Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015967245/ina-geoportal-buatan-asli-indonesia-lebih-canggih-dari-google-map
Thumbs up 
Ina Geoportal (Buatan Asli Indonesia), Lebih Canggih dari Google Map
Ina Geoportal (Buatan Asli Indonesia), Lebih Canggih dari Google Map

Ina-Geoportal, suatu portal informasi geospasial nusantara yang dibangun Badan Informasi Geospasial (BIG) dan bisa dibuka di http://tanahair.indonesia.go.id dirancang lebih canggih dari google map, kata Kepala BIG Dr Asep Karsidi.

"Google map itu berdasarkan foto satelit jpeg, kalau Ina-geoportal itu peta interaktif, untuk sharing, drag and drop dan lain-lain seperti GIS Application," kata
Asep pada Talkshow "Ina-Geoportal: Satu Peta, Satu Solusi" dalam memperingati Hakteknas ke-17 di Gedung Sabuga ITB Bandung, Sabtu.

Karena itu, dia meminta semua pihak membuat peta tematik berdasarkan peta dasar yang telah disediakan BIG (dulu Bakosurtanal), yang selain gratis, mudah diakses, juga bisa dipertanggungjawabkan, bukan mengambil dari pihak selain BIG atau dari google.

"UU Nomor 4/2011 tentang Informasi Geospasial memberi wewenang kepada BIG sebagai lembaga satu-satunya yang membuat peta dasar. Itu karena BIG membuat peta berdasarkan sistem jaring kontrol geodesi, menggunakan layer kontur atau tiga dimensi," katanya.

Ia juga menegaskan UU Nomor 4/2011 melindungi Indonesia dari kemungkinan penyalahgunaan data geospasial yang merugikan bangsa. Karena itu, meskipun data spasial nusantara bersifat open namun tetap dibatasi dengan kode pengaman untuk sejumlah data tertentu.

"Saya juga sudah didatangi google yang menanyakan UU baru itu, kuncinya Indonesia punya UU sebagai otorisasi informasi geospasial kita. Data yang dibangun google tentang Indonesia harus ada izin dari pemerintah Indonesia," katanya.

Selama tidak melanggar UU, menurut dia, silakan saja membuat data geospasial karena peta yang dibuat google positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Pihaknya juga mempersilakan kalau google mau menggunakan data spasial Ina-Geoportal.

"Tapi jangan masyarakat internasional dapat info tentang kita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan ketika ada pihak ketiga menggunakan peta google atau ada pihak menyalahgunakan peta google," katanya.

Akhir 2012, ujar Asep, pihaknya akan selesai memperbaharui peta dasar nusantara dengan ketelitian 1:250.000, yang akan terus dilanjutkan dengan 1:50.000, 1:25.000, hingga 1:1.000 sesuai amanat UU dimana halaman rumah akan jelas terlihat, namun ini merupakan tugas berat.

Sementara itu, Kepala Pusat Sistem Jaringan dan Sistem Data Spasial BIG Dodi sukmayadi dalam talkshow itu mempraktikan secara live pengoperasian Ina-Geoportal dimana sejumlah instansi seperti Kementerian PU, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan lain-lain sudah mengawali untuk menjadi simpul Ina-Geoportal BIG.

Ia berharap semua kementerian, lembaga dan pemerintah daerah bersedia mengintegrasikan datanya dan "sharing" dalam menyajikannya ke dalam Ina-Geoportal dengan syarat memiliki Pusat Data, Meta Data dan Unit Kliring yang memvalidasi data.

SUMBER

ayooo...terus-lah berkarya....indonesia....

ane memahami bahwa banyak komeng2 yg bernada kecewa, kesal bahkan mungkin marah...dgn lambatnya akses ke site tsb diatas....namun itu semua pada dasarnya adalah sebuah proses...yg semoga saja bermuara kepada kesuksesan....rasa2-nya hampir tak ada yg baru berdiri langsung menuai kesuksesan....google, yahoo bahkan kaskus kita ini membutuhkan proses menuju keberhasilan...yg dibutuhkan pemerintah saat ini adalah bentuk dukungan kita seperti kritik dan saran yg membangun....yg semoga dgn itu semua dpt menjadikan Ina Geoportal menjadi yg terdepan....bahkan bukannya tdk mungkin bener2 dpt mengalahkan google map....

Trit Ane yg Lain...

[MANTABZ] 1000 Mahasiswa Miskin Kuliah Gratis di UGM

Lulus Uji, Satelit LAPAN Siap Diluncurkan

Alhamdulillah....akhirnya menjadi HT juga....
Spoiler for Hot thread:

Thumbs up 

Indonesia Punya Portal Pemetaan Interaktif Pertama di Dunia
Spoiler for Indonesia Punya Portal Pemetaan Interaktif Pertama di Dunia:


BIG Luncurkan Ina Geoportal, Gerbang Data Geospasial

Spoiler for BIG Luncurkan Ina Geoportal, Gerbang Data Geospasial:
yahh.....lelet banget gan buka petanya.
malah di ane blm bisa nongol petanya dgn speed 1,5 mbps
ane blm coba gan,bru tau jg
Quote:Original Posted By kimbo555
yahh.....lelet banget gan buka petanya.
malah di ane blm bisa nongol petanya dgn speed 1,5 mbps


apalagi punya ane gan........mungkin memang masih pengembangan gan...jadi belum maksimal.....semoga ke depannya bisa lancar...


Masak sih lebih canggih dari Google Map ? Coba ane ke TKP dulu ya gan
ho'oh.. masih lemot.. mungkin ini efek terlalu canggih...
masih lebih smooth dan nyaman google earth
lemoooooooooooot puoool....

Katanya lebih canggih, pa indonesia sudah punya satelit geografis sendiri???
inter ane dodol gan
bukak situs nyah kek donlot 3gp pidio tak senonoh
lama beud
bikin peta sama naro dedicated server lebih sulit mana sih... lemot tenan jal..

btw google itu udah hampir seluruh dunia, jangan pernah ngeremehin google lah.. justru fitur2 google juga harus dicontoh
Pake Bing

:

USING THIS SITE INDICATES THAT YOU HAVE READ AND ACCEPT OUR TERMS. IF YOU DO NOT ACCEPT THESE TERMS, YOU ARE NOT AUTHORIZED TO USE THIS SITE
masih ada kekurangan nie ,,
klo di zoom ampe pol,,
petanya gk muncul ,
beda dengan google..
biarpun pake image tapi bisa keliatan map nya ..
bagus di rencana tp blom bisa dinikmati karena kena penyakit lemot









Ina Geoportal (Buatan Asli Indonesia), Lebih Canggih dari Google Map
gw tetep pake google maps aja.
buatan luar negeri pasti lebih bagus dari indonesia.

aplikasi bagus nih gan..
Quote:Original Posted By sapibuntinx
gw tetep pake google maps aja.
buatan luar negeri pasti lebih bagus dari indonesia.



jgan picik gitu dong gan.. gk ada salahnya kan mencoba..
barusan meluncur ke TKP. betol betol keren gaaaan :
mantab. . . makin maju ya Indonesia .. . jangan maju KKNnya. . .
×