Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015930154/pengakuan-antasari-babak-baru-penuntasan-skandal-century
Peringatan! Pengakuan Antasari Babak Baru Penuntasan Skandal Century
Quote:Pengakuan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar dianggap menjadi babak baru yang seru dalam penuntasan skandal dana talangan Rp6,7 triliun ke Bank Century.

Menurut anggota Tim Pengawas Bank Century DPR dari F-PPP Ahmad Yani di Jakarta, Kamis (9/8), pengakuan Antasari yang pernah dipanggil ke Istana Negara oleh Pesiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait bailout Bank Century memperlihatkan indikasi dalam mencari bank yang sakit untuk pembiayaan pemilu.

Menurut Yani, bailout Bank Century ibarat pola yang dilakukan sejak lama terlebih menjelang pemilu. "BI (Bank Indonesia) sudah pegang nama bank yang sakit lalu diajukan untuk di-bailout, ini pola lama menjelang pemilu," kata Yani.

Menurut Yani, jika KPK mampu menuntaskan skandal itu sebelum 2013, menjelang Pemilu 2014 tidak akan lagi ada kejadian seperti itu.

"Ini kan ibaratnya ditawarkan oleh BI, ini loh ada bank-bank sakit, ini semacam pola. Tapi kalau terbongkar, pada 2014 akan hilang. Dan kalau masih ada yang mau bermain, dia benar-benar sudah gila. Jika tidak terungkap, pasti terulang di 2014," tutupnya.

Dalam wawancara Antasari dengan tim Metro Realitas, pada Oktober 2008 (kurang dari setahun menjelang Pemilu 2009 yang digelar pada April), Antasari mengaku didatangi oleh Boediono yang saat itu menjabat Gubernur Bank Indonesia. Kepadanya, Boediono membahas rencana pihaknya menggelontorkan Rp4,7 triliun untuk menyelamatkan Bank Indover, anak perusahaan BI yang berada di Belanda. Saat itu Bank Indover tengah kolaps menuju kebangkrutan.

Mendengar rencana itu, Antasari mengaku saat itu langsung menolak mentah-mentah. Menurut Antasari, Bank Indover tidak perlu diselamatkan dan lebih baik ditutup saja. Akhirnya penggelontoran triliunan rupiah uang milik rakyat bisa dicegah.

Tak patah arang, pemerintah mencoba mencari bank lainnya untuk diselamatkan. Pada November 2008, pemerintah akhirnya memilih Bank Century untuk diselamatkan. Untuk rencana bailout kali ini, Antasari mengaku tidak diajak bicara oleh Boediono dalam penyuntikan dana segar buat Bank Century itu.

Tahap pertama, bank yang sudah kolaps itu menerima Rp2,7 triliun pada 23 November 2008. Tahap kedua pada 5 Desember 2008 sebesar Rp2,2 triliun. Tahap ketiga pada 3 Februari 2009 sebesar Rp1,1 triliun. Tahap keempat pada 24 Juli 2009 sebesar Rp630 miliar.

"Saya pernah rekomendasikan coba diaudit dulu bank itu oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Tapi saya lalu masuk tahanan. Saya telepon Boediono, dia lagi di Amerika dan diterima oleh Fajriah (Deputi Gubernur BI Siti Fajriah). Pulang dari Amerika, dia (Boediono) sudah jadi calon wapres. Terkejut semua, ada apa ini? Apa ada permainan politik?" tanya Antasari.

Antasari akhirnya tidak tahu banyak kelanjutan dari pemberian dana talangan itu karena pada 4 Mei 2009 ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pembunuhan Nasruddin Zulkarnaen.

Dalam penjelasan di Metro Realitas (8/8), Antasari mengaku pernah diundang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Istana pada Oktober 2008 saat masih menjabat sebagai Ketua KPK. Antasari diundang untuk membahas rencana pemberian dana talangan Bank Century karena pemerintah sudah menyadari akan adanya dampak hukum atas kebijakan bailout yang rawan penyimpangan itu.

