Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015900462/hot-info-tahun-ini-indonesia-akan-luncurkan-roket-rx-550
Thumbs up [HOT INFO] Tahun Ini Indonesia Akan Luncurkan Roket RX-550
[HOT INFO] Tahun Ini Indonesia Akan Luncurkan Roket RX-550

Tahun ini Indonesia akan meluncurkan roket RX-550 (Kaliber 550 mm) dengan jangkauan 300 kilometer. Roket itu nantinya akan membawa satelit ke angkasa yang bertugas untuk memotret seluruh keadaan di wilayah Indonesia setiap saat sesuai dengan kebutuhan.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengembangkan roket RX-550 dan akan segera meluncurkannya tahun ini. Roket RX-550 merupakan roket terbesar yang pernah dikembangkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

“Pengembangan roket ini merupakan bukti nyata bahwa bangsa Indonesia memiliki kemampuan yang tinggi dalam melakukan inovasi teknologi jika bersungguh-sungguh,” katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Indonesia, ujar Gusti, dipastikan mampu membuat peluru kendali dan roket sendiri. Hal ini sudah mulai dilakukan dengan mengadakan kajian riset dan memberikan kesempatan kepada PT Pindad untuk memproduksi berbagai macam senjata dengan teknologi tinggi yang diperuntukkan bagi pertahanan dan ketahanan NKRI.

"Kami telah melakukan berbagai macam riset dan pematangan teknologi untuk keperluan pertahanan NKRI. Indonesia saat ini sudah siap memproduksi peluru kendali dan roket sendiri," ujarnya.

Saat ini, kata Gusti, Indonesia baru memiliki peluru kendali dengan jarak jangkau dua digit. Dia berharap tahun depan peneliti Indonesia sudah mampu meningkatkan jarak tembaknya hingga mencapai tiga digit. "Kalau bisa jarak jangkauannya lebih dari 900 km,” katanya.

Meski saat ini peluncuran satelit masih menumpang negara lain, ujar Gusti, Indonesia tetap optimistis akan segera meluncurkan roket sendiri yang mampu membawa satelit. Jangkauan roket untuk membawa satelit memang harus jarak jauh karena jika jaraknya pendek, roket bisa terjatuh sebab tertarik oleh gaya gravitasi.

SUMBER

asalkan tidak buang2 duit percuma seperti kasus satelit telkom....

LAPAN siap luncurkan roket RX-550
Spoiler for LAPAN siap luncurkan roket RX-550 :
jika ditangani dengan serius dan tdk adanya campur tangan koruptor pasti indonesia bisa jangankan roket....rudal...pesawat....dan alutsista yg lain indonesia pasti bisa......
ane berharap bangsa ini ga lagi beli dari negara lain tapi bisa memproduksi alutsista sendiri...biar ga di macem2in sama negara tetangga.
Haduhh... Bukan gmn2 ya, tp gw rasa indo fokus lah dulu ke hal2 yg lebih realistis. Masa beras masi ngimpor uda mau bikin roket T_T
ntar ilang&g bisa ngorbit lagi kayak satelit Telkom 3?!
Ya moga bisa sukses aja, jangan kayak satelit telkom yang gak tau gimana nasibnya lagi tuh
Teknologi roket bisa dibilang salah satu teknologi paling eklusif, karena gak sembarang disebarkan. yang tersebar hanya teknologi dasarnya, tapi soal pengembangna, tiap negara mengembangkannya secara tertutup.

Makanya, Indonesia yang bisa mengembangkan teknologi roket (dibanding jiran atua Singapura misalnya, yang cuma bisa beli dan makai) bisa dibilang hal yang membanggakan.
semoga bisa berjalan dengan baik dan lancar
musuh tidak takut dengan 10.000 tank leopart 10.000 kapal perang n 10.000 kopasus...

tp musuh akan takut dengan peluru kendali 10.000km...apalagi klu ada nuklearnya...
asal jangan dipolitisasi, Indonesia bakalan maju kok di bidang iptek
cuman ya itu, dikit2 dipolitisasi, dikit2 dipolitisasi, dipolitisasi kok dikit2
ga usah trlalu tinggi cita2nya pak mentri, kalo budget yg dikasih ke lapan cuma segitu2 aja
wah apakah dengan roket ini internet kita bisa tambah kencang ?
Ini baru berita!!!

mudah"an suksed deh, dan kita bisa nyombong dikit ke tentangga sebelah
kalo berani ngusik lagi tinggal ditongtotin idungnya ruda
kayaknya masalah peroketan belum mendesak deh buat negara kita, banyak hal lain yang lebih urgen...
lagi pula masalah keroket kan di tukang gorengan banyak tuh
Quote:Original Posted By Pi-One
Teknologi roket bisa dibilang salah satu teknologi paling eklusif, karena gak sembarang disebarkan. yang tersebar hanya teknologi dasarnya, tapi soal pengembangna, tiap negara mengembangkannya secara tertutup.

Makanya, Indonesia yang bisa mengembangkan teknologi roket (dibanding jiran atua Singapura misalnya, yang cuma bisa beli dan makai) bisa dibilang hal yang membanggakan.


semoga bisa sukses....dan indonesia ga lagi dipandang sebelah mata....
Quote:Original Posted By Clexx
Haduhh... Bukan gmn2 ya, tp gw rasa indo fokus lah dulu ke hal2 yg lebih realistis. Masa beras masi ngimpor uda mau bikin roket T_T


semua sudah ada kerjaanya masing2 gan.
rusak juga kayakny negara kalo cuma ngurusin beras
Quote:Original Posted By anglingkasmala
jika ditangani dengan serius dan tdk adanya campur tangan koruptor pasti indonesia bisa jangankan roket....rudal...pesawat....dan alutsista yg lain indonesia pasti bisa......
ane berharap bangsa ini ga lagi beli dari negara lain tapi bisa memproduksi alutsista sendiri...biar ga di macem2in sama negara tetangga.


Sepokat juga, Gan. Indonesia serius, Indonesiabisa. sukses buat Lapan untuk Roket RX-550-nya.
Semoga ga numpang lagi ama russia and amrik buat orbitin satelit,
and juga bisa nakut-nakutin tetangga rese
ini bahan bakar sudah cair ya ? kalo ya berarti siap mengorbit ke angkasa luar, berarti sudah punya ramuan sendiri, banyak2 riset trial and error dan keluar duit banyak dan dengan ahli dgn gelar profesor karena gak ada negara lain yg mau kasih teknologinya
paling omdo doang giliran hari H bilang ini lah itu lah dah biasa itu INDONESIA
semoga aja bisa sukses ya gan uji coba roketnya nanti, semoga kedepan indonesia jga bsa produksi peluru kendali sndiri buat ketahanan keamanan NKRI
×