alexa-tracking

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015740795/travelista-wisata-budaya-religi-unik-di-indonesia
Thumbs up 
[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia
Wisata Religi Tabuik di Pariaman Sumatera Barat

Berasal dari kata ‘tabut’, dari bahasa Arab yang berarti mengarak, upacara Tabuik merupakan sebuah tradisi masyarakat di pantai barat, Sumatera Barat, yang diselenggarakan secara turun menurun. Upacara ini digelar di hari Asura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram, dalam kalender Islam.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Konon, Tabuik dibawa oleh penganut Syiah dari timur tengah ke Pariaman, sebagai peringatan perang Karbala. Upacara ini juga sebagai simbol dan bentuk ekspresi rasa duka yang mendalam dan rasa hormat umat Islam di Pariaman terhadap cucu Nabi Muhammad SAW itu. Karena kemeriahan dan keunikan dalam setiap pagelarannya, Pemda setempat pun kemudian memasukkan upacara Tabuik dalam agenda wisata Sumatera Barat dan digelar setiap tahun.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Dua minggu menjelang pelaksanaan upacara Tabuik, warga Pariaman sudah sibuk melakukan berbagai persiapan. Mereka membuat serta aneka penganan, kue-kue khas dan Tabuik. Dalam masa ini, ada pula warga yang menjalankan ritual khusus, yakni puasa.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Selain sebagai nama upacara, Tabuik juga disematkan untuk nama benda yang menjadi komponen penting dalam ritual ini. Tabuik berjumlah dua buah dan terbuat dari bambu serta kayu. Bentuknya berupa binatang berbadan kuda, berkepala manusia, yang tegap dan bersayap. Oleh umatIslam, binatang ini disebut Buraq dan dianggap sebagai binatang gaib. Di punggung Tabuik, dibuat sebuah tonggak setinggi sekitar 15 m. Tabuik kemudian dihiasi dengan warna merah dan warna lainnya dan akan di arak nantinya.



Wisata Religi Kasodo Bromo, Pengangkatan para Dukun Suku Tengger Bromo.

Upacara Kasada bromo dilakukan oleh masyarakat Tengger yang bermukim di Gunung Bromo Jawa Timur, mereka melakukan ritual ini untuk mengangkat seorang Tabib atau dukun disetiap desa. Agar mereka dapat diangkat oleh para tetua adat, mereka harus bisa mengamalkan dan menghafal mantera mantera. Beberapa hari sebelum Upacara Kasada bromo dimulai, mereka mengerjakan sesaji sesaji yang nantinya akan dilemparkan ke Kawah Gunung Bromo.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Pada malam ke 14 bulan Kasada Masyarakat tengger berbondong bondong dengan membawa ongkek yang berisi sesajo dari berbagai macam hasil pertanian dan ternak. Lalu mereka membawanya ke Pura dan sambil menunggu Dukun sepuh yang dihormati datang mereka kembali menghafal dan melafalkan mantera, tepat tengah malam diadakan pelantikan dukun dan pemberkatan umat dipoten lautan pasir gunung bromo. Bagi masyarakat Tengger, peranan Dukun adalah sangat penting. Karena mereka bertugas memimpin acara – acara ritual, perkimpoian dll.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Sebelum lulus mereka diwajibkan lulus ujian dengan cara menghafal dan lancar dalam membaca mantra mantra. Setelah Upacara selesai, ongkek – ongkek yang berisi sesaji dibawa dari kaki gunung bromo ke atas kawah. Dan mereka melemparkan kedalam kawah, sebagai simbol pengorbanan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Didalam kawah banyak terdapat pengemis dan penduduk tengger yang tinggal dipedalaman, mereka jauh jauh hari datang ke gunung bromo dan mendirikan tempat tinggal dikawah gunung Bromo dengan harapan mereka mendapatkan sesaji yang dilempar. Penduduk yang melempar sesaji berbagai macam buah buahan dan hasil ternak, mereka menganggapnya sebagai kaul atau terima kasih mereka terhadap tuhan atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah. Aktivitas penduduk tengger pedalaman yang berada dikawah gunung bromo.



Wisata Religi Perayaan Capgomeh Singkawang yang Kolosal & Terbesar di Asia

Perayaan Capgomeh yang merupakan penutupan Tahun baru China merupakan perayaan yang sangat meriah, Kota Singkawang Kalimantan adalah pusat dari Perayaan Capgomeh yang bersifat Kolosal. event ini sangat terkenal baik didalam negeri maupun di luar Negeri.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

ini dikarenakan ada atraksi Tatung ( Manusia yang dirasuki Dewa2 China), para Tatung ini dalam keadaan trance atau tidak sadar. dan perayaan di Capgomeh Singkawang ini dihadiri oleh 700 tatung lebih yang datang dari segala penjuru nusantara.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Cap go meh dipercaya sudah dilaksanakan turun temurun sejak 200 tahun yang lalu. Para tatung berasal dari berbagai sinmiau (klenteng) yang tersebar di seluruh pelosok kota Singkawang, Sambas, Pemangkat, dan kota-kota atau desa-desa di sekitarnya.

