Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015992819/inspirasi-dulu-tukang-sapu-tri-kini-pengusaha-sukses
[Inspirasi] Dulu tukang sapu, Tri kini pengusaha sukses
Pepatah lama yang menyatakan "hidup seperti roda berputar" tampaknya berlaku bagi Tri Sumono. Berawal dari menjadi kuli bangunan hingga tukang sapu, Tri kini sukses menjadi pengusaha beromzet ratusan juta rupiah per bulan.

Lewat perusahaan, CV 3 Jaya, Tri Sumono mengelola banyak cabang usaha. Antara lain, produksi kopi jahe saset merek Hootri, toko sembako, peternakan burung, serta pertanian padi dan jahe. Bisnis lainnya, penyediaan jasa pengadaan alat tulis kantor (ATK) ke berbagai perusahaan, serta menjadi franchise produk Ice Cream Campina. "Saya juga aktif jual beli properti," katanya.

Dari berbagai lini usahanya itu, ia bisa meraup omzet hingga Rp 500 juta per bulan. Pria kelahiran Gunungkidul, 7 Mei 1973, ini mengaku, tak pernah berpikir hidupnya bakal enak seperti sekarang.

Terlebih ketika ia mengenang masa-masa awal kedatangannya ke Jakarta. Mulai merantau ke Jakarta pada 1993, pria yang hanya lulusan sekolah menengah atas (SMA) ini sama sekali tidak memiliki keahlian.

Ia nekat mengadu nasib ke Ibu kota dengan hanya membawa tas berisi kaus dan ijazah SMA. Untuk bertahan hidup di Jakarta, ia pun tidak memilih-milih pekerjaan.

Bahkan, pertama bekerja di Jakarta, Tri menjadi buruh bangunan di Ciledug, Jakarta Selatan. Namun, pekerjaan kasar itu tak lama dijalaninya.

Tak lama menjadi kuli bangunan, Tri mendapat tawaran menjadi tukang sapu di Kantor Kompas Gramedia di Palmerah, Jakarta Barat.

Tanpa pikir panjang tawaran itu langsung diambilnya. "Pekerjaan sebagai tukang sapu lebih mudah ketimbang jadi buruh bangunan," jelasnya.

Lantaran kinerja memuaskan, kariernya pun naik dari tukang sapu menjadi office boy. Dari situ, kariernya kembali menanjak menjadi tenaga pemasar dan juga penanggung jawab gudang.

Pada tahun 1995, ia mencoba mencari tambahan pendapatan dengan berjualan aksesori di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Saat itu, Tri sudah berkeluarga dengan dua orang anak. "Saya dagang aksesori seperti jepit rambut, kalung dan gelang dengan modal Rp 100.000," jelasnya.

Setiap Sabtu-Minggu, Tri rutin menggelar lapak di Stadion Gelora Bung Karno. Dua tahun berjualan, modal dagangannya mulai terkumpul lumayan banyak.

Dari sanalah, ia kemudian berpikir bahwa berdagang ternyata lebih menjanjikan ketimbang menjadi karyawan dengan gaji pas-pasan. Makanya, di tahun 1997, ia memutuskan mundur dari pekerjaannya dan fokus berjualan.

Berbekal uang hasil jualan selama dua tahun di Gelora Bung Karno, Tri berhasil membeli sebuah kios di Mal Graha Cijantung. "Setelah pindah ke Cijantung, bisnis aksesori ini meningkat tajam," ujarnya.

Tahun 1999, ada seseorang yang menawar kios beserta usahanya dengan harga mahal. Mendapat tawaran menarik, Tri kemudian menjual kiosnya itu. Dari hasil penjualan kios ditambah tabungan selama ia berdagang, ia kemudian membeli sebuah rumah di Pondok Ungu, Bekasi Utara. Di tempat baru inilah, perjalanan bisnis Tri dimulai.

