Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015732302/walau-sempat-dievakuasi-ikan-paus-akhirnya-mati-di-muara-gembong---bekasi
[Walau Sempat Dievakuasi] Ikan Paus Akhirnya Mati di Muara Gembong - Bekasi
Quote:[Walau Sempat Dievakuasi] Ikan Paus Akhirnya Mati di Muara Gembong - Bekasi


Ikan Paus Akhirnya Mati di Muara Gembong
Minggu, 29 Juli 2012 16:47:23 WIB

Sempat Dievakuasi ke Tengah Laut di Karawang

Bekasi (Pos Kota)- Ikan paus hitam yang sempat diselamatkan dengan cara dievakuasi ke tengah laut dari perairan Pakisjaya, Karawang pada Sabtu siang, Minggu pagi terdampar di perairan Kampung Beting RT 002/05, Desa Pantai Bahagia, Muaragembong.

“Kondisinya tak bernafas lagi dan dari mulutnya keluar darah banyak,” kata Aiptu Ali Maskur, Kanit Patroli Polsek Muaragembong, saat dihubungi Pos Kota, Minggu (29/7/2012) siang.

Ali Maskur, menyebutkan Minggu pagi sekitar pukul 05:00 Wib, warga di sana sudah mengetahui ada paus terdampar dan diduga paus tersebut mamalia yang dievakuasi TNI dan POLRI, pada Sabtu (28/7) siang dari Pakisjaya, Karawang.

Kondisi Paus yang tampak sudah tidak bergerak dan sesekali bergeser ekornya karena dipermainkan ombak, oleh Sapan, 50, Ketua RW 05 Kampung Beting Desa Pantai Bahagia, Muaragembong dilaporkan ke Polsek Muaragembong.

“Jalan sulit ke lokasi, kalau mau menonton harus melalu sungai dan ke hulu lalu melambung ke perairan laut Jawa. Jadi warga jarang menonton, kalau pun ada menggunakan perahu,” ujar Ali Maskur.

Polsek sudah melaporkan kejadian tersebut namun langkah apa yang akan ditempuh belum diketahui, “Kami masih menunggu perintah, karena kondisi ikan sudah mati,” lanjut Ali Maskur.

Ikan Paus hitam yang diperkirakan berbobot dua ton dan panjangnya 15 meter yang terdampar di Pakisjaya itu ditarik ke tengah laut yang dalam, dengan dikawal Pasukan TNI sampai perairan dalam. Paus ini pertama kali ditemukan nelayan Desa Tanjungpakis, Rabu (25/7) pagi.

Kemudian sejak Kamis (26/7) sampai Jumat, tim relawan gabungan, penyayang binatang langka dari Jakarta, JAAN dan Tagana serta Sagara dari Karawang, melakukan evakuasi, lantaran peralatannya sederhana sehingga Sabtu (28/7) datang bantuan evakuasi dari TNI dan Polri, serta lembaga terkait.


SIAP DIPOTONG-POTONG

Sementara itu Saipan, Ketua RW 05, Pantai Bahagia, Muaragembong, mengaku siap memotong-motong daging ikan paus. “Kalau diijinkan boleh dipotong lumayan juga,” katanya.
Daging ikan paus biasanya diolah dengan mengambil minyaknya. “Minyak ikan paus, biasanya untuk obat dan penambah nafsu makan,” lanjut Saipan.

http://www.poskotanews.com/2012/07/2...muara-gembong/


Quote:
Berita sebelumnya




Akhirnya Ikan Paus terdampar di karawang berhasil di evakuasi

Ikan paus yang terdampar di Pantai Tanjung Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat, akhirnya bisa diselamatkan, Sabtu (28/7). Ikan yang terdampar sejak Rabu lalu itu, mengalami luka di tubuhnya.

Namun, akibat minimnya peralatan untuk mengevakuasi ikan paus yang berbobot sekitar dua setengah ton ini, dibutuhkan banyak relawan untuk memindahkannya ke laut. Bahkan, puluhan anggota Kopassus pun dikerahkan untuk mengevakuasi ikan paus tersebut.

Kemarin pagi pasukan Kopassus serta tim gabungan mulai memasang strategi untuk menarik paus dari posisi awal menuju ke tengah laut. Ikan paus ditarik secara estafet oleh tim gabungan dengan cara diikat. Kemudian ikan paus ditarik dengan kapal dan akhirnya berhasil dipindahkan ke laut.

Terdamparnya ikan paus di Pantai Tanjung Pakisjaya, Karawang ini, baru pertama kalinya. Peristiwa ini sempat menjadi tontonan warga sekitar.(IAN)


walau sudah berhasil dievakuasi akhirnya Tuhan berkehendak lain
tapi tidak lupa Omah ucapkan terimakasih atas kerja keras semua Relawan yang sudah bekerja keras dalam menyelamatkan satwa ini










Quote:thread pilihan


Kasihan juga ..... telah gugur dengan segala perjuangan.

