Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015800284/duh-ternyata-masih-banyak-guru-indonesia-gagap-teknologi
Duh, Ternyata Masih Banyak Guru Indonesia Gagap Teknologi
Kalangan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah menyatakan prihatin masih banyak guru yang gagap teknologi saat mengikuti uji kompetensi guru secara online.

"Dari hasil ujian hari pertama banyak guru yang tidak bisa mengoperasionalkan fasilitas internet, terutama guru yang sudah lanjut usia," kata Kepala LPMP Kalteng Krisnayadi Toendan di Palangka Raya, Rabu.

Inilah yang harus disikapi oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota agar bisa memberikan pelatihan dengan memprogramkan kegiatan, sehingga ke depan tidak ada lagi guru yang tidak mengerti kemajuan teknologi moderen ini.

Dia menyatakan percuma dan tidak akan ada gunanya dibuat serta diprogramkan pelatihan kalau kemauan para guru untuk belajar dan memahami komputer sama sekali tidak ada, meski hampir semua sekolah di daerah itu telah memiliki komputer.

Menurutnya pelaksanaan UKG online itu tidak hanya dalam upaya mengukur kemampuan guru dalam bidang keilmuan, namun juga adalah untuk menguasai informasi teknologi (IT).

Seharusnya guru yang sudah memiliki sertifikasi dan menerima tunjangan profesi dapat memanfaatnya tunjangan yang ada untuk meningkatkan kemampuan baik kursus komputer, diklat maupun yang berguna meningkatkan kompetensi.

Akan tetapi justru sebaliknya, kebanyakan guru mempunyai pola pikir, tunjangan sertifikasi digunakan hanya untuk kebutuhan konsumtif.

Pada pelaksanaan UKG hari pertama terkendala selama satu jam karena harus menunggu server pusat terhubung ke lima titik sekolah penyelenggara, sehingga diambil kebijakan tidak mengganggu jadwal guru angkatan pertama, tidak lagi memakai patokan waktu selama 120 menit.

"Yang penting hak guru dengan waktu 120 menit terpenuhi, sehingga molor sampai malam hari, dan diperintahkan di seluruh kabupaten/kota agar menunggu,"tuturnya.

Sejak awal memang sudah disadarinya, kebanyakan guru yang belum menguasai komputer, dari pedoman yang ada 15 menit untuk latihan dan arahan, akan tetapi waktu yang diberikan tidak cukup, minimal 35 menit waktu yang dibutuhkan.

UKG online baru pertama kali ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bertujuan untuk melakukan pemetaan guna memberikan pembinaan kepada guru yang nantinya dinyatakan tidak lulus, bukan untuk menarik tunjangan sertifikasi. (ard/int)

sumber
---------------------------------------------

Yah gemana nie gan... padahal guru lagi dapet perhatian lebih nie dari pemerintahan...

Buka tempat kursus komputer kayanya seru nie....

berita lainnya
---------------------------------------------
F-PKB Desak Pemerintah Turunkan Harga Kedelai
wajar karena dah tua buat ngapain lagi belajar begituan jadi ngejar duitnya aza... lagian kalo guru2 muda skrg malah gaul bgt
yang dapet Sertifikasi minimal Gol IVa
wajarlah kalau mayoritas diisi golongan berumur

bokap gw aja susah banget diajarin komputer, bikin soal masih mauan ngetik di mesin tik manual ditemani sebotol tip-ex dan 2 lembar karbon sebagai rangkap banyak
wong sosialisasi UKG aja kurang, UKG online nya pun bisa dibilang mendadak
kalo ada sosialisasi yang optimal, minimal guru yang "lansia" udah sedikit bersiap dan belajar mengerti mengenai bagaimana menggunakan intenet dalam proses UKG ini (kalo gak lupa )
CMIIW
mending urusin dulu nasib guru yang di pedalaman
masih banyak di sana yang kekurangan tenaga pengajar, jangan dipusatkan di kota semua
gaptek mah gak bisa dijadikan pedoman kalau guru itu gak berkualitas gan, sama aja ente bisa ngaskus bukan berarti ente orang yang berkualitas.

kalau guru yang muda gaptek memang jadi masalah, kalau guru yang berumur setengah abad?
wah nanti dulu, bisa jadi dia ebih punya pengalaman dibanding ente di bidangnya.

minimal dia udah menghasilkan murid2 yang mungkin salah satunya ente atau saudara ente. mungkin bisa jadi dia mau belajar tapi karena faktor usia n bahasa ya daya tangkapnya gak seperti dulu, apalagi kalau gak biasa minum suplemen atau vitamin nutrisi otak yang mahal.
Quote:"Dari hasil ujian hari pertama banyak guru yang tidak bisa mengoperasionalkan fasilitas internet, terutama guru yang sudah lanjut usia," kata Kepala LPMP Kalteng Krisnayadi Toendan di Palangka Raya, Rabu.

