Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015853548/stasiun-pengisian-listrik-umum-splu-pertama-di-indonesia-diresmikan
Thumbs up Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan
Quote:Dahlan Iskan: Beli Listrik Pakai Koin di SPLU

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meresmikan sekaligus pemanfaatan perdana Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia. SPLU ini mampu menyalurkan listrik sampai dengan 32 A atau 7040 VA guna memenuhi kebutuhan salah satunya mobil listrik ke depannya.

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan

Dahlan menjelaskan, sistem kerja SPLU PLN ini seperti telepon umum. Pengguna tinggal memasukan koin yang berlaku seperti Rp 100, Rp500, Rp1.000 kedalam SPLU, lalu pengguna dapat mendapatkan energi dengan daya dan rentang waktu tertentu.

"Hanya saja kalau telepon umum anda dapat pulsa menelepon, kalau ini anda mendapat listrik," ujar Dahlan di Jakarta, Minggu 5 Agustus 2012.

Rencananya menurut Dahlan SPLU-PLN akan disiapkan di sepuluh titik yaitu kantor Meneg BUMN, 2 titik di kantor Meneg ESDM, 1 titik di Kantor Dirjen Lelistrikan, 1 titik di kantor layanan Bulungan, 1 titik di kantor layanan Mampang, 1 titik kantor layanan Ciputat, 1 titik di kantor layanan Menteng Gambir, 1 titik di kantor layanan Tanjung Priok, 1 titik di kantor layanan Lenteng Agung.

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan

"Ke depannya, SPLU-PLN ini akan dikembangkan lebih lanjut, khususnya terkait dengan sistem pembayaran dari koin menjadi uang kertas atau elektronika," tambahnya.

Dirinya menegaskan, SPLU-PLN ini tidak hanya diperuntukkan guna pengisian energi mobil listrik, tapi segala jenis peralatan listrik, seperti handphone, laptop dan berbagai macam alat listrik lainnya. "Satu unit ada dua titik jadi bisa mengisi dua alat elektronik," tandasnya.

Dalam peresmian yang dilakukan di kantor layanan Gambir, Jakarta pusat, Minggu 5 Agustus 2012, diadakan pula bagi-bagi sembako kepada para pengurus panti asuhan di daerah Jabodetabek yang dipersembahkan dari Persatuan Ibu-ibu Distribusi Jakarta Raya dan Tanggerang.

Pemanfaatan perdana dilakukan Dahlan langsung untuk Mobil listrik karya Dasep Ahmadi dan motor listrik yang telah dimiliki PLN sebelumnya.

sumber


Quote:PLN Siap Bangun 24 Stasiun Pengisian Listrik Umum di Jakarta

Mendukung rencana pemerintah mengembangkan kendaraan berenergi listrik, PT PLN (Persero) menyiapkan 24 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang dinyalakan dengan koin. Dalam 15 menit, pengguna SPLU ini bisa memperoleh listrik sebesar 5.500 VA cukup dengan koin Rp 500.

"Untuk tahap pertama ini, akan dibuat 24 SPLU di Jakarta dulu. Saat ini kita setting untuk 5500 VA per 15 menit dengan koin 500 rupiah," ujar General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya M. Sulastio saat ditemui di kantornya, Gambir, Jakarta, Minggu (5/8/2012).

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan

Sulistio menambahkan SPLU koin ini bisa menggunakan koin Rp 1000 untuk 30 menit, Rp 200 untuk 6 menit, dan Rp 100 untuk 3 menit masa pengisian.

"Nanti kita sesuaikan kebutuhan mobil listrik dan kendaraan listrik lainnya biar tidak terlalu lama. Kita juga akan kembangkan supaya SPLU ini bisa menggunakan uang kertas," jelasnya.

Menurut Sulastio, untuk pembuatan satu SPLU dibutuhkan anggaran kurang dari Rp 5 juta.

"Murah investasinya, tapi kemarin lama jadinya karena kita pikirkan agar tidak ada yang nyolong listrik," ujarnya.

Tahap awal, ke-24 SPLU ini akan diletakkan pada sekitar 10 titik, seperti di Kantor Kementerian BUMN sebanyak 2 buah, Kantor Kementerian ESDM sebanyak 2 buah, Kantor Dirjen Ketenagalistrikan sebanyak 1 buah, Kantor PLN Bulungan sebanyak 1 buah, Kantor PLN Mampang sebanyak 1 buah, Kantor PLN Ciputat sebanyak 1 buah, Kantor PLN Gambir, Kantor PLN Tanjung Priok, Kantor PLN Lenteng Agung, dan Kantor PLN Pasar Minggu.

"Jadi nanti ditambah lagi sesuai kebutuhan," ujarnya.

Nantinya, pihak PLN akan bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memproduksi sepeda listrik sehingga di tiap sekolah yang menggunakan kendaraan listrik ini memiliki SPLU.

"Kita mentriger supaya SMK lebih produktf lagi karena kebutuhan sepeda, motor, mobil listrik. Dengan adanya sepeda listrik dibuat di Indonesia, masyarakat tergerak mengganti kendaraannya yang berbahan bakar minyak," pungkasnya.


[URL="http://finance.detik..com/read/2012/08/05/151529/1983576/1034/pln-siap-bangun-24-stasiun-pengisian-listrik-umum-di-jakarta?f9911023"]sumber[/URL]




Insya Allah nantinya akan bisa berfungsi seperti yang diharapkan ...........

