Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015962194/kemenkes-akan-sidak-klinik-tong-fang
Kemenkes Akan Sidak Klinik Tong Fang
Kemenkes Akan Sidak Klinik Tong Fang

LENSAINDONESIA.COM: Iklan testimoni pengobatan Tradisional China Medicine (TCM) Klinik Tong Fang, semakin marak di televisi. Padahal, Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sudah mengimbau agar iklan yang bisa menipu konsumen itu dihentikan, namun tak digubris.

Merasa geram, karena dikhawatirkan semakin menyesatkan masyarakat, Kemenkes bersama instansi terkait akan mengambil tindakan tegas. “Kita akan sidak, nanti pasti kita undang wartawan,” tegas Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes, Supriyanto, Jumat (10/8/2012).

Supriyanto mengatakan iklan testimoni yang gencar dilakukan klinik TCM sudah sangat meresahkan. Padahal para pemilik klinik ini sudah pernah ditegur langsung oleh Dinkes DKI.

“Hal seperti itu tidak dibenarkan. Sudah didatangi dan sudah ditegur Dinkes, katanya masih terikat kontrak dengan stasiun televisi. Tapi sampai sekarang gak dicabut-cabut juga iklan itu,” jelasnya.

Supriyanto menambahkan, sebenarnya teknik pengobatan herbal yang ditawarkan TCM tidak masalah. Toh, Indonesia sendiri juga mengembangkan pengobatan menggunakan herbal. Namun cara promosinya dianggap melanggar etika. Testimoni kasus perkasus yang dilakukan Tong Fang bisa saja menggunakan pasien settingan, bohongan, sehingga dikhawatirkan menyesatkan masyarakat.

“Mestinya gak ada model pengobatan yang ditawarkan TMC yaitu dengan menempelkan herbal di bagian tubuh lalu keluar sesuatu dari telapak kaki. Semua obat nggak ada yang serta merta mengeluarkan racun dari telapak kaki seperti itu,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Kementerian Kesehatan mengaku pernah menegur Klinik Tong Fang atas iklannya di televisi yang memuat testimoni pasien. Hal ini karena pengakuan pasien dalam iklan melanggar Peraturan Menteri kesehatan Nomor 1787 Tahun 2012 mengenai Iklan dan Publikasi Pelayanan Kesehatan.

Melihat iklan Tong Fang yang masih terus tayang di televisi, Kemenkes segera memikirkan tindakan lanjutan agar iklan yang melanggar itu disetop. “Kami sedang memikirkan langkah-langkah lebih lanjut,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenkes, Murti Utami, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kata Murti, pihaknya juga akan mempelajari bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menegur lembaga penyiaran yang menayangkan iklan tersebut. Ada 15 poin larangan yang diatur dalam pasal 5 Peraturan Menteri Kesehatan 1787/MENKES/PER/XII/2010.

Sumber: http://www.lensaindonesia.com/2012/0...tong-fang.html
semoga segera ditindak oleh departemen terkait
klinik favorit kaskuser

lagian yg percaya mentah2 iklan di tipi sama begonya dengan vbot





Komen first, Think later
jiakakak
si Tong Feng Hung ini
ternyata gak seampuh iklannya ya
Iya keknta ikllannya bebau hoax dah
Kalau cuma Tong Fang-nya yang ditegur kayaknya kurang tepat. Harusnya stasiun televisinya juga ditegur
Kalau ketahuan boongnya jadi tong sam phah donk..
kaya'nya sih iklannya tuh testimoni bohongan... nggak tahu juga ya kalo' itu asli, ane sih nggak pernah kesana
Bukan sidak pak ! Tapi segel pak !
Iklannya nyata2 rekayasa pembohong penipu !


Kemenkes Akan Sidak Klinik Tong Fang

jangan lupa sodara2 tongpang macam tay shan TCM dkk..
gara2 tongfang ane jadi terkenal gan...
hahaha biarin aja gan , kan udah banyak yang jd pengendali angin gara gara berobat ke klinik Tong Fang TCM
sejak saya ke klinik tong fang saya jadi kaya
ngaku2 mau sidak, taunya entar sampe klinik malah daftar minta diperiksa.
haiyahhh...
ga perlu disidak tuh. biar aja. semakin banyak orang indonesia terhibur oleh parodinya, semakin kecil kemungkinan terkena penyakit
calon klinik legend dengan iklan yang spektakuler
haruswnya di segel
Moga si KlimaxKaw baca trit ini ....

Kasihan kalo sampai Klimax Tong Pang ikut keciduk
tai kucing paling cuma mau minta jatah preman..
klinik nya mau tutup apa gak...hayooo
Yaaahhh.. kalo ditutup berarti ga ada lagi dong parodi Tongfang di forum Lounge. Padahal postingannya gokil dan lucu2 loh.
yah elah... baru ketawa-ketiwi dikit udah mau di sidak...
×