alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015951571/suzuki-jimny---katana-sanctuary
Quote:Original Posted By townsfolk
Makasih untuk agan-agan yang di atas ane....
malaem2 gini udah mau jawab hahaha org sih udah pada ngantuk. hehe
kalau untuk info dari internet sih ane rasa cukup gan, cuman palingan montir yg ngerti jimny pas ntar ketemuan ngecek jimny-nya. kalau agan2 ada yg punya bengkel atau kenalan boleh g ane minta no hp montir/agan yg sekiranya jago dan jujur dalam hal Jimny. oh y gan ane d bandung gan.

sekali lagi terima kasih banyak Agan....
kalo ngga kali ada waktu sempet buat silaturahmi, ini gan ane mau jual jimny ane no ane 083822760401 kalo sempet mampir aja ke jalan madura riau gan ane sekolah disekitaran situ hehe
maaf kalo nyampah di forum ya para suhu

Quote:Original Posted By rio.thewarrior
emoticon-I Love Kaskus (S)gan ada yg tw nggak harga visco fan vitara...

soalnya katana ane merepet trus...



sebelumnya salam jimny-katana emoticon-I Love Kaskus (S)


Halo gan, kipas visco vitara klo g salah itu sama dgn visco escudo 1,6 liter yg baru. Hrg baru klo g salah sktr 1,2jt di Kemayoran. Klo yg seken/copotan mgkn sktr 500rb...pake EF jg bisa ngatasi demam jim-kat agan
Demikian, trims...

Tq

Quote:Original Posted By Risschie


ke tkp tangomotor.com


Tq om
Suhu2 dimari......newbie mo nanya nih...br ganti karburasi.....ukuran spuyer standar karburasi futura 1.3 itu brp yak?pnya ane 195, ap nnti minyaknya ga boros banget?secara dibandingkan dg ori nya jimny cm 108, tks...........emoticon-I Love Indonesia (S)

Thumbs up 

Quote:Original Posted By ahmadfauzan25
kalo ngga kali ada waktu sempet buat silaturahmi, ini gan ane mau jual jimny ane no ane 083822760401 kalo sempet mampir aja ke jalan madura riau gan ane sekolah disekitaran situ hehe
maaf kalo nyampah di forum ya para suhu


Terima kasih banyak Gan Ahmadan
klw g melanggar aturan thread
bisikin harganya ya gan.
Quote:Original Posted By awibgr
Om om ada yang punya cdi nippon denso ga buat katana saya lagi perlu nih nuhun ah


Minggu lalu ane jg ada yg nawarin cdi nd copotan vitara ktnya dia minta 1 jt, di sekitaran jalan banceuy bandung, bgt om.

Pilih ban yg enak

sore para suhu sekalian...

pengen bagi2 info nih dr newbie cupu soal ban...
soal ban yg tepat pada katana dan jimny yg mengutamakan kenyamanan...

standartny katana saya punya spek ban 205/70 dgn 28 psi it adalah titik kenyamanan dan keamanan komponen2 penggerak ban...
pada saat qt ingin mengganti dengan tipe yg lain dengan yg lebih besar maupun kecil ataupun sama dengan standart ada beberapa item yg perlu d perhatikan...

seperti gaya radial
semakin besar tapak ban dengan aspek ratio kecil maka gaya radial ban akan besar sehingga terkesan keras pa lagi jalan keriting bisa langsung urut tuh pinggang. namun dengan balancing dan lateral yg bagus sehingga kemungkinan ban liar(pengendalian mobil susah dilakukan) sangat kecil jadi bagus bwt high speed walau di jalan keriting.

kedua:
jika lebar ban semakin kecil dan aspek ratio semakin besar maka kemungkinan terjadiny ban liar akan semakin tinggi dan susah dikendalikan dan balancingny jelek namun mempunyai radial yg baik jadi kesanny empuk (dengan tekanan angin yg tepat).

