alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015704893/pakar-jangan-berikan-uang-kepada-anak-jalanan
Pakar: Jangan Berikan Uang Kepada Anak Jalanan
Quote:
Spoiler for Hot Thread:










Pakar: Jangan Berikan Uang Kepada Anak Jalanan


Quote:Jakarta (ANTARA) - Kampanye bertemakan "Stop Beri Uang dan Jadilah Sahabat Anak Jalanan", yang bertujuan agar masyarakat berhenti memberikan uang pada anak jalanan masih terus berlangsung di Jakarta.
"Jalanan bukan tempat yang layak untuk anak-anak. Ketika kita memberikan uang, maka mereka akan merasa betah di jalan karena bisa mendapatkan uang dengan cara yang instan," kata pengurus Yayasan Komunitas Sahabat Anak, Alles Saragi di Jakarta, Kamis.
Yayasan Sahabat Anak itu, yang merupakan sebuah komunitas peduli anak telah lama melangsungkan kampanye tersebut dan akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

Menurut Alles, sebagian besar anak jalanan memiliki pola pikir jangka pendek. Mereka cenderung memikirkan kehidupan mereka sehari-hari, bagaimana caranya mereka bisa mendapat uang untuk makan. Penghasilan mereka pun cukup tinggi, dalam sehari mereka bisa mengumpulkan uang hingga Rp200.000.
"Ini yang membuat mereka senang berada di jalanan, sebulan mereka bisa memiliki penghasilan hingga Rp1,2 juta. Mereka jadi malas beranjak karena mereka sudah mengerti arti uang," katanya.
Menurut Alles, tempat mereka sebenarnya bukanlah di jalanan untuk bekerja. Mereka tidak tahu sebenarnya mereka memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan dan cita-cita. Jika masyarakat ingin membantu menyejahterakan anak-anak jalanan bukan dengan memberi mereka uang. Tetapi membantu mereka mencapai masa depan lebih baik.
"Jangan memberikan uang kepada anak jalanan, sebagian orang berfikir itu dapat membantu mereka, padahal itu bisa menimbulkan masalah baru bagi mereka." ucapnya.
Teladan

Aless juga mengatakan, anak-anak jalanan membutuhkan sosok teladan bagi mereka, bukan uang. Ketika mereka bertemu dengan voluntir Yayasan Komunitas Sahabat Anak, mereka menemukan sosok untuk dijadikan contoh, sehingga mereka bisa memiliki mimpi.
"Dari mimpi itu, mereka akan menemukan motivasi untuk sekolah. Sebenarnya tugas kita adalah memberikan mereka motivasi untuk mau belajar. Sosok teladan tidak bisa mereka temukan di jalanan," katanya.
Yayasan Komunitas Sahabat Anak menjangkau pada anak-anak jalanan untuk mau masuk ke sekolah informal dan belajar di sana. Anak jalanan banyak yang tidak sekolah, sebagian dari mereka mengalami putus sekolah.
"Ketika mereka masuk sekolah informal, banyak dari mereka yang tidak memiliki kemampuan calistung (baca, tulis, hitung, red) meski ada sebagian yang memiliki kemampuan calistung tetapi masih kurang," katanya.
Ia juga mengatakan, ada mata pelajaran pendidikan karakter untuk anak jalanan di sekolah informal yang dimiliki oleh Yayasan Komunitas Sahabat Anak.
"Jalanan memiliki dampak buruk bagi mereka, tetapi dengan adanya pendidikan karakter terlihat perubahan dari perilaku mereka," tambah Alles.(rr)






sambel








iye ye gan klo dipikir2 bnr jg ni pakaremoticon-Bingung




Quote:
Quote:Original Posted By DeLuthcis
Utk Anjal, memang tdk seharusnya meminta-minta apalagi mereka dipekerjakan oleh preman & hrs setor. Ada suatu organisasi yg peduli dgn anjal, namanya Save Street Child (@SaveStreetChild).

Organisasi ini sudah ada hampir diseluruh Indonesia, jika saja setiap orang didaerah yg belum ada organisasi ini mau mendirikan didaerahnya. Organisasi ini mempunyai slogan Bergerak & Menggerakkan

acount twitternya @SaveStreetChild atau Websitenya SSC.