Dari sini harusnya bisa kita introspeksi, sudah sewajarnya ada penukaran ilmu dari guru muda ke tua dan tua ke muda

teknologi ditularkan dari guru muda ke yang tua, dan leadership ditularkan dari guru tua ke guru yang muda

biar ada regenerasi dan sistem belajar mengajar tetap update dengan perkembangan teknologi, kan dari guru nular ke muridnya juga


*atau memang gurunya dari dulu nggak mengikuti perkembangan teknologi
iya emang..

dulu mereka cuma belajar dengan mesin tik..
saat komputer menjamur, mereka cenderung tidak begitu mau belajar..

setelah ada uji kompetensi baru deh belajar lagi..

tapi gak ada kata terlambat untuk belajar.. Ya kan cikgu?
Quote:Original Posted By Uthe18
yang dapet Sertifikasi minimal Gol IVa
wajarlah kalau mayoritas diisi golongan berumur

bokap gw aja susah banget diajarin komputer, bikin soal masih mauan ngetik di mesin tik manual ditemani sebotol tip-ex dan 2 lembar karbon sebagai rangkap banyak


kalo ada order nulis latin buat ijazah juga bokap ane temennya koran, pulpen rotring ama udut
pemerintah bikin dong seminar, workshop, dll tiap tahun.. biar guru2 update terus ilmunya...

(biasanya dikasi ide gini pemerintah semanget tuh, lumayan bisa dapet tambahan duit)
Quote:Original Posted By Uthe18
yang dapet Sertifikasi minimal Gol IVa
wajarlah kalau mayoritas diisi golongan berumur

bokap gw aja susah banget diajarin komputer, bikin soal masih mauan ngetik di mesin tik manual ditemani sebotol tip-ex dan 2 lembar karbon sebagai rangkap banyak


wah kasian bokap agan dikasih , mungkin dulu waktu ngajarin agan, agan dikasih juga yah sama bokapnya,,,,
Guru dan pendidikan di Indonesia mah kacau gan... buku bos aja masih ada yg ngaco jawabannya...ada juga yg malah ngaco soalnya...
jangankan guru guru pedalaman.
yang di Jakarta aja masih banyak.
belum lagi (dulu) menteri yang harusnya kenal teknologi saja gaptek padahal departmennya beginian.
Salah satunya emak gw neh...korban UKG, pdhl thn depan dah mw pensiun,akhirnya tiap malam di ajarin istri belajar komputer...

semoga emak anek lancar pas ujian nanti...g peduli lu2s ato g lu2s...
guru ane jga banyak yg kayak gi2 gan, bahkan ada yg emang ga mau buat belajar tentang tegnologi
terus berusaha, Bapak dan Ibu. Demi murid-murid Bapak dan Ibu sekalian. mohon terus berusaha
Quote:Original Posted By

"Dari hasil ujian hari pertama banyak guru yang tidak bisa mengoperasionalkan fasilitas internet, terutama guru yang sudah lanjut usia," kata Kepala LPMP Kalteng Krisnayadi Toendan di Palangka Raya


yaelah..namanya juga udah beumur, ngapain juga masih dites-tes gaptek apa engga...

jgn hambur-hamburkan uang pajak ane buat hal2 yg ga penting kek gini..
Quote:Original Posted By Uthe18
yang dapet Sertifikasi minimal Gol IVa
wajarlah kalau mayoritas diisi golongan berumur

bokap gw aja susah banget diajarin komputer, bikin soal masih mauan ngetik di mesin tik manual ditemani sebotol tip-ex dan 2 lembar karbon sebagai rangkap banyak


bokapnya guru gan?

salam gan buat orang yang turut memajukan bangsa ini,ane salut banget sama profesi guru.
jangankan guru.. orang kaya ajah banyak yg gaptek
Weww..
Jangan gitu gann
Berarti emak anee
Ga ga ga gagap donk
×