Ikan Paus yang malang
Quote:

Paus Sperma Akan Ditenggelamkan Hari ini

Bangkai paus sperma yang terdampar di Muaragembong, Bekasi, Jawa Barat akan ditenggelamkan Selasa besok (31/7/2012).

"Penenggelaman akan dilakukan besok, rencananya akan mulai pukul 07.00 atau 8.00 pagi," kata Pramudya Harzani, Ketua Jakarta Animal Aid Network (JAAN).

Penenggelaman rencananya akan dilakukan di wilayah perairan Pulau Kotok, Kepulauan Seribu.

"Wilayah ini dipilih karena merupakan kawasan konservasi terdekat yang bisa dijangkau dari Muara Gembong," papar Pram pada Kompas.com, Senin (30/7/2012) malam.

Paus yang terdampar di Muara Gembong diketahui merupakan individu paus yang sama dengan yang terdampar di Pakis Jaya, Karawang, Jawa Barat, Rabu (25/7/2012). Di Pakis Jaya, paus ditemukan masih hidup dan berhasil dibawa ke tengah laut pada Sabtu, (28/7/2012). Sayang, paus kembali terdampar kembali ke daratan di wilayah Muaragembong dan ditemukan warga pada Minggu (29/7/2012) sekitar pukul 05.00 WIB.

Pram mengatakan bahwa paus yang terdampar kembali menunjukkan bahwa masa depan paus di lautan setelah penyelamatan memang tak punya kepastian.

Menurut Pram, opsi pengenggelman paus adalah yang paling tepat. Bangkai paus akan terdekomposisi secara alami.

Ia mengingatkan bahwa paus tak bisa dipotong-potong apalagi dimakan. Sebagai predator, paus kemungkinan memiliki kadar merkuri tinggi bagi manusia.

Pram mengatakan, peristiwa paus terdampar dan upaya penyelamatan bisa menjadi edukasi bagi masyarakat untuk mencintai lautan. Sekaligus ia menegaskan bahwa paus merupakan jenis mamalia laut, bukan ikan.





hari ini Paus Sperma Akan Ditenggelamkan
Kalau nggak cepat diambil tindakan, bisa busuk dan jadi sampah raksasa itu. Bisa mencemari area sekitarnya.
Paus yg malang..
mungkin karna terdampar dan keletihan serta sekian lama disengat terik matahari yg ekstrim,,,maka akhirnya paus ini MEREGANG NYAWA !
Semoga ini adalah jalan terbaik baginya melalui kehendak tuhan..
trimakasih untuk para relawan yang telah berupaya membantu..
paus yang tragis gan
nice info up date
mungkin karena keseimbangan alam sudah rusak dan menyebabkan paus
kehilangan arah, dan terdampar disini.
bener kata ane gan, pasti akhirnya mati tuh

dia udah kelamaan diair dangkal, lagian ikan paus yang terdampar biasanya memang diasingkan sama kumpulannya gan cmiiw
Turut berduka, si paus sperma jadi nggak bisa ikut lebaran.


==LoveJIL==
Quote:Original Posted By meutuah
Kalau nggak cepat diambil tindakan, bisa busuk dan jadi sampah raksasa itu. Bisa mencemari area sekitarnya.


betul tuh gan. bakterinya super banyak. belom lagi kalo ternyata itu paus mati krn sakit. sakitnya ini... virus atw apa? mesti cepet deh,
Wew, udah siap motong2 aja itu bapak2. Padahal usaha nyelametin nya susah.
Quote:Original Posted By Ima.Daryanti


wow ada yg pesta daging Ikan Paus nih :






vbot mau nyobain daging ikan paus ga ??


ciri khas orang Indonesia banget ni... ga bisa liat daging nganggur... sabar laah, mesti dicari tahu dulu apa penyebab kematiannya, kalo ada virus gimana ??




pantesan ayam tiren tetep laku di pasaran...
kasian gan,
btw daging ikan paus enak gak sih gan? bisa dimakan gak?
Quote:Original Posted By Jatafest
ciri khas orang Indonesia banget ni... ga bisa liat daging nganggur... sabar laah, mesti dicari tahu dulu apa penyebab kematiannya, kalo ada virus gimana ??




pantesan ayam tiren tetep laku di pasaran...


Quote:Original Posted By halocheap
kasian gan,
btw daging ikan paus enak gak sih gan? bisa dimakan gak?



emang dah ga ada bahan pangan yg laen ya?
semelarat itukah?!?!
gila binatang besar gitu bisa terdampar.

semoga saja masi ada penerus ikan pausnya.

:P
kasihan ikan paus nyah nggak bisa nyanyi lagi
wah kasian juga kalo harus dipotong2 tuh gan
semoga dia tenang disana.


ini yang bikin heboh di TV kemarin yah? sayang mati juga akhirnya


Quote:
ORANG INDONESIA Lebih Terbuka BICARA SEKS

BERBUKA DENGAN YANG MANIS Itu Merusak KESEHATAN

CELANA KETAT Ternyata BERBAHAYA Buat SPERMA

Semoga ga banyak kisah ikan paus begini, semoga lestari hidup paus dan hewan di Indonesia dan dunia