Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015531918/atasi-kesulitan-air-ugm-kemenristek-pasang-pompa-surya
Atasi Kesulitan Air, UGM-Kemenristek Pasang Pompa Surya
Atasi Kesulitan Air, UGM-Kemenristek Pasang Pompa Surya


Quote:Alhamdullilah ya ALLAH.
Dengan ini nyatakan ane berterima kasih karena telah diberikan
HOT THREAD kepada thread ane ini.
Terima kasih Mimin, Momod, Junker, kaskuser semua.
HT ane yang #3 gan hehehe
Spoiler for HOT THREAD GAN!!!:



Atasi Kesulitan Air, UGM-Kemenristek Pasang Pompa Surya

Quote:JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta bersama Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) memberikan solusi bagi daerah sulit air berupa teknologi sederhana, ramah lingkungan, dan biaya murah, yaitu pompa surya. Pompa yang memanfaatkan energi matahari ini mampu mengalirkan air ke daerah-daerah kering, seperti Gunung Kidul.

Pembangunan pemasangan pompa surya ini ditandai secara simbolis dengan penyerahan pompa oleh Asisten Deputi Iptek Masyarakat Kemenristek Momon Sadiyatmo kepada wakil Bupati Gunung Kidul Imawan Wahyudi, dalam acara sosialisasi program pemasangan pompa surya di Balai Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, kemarin. Penyerahan pompa surya tersebut disaksikan Wadek Bidang Kemahasiswaan, Penelitian dan Kerjasama Fakultas Teknik UGM Jamasri, Kepala Satker PAM PU DIY Hardjono Sudjanadi, serta Kepala Desa Purwodadi Suprihatin.

Peneliti energi terbarukan Ahmad Agus Setyawan mengatakan, teknologi pompa surya sangat cocok untuk diterapkan di daerah terpencil yang kesulitan air. Meski mudah dalam instalasi dan perawatan, namun butuh transfer pengetahuan ke masyarakat agar bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan. “Inilah tantangannya untuk menerapkan ilmu yang pro rakyat,” kata Agus, seperti disitat dari laman UGM, Rabu (18//7/2012).

Dalam pemasangan pompa surya ini, Agus mengungkapkan, pihaknya menggandeng mahasiswa KKN PPM. Selanjutnya selama dua bulan, mahasiswa bersama masyarakat akan memasang dua pompa dan 32 panel surya agar bisa mengangkat sumber air yang berada di sekira tiga kilometer dari rumah penduduk.

Asisten Deputi Iptek Masyarakat Kemenristek Momon Sadiyatmo menyatakan, program pemasangan pompa surya ini sudah direncanakan sejak satu tahun lalu. Kegiatan penyediaan air minum untuk daerah sulit air ini salah bentuk program spesifikasi lokasi (speklok) Kemenristek yang bersinergi dengan perguruan tinggi. “Lewat UGM, teknologi ini akan kita terapkan juga di Aceh dan NTB,” ujar Momon.

Sementara itu Wakil Bupati Gunung Kidul Imawan Wahyudi memaparkan, teknologi penyediaan air minum masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan Gunung Kidul yang mayoritas daerahnya masih mengalami masalah sulit air. Umumnya sumber air berada di kedalaman 100 meter di bawah tanah karst. “Bantuan air di Gunung kidul itu ibarat seperti bantuan emas. Air itu segala-galanya di sini,” ungkap Imawan.

Senada dengan Imawan Kepala Desa Purwodadi Suprihatin menuturkan, di Purwodadi sendiri terdapat 2.000 KK atau 8.000 jiwa yang mayoritas bekerja sebagai petani. Permasalahan yang umumnya dihadapi masyarakat selalu sama, yakni kesulitan mendapatkan air minum. “Tandon air hujan sudah habis. Mulai Mei, kami mulai membeli air. Untuk satu tangki berisi 5.000 liter kita beli dengan harga Rp80 ribu,” beber Suprihatin.

Dia berharap, dengan adanya bantuan pemasangan pompa surya ini bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat. Tidak hanya memenuhi kebutuhan minum, tapi bisa dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian.(mrg)

Sumber

Mantab gan, teruslah berkarya dan menciptakan barang yang berguna bagi masyarakat.
Apalagi untuk masalah kesulitan air ini.
Pastinya sangat dibutuhkan untuk setiap orang yang mengalami musim kemarau.