jadi untuk mengganti ban dengan spek berbeda dengan standart harus memahami konsekuensiny apalagi yg lebih mementingkan kenyamanan...
trus jika steer agan2 liar jangan menyalahkan sepenuhny ke sistem steer kayak tierod, balljoint dll trus sporing dll akan banyak biaya...
coba check balancing ban ny dan lateral ny.... langkah mudahny coba rotasi dr ke 5 ban yg ada sehingga d dapat pengendalian yg enak dan nyaman...

mohon koreksiny yah om...
Quote:Original Posted By bluesproject
MISI JIMNYKUSER
Klo di malang nyari ban simex extreme trekker baru / bekas di mana yach..
mohon pencerahannya bos


kalau dimalang di tri sakti bro depan rumah sakit soepraun tu murah semalang harga bisa di bandingkan

Tq

Quote:Original Posted By Risschie


ke tkp tangomotor.com


Makasih gan ane dah pesen ama om tango,,, 457 rebu ampe bogor... Kebetulan katana 2001 ane baru operasi plastik jadi 4x4 hehe

Per keong

Suhu neubi mau tanya... Kalo jimny yng udah pake per keong jimny apa ya, keluaran taun berapa??? Nuhun ah
Quote:Original Posted By longormania
sore para suhu sekalian...

pengen bagi2 info nih dr newbie cupu soal ban...
soal ban yg tepat pada katana dan jimny yg mengutamakan kenyamanan...

standartny katana saya punya spek ban 205/70 dgn 28 psi it adalah titik kenyamanan dan keamanan komponen2 penggerak ban...
pada saat qt ingin mengganti dengan tipe yg lain dengan yg lebih besar maupun kecil ataupun sama dengan standart ada beberapa item yg perlu d perhatikan...

seperti gaya radial
semakin besar tapak ban dengan aspek ratio kecil maka gaya radial ban akan besar sehingga terkesan keras pa lagi jalan keriting bisa langsung urut tuh pinggang. namun dengan balancing dan lateral yg bagus sehingga kemungkinan ban liar(pengendalian mobil susah dilakukan) sangat kecil jadi bagus bwt high speed walau di jalan keriting.

kedua:
jika lebar ban semakin kecil dan aspek ratio semakin besar maka kemungkinan terjadiny ban liar akan semakin tinggi dan susah dikendalikan dan balancingny jelek namun mempunyai radial yg baik jadi kesanny empuk (dengan tekanan angin yg tepat).

jadi untuk mengganti ban dengan spek berbeda dengan standart harus memahami konsekuensiny apalagi yg lebih mementingkan kenyamanan...
trus jika steer agan2 liar jangan menyalahkan sepenuhny ke sistem steer kayak tierod, balljoint dll trus sporing dll akan banyak biaya...
coba check balancing ban ny dan lateral ny.... langkah mudahny coba rotasi dr ke 5 ban yg ada sehingga d dapat pengendalian yg enak dan nyaman...

mohon koreksiny yah om...


mantab sharenya gan, perasaan ane sih setelah ganti ban 225/70 emang lebih keras, tapi enak dibawa ngebut. 120 km/j masih enak.

numpang parkir ah emoticon-Big Grin
Spoiler for kikuk:

Nuhun

Quote:Original Posted By edwin16378


Minggu lalu ane jg ada yg nawarin cdi nd copotan vitara ktnya dia minta 1 jt, di sekitaran jalan banceuy bandung, bgt om.


