Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015667125/kasus-wa-ode-misteri-kode-039pr039-dan-039zj039-dalam-dokumen-rencana-pembagian-dpid
Kasus Wa Ode: Misteri Kode 'pr' dan 'zj' dalam Dokumen Rencana Pembagian DPID
Misteri Kode 'pr' dan 'zj' dalam Dokumen Rencana Pembagian DPID

Kasus Wa Ode: Misteri Kode 'pr' dan 'zj' dalam Dokumen Rencana Pembagian DPID
Jakarta KPK berhasil menyita laptop dan komputer di ruang sekretariat Banggar DPR terkait kasus dugaan suap DPID. Dalam salah satu dokumen yang disita itu ternyata ada kode 'pr' dan 'zj'. Apa arti kode ini?

Dalam inventaris mengenai rencana pembagian DPID untuk daerah tahun anggaran 2011, tertera daftar 524 daerah calon penerima. Informasi yang berhasil dikumpulkan, Selasa (25/7/2012) pihak yang mengetik dokumen itu adalah staf sekretariat Banggar, Khaerudin. Ia diperintahkan oleh Kasubag Rapat Sekretariat Banggar, Nando, yang mengaku mendapat amanat dari 4 Pimpinan Banggar.

Dalam list tersebut, setiap daerah sudah diberi kode-kode dan warna tertentu. Nah yang menarik, di bagian kanan daftar nama daerah, terdapat juga sejumlah kode-kode lain.

"Ada 'pr', 'P4+PAN' dan 'zj'," bisik salah satu penegak hukum.

Dalam dokumen pemeriksaan yang didapatkan detikcom, penyidik KPK sempat menanyakan hal ini kepada Nando. Namun dia tidak mengetahui maksud arti kode itu.

"Beberapa kode saya tidak mengetahui apa maksudnya, yaitu kode 'pr' dan 'zj'," terang Nando saat itu.

Informasi yang dikumpulkan, pemuatan kode-kode itu sendiri bukannya tanpa maksud. Kode itu dibuat untuk memudahkan Pimpinan Banggar mengetahui alokasi DPID tersebut milik partai apa.

Wakil Ketua Banggar Tamsil Linrung sendiri tidak memungkiri bisa saja ada kode pimpinan Banggar dan pimpinan DPR di berkas usulan DPID. Ia berpendapat hal itu bukan masalah penting.

"Ya lalu kenapa kalau ada kode pimpinan, apa salahnya kalau itu benar. Apa persoalan kode itu yang menjadikan dia terdakwa?" kata Tamsil, Kamis (28/6) lalu.
(mok/mok)

Sumber: [url]http://news.detik..com/read/2012/07/26/054020/1975003/10/misteri-kode-pr-dan-zj-dalam-dokumen-rencana-pembagian-dpid?n990102mainnews[/url]

Menurut ane, memang sudah biasa untuk pengkodean-pengkodean seperti itu, itu memnag sengaja dibuat untuk memudahkan penyaluran dan pencairanya. Yang jelas, anggota dewan pintar memainkan peran untuk mengeruk dana sebelum di depak dari partainya.....
Quote:Original Posted By MASVE
kode amplop ya bu.....


kode untuk supaya tidak salah kasih fee nya gan,,,,,
itu mah kode togel kali gan...
kode apaan itu gan
ditunggu tersangka lainnya buat temenin wa ode di tahanan
kok tersangkanya tidak ditanya langsung aja ya, apa jangan2 lupa ingatan juga..
wah pake kode2 an lagi nih kayak Apel malang tempo hari






INGATLAH SUATU SAAT NANTI KITA AKAN MATI SAUDARAKU
Quote:Original Posted By ingatlah.mati.
wah pake kode2 an lagi nih kayak Apel malang tempo hari






INGATLAH SUATU SAAT NANTI KITA AKAN MATI SAUDARAKU


itulah gan, senantiasa menggunakan kode2 tertentu dalam rangka mensukseskan niat korupsinya
lembaga yg sangat layak dibubarkan, kerjaannya kalo ngga korup, nonton video porno, molor, bolos dst
wa ode katanya seorang ibu punya anak juga sperti ibu angie.
minta keringanan aja, jadi bisa tahanan kota.
minta surat dr kak seto.