Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015646141/mbah-mbingpenemu-asli-indonesialistrik-gratis-untuk-ri
Thumbs up Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!


Mbah Mbing Terima Pesanan Dahlan Iskan


Malang (beritajatim.com) - Jika inovasi dunia kelistrikan dari tangan Slamet Haryanto (51) diproduksi secara massal dan diakui secara Hak Atas Kekayaan Intelektual oleh Negara, bisa jadi dunia listrik di Indonesia tak lagi membutuhkan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

PLN, pastinya tidak perlu repot lagi membangun menara dan tiang-tiang listrik plus uluran rentangan kabel yang jika dirupiahkan, cukup fantastis nilainya. "Butuh waktu lama membuat Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH) ini. Saya melakukan riset dulu tahun 1997. Baru kemudian tahun 2008, alat PLTH ini saya ciptakan. Setelah diuji coba ternyata berhasil dan bisa difungsikan menerangi listrik di rumah," ungkap Mbah Mbing, sapaan akrab Slamet Haryanto, penemu spektakuler dunia kelistrikan dengan PLTH temuannya, Selasa (24/7/2012).

Saat ditemui Bupati Malang, Rendra Kresna dan pejabat teras Pemkab Malang hari ini, Mbah Mbing nampak santai. Sehari-hari, ia mengutak-atik arus rendah dan tegangan listrik di rumahnya. Yang lucu, tempat kerja Mbah Mbing berbaur dengan warung pecel milik istrinya. Ukuran lebarnya, tak sampai 5 meter. Mirip kamar tidur kos-kosan seorang mahasiswa berkantong cekak.

Sedikitpun, Mbah Mbing tidak punya bekal akademis jurusan teknik kelistrikan. Pria separuh baya itu bahkan hanya lulusan sekolah dasar saja. Namun, berkat keteguhan dan perenungan dirinya tentang masa depan kelistrikan, ia pun melakukan serangkaian inovasi. Awal mulanya, Mbah Mbing diminta tetangga dekat rumahya di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, membuat aliran listrik ke kandang ternak ayam petelur.

Melalui serangkaian uji coba dan keisengannya, Mbah Mbing justru menemukan alat Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH) hasil buah tangannya. Cara kerja PLTH itu cukup diletakkan dalam rumah. Tidak berisik. Tidak menimbulkan uap. Tanpa limbah dan tentunya ramah lingkungan.

Besar kecilnya arus listrik yang dihasilkan, tergantung seberapa tinggi dan besarnya alat kerja PLTH. Yang unik, penggerak listrik semacam bateray dalam komponen PLTH buatan Mbah Mbing, memakai sabut dan batok kelapa. "Kalau dengan limbah batu bara malah bagus. Cuman, untuk mendapatkan batu bara juga susah," ucapnya.

Ia melanjutkan, seluruh rangkaian dalam PLTH rata-rata berbahan baku bekas alias daur ulang. Hanya kapasitor dalam rangkaian listrik saja yang harus membeli. "Kapasitor listrik kita beli. Harganya Rp 850.000. Cukup mahal juga. Soalnya, saya tak mampu membuatnya sendiri. Waktunya belum ada," tegas Mbah Mbing.

Atas temuannya ini, Menteri BUMN yan juga Mantan Dirut PLN Dahlan Iskan dikabarkan akan menemui Mbah Mbing dalam waktu dekat ini. Rencanannya, Dahlan Iskan juga memesan 10.000 alat PLTH temuan Mbah Mbing dengan kapasitas 3 fuse atau setara dengan 6000 sampai 13.000 watt.

Sedangkan PLN juga akan memesan alat PLTH sebanyak 1000 unit dengan kapasitas 1 fuse atau setara 3000 watt sampai 6000 watt.

Ditambahkan Mbah Mbing, khusus pembuatan alat PLTH dengan 1 fuse, hanya memerlukan biaya Rp.5 juta per unit. Sedang pembuatan PLTH dengan 3 fuse, bisa menghabiskan dana sebesar Rp.15 juta per unitnya. "Seluruh pembuatan alat ini menggunakan barang bekas. Yang baru hanya kapasitornya saja," pungkas Mbah Mbing yang sehari-hari, juga menerima pekerjaan service dinamo di rumahnya. [yog/but]

Quote:


maju terus mbah mbing....::
ayo anak indonesia yg sarjana...bikin inovasi kayak mbah mbing donk...!!



Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!
di rate ya gan!!



++++++++++++++++++++++++++++++++++++

YANG TANYA KENAPA KOK HAMPA?
CARA KERJANYA BAGAIMANA ?
JAWAB:

http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=858


Dari KASKUSER
.

Quote:Original Posted By Bhaskara86
menjelaskan dikit meski ane babar blas gak mudeng Listrik

http://surabaya.tribunnews.com/2012/...kat-meneg-bumn

Generator Tanpa BBM Pikat Meneg BUMN
Selasa, 24 Juli 2012 23:42 WIB | Dibaca: 599 | Editor: Adi Agus Santoso | Reporter : Sylvianita Widyawati
Share: 1 0 Google +10 Tumblr0 0
generator.jpg
surya/Sylvianita widyawati
LISTRIK- Slamet Hariyanto asal Pujon menunjukkan PLTH karyanya kepada Bupati Malang Rendra Kresna, Selasa (24/7/2012).

SURYA Online, MALANG - Sejak tahun 1987, Slamet Hariyanto (53) alias Pak Embing adalah tukang servis dinamo. Tapi berkat hobinya otak-atik elektronik, pria asal Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang ini berhasil menciptakan generator listrik tanpa bahan bakar minyak yang disebutnya Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH).

Ayah tiga anak ini membuat generator listrik dengan memanfaatkan karbon padat yang dihasilkan dari pembakaran batok kelapa hingga menjadi abu. Karbon ini kemudian dipasang di panel-panel kaca yang kemudian dihubungkan dengan aki, trafo dan kapasitor. Prinsip kerjanya milik dengan prinsip batere, yaitu menyimpan energi untuk diubah jadi daya listrik.

Slamet mulai riset membuat PLTH pada 2008, dan telah menghasilkan dua prototipe yang menghasilkan daya listrik besar hingga 13.000 watt, dan berdaya 6000 watt yang cocok untuk penggunaan rumah tangga.

"Kini saya sudah membuat 100 unit PLTH yang saya jual ke daerah,” cerita Slamet, saat ditemui ditemui di rumahnya yang berdinding bambu dan berlantai tanah, Selasa (24/7/2012).

Keberhasilan Slamet inilah, yang membuat Menteri BUMN Dahlan Iskan tertarik dan mendukung pengembangan PLTH ciptaan Slamet. Senin (23/7/2012) lalu, Dahlan Iskan menghubungi Slamet dan ingin memesan alat ini untuk rumahnya di Surabaya.

Pria yang hanya protolan SD ini, mengerjakan generator tanpa BBM itu disela kesibukannya menjadi tukang servis dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Tempat kerjanya sebagai tukang servis dinamo bersebelahan dengan warung pecel Blitar yang dikelola istrinya.

Selain tanpa BBM, PLT Hampa ini bekerja tanpa mengeluarkan suara dan bisa bekerja selama 24 jam sehingga bisa menghidupkan lemari es atau Kalau mati, maka harus dipancing lagi dengan aki.

Mengenai biaya pembuatan PLTH, Slamet mengaku membutuh dana sedikitnya Rp 15 juta untuk PLTH berdaya 13.000 watt.

Bupati Malang Rendra Kresna yang kemarin mengunjungi Slamet, berjanji akan membantu Slamet untuk mematenkan PLTH buatannya. “Pemkab Malang akan membantu mematenkan karya Pak Embing. Kalau nanti bisa diproduksi massal dengan harga murah, Kabupaten Malang juga bisa memanfaatkan untuk menerangi sejumlah dusun yang belum diterangi listrik,” kata Bupati Rendra.



Quote:Original Posted By clu5t3r
Spoiler for "Bandwidth Killer":

pejwan gan..