Nuhun om edwin saya udah dapet dari ta*g* motor cdi nippon denso 457 ampe tempat om... Nuhun inpo na
Quote:Original Posted By deeshya


mantab sharenya gan, perasaan ane sih setelah ganti ban 225/70 emang lebih keras, tapi enak dibawa ngebut. 120 km/j masih enak.

numpang parkir ah emoticon-Big Grin
Spoiler for kikuk:


keras ??? emoticon-Bingung

kayaknya ukuran anginnya terlalu tinggi...

jgn lupa.. cek ukuran standart buat jimny katana kondisi sendiri 20 - 20 Psi , kondisi penus 20 - 26 Psi
Quote:Original Posted By Risschie


keras ??? emoticon-Bingung

kayaknya ukuran anginnya terlalu tinggi...

jgn lupa.. cek ukuran standart buat jimny katana kondisi sendiri 20 - 20 Psi , kondisi penus 20 - 26 Psi


itu untuk ukuran ban standar 205/70 gan? kalo ane pake ban A/T 225/70? maap nubi emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By deeshya


itu untuk ukuran ban standar 205/70 gan? kalo ane pake ban A/T 225/70? maap nubi emoticon-Embarrassment


sama aj gan,, coba aj gan, psti lbh nyaman gerobaknya..

Hmm..

Quote:Original Posted By Risschie


sama aj gan,, coba aj gan, psti lbh nyaman gerobaknya..


Ho'oh tuh, Gan.. Mo ukuran ban berapa pun, tekanan angin ngikut primbon di stiker yg ditempel samping dasbor aja. Soale kan satuannya tekanan angin, bukan volume angin. Jadi gak ngaruh ke ukuran ban. Tul, tho..? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Risschie


sama aj gan,, coba aj gan, psti lbh nyaman gerobaknya..


Quote:Original Posted By tukcen


Ho'oh tuh, Gan.. Mo ukuran ban berapa pun, tekanan angin ngikut primbon di stiker yg ditempel samping dasbor aja. Soale kan satuannya tekanan angin, bukan volume angin. Jadi gak ngaruh ke ukuran ban. Tul, tho..? emoticon-Big Grin


hoo, gitu ya.. maklum gan, stiker primbonnya udah ga ada sejak ane meminang si katana emoticon-Big Grin

permisi sepuh jimny....emoticon-shakehand

ane mau nanya, katanul ane 2x4, ada niat mau dioperasi jadi 4x4..
nah umpama udah 4x4 tapi jarang digunakan 4x4 nya, apa ada pengaruhnye ke laen2nya? misal pengaruh ke gardan atau apalah gitu...

Do It Yourself, steering gearbox sj410 ’85

Kali ini nubie nekat lagi bongkar gearbox stir grobak ane gan, ada kata2 bijak begini “cari masalah dan bikin kekacauan itu adalah cara terbaik untuk mempelajari sesuatu” he..he...total waktu pengerjaan, 10 jam ha..ha..gejalanya kok stir rasanya mbelok ke kiri, apalagi kecepatan di atas 20 km/jam, keluhan lain udah lama kalo belok patah dan penuh ada suara tek-tek tek gitu gak tau dari mana??trus stir kadang gak mau balik sendiri kalo waktu jalan dan belok penuh (gerobak ane kagak ada power stiringnya)

Pertama, baca service manual yang samurai punya, pasti agan2 udah punya yang ini, dulu download juga tapi udah lupa dari mana linknya, selanjutnya karena grobak ane udah kagak ada bempernya langsung keliatan tuh gearbox stir, tujuannya adalah angkat gearbox dan bongkar setelah lepas,

siapkan doa dan kunci2, 2 dongkrak untuk 2 roda ,ada baut tiga di chasis coba di kendorin dl,
trus yang dari as yang dari stir yang ada karetnya (rubber joint)itu juga di lepas, gak ada masalah..trus liat di gearbox ada yang namanya pitman arm kalo di buku, mulai nih ke kacauan ...keras banget ampun deh bautnya, udah di kasih wd40 gak bergeming juga,coba buka baut di tie rod bisa, masalah lagi ternyata tie rodnya lengket banget gak bisa dilepas juga dari pitman arm, stuck disini lama...ampir putus asa panggil bengkelers..., di ketok2 pake palu juga gak bisa, ternyata liat di manual harus pake special tool,” tie rod remover”...akhirnya nemu alat ini di tetangga sebelah ...stelah pake alat ini mudah banget nyopot tierodnya dari pitman arm.
Spoiler for tie rod remover:

