alexa-tracking

JOKOWI menang satu putaran Menurut UU No. 12 Tahun 2008 tentang PILKADA Pasal 107

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015448016/jokowi-menang-satu-putaran-menurut-uu-no-12-tahun-2008-tentang-pilkada-pasal-107
JOKOWI menang satu putaran Menurut UU No. 12 Tahun 2008 tentang PILKADA Pasal 107
Menurut UU Pilkada NO 12 Tahun 2008 Jokowi menang satu putaran karena memenuhi pasal 107 ayat 2 . berikut lbunyi lengkap pasal 107:

Pasal 107
(1) Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah
yang memperoleh suara lebih dari 50 % (lima puluh
persen) jumlah suara sah ditetapkan sebagai pasangan
calon terpilih.

(2) Apabila ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)
tidak terpenuhi, pasangan calon kepala daerah dan
wakil kepala daerah yang memperoleh suara lebih dari
30% (tiga puluh persen) dari jumlah suara sah,
pasangan calon yang perolehan suaranya terbesar
dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih.

(3) Dalam hal pasangan calon yang perolehan suara
terbesar sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terdapat
lebih dari satu pasangan calon yang perolehan suaranya
sama, penentuan pasangan calon terpilih dilakukan
berdasarkan wilayah perolehan suara yang lebih luas.

(4) Apabila ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2)
tidak terpenuhi, atau tidak ada yang mencapai
30% (tiga puluh persen) dari jumlah suara sah,
dilakukan pemilihan putaran kedua yang diikuti oleh
pemenang pertama dan pemenang kedua.

(5) Apabila pemenang pertama sebagaimana dimaksud
pada ayat (4) diperoleh dua pasangan calon, kedua
pasangan calon tersebut berhak mengikuti pemilihan
putaran kedua.
(6) Apabila pemenang pertama sebagaimana dimaksud
pada ayat (4) diperoleh oleh tiga pasangan calon atau
lebih, penentuan peringkat pertama dan kedua
dilakukan berdasarkan wilayah perolehan suara yang
lebih luas.
(7) Apabila pemenang kedua sebagaimana dimaksud pada
ayat (4) diperoleh oleh lebih dari satu pasangan calon,
penentuannya dilakukan berdasarkan wilayah
perolehan suara yang lebih luas.

(8) Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah
yang memperoleh suara terbanyak pada putaran kedua
dinyatakan sebagai pasangan calon terpilih.


Gimana menurut agan2...
wah kalo bs si gitu biar duit negara irit kt bang kumis emoticon-Ngakak

btw pertamax ane amankan ya gan

Quote:



Spoiler for thread ane yang laen ::
KASKUS Ads
udah banyak yang bahas trit tentang ini gan, emoticon-Cape d... (S)
Ane juga dukung Jokowi Gan emoticon-Big Grin
bener gan.. tapi DKI pake yg suara 50% gan...



Posted with kaskusBetaQR
Quote:


masasi gan?
semoga tambah semoga emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskusemoticon-Shakehand2
Quote:


iye gan....

dikampanye nya bang kumis bilang pilkada dki cukup satu putaran aja....
kita tagih janjinya, jangan sampe dia ikutan ke putaran dua gan..heheheheh
harusnya gitu gan, biar irit dana negara emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Angkat Beer selamat aja lah bagi sapa aja yg terpilih
hahahaha

jokowi aja lah,....

menang oye.............


JOKOWI menang satu putaran Menurut UU No. 12 Tahun 2008 tentang PILKADA Pasal 107JOKOWI menang satu putaran Menurut UU No. 12 Tahun 2008 tentang PILKADA Pasal 107JOKOWI menang satu putaran Menurut UU No. 12 Tahun 2008 tentang PILKADA Pasal 107JOKOWI menang satu putaran Menurut UU No. 12 Tahun 2008 tentang PILKADA Pasal 107
benr ya gan
tp kok pada ribut putaran keduax ya?
binun ane nih
mungkin ahli hukum