Pakar: Jangan Berikan Uang Kepada Anak Jalanan





Maaf Gbs Taro Komen Bermutu Agan Smuaemoticon-Mewek
Spoiler for For Komeng:




SARAN DARI AGAN2
Spoiler for SARAN:









Spoiler for Mksh Cendolnya Gan :




Tanks to Mimin & Momod emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia
sayang bener ..
banyak orang yang gak pdeuli akan Hal itu gan
Klo ane mending kasuh makanan gan..
Quote:Original Posted By radithutomo
Klo ane mending kasuh makanan gan..

kasih makanan malah dibuang gan, mereka butuh duit buat jajan, maen games di warnet, maen ps, bahkan beli rokok dan mabok emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By bretpitt
kasih makanan malah dibuang gan, mereka butuh duit buat jajan, maen games di warnet, maen ps, bahkan beli rokok dan mabok emoticon-Hammer (S)




setuju ma ni agan ane pernah ngalamin gan soalnyaemoticon-2 Jempol
iya bner itu gan...cuma klo ane pribadi kadang kasian ngeliat mereka udh ngamen tapi ga ada yg ngasih duit...ane kadang2 ngasih juga emoticon-Frown
kalo ga di kasih uang bukannya malah ngelakuin tindak kriminal ya?emoticon-Bingung
namanya ibukota semua menghalalkan segala cara demi sesuap nasi gan.. emoticon-Mewek
simpati, empati dan Altruism itu bagian dari human nature yg sangat fundamental dalam sosial masyarakat. ini merupakan indikator kepedulian antar sesama dan tumbuhnya pro sosial dalam masyarakat..

mungkin sebaiknya bersifat himbauwan dan sosialisasi saja, jangan mereka yg derwaman malah dihukum karna telah memberi. anak2 belajar kepedulian sosial, dari orang tua mereka. nanti generasi kita selanjutnya bisa menjadi seperti masyarakat dichina, seorang anak ditabrak dijalan tidak ada yg nolongin dan peduli..
Iya gan pernah dulu ngalamin orang ngasih duit gope, bukanya disukuri malah dia bilang "yah cuma gope" emoticon-Big Grin
tergantung kalau anak pengamen kenapa gak mereka kan udah berusaha menyumbangkan suara
Iya Gan mereka hanya butuh uang. Pernah ane tawari makan bersama-sama ane, eh dia malah tidak mau sambil lirik-lirik ke suatu tempat. Dia ketakutan Gan kayaknya.

ane sih kaga mau ngasih, karena ane liat mereka ngerokok emoticon-No Hope
Setuju Gan

Dengan kasih uang cuma memanjakan generasi bangsa kita dengan mental pemalasnya
Harus ajak mereka berpikir untuk membangun masa depan yang lebih baik dari sekarang.
wakakaka pakar jakarta si kumis dong? ane si emg gak mau ngasi gan. keenakan mereka gak kerja mala ngemis, sedangkan yg kerja peras otak buat dapetin gaji emoticon-Cape d...
Pemerintahnya ga turun tanagn membantu orang miskin sekarang suruh jgn memberi.Namanya orang memberi ya suka² donk kan mesti ikhlas lagian kalo memberi juga liat² kalo masih dianggap kuat kenapa harus dikasih tp kalo udah tua kan kasian
kalau ane pribadi, ane tetep kasih uang gan, prinsip ane sih amal aja. kasian, ngebayangin mereka kelaparan aja udah nggak tega
kalo pemerintah bisa bener2 nampung dan miara anak jalanan tentunya org2 ga perlu beri uang ke anak jalanan.

itu apbn abpd buat apa ? di korupsi aja tentu aja ga bisa nolong anak2 jalanan
ngomong mah gampang.
pemerintah kan emang kebanyakan ngomong drpd kerjanya
seandainya pemerintah bisa menampung mereka..
jd orang ga perlu mengasihani mereka.. emoticon-Big Grin
inilah akibat kegagalan KB, kurangnya pendidikan, lapangan pekerjaan.
Dan ketika perut lapar apapun dilakukan, dan ketika mereka merasakan mudahnya meminta uang mereka tidak menghargai lagi kata moral dan harga diri.

Wahai manusia Indonesia masikah bermimpi memiliki anak banyak dan istri banyak.....
Quote:Original Posted By bretpitt
kasih makanan malah dibuang gan, mereka butuh duit buat jajan, maen games di warnet, maen ps, bahkan beli rokok dan mabok emoticon-Hammer (S)


jangan lupa tambahin ngisep aibon gan.. emoticon-Big Grin
×