Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015659017/freeport-minta-perpanjangan-kontrak-hingga-2041
Freeport Minta Perpanjangan Kontrak Hingga 2041
PT Freeport Indonesia yang kontrak karyanya akan berakhir pada 2021 nanti, meminta kepada pemerintah Indonesia agar kontrak karya II yang ditandatangani pada 1991 tersebut bisa diperpanjang hingga tahun 2041. Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto.

Permintaan perpanjangan kontrak karya tersebut terkait dengan kesiapan Freeport yang rencananya tengah mempersiapkan investasi sebesar US$ 16,9 miliar untuk kelanjutan operasional perusahaan yang ditargetkan bisa sampai 2041, di mana Freeport saat ini tengah menyiapkan kegiatan pertambangan bawah tanah.

Rozik menjelaskan, kontribusi dari tambang permukaan yang saat ini menyumbang 60% dari total produksi biji (ore) perusahaan ke depannya akan semakin mengecil. Oleh karenanya perusahaan saat ini tengah mempersiapkan investasi untuk pertambangan bawah tanah.

Adapun selama proses penyiapan tambang bawah tanah yang diperkirakan baru bisa beroperasi penuh pada 2021 nanti, perusahaan belum bisa mengingkatkan kapasitas produksinya. Untuk itulah kepastian perpanjangan kontrak setelah 2021 sangat penting untuk perusahaan. Saat ini kapasitas produksi biji perusahaan adalah sebesar 220.000 ton biji per hari.

Namun Roziq menyadari bahwa perpanjangan kontrak tersebut memang tidak mudah. Mengacu pada UU No 4 tahun 2009, kontrak karya (KK) telah dihapus dan diubah menjadi rezim Izin Usaha Pertambangan (IUP), di mana dalam rezim IUP tersebut, kontrak kerja sama ditinjau kembali setiap 10 tahun. Meski demikian, Freeport berharap pemerintah dapat memberikan kepastian kelanjutan kontrak kepada Freeport. Sebab ini terkait dengan besarnya investasi yang dikeluarkan perusahaan.

Sumber

Sekalian aja sampe kiamat
Terkutuklah rezim SBY jika memperpanjang kontrak Freeport hingga 2041. :
Quote:Original Posted By comanche
Terkutuklah rezim SBY jika memperpanjang kontrak Freeport hingga 2041. :


kalau butuh dana buat kampanye pasti di embat
Quote:Original Posted By comanche
Terkutuklah rezim SBY jika memperpanjang kontrak Freeport hingga 2041. :

si bebeye itu kan hasil pilihan rakyat gan

Quote:Original Posted By GPO2A


kalau butuh dana buat kampanye pasti di embat

yg penting selamat sampai tujuan. jangan lupa selamatkan diri masing-masing

Preport mau nggak ya memperpanjang dagunya si ical bakrie ....

Atao ,

Mau nggak ya si preport ngelola lapindo.
Busyeet dah

Kaga sampai kiamat aja sekalian?
ancemannya gw rasa kalo kaga nerima dia bakalan mendanai dan mempersenjatai OPM

plus mendukung australi buat mengangkangi papua,mau dikata apa?

pasti nrimo
emas yang seharusnya bisa untuk memakmurkan negeri malah dikasi keorang luar
sungguh terkutuk pemimpin negara ini



yaak sodara sodara, pemerintah kita di bodohi oleh orang bule,
mau maunya nerima persenan kecil , mana negara jadi rusak.
perangin aja tuh, orang papua ane dukung ente
lama bener sampai 2041, kerak nya doang dong kita?
Quote:Original Posted By comanche
Terkutuklah rezim SBY jika memperpanjang kontrak Freeport hingga 2041. :


pasti diperpanjang gan, liat aja d
spt nggak tau pemerintah kita aja

apa ini alasannya Freeport mao renegosiasi kontrak karya, ada udang dibalik bakwan
abis renegosiasi, ya diperpanjang sampe unlimited
halah liat aja,diam2 juga disetujui... cuihhh
kenapa ya negara ga bisa berbuat apa2 ya
kasian bener bangsa indonesia, itu gunung emas dikerukin abis buat negera lain. coba buat rakyat. udh jadi bangsa paling makmur di muka bumi kita. bangsaat semua lo lah pemimpin n pejabat tinggi negara annjing kampang
ibarat beli paket internet, cukup berapa ratus T bisa dapat unlimited sampe pulau papua habis
[QUOTE=arigaptek; Freeport berharap pemerintah dapat memberikan kepastian kelanjutan kontrak kepada Freeport. Sebab ini terkait dengan besarnya investasi yang dikeluarkan perusahaan.

Sumber

Sekalian aja sampe kiamat[/QUOTE]

iyalah pihak frepot kepingin kontraknya diperpanjang soalnya hanya menguntungkan pihak frepot, sedangkan dari pihak kita g dapet apa2 dan cman menghhasilkan kesenjangan sosial di papua sono.
dan yang terakhir pesan gw untk para petinggi2 frepot yang berwarga negara Indonesia untuk mendukung pemerintah dan semoga mereka tidak hanya mementingkan dirinya sendiri
Mending klo cuma emas,isunya di temukan kandungan uranium juga tu,..
2021 aj dah lama bgt gmna 2041
Pemerintah kita emang yahut dah,makin buncit aj perut2 pejabat
Bukannya kontrak sampe tuh sumber tambang abis ya?
Yang penting bagi-baginya dinaikkan lagi dong buat pemerintah setempat
kontrak pasti berlanjut lah... kepentingannya banyak, asing dan lokal

---

ah lagian apaan nech indonesia, padang kena banjir mana koar-koar pemerintah pusat.

kalo jakarta-jawa-bali ada apa-apa langsung koar2 bantuan pusat datang.

kecewa ane....
padahal kita punya PT ANTAM yang bisa mengambil alih pengelolaan tambang Papua yang memiliki cadangan emas terbesar di dunia itu......
×