Selain Antasari, hadir juga beberapa pejabat negara lainnya, seperti Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Menko Polhukam Widodo AS, Menkeu Sri Mulyani, Mensetneg Hatta Rajasa, Gubernur BI Budiono, Andi Mallarangeng, dan Denny Indrayana.

http://m.mediaindonesia.com/index.ph...l_Bank_Century




SBY tidak tau?


Quote:SBY Tahu soal Bailout Bank Century


Anggota Tim Pengawas Pelaksanaaan Rekomendasi Panitia Khusus DPR atas Bank Century Bambang Soesatyo menjelaskan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahu persoalan Bank Century (BC) sebelum bailout.

Dokumen yang ditemukan Bambang menjelaskan dengan gamblang bahwa Sri Mulyani Indrawati (SMI) sebagai Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) beberapa kali mengirimkan surat pemberitahuan pada SBY.

"Presiden terkesan cuci tangan sebab dirinya sudah tahu soal bailout Century tetapi berusaha menghindar," ujarnya pada Media Indonesia, Senin (14/11).

Sebelumnya, menurut Bambang, SBY dalam pidato yang dibacakan pada 4 Maret 2010 malam hari, di Istana Merdeka, mengatakan pengambilan keputusan bailout tidak memerlukan keterlibatan presiden.

Saat mengambil keputusan bailout, SBY berada di luar negeri. Pidato tersebut dilakukan sehari setelah DPR memilih 'Opsi C' yang menyatakan bailout Bank Century bermasalah.

Isi pidato tersebut, yakni 'Sekali lagi di saat pengambilan keputusan itu saya sedang berada di luar negeri. Saya memang tidak dimintai keputusan dan arahan. Saya juga tidak memberikan instruksi atas pengambilan kebijakan tentang ihwal itu, antara lain karena pengambilan keputusan KSSK berdasarkan Perpu Nomor 4 Tahun 2008 memang tidak memerlukan keterlibatan Presiden'.

"Dari isi pidato di atas, ada kesan presiden hendak cuci tangan, dan berusaha menimpakan kesalahan itu pada pembantunya,” tegas Bambang.

Menurut Bambang, kini SBY tidak bisa berkelit sebab presiden jelas sudah tahu adanya persoalan BC sebelum bailout diberikan. Hal itu tercermin dari surat SMI selaku ketua KSSK kepada SBY No SR-01/KSSK.01/XI/2008 tertanggal 25 November 200x yang ditembuskan ke setneg ditandatangani SMI dan Boediono.

Dalam surat tersebut SMI dan Boediono menjelaskan bahwa BC telah ditetapkan sebagai bank gagal berdampak sistemik.

Pada tanggal 4 Februari 2009 SMI dan Boediono kembali mengirim surat ke SBY No.SR-02/KSSK.01/II/2009. Dalam surat tersebut SMI sebagai ketua KSSK menulis tentang keputusan bailout BC disertai pertimbangan teknisnya.

Dalam surat yang sama, SMI juga mengingatkan tentang surat pertama tanggal 25 November 2008. “Pada poin pertama, SMI mengawali kalimat dengan kata-kata 'sebagaimana Bapak Presiden maklum'," ujar Bambang.

Dalam surat tersebut, terang Bambang, SMI mengakui pada saat BC dinyatakan sebagai bank gagal berdampak sistemik pada 25 Nov 2008, BI belum menyampaikan kondisi keuangan BC pada tanggal tersebut.

BI hanya bisa menyampaikan laporan per tgl 31 Okt 2008 yang menyatakan bahwa ratio kecukupan modal (CAR) BC sudah minus 3,53 persen. Padahal ada ketentuan yang sudah dengan sengaja diubah dari 8 persen menjadi asal 0 persen.

Enam bulan berselang pada 29 Agustus 2009, SMI sebagai Menteri keuangan (Menkeu) kembali mengirim surat ke SBY dengan nomor SR-36/MK.01/2009. Waktu itu, kasus BC mulai terungkap ke permukaan. Karena dua hari sebelumnya pada 27 Agustus 2009 Komisi XI DPR memanggil Menkeu dan LPS utk dimintai keterangan, terutama terkait dengan lonjakan suntikan modal yang diberikan kepada BC hingga Rp6,7 triliun. Padahal, DPR hanya mengetahui dana bailout itu Rp1,3 triliun.

