang hendak ke kota itu macet sekitar pukul 2 siang Sabtu (11/8), setelah melewati Stasiun Tun Sambathan. Demikian diberitakan The Star, Minggu (12/8/2012).

Seorang penumpang, Norashykin Zulkifli (40) menuturkan, para komuter awalnya santai dan tenang saja ketika monorel rusak di tengah jalan. "Namun setelah 15 menit, orang-orang menjadi gelisah dan beberapa jadi panik," ujarnya.

Norashykin melihat dua orang pingsan di gerbong yang padat itu, sedangkan lainnya berusaha memecahkan kaca untuk bisa keluar. "Dua kereta datang dari stasiun yang berada 300 meter jauhnya untuk menyelamatkan kami. Satu kereta di jalur yang sama dengan kita, tapi juga berhenti di depan kami," ujarnya.

"Syukurlah, kami melihat pasukan pemadam kebakaran datang. Mereka memecahkan kaca dan mulai mengeluarkan orang-orang," katanya.

Manajer media Prasarana Negara Berhad, Azhar Ghazali, mengatakan insiden itu terjadi karena kerusakan kontrol traksi yang menyebabkan mesin kereta berhenti secara otomatis.

[URL="http://news.detik..com/read/2012/08/12/155432/1989518/1148/drama-penyelamatan-ketika-monorel-macet?9922022"]sumber[/URL]
Menurut ane lebih bagus lagi kalo keduanya digabungin gan
Penduduk Jakarta banyak banget
Quote:Original Posted By TheCloneAttack
ane mah apa aja gan.. yang penting cepet ada


Ya gan, di satu sisi monorail yang efektif buat ngangkut banyak orang berbahaya juga kalo monorailnya macet..
kalo ane sih pengennya ada penambahan ruas jalan baru....

dari tahun 70 an ngga nambah nambah...
yang penting cepet rea;isasi, mau apa aja boleh asal mengurangi kemacetan

jangan cuma janji kampanye doang
Quote:Original Posted By hihihihihihihi
kalo ane sih pengennya ada penambahan ruas jalan baru....

dari tahun 70 an ngga nambah nambah...


Kayaknya penggusuran gak mungkin deh gan
Secara harga tanah di Jakarta mahal

Quote:Original Posted By miss...afet
yang penting cepet rea;isasi, mau apa aja boleh asal mengurangi kemacetan

jangan cuma janji kampanye doang


Setubuh sama ente sist
yg penting cepet ga pake lama... macet makin gila di jkt
Quote:Original Posted By xiphius
yg penting cepet ga pake lama... macet makin gila di jkt


Yo'i gan
Polisinya dah dibayar gak mau jadi polantas
Kalo di perempatan semuanya pengen duluan jadinya malah tambah macet
yang paling cepet jadi..yang ane pilih gan...
BUS layang atau bus ngangkang nih?

kalo bus ngangkang... mah emang bang kumis ga pikirkan flyover yang malang melintang??
Quote:Original Posted By


Foke menyebutkan, investasi yang dibutuhkan untuk proyek monorel yang ia hentikan itu terbilang cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 4 triliun. "Investasinya tinggi, sekitar Rp 4 triliun diperlukan," imbuhnya.

Rencana proyek monorel Adhi Karya ini diperkirakan akan menelan investasi Rp 3,73 triliun, proyek ini diberi nama Jakarta Link Transportation (JLT). Sementara saudaranya sesama BUMN karya yaitu PT Hutama Karya juga berencana membangun Urban Railway Transportation atau monorel dari Bekasi-Slipi.


Coba bayangkan,,anggaran buat DKI JAKARTA sekitar +- 140 T

untuk proyek monorail 4T terbilang kecil gan

emang dasar aja tuh TOKEK
gak kosisten nih memang...

kalo mau bikin monorel ya monorel, bus layang ya bus layang. gak usah pake rapat2 dulu yg ribet gitu lah. gak jadi2 kan. :

trus kalo soal tarif gak usah deh pake subsidi segala. berat2in anggaran aja. kan keliatan tuh di transjakarta tarifnya dibikin murah tapi peminatnya tetep aja gak nambah, tetep banyak yg pake kendaraan pribadi.

kalo begini sudah terbukti kalo tarif murah gak pengaruh buat mereka. yg penting kepastian waktunya.
kalo lebih murah bikin bus layang ya bus layang aja deh
Semuanya dibutuhkan.

Yg tdk perlu adl. Pemimpin yg menggagalkan Projek tsb -pokemon.
proyek mimpi bullshit

jakarta dengan busway aja udah carut marut, gagal total dalm pengelolaanya ditambah lagi supir bangsadddd nabrak orang mati terus

proses pembangunnannya dipikir setahun selesai ? sehari saja kerugian jakarta akibat macet bisa mencapai 6 milyar /hari akibat bbm yang menguap percuma saat macet.

pdahal dulu sempat tercetus ide plat ganjil genap yang menurut ane sangat fair dan bagus untuk mereduksi kemacetan jkt ampe 50%

Dibenahi dulu pak, jangan mimpi aneh2 kita warga Jkt udah mau muntah liat macet tiap hari

Gubernur mah enak selalu bawa polisi pengawal ngoeng ngoeng ngoeng pada kudu minggir ngalah kasih jalan

kalo kesenggol, tembak ditempat
mau monorel kek mau bus layang kek
yang penting cepet dikerjakan jangan cuman jadi wacana aja

dah pusing ane sama kemacetan jakarta
apa aja yg penting cepet jadi jgn ngomong doang mana mrt katanya udah mau mindahin satdion lb bulus, nyatanya blm diapa2 kan, jauh lebih baik naik metro mini hemat waktu kemana2 daripada nungguin busway berjam2
waaawww... keren banget tuh kejadian penyelamatan di KL.
pasti seru banget bisa nyobain naik tangga di mobil pemadam kebakarannya.

gw lebih pilih monorel lah.
yang bus layang itu masih jauh, yang dikasih liat baru prototypenya doang.
bentuk aslinya belum ada.
Quote:Original Posted By AngelMalaika
Menurut ane lebih bagus lagi kalo keduanya digabungin gan
Penduduk Jakarta banyak banget


bukan jakarta aja, sekitarnya juga pasti ngaruh.
apalagi pas jam sibuk pada numplek dijakarta semua. sebenrnya harus dikoordinasiin juga sama kota sekitarnya macem depok, tangerang dan bekasi. jadi biar sinkron sarana trasportasi jadetabek
×