Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015710987/limbah-jeruk-disulap-jadi-obat-nyamuk
Thumbs up 
Limbah Jeruk Disulap Jadi Obat Nyamuk
Limbah Jeruk Disulap Jadi Obat Nyamuk


Limbah Jeruk Disulap Jadi Obat Nyamuk



TEMPO.CO , Yogyakarta: Dua mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Mary Fitriyah dan Latifatul Istichomah, berhasil menyulap limbah kulit jeruk yang selama ini tak terpakai menjadi obat pengusir nyamuk yang efektif namun ramah lingkungan.

Dalam temuan inovasinya yang dinamai Green Repellent itu, Mary dan Latifatul memanfaatkan limbah kulit jeruk yang dikombinasikan dengan minyak cengkeh dan minyak kayu putih sebagai bahan utama. Bahan itu kemudian diolah dalam bentuk tablet agar bisa menyublim dengan sendirinya.

“Dengan inovasi ini kami ingin ada obat antinyamuk yang mudah digunakan, ekonomis, ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi kesehatan,” kata Mary, Kamis 26 Juli 2012.

Pemanfaatan bahan yang digunakan dalam tablet pengusir nyamuk ini sendiri dinilai sangat ampuh membasmi nyamuk termasuk penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria yang selama ini masih menjadi momok di Indonesia.

Misalnya saja kulit jeruk yang memiliki zat limonen dengan persentase 90 persen lebih. “Limonen ini yang berfungsi sebagai antinyamuk karena mampu membunuh nyamuk jika terkena,” kata dia.

Sementara dalam minyak cengkeh terkandung zat Oleum Cariophylen yang selain berfungsi sebagai pembunuh nyamuk juga bisa dijadikan aromaterapi. Sedangkan minyak kayu putih memiliki kandungan Oleum Cajupuli.

“Tiap tablet itu bisa bekerja efektif jika ditempatkan dalam media yang pas,” kata dia. Dalam satu tablet setidaknya bisa ditempatkan di ruangan berukuran 3 x 3 meter untuk kurun waktu sekitar 8–12 jam.

Latifatul menuturkan pembuatan obat antinyamuk ini sendiri cukup mudah. Ketiga bahan tinggal dicampur lalu digunakan pengikat (karagenan) dan zat sustenrilis untuk membuat zat yang ada tak langsung menguap ke udara sehingga bisa tahan lama. Setelah tercampur tinggal dicetak menjadi tablet.

Inovasi ini telah berhasil menyabet juara kedua dari 27 inovasi teknologi terpilih dari total 200 proposal yang bersaing dalam program Recognition and Mentoring Program of Agricultural University (RAMP) Institut Pertanian Bogor (IPB) 2-16 Juli 2012 itu.

SUMBER
-------------------------------------------

komen : nah akhirnya ada obat nyamuk yang ramah lingunga dan ga berbahaya buat kesehatan
Inovasi ini telah berhasil menyabet juara kedua dari 27 inovasi teknologi terpilih dari total 200 proposal yang bersaing dalam program Recognition and Mentoring Program of Agricultural University (RAMP) Institut Pertanian Bogor (IPB) wih hebat inovasi baru ini
smoga ada kelanjutan, jangan sampe mandeg di jalan...
kebiasaan negara ini dah kyk jakrta...macet mulu....
Dari dulu emang kulit jeruk digunakan sebagai nati nyamuk setahu ane
Quote:Original Posted By caktono
smoga ada kelanjutan, jangan sampe mandeg di jalan...
kebiasaan negara ini dah kyk jakrta...macet mulu....


apa hubungannye sama macet jakarteee ?
mantap ini segera dipatenkan
dah diproduksi buat masyarakat
dari dulu ane juga tahu kalau nyamuk ga suka bau sereh, jeruk dan lavender..
untuk antinyamuk, pakai minyak essensial jeruk or lavender, campur ke minyak zaitun. pakai ke kulit sebagai lotion. selain anti nyamuk juga bikin kulit halus
Quote:Original Posted By criscres
apa hubungannye sama macet jakarteee ?


soalnya biasanya sampai di pemberitaan aja gan. gak di bantu pemeritah
bukanya udah dari dlu disulap jadi obat nyamuk, yang merk nya sovel
ini baru namanya super kreatif..
menghasilkan sesuatu dari limbah
beneran anti nyamuk kagak nih?
ntar kayak itu tuh yg diolesin ke tubuh katanya anti nyamuk tetapi sama aje boong
Quote:Original Posted By 8158055
ini baru namanya super kreatif..
menghasilkan sesuatu dari limbah


iyeee gans, limbah kalau kita bisa mangfaatinya pasti bermangfaat
daripada jadi limbah mending dimanfaatkan
keren juga nih gan
kalau limbah jeruk dijadikan obat nyamuk

tapi aku masih bingung bagaimana cara mengolahnya
wah hebat prestasinya..
ditunggu terobosan lainnya,.



kreatif ya
















========signature========
ABC AcaiBerry - Cara Langsing Orang Modern (???)
\(^_^)/ Mau Unlock BlackBerry, disini tempatnya \(^_^)/
DISTRIBUTOR BLackberry KuaLitas OK - HARGA Pas di kantong
kalau dari pemaparannya sih ok, tinggal lihat bukti produknya setelah di uji coba masyarakat
kalau begitu, nanti tidak usah repot repot membeli obat nyamuk ya gan
bagus tuch idenya,,,,

drpada jd limbah kan bagus juga bwt anti nyamuk kayak gitu,,,,
Kreatif bgd ya..semoga bisa diproduksi massal
×