Tambahan cara kerja dari agan
Quote:Original Posted By bluebrind
kalem gan, kalo seperti itu mah dari panel surya, listriknya disimpan di baterai/aki, lalu listrik yang disimpan buat nyalain pompa airnya. Prinsipnya panel suryanya buat ngecharge baterai yang buat nyalain pompa gitulah gan.



Quote:Makasih gan yang udah cendolin ane.

Spoiler for :
Quote: KUNJUNGI THREAD ANE LAINNYA GAN
Atasi Kesulitan Air, UGM-Kemenristek Pasang Pompa Surya
•\t MUST SEE !! 5 SUNGAI TERBERSIH DI DUNIA •
•\t BEAUTIFUL !! 10 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN TERINDAH •
•\t[url=”http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15070121”] [COLOR="Black"]7 Es Krim Unik di Dunia[/COLOR] (INDONESIA MASUK GAN!)[/url] •
•\t10 MOBIL FERRARI DENGAN KONSEP YANG RAMAH LINGKUNGAN •
•\tHOOTTT!! 10 RUANGAN LOUNGE TERBAIK DENGAN PEMANDANGAN INDAH •
•\t RAKET BADMINTON TERBAIK+HARGA •
•[URL=" http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=725857965#post725857965"][COLOR="Black"]Helm Talkie, Solusi Berkomunikasi bagi Pengendara Motor[/COLOR][/URL] • << Mantan HT
• [url="http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=724540768#post724540768 COLOR="black"]Woooww Vacum Cleaner Dengan Musik[/COLOR][/url] •
• MERK BIR INI MENGANDUNG EMAS GAN •
•\t PERILAKU INDONESIA DAN MALAYSIA[PICTURE INSIDE] •
•\tWARNING !! BAHAYA PENGUNAAN TIPP-X/CORRECTION PEN BERLEBIHAN •
•\t [url=" http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15246817 "] KREATIF GAN [COLOR="black"] JALAN DENGAN UKIRAN BATIK[/COLOR][/url] •
• [KEREN]AWAN DENGAN BENTUK TIDAK BIASA •
•EKPRESI LUCU EURO 2012 •
•FOTO DAN GAMBAR GOKIL BUAT NGAKAK •
•5 ALTERNATIF PONSEL SELAIN APPLE •
•6 TEMPAT TERBAIK UNTUK MEMBACA •
Atasi Kesulitan Air, UGM-Kemenristek Pasang Pompa Surya
Mantab gan.
Solusi tepat nih.
I like that POMPA AIR TENAGA SURYA.
Jadi makin cinta Indonesia
kalo udah terpasang...
siapa yg jaga gan...?
entar di embat maling lagi....

mudah mudahan ini sebagai contoh awal untuk di terapkan di daerah lainnya...
Quote:Original Posted By krankz
kalo udah terpasang...
siapa yg jaga gan...?
entar di embat maling lagi....

mudah mudahan ini sebagai contoh awal untuk di terapkan di daerah lainnya...


Wah mungkin ada gan.
Mungkin mesinnya disimpan di suatu ruangan, terus pipanya aja yang ditimbun.
Jadi agak susah juga gan untuk dimaling.
boro-boro di gunung kidul gan, di tempat kost-kostan ane aja jarang air sukseslah buat UGM
Atasi Kesulitan Air, UGM-Kemenristek Pasang Pompa Surya
nah yang kaya gini nih yang harus di dukung, semoga nantinya jangan cuman di pasang, tetapi warga juga diberikan pengarahan untuk merawat alat tsb. kalo ngga salah dulu pernah nonton di tv kalo panel tenaga surya yang diberikan pemerintah ke warga akhirnya cuman mangkrak gara2 warganya tidak bisa merawat dan akhirya rusak
hembb indonesia semakin kreatif pemudanya
selamat gan tread nya HT
maju terus pemuda-pemuda harapan bangsa
bermanfaat tapi hemat energi. Solusi yang go green...lanjutkan
makin mangtab aja nih anak anak UGM









Posted by JuraganSoftware[dot]com
Nah...ini baru berita. Pusing baca berita kampanye trua..
Wah gila memang UGM idenya cemerlang banget, top abis dah
inovasi yang menginspirasi anak bangsa buat jadi lebih bermanfaat

bangga jadi anak negeri
wah mantep bener tuh yaa
semoga gk cuma prototype nih
bisa diterapkan di seluruh indo dong
pejwan di trit HT

salut dah ama UGM gan
kapan edisi masal keluar ni ..
harus kita dukung nih gan, semoga hal2 positif gini menular, dari pada dana APBN habis buat bangun gedung
maju terus buat Indonesia


mantab gan






nutupin pekwan dulu






×