Pagi hari di hari ke 15 ini, para Tatung akan berkumpul untuk melakukan sembahyang kepada Langit di altar yang sudah disiapkan. Perjalanan para Tatung ditandu dengan menggunakan tandu yang beralaskan pedang tajam atau paku tajam, sambil memamerkan kekebalan tubuhnya. Ada juga yang naik tangga pedang, biasanya terdiri dari 36 atau 72 pundak/tangga.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

ada juga atraksi Jalangkung dalam parade dan pawai Capgomeh Singkawang, boneka yang mirip seperti kayu ini sedang diberi kemenyan dan lenggoknya seperti boneka yang menari dan seperti hidup

Semakin bisa naik ke atas maka artinya semakin kuat juga ilmu Tatung tersebut. Kegiatan ini telah mulai dikembangkan sebagai objek pariwisata untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia

Karena Tradisi Tatung ini adalah peleburan budaya Pribumi dan budaya China, atraksi Tatung ini hanya terdapat di Indonesia. mari gan kita jaga Budaya kita agar tetap lestari dan tidak diklaim oleh negara lain ^_^


[Travelista] Wisata Budaya Religi unik di Indonesia
reserved for update
wah keren gan, jadi pengen jalan2 emoticon-Ngacir

budaya2 begini emang harus dilesatarikan gan, jangan sampe kaya orang kebakaran jenggot kalo diklaim negara lain.
emoticon-I Love Indonesia


Quote:Setu Babakan (Jalan2 Murah di Jakarta)
Bagus Isi Threadnya gan ,
gambar yang ini ngeri

Spoiler for ngerii:
Quote:Original Posted By Thefreakbassist
wah keren gan, jadi pengen jalan2 emoticon-Ngacir

budaya2 begini emang harus dilesatarikan gan, jangan sampe kaya orang kebakaran jenggot kalo diklaim negara lain.
emoticon-I Love Indonesia


betul gan..biarpun ada yg unik tetep budaya asli Indonesia gan..semoga trit ini orang bisa banyak tau dan mengenal budaya asli Indonesia ya gan.. emoticon-Smilie
baru tau nih gan Indonesia punya banyak wisata religi..nice trit gan..
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
fotonya keren2 gan.... suka banget liatnya
foto2nya keren n unik banget
kayanya calon HT nih gan
Quote:Original Posted By babababy
fotonya keren2 gan.... suka banget liatnya


betul mas, kalo OM BK udah keluarin memori,
cadas dah foto fotonya

sekolah percepatan
Quote:Original Posted By persetandotcom
betul mas, kalo OM BK udah keluarin memori,
cadas dah foto fotonya

—sekolah percepatan ™


asli gan kalo liat aslinya lebih bagus kok dari fotonya..suer ^_^
wah meriah banget ya acara tradisinya
Quote:Original Posted By jn82
baru tau nih gan Indonesia punya banyak wisata religi..nice trit gan..
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Betul gan Indonesia punya banyak banget religi budaya, ini cuma sebagian dari sekian banyak budaya religi yg dipunya Indonesia..mari kita jaga bareng2 gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Loe.Joe
Bagus Isi Threadnya gan ,
gambar yang ini ngeri

Spoiler for ngerii:


betul gan agak serem liat fotonya..aslinya jauh lebih serem kalo liat langsung..

tetap ini budaya Indonesia yang harus selalu dilestarikan gan.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By babababy
fotonya keren2 gan.... suka banget liatnya


Makasih gan emoticon-Smilie
gan kalo mo liat acara budaya ini tanggalnya berapa2 ya gan..karena infonya ga ada..
Quote:Original Posted By jn82
gan kalo mo liat acara budaya ini tanggalnya berapa2 ya gan..karena infonya ga ada..


nah memang kendala event budaya di Indonesia waktunya suka ga pasti gan, karena yg menentukan biasanya dr tetua adat atau musyawarah bersama yg kadang2 suka berubah. tp kalau ada acara biasanya udah dapet info 2-3bulan sebelumnya..
keren gan emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By bheka
reserved for update


Waahhh Barry Kusuma sendiri yang bikin tridnya eaawwww emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By LiburTelahTiba
foto2nya keren n unik banget
kayanya calon HT nih gan


bukan calon lagi.. malah ud HT

emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By LiburTelahTiba
foto2nya keren n unik banget
kayanya calon HT nih gan


bukan calon lagi.. malah ud HT

emoticon-2 Jempol
×