Sosialisasi perlu segera dilakukan, karena pada umumnya masyarakat Indonesia terlalu banyak komentar, komplain dan pro kontra terhadap hal - hal yang baru .....


MAMPIR JUGA GAN DIMARI
[CENTER]Zero Dark Thirty Film Yang Mengungkap Kematian Osama Bin Laden[/CENTER]
Quote:Original Posted By ReiraMoreloze
Insya Allah nantinya akan bisa berfungsi seperti yang diharapkan ...........

Sosialisasi perlu segera dilakukan, karena pada umumnya masyarakat Indonesia terlalu banyak komentar, komplain dan pro kontra terhadap hal - hal yang baru .....


sip... memang harus siap infrastrukturnya dulu sebelum mobil listrik dipasarkan ke masyarakat umum.
moga2 nggak jadi bangke nih SPLU...


gw doain maju terus kendaraan listrik....

Quote: Ingin punya tubuh Tinggi? Belilah Paket peninggi Badan super!! klik for order

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan




Quote:
Anda ingin tinggi? pengen yang simple tanpa efek samping?
Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan
HARI INI HARGA PROMO
Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan
*Klik gambar dibawah ini

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan
Kok ane malah agak ngeri kalo modelnya kayak gitu ....ntar kalo gak ada yg jaga malamnya malah bisa2 listriknya di sangkutin dr belakang ke rumah sekitar ....
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Kok ane malah agak ngeri kalo modelnya kayak gitu ....ntar kalo gak ada yg jaga malamnya malah bisa2 listriknya di sangkutin dr belakang ke rumah sekitar ....


taulah gimana kerjaan orang2 Indonesia ... kalau ada yang begituan ada aja ntar akal untuk supaya bisa dapat gratis tuh listrik ....

jangan2 ntar tuch SPLU dijadikan tempat curi listrik aja ama warga .... atau tuch splu udah ilang aja dicuri maling ....

ingat aja gimana telpon umum koin yang pada rusak karena tangan2 2 usil .
Quote:Original Posted By ReiraMoreloze
taulah gimana kerjaan orang2 Indonesia ... kalau ada yang begituan ada aja ntar akal untuk supaya bisa dapat gratis tuh listrik ....

jangan2 ntar tuch SPLU dijadikan tempat curi listrik aja ama warga .... atau tuch splu udah ilang aja dicuri maling ....

ingat aja gimana telpon umum koin yang pada rusak karena tangan2 2 usil .


Wkwkwkkk yaiyalah gan....wong telp umum coin yg udah segitu kokohnya ajah,ane pernah nemuin di tempat barang rongsokan dikiloin padahal masih bagus bgt ....apalagi ini pake colokan plastik model abal2,kalo gak dicolong juga ngeri kalo ada bocah mainin tangannya sambil congkel2 tuh lobang....bisa hangus deh
masih belum berani buat untuk model yg ini
pake koin?
ati2 lho banyak tangan "kreatif" yang penasaran biar koinnya keluar dari "rumahnya"

apapun itu gw dukung deh kendaraan listrik :
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Wkwkwkkk yaiyalah gan....wong telp umum coin yg udah segitu kokohnya ajah,ane pernah nemuin di tempat barang rongsokan dikiloin padahal masih bagus bgt ....apalagi ini pake colokan plastik model abal2,kalo gak dicolong juga ngeri kalo ada bocah mainin tangannya sambil congkel2 tuh lobang....bisa hangus deh


wkwkwkwkwk ....... wah , jangan2 agan nech yang nge-kiloin tuch telpon umum ....


ya begitulah masyarakat kita, belum bisa dibuatkan hal2 yg begituan ....
jangan langsung dijelekin/negatifin, kita liat dulu perkembangannya go Indonesia
yah, kalo kayak gini caranya ma nanti banyak yg nongkrong disitu deh, buka2 laptop & charge hp.

mestinya bentuk colokan utk charge mobil jgn standar kayak gitu dong
semoga gak jadi proyek anget2 tai ayam
bisa buat nge charge hp ga??

males gw ke klinik tong fang buat ngecharge hp
boleh tuh sekalian tambah fasilitas wifi biar tambah rame
sama kaya' telepon koin
tapi,
nyari dan kumpulin recehan koin dulu nih
Rp 100?
3 menit?
Buat berapa kilo tuh?
semoga klo udh ada splu, kendaraan listrik di indonesia akan lebih banyak yang dikembangkan
Quote:Original Posted By BlueFairy5
Rp 100?
3 menit?
Buat berapa kilo tuh?


ntar silahkan coba sendiri gan ........ TS juga belum tau ...
Quote:Original Posted By arfifachrul
semoga klo udh ada splu, kendaraan listrik di indonesia akan lebih banyak yang dikembangkan


ya benar gan , dan masyarakat kita harus sudah mulai memahami kegunanaan dan tujuan pembuatan SPLU tesebut... dan kepentingannya untuk seluruh masyarakat, sehingga tidak dijahili, diusilin dan dirusakin orang2 yang tdk bertanggung jawab ...
rame2 beli aki sama inverter,
colok di SPLU, charge aki sampai FULL,
aki bawa pulang, colok ke inverter, pake buad alat2 listrik di rumah

bebas listrik PLN

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan



atau beli UPS,
colok di SPLU, isi sampai FULL,
pakai listrik nya di rumah

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan

jangan lupa bawa stop kontak,
jadi bisa charge beberapa UPS sekaligus

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) pertama di Indonesia diresmikan



hemat energi dan KREATIF
×