setelah gearbox turun, buang olie dari bautnya, ternyata olie sudah menjadi lumpur ....separuhnya air lagi waduuuuh.., buka baut yang besar dari as stirnya,dan 5 baut yang di tutup gearboxnya, bahkan gigi yang di dalam gearbox ini ternyata sudah berkarat.....(ini ngingetin buat agan2 yang sering nyeberang air tinggi, cek juga olie stir gearbox)
masalah lagi untuk nyabut worm shaft dan pitman arm nya gimana nih..., karena kalo gak di cabut pitman arm nya gak bisa ganti sealnya, akhirnya gearbox stir saya bawa ke bengkelers dekat rumah, minta tolong bengkelers copotin ini pitman arm, akhirnya bs di copot, semua jeroan stir bisa di keluarkan dari gear box..
Spoiler for jeroan stir:

ongkos dan sekalian beli oli stengah liter 30rb (, Mesran rored 90), beli dua sealnya 17.500, karena bearing dan wormstirnya masih ok jadi gak di ganti. Saatnya merangkai, setelah di cuci dan bersihkan, saya cat pake cat semprot (18 rb) juga ini gearbox biar keliatan bersih, masukkan dulu bearing dalam, kemudian worm saftnya,tempatkan giginya pas di tegah, lurus, dan masukkan as gigi yang ke pitman arm, kemudian pasang bearing dan skrup penutup worm saft, putar-putar untuk paskan gigi-giginya, kemudian kencangkan penutup worm saftnya tapi kalo terlalu kencang jadi berat muter stirnya dan bearing cepet rusak,kemudian masukkan sealnya, selanjutnya olie dimasukkan, sampe tercelup semua gigi2nya aja, kalo kebanyakan nanti sealnya cepet bocor kata bengkelers..
Setelah itu kencangkan 4 baut cover, jangan lupa kasih paking dan sealant, baut untuk setelan speleng stirnya juga di kencengin (punya ane udah custom tuh panjang banget setelan speleng nya..he..he). posisi pitman arm sejajar dengan baut yang untuk nyetel spelengnya, adalah posisi stir lurus
Spoiler for gearbox stir sudah jadi:

Coba2 putar, dan pasang kembali, kencangkan baut di chasis, sambung ke stir/rubber joint dan pitman arm dan tierodnya pastikan kencang dengan spi pengancingnya.
Setelah dirasa ok smua, dongkrak smua roda dan putar2 stir, lepas stir untuk paskan spelengnya, stel juga yang di cover gearbox, stelah ok, done!!!..saatnya test drive..cieeee....kesan pertama....langsung keluhan di awal yang saya ceritakan ilang semua, belok penuh tidak lagi terdengar suara tek-tek, jalan dan belok, stir langsung putar balik sendiri werrrrrrr...werrrr.!!...he...he...hedemikian smoga bermanfaat..kalo ada koreksi dari para suhu dngan senang hati diterima...
salam ..

ps: pengen nya spooring lagi, biar yakin lurusnya, tapi....tunggu dulu siapa tau ada suhu dimari punya pengalaman spooring sendiri, share dong gans...
Quote:Original Posted By Risschie


keras ??? emoticon-Bingung

kayaknya ukuran anginnya terlalu tinggi...

jgn lupa.. cek ukuran standart buat jimny katana kondisi sendiri 20 - 20 Psi , kondisi penus 20 - 26 Psi


om mo nanya...
kok jimny ma katana 94 beda standart tekanan anginny....

klo d stiker ana 28 psi om mo full load ato g....

kok d jimny cuma 20psi yah?

klo saya pake 20 psi ban ny jadi liar....