Quote:Original Posted By boss.area
Bener gan, ane juga berpikiran hampir sama, hanya saja, T coil sumbernya terkadang dari alternator atau energi power yang MeV nan, sedangkan klo sumber ini batok kelapa / abu nya, menurut ane ini malah mirip batere jaman kuno dulu dimana pake kadar sulfat yang tinggi. Penerapan tambahan untuk mendapatkan nilai current dan voltage power yang tinggi rasanya memungkinan untuk menggunakan switching capacitor (googling) deh gan untuk menunjukkan ke-hampa an energinya,selanjutnya http://www.kaskus.co.id/showthread.p...#post730112425

Semoga bisa sedikit menambahkan dan klo sempat taruh di pejwan biar diskusinya enak


dugaan sementara
Spoiler for diduga:


DAN TIM DARI BUPATI BERKOMENTAR :
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=870
bagaimana dengan pak DI?
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15702383



Info dari milis Sinergi Ikatan Alumni ITB
[bahwa alat mbah mbing tidak berkerja]
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=956

UPDATE TERAKHIR DARI TIM MBAH MBING
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1228
thanks to agan @ngasqus
wah kabar baik khususnya untuk para pemulung nih karena rata-rata bahannya dari daur ulang.
HTML Code:
Busyeeet Mantap Nih Mbah

Pembangkit Listrik Tenaga Hampa



Quote:VISIT:
Inilah OLAHRAGA Yang MEMBAHAYAKAN KEHIDUPAN SEKSUAL Anda

LAPTOP BERBAHAYA Bagi SPERMA Anda



Congratulation ! Your Thread Just Visited By. TRAVEL LOVERS 1 Second ago .
Prinsip kerjanya gimana y Mbah????
numpang nempel pajwan
update dari mbah mbing dkk:


Quote:Original Posted By BandPoint
Kami saat ini sedang dalam proses penyelesaian pembuatan sample
yang pada nantinya kami akan bawa ke dinas esdm dan lipi.

Oleh karenanya mohon kesabarannya biar tidak dikatakan penipu atau sekedar omong kosong...
Karena pada intinya kami tidak berniat untuk mempublikasikan ini semua,hanya saja kami telah kebobolan wartawan yang sekedar mau mencari uang dan sensasi dengan menjual berita sebelum barang yang kami buat ini selesai sebagai sampling (mencapai kesempurnaan dari segi desain, dsb).
Mengapa kami dulu tidak segera mematenkan>> banyak kendala yang telah kami hadapi >>> terutama bila bertemu orang yang keliatannya baik ingin membantu, namun pada kenyataannya mereka ingin menguasai dan memiliki bahkan pada nantinya mereka yang beranggapan bahwa ini temuan mereka.
Kami yang memiliki semua rahasia yang ada didalam mesin tersebut...dan desain yang sesungguhnya tidak bisa kami keluarkan begitu saja dikalangan publik sebelum kami mendapatkan hak paten.
Makanya kami tidak perlu untuk banyak bicara dan kebanyakan itu hanyalah rekayasa wartawan.
lebih baik kami banyak bekerja dari pada banyak bicara.


+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++


Quote:Original Posted By AIM-1N
Prinsip kerjanya gimana y Mbah????


hmm....saya belum tau...mungkin saya perlu tengok hasil kerjanya jg..

saya dan mbah mbing cuma beda nasib aja..

kalau saya lagi mencoba yg ini :

Spoiler for x:

—1234. 5678.™
kayaknya PLN bakal kalang kabut kalo alat ini diproduksi massal

postingan ane udah cukup banyak kan pibot
Wew, gigih banget perjuangnnya.
Jadi malu sama umur.
Ane rate Gan mudah"an HT.
baguslah kalo bisa daur ulang
asal jangan terperangkap jargon2 gak jelas
Pembangkit Listrik Tenaga Hampa

membuat listrik dari ketiadaan.....
wah PLN juga pesan alat ini. :

sepertinya cocok kalau untuk pengganti generator diesel di kantor dan tempat-tempat usaha waktu listrik mati atau untuk sumber listrik lokal di desa juga wilayah terpencil yang belum terjangkau listrik negara. :
Quote:Melalui serangkaian uji coba dan keisengannya, Mbah Mbing justru menemukan alat Pembangkit Listrik Tenaga Hampa (PLTH) hasil buah tangannya. Cara kerja PLTH itu cukup diletakkan dalam rumah. Tidak berisik. Tidak menimbulkan uap. Tanpa limbah dan tentunya ramah lingkungan.