(Bersambung)

Sumber

Spoiler for Pesan TS:
ini yang namanya from zero to hero
selalu ada jalan bagi yang memang mau berfikir dan berusaha disertai dengan doa dan ibadah
kok bsa sama ama w yah ini orang.....
Hebat nih orang...usahanya nanjak terus nggak ada surut nya..pasang terus...
terpinsari dan salut banget deh gan sama cerita-cerita orang sukses seperti ini
keren nich cerita dari dasar banget sekarang tinggal nikmatin hasilnya
baguslah, untung Pak Tri ngga sempet bergabung ama ormas yah......

kalo gabung ormas, pasti hari gini masih teriak2 di bunderan HI
bersamboeng???? TS la'nat ...

bikin penasaran sadja dengan inih tjerita ...
Quote:Original Posted By L.Banditz
ini yang namanya from zero to hero
selalu ada jalan bagi yang memang mau berfikir dan berusaha disertai dengan doa dan ibadah


Anda Betul Gan

Quote:Original Posted By aminudinpenipu
kok bsa sama ama w yah ini orang.....


Jangan2 ente si Tri lg Gan
Quote:Original Posted By Ael.Irsal
Hebat nih orang...usahanya nanjak terus nggak ada surut nya..pasang terus...


Yang di liput media cuma yang "Pasang" terus Gan, Surutnya ngak di liput
Quote:Original Posted By IsraelPskd4
terpinsari dan salut banget deh gan sama cerita-cerita orang sukses seperti ini


Mudah2an ente bs jadi kaya si Tri gan
Quote:Original Posted By sukmaadi0205
keren nich cerita dari dasar banget sekarang tinggal nikmatin hasilnya


Yup...

Quote:Original Posted By orang.bodoh
baguslah, untung Pak Tri ngga sempet bergabung ama ormas yah......

kalo gabung ormas, pasti hari gini masih teriak2 di bunderan HI



Quote:Original Posted By wongdjadoel
bersamboeng???? TS la'nat ...

bikin penasaran sadja dengan inih tjerita ...



Dari web kontan juga masih bersambung gan
Btw, makin penasaran kan makin enak Gan s
jangan cuma dibaca ya gan, tapi mari kita coba pelajari bagaimana beliau bisa berhasil dengan modal bisa dikatakan nol
lha kok ada tulisan bersambungnya?
gk ngerti..
Quote:Original Posted By PANCASILA
jangan cuma dibaca ya gan, tapi mari kita coba pelajari bagaimana beliau bisa berhasil dengan modal bisa dikatakan nol


Ajakan yang bagus Gan
Quote:Original Posted By simple_things
lha kok ada tulisan bersambungnya?
gk ngerti..


Itu bersambung darisononya Gan,
Artinye web kontan ntar mau bikin sambungan ceritanya.
bersambung kek sinetron aja ..............







berita kontan kalo gak salah ....

yah moga2 aja akhlak nya bisa diperbaiki juga ato dengan sekolah hingga punya jenjang pendidikan yang bagus
Ik tjoeba menoenggoe "Dulu tukang sapu, Tri kini pengusaha sukses" sesion ke doewa









terasa sepertih sinetron tjinta Ppetir ...
Quote:Original Posted By wongdjadoel
Ik tjoeba menoenggoe "Dulu tukang sapu, Tri kini pengusaha sukses" sesion ke doewa









terasa sepertih sinetron tjinta Ppetir ...


ga ad yg mustahil gan
asalkan usaha ama pantang menyerah serta berdoa ane yakin semua org bakal sukses
cuman yg namanya pantang menyerah ini neh yg terkadang jd momok ga gampang ngelakuinnya hanya org2 berjiwa tangguh
emang nggak selamanya ya yang di bawah itu tetep di bawah, bisa ke atas asal ada usaha dan doa yang kuat
masukin ke subforum bisnis aja gan

biar inspirasinya bisa mengena untuk para pencari kerja di sana

ceritanya sama tapi beda bisnis ma ane gan
makanya kalo mau jadi pengusaha sukses, mulailah dari menipu dulu
×