Menurut Bambang, sebetulnya surat tersebut sudah ada sejak awal investigasi oleh Pansus BC DPR. Namun, tidak ditindaklanjuti secara utuh oleh pansus.

"Surat-surat tersebut sebenarnya sudah ada dalam berkas yang tebal di Pansus DPR, tetapi belum pernah ditindaklanjuti penuh oleh Panitia Khusus DPR pada waktu itu. Dengan demikian, sehari sebelum Sidang Paripurna DPR, Presiden Yudhoyono berpidato di Istana Negara dan menyatakan seolah-olah dirinya tidak tahu," terangnya.

http://www.mediaindonesia.com/read/2...t-Bank-Century



Ternyata SBY tau banyak tentang bailout ini Yang paling hebat adalah Budiono The Silent, tau banyak tapi sering tidak tau dan lupa

Tidak salah memang kalo ada anggapan figur Antasari ini berbahaya karena pegang banyak info

KPK berjanji akan menuntaskan kasus Century tahun ini, semoga keadilan meninggalkan lorong kegelapan menuju jalan terang.
apa urusannya kpk sama bank ya? hebat bener kpk bisa mengambil keputusan di bidang perbankan
emang bener2 dahsyat ni kasus..semoga segera selese dan orang2 yg terlibat mendapat ganjaran yg setimpal...
Udah lama nama boediono gak diangkat lagi
Pengakuan ini kayaknya belum cukup deh, paling kalo didatangi tim KPK lagi berdasarkan laporan ini yang berkaitan dengan kasusnya bakal pake jurus amnesia mendadak lagi
pertanyaan ane:

1. ini pengakuan antasari bukannya udah dr dulu? knp metromini baru ngangkatnya skrg?

nampaknya usaha buat nyerang bemokrat terus dilakukan mulai dr nazar, hambalang, hartati, skrg peluru baru ditujukan ke SBY
keliatannya lumayan sukses, cap bemokrat sebagai partai korup telah menurunkan ratingnya menjadi no 3

2. apakah kalo mau membail out suatu bank oleh otoritas keuangan harus minta izin Antasari/ ketua KPK?

kalo emang harus tolong tunjukkin UU nya dan ada kepentingan apa KPK diperbolehkan mencampuri otoritas moneter

saya berharap agar semuanya bisa terbongkar dan kebenaran terlihat jelas!
pantas saja pak antasari di pidanakan
ternyata dia pegang kunci kebobrokan century...mudah2an ketua KPK yg skrg tdk bernasib seperti beliau


maju terus KPK!!!!
jangan pandang bulu...sikat sampe akar2nya
gua sih percaya banget pengangkatan budiyono jadi wapres pun gua rasa salah satu pengamanan pada budiyono yg sebagai konci penggelontoran uang terdebut ................dan gua yakin dana kampanye yg di gunakan DEMOKRAT adalah uang bank Century
Quote:Original Posted By nauseavomit
apa urusannya kpk sama bank ya? hebat bener kpk bisa mengambil keputusan di bidang perbankan


urusan nya ya uang nya gan kalo uang yg di kucurkan udah nyentuh hukum dan terindekasi di korupsi yaurusan KPK
kalau perlu ancur2 sekalian deh nih negara.. udah rusak disemua elemen.. kita mulai babak baru ngebangun negara,,
bingung gan,,, kalo itu cerita bener2 adanya,,, busuklah presiden kita
century gate naik lagi, nanti kalo udah kompromi politik bisa tenggelam lagi.
kita bisanya diboongin mulu, ya sudah lah gak tau yg benar yang mana.
kalau pemimpinnya jujur gak bakalan jadi seperti ini
wah2 semoga saksi kunci ini bisa membantu KPK mengungkap kasus century lebih cepat

Konspirasi Tingkat Tinggi
Quote:Original Posted By KaskuserHQ
wah2 semoga saksi kunci ini bisa membantu KPK mengungkap kasus century lebih cepat


kudu dijagain tuh saksi2 kuncinya...
tar malah diculik dan di manipulasi kayak antasari
Quote:Original Posted By Lordzion08
urusan nya ya uang nya gan kalo uang yg di kucurkan udah nyentuh hukum dan terindekasi di korupsi yaurusan KPK


kalau uangnya belum dikucurkan, udah jadi urusannya belom? (sesuai konteks berita, seolah-olah antasari punya wewenang menolak penyelamatan indover)
Quote:Original Posted By emasmurni
pertanyaan ane:

1. ini pengakuan antasari bukannya udah dr dulu? knp metromini baru ngangkatnya skrg?

nampaknya usaha buat nyerang bemokrat terus dilakukan mulai dr nazar, hambalang, hartati, skrg peluru baru ditujukan ke SBY
keliatannya lumayan sukses, cap bemokrat sebagai partai korup telah menurunkan ratingnya menjadi no 3

2. apakah kalo mau membail out suatu bank oleh otoritas keuangan harus minta izin Antasari/ ketua KPK?

kalo emang harus tolong tunjukkin UU nya dan ada kepentingan apa KPK diperbolehkan mencampuri otoritas moneter


1 -3 : agak janggal nih kasus, ko bisa mengungkit antasari yang sudah lama di akui dan di beberkan antasari

dan sudah jelas sukses nih menghempaskan bemokrat ke partai korup

jelas politik itu kejam
Quote:Original Posted By emasmurni
pertanyaan ane:

1. ini pengakuan antasari bukannya udah dr dulu? knp metromini baru ngangkatnya skrg?

nampaknya usaha buat nyerang bemokrat terus dilakukan mulai dr nazar, hambalang, hartati, skrg peluru baru ditujukan ke SBY
keliatannya lumayan sukses, cap bemokrat sebagai partai korup telah menurunkan ratingnya menjadi no 3

2. apakah kalo mau membail out suatu bank oleh otoritas keuangan harus minta izin Antasari/ ketua KPK?

kalo emang harus tolong tunjukkin UU nya dan ada kepentingan apa KPK diperbolehkan mencampuri otoritas moneter



1. kan bentar lagi 2014 gan, demokrat ya diserang habis2an luar dalam, bentar lagi ada menteri yg akan dijadikan tersangka sama KPK, perkiraan anes ih dari partai demokrat,

2. aneh juga gan, gak masuk akal nih, gak ada UU yg ngatur kewenangan KPK di bidang perbankan,
SBY pasti tahu, tidak mungkin dana besar begitu keluar tapi Sang Presiden tidak tahu, kecuali presidennya tidak jelas lagi ... Boed, hebat bapak satu ini, innocent .. tapi kenyataannya, pantesan di dapuk jadi wapres beliau !!!
Quote:Original Posted By emasmurni
pertanyaan ane:

1. ini pengakuan antasari bukannya udah dr dulu? knp metromini baru ngangkatnya skrg?

nampaknya usaha buat nyerang bemokrat terus dilakukan mulai dr nazar, hambalang, hartati, skrg peluru baru ditujukan ke SBY
keliatannya lumayan sukses, cap bemokrat sebagai partai korup telah menurunkan ratingnya menjadi no 3

2. apakah kalo mau membail out suatu bank oleh otoritas keuangan harus minta izin Antasari/ ketua KPK?

kalo emang harus tolong tunjukkin UU nya dan ada kepentingan apa KPK diperbolehkan mencampuri otoritas moneter

tdnya mau diajak kerjasama gan kpk nya,krn pengucuran dananya sdh diketahui menyimpang,mknya antasari diajak komunikasi,tp krni beliau menolak mentah2 sedari awal,krn udh tau rencana ini dr awal,,y gitu deh,,dikriminalisasilah dia..
ini pendapat ane ya gan


Selain penindakan, fungsi KPK adalah pencegahan.
sebagai Pimpinana KPK wajar saja jika Antasari bertindak demikian, karena dia melihaat ada potensi kerugian negara..

UU Tipikor: memperkaya diri sendiri, memperkaya orang lain...

×