Besar kecilnya arus listrik yang dihasilkan, tergantung seberapa tinggi dan besarnya alat kerja PLTH. Yang unik, penggerak listrik semacam bateray dalam komponen PLTH buatan Mbah Mbing, memakai sabut dan batok kelapa. "Kalau dengan limbah batu bara malah bagus. Cuman, untuk mendapatkan batu bara juga susah," ucapnya.



aneh dan janggal...
gak menjelaskan cara kerjanya nih alat, dan darimana energi dihasilkan ?
dari namanya saja, Tenaga HAMPA dah membalik hukum kekekalan energi

Sebaiknya di kaji dan di uji dulu deh ma para akademisi dari Tekhnik Elektro, gimana kinerjanya dan darimana energi yg dihasilkan berasal
ntar kek si Joko dulu lagi yg bullshit
ini nih yang perlu di berdayakan.....jgn yg kaya2 aja dong

CONTOH ILUSTRASI HISTERIS
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!
JANGAN KOMEN LAGI GAN,EIJKE GA KUAT DENGERNYAAAAAAA
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!

Spoiler for contoh tanggapan kaskuser:


COBA LIAT DEH GAN ADA YG ANEH DGN FOTO INI
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!!
AYO TUNJUKKAN PARTISIPASIMU DENGAN MENGGANTI AVATARMU DGN YG INI

Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!! KECIL
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!! BESAR
Mbah Mbing..Penemu Asli Indonesia!!...Listrik Gratis Untuk RI !!! FOR BLACKBERRY

HARGAILAH SAYA YG UDAH CAPEK2 BIKIN GIF...DGN CENDOLMU GANNNe
Quote:Original Posted By Uthe18
aneh dan janggal...
gak menjelaskan cara kerjanya nih alat, dan darimana energi dihasilkan ?
dari namanya saja, Tenaga HAMPA dah membalik hukum kekekalan energi

Sebaiknya di kaji dan di uji dulu deh ma para akademisi dari Tekhnik Elektro, gimana kinerjanya dan darimana energi yg dihasilkan berasal
ntar kek si Joko dulu lagi yg bullshit


ada kata kunci disana:
kapasitor...sabut kelapa[untuk bikin battery].....
dugaan saya tak jauh dari modifikasi tesla coil...

1234. 5678.
ada gambar diagram prinsip kerjanya atau gak? terus terang ane pingin tahu....
ga mudeng soal cara kerjanya... -_- ada yang bisa jelasin plis... istilahnya kog aneh ya, PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HAMPA
Quote:Original Posted By japek
ada gambar diagram prinsip kerjanya atau gak? terus terang ane pingin tahu....


tidak hanya sampeyan yg pengen tau ...saya sendiri jg penasaran...



1234. 5678.
Sebenarnya ini menarik, tenaga hampa yg digunakan untuk pembangkit listriknya ini bagaimana sistematikanya?
wah bagaimana ya itu cara kerjanya.. om 0ralucu bisa bantu ga?
apakah bisa mementahkan hukum kekekalan energi? (masih berlaku kan hukum ini)

semoga muatan politisnya tidak lebih besar dari muatan elektron dalam sirkuitnya..
Yang gw takutkan kalau Mbah bing ini inovasinya di jegal oleh PLN sendiri atau orang yang merasa terancam bisnisnya oleh keberadaan alat ini. Gw rasa kalau dilindungi bgt dan di optimalkan bisa jadi ini titik kebangkitan energy nasional. tangan2 kotor tentunya tidak akan setuju kalau hal itu terjadi
asal jangan kebablasan seperti tony blank yg bisa menghasilkan gas lpg dari pohon tebu & kelapa

×