Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015941050/sby-meminta-china-hormati-asean-dalam-kasus-laut-china-selatan
SBY Meminta China Hormati ASEAN dalam Kasus Laut China Selatan
”Kenapa takut? Tidak ada masalah. Kan memang untuk kepentingan Tiongkok juga."

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berani untuk meminta Republik Rakyat China menghormati posisi Laut Cina Selatan yang terletak di kawasan ASEAN.

Ini terkait dengan kedatangan Menteri Luar Negeri RRT, Yang Jiechi, ke Jakarta, Jumat besok (10/8).

Menurut jadwal dari Istana Kepresidenan, SBY akan menerima Menlu Yang pukul 11.00 WIB.

”Kenapa takut? Tidak ada masalah. Kan memang untuk kepentingan Tiongkok juga. Kalau seandainya jalur diplomasi tersumbat atau terganggu antara ASEAN dan Tiongkok, misalnya soal Laut Cina Selatan bisa membawa dampak yang lebih luas terhadap hubungan Tiongkok-ASEAN,” kata Marty, di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/8).

Menurut Marty, Menlu Yang melakukan kunjungan kehormatan dan menemui Presiden SBY dalam kerangka untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara. Apalagi selama ini kedua negara memiliki hubungan strategis dan dialog yang baik.

Di samping itu, tentunya isu Laut Cina Selatan akan menjadi pembahasan karena isu kawasan dan kerjasama ASEAN dan Tiongkok juga akan diangkat.

”Akan dibahas kerjasama ASEAN-Tiongkok. Dalam kerangka itu tidak tertutup dibahas masalah Laut Cina Selatan kemudian masalah globalnya mungkin masalah Suriah,” kata Marty.

SBY menegaskan kepada Menlu Yang bahwa ASEAN sudah memiliki roadmap yang jelas terkait persoalan sengketa wilayah di Laut Cina Selatan.

Menteri Luar Negeri dari 10 negara-negara anggota ASEAN gagal mencapai kesepakatan untuk menghasilkan komunike bersama sebagai hasil dari pertemuan di Phnom Penh bulan lalu. Mereka tidak sepakat mengenai persengketaan Laut Cina Selatan.

Marty pun lalu berkeliling ke Filipina, Vietnam, Kamboja, Malaysia dan Singapura untuk menjalankan diplomasi agar negara-negara ASEAN mencapai satu suara. Hal itu memberikan hasil negara-negara ASEAN sepakat pada pernyataan bersama mengenai konflik Laut Cina Selatan yang meliputi enam poin prinsip mengenai Laut Cina Selatan.

Sumber

jangan sampai konflik militer asia tenggara
di dalam negeri bilangnya gitu biar gaya, kalo ke luar sih cuma bisa mesem2 manggut2 setengah ngemis deh
presiden koq sempet2nya urusin kaya ginian

padahal masalah laen yang lebih penting kayanya banyak yang belum selesai tuh
Quote:Original Posted By DragunaireRises
udahlah, tolak aja produk2 KW dari cinak .. biar bingung tuh cinak2 cari pasar


Pengen ketawa, tapi kasian liat otak dangkal ente.

Quote:Original Posted By DragunaireRises
udahlah, tolak aja produk2 KW dari cinak .. biar bingung tuh cinak2 cari pasar


masih ada pasar eropah gan yg sekrg lagi mengalami krisis, tentunya tuh rakyat2 eropah lg pengen barang2 yg murah
ngomong dengan bangsa ndiri aja ga di tanggepin, pa lagi ngomong sm bangsa lain .. di anggep angin kentut aja tuh omongan si kebo
mantaff... RI kiri main...kanan main... asal c705 ga terganggu aja...
Quote:Original Posted By Religional
Pengen ketawa, tapi kasian liat otak dangkal ente.



Akhirnya, posting yang masuk akal
sengketa sm filipina belum kelar juga ya
Quote:Original Posted By ian7
mantaff... RI kiri main...kanan main... asal c705 ga terganggu aja...



yup benar
RI dah dapet banyak menan dr Amerika dengan harapan Indo bisa memainkan peranan penting di LCS.
Tapi China juga pinter memberi banyak barang plus ToT yg memang sedang dikejar2 pihak Indo dengan harapan RI akan TETAP Netral dalam kasus LCS



Sekarang tinggal gimana kitanya aja memainkan "kartu truff" yg ada untuk kepentingan nasional kita sendiri :
ga yakin ane, gan.
Paling indo cuma jadi penonton aja di kancah internasional.
Quote:Original Posted By DragunaireRises
janganlah minder dgn produk lokal


yoii gan , klo ini memang sudah harus dilaksanakan ,,

sekarang sih ane sudah ngurangin banget beli beli yang dari perusahaan luar ,

klo bisa dalam negeri , kenapa nggak ?

( nggak usah beli beli lagi produk dari Uni**v** atau *&* buat sehari hari ,

PTPN juga udah bagus kok procuknya
SBY hanya meminta lho, bukan mengancam... Wajar aja...
Saatnya kita memanfaatkan peluang LCS untuk kepentingan nasional kita...
kepentingan bangsa ya gan... Kalo kepentingan rakyat pegimana..??
Quote:Original Posted By sancty
ga yakin ane, gan.
Paling indo cuma jadi penonton aja di kancah internasional.


iya nih, nonton doang. Jarang bener jadi pemain
yakin si beye berani ngomong gt?
urusin dalam negeri aja gak ada nyali... koq ini,mau sok2an urusin luar negeri?
banci mah banci aja beye... gak usah pamer gigi sok macho gt deh :d
Quote:Original Posted By .meneketehe.
yakin si beye berani ngomong gt?
urusin dalam negeri aja gak ada nyali... koq ini,mau sok2an urusin luar negeri?
banci mah banci aja beye... gak usah pamer gigi sok macho gt deh :d


aqiuuu ikut noblos kamiu yyyy
keknya gw jadi curiga nih sama sikap pemerintahan sekarang
di depan bilang damai
di belakang aksinya lain
ambalat, kita diplomatis
tau2 pasus dikirim buat latihan deket perbatasan
latgab digelar di deket perbatasan

china di LCS?????
kita jadi ambil totetet ga nih?
lumayan, happy triger rudal klo jadi
tapi uangnya ada ngga yah?
n juga jadi ngga usik2 LCS sampe 2020
up up up

idup lagi ni trit
ane sih cuma bisa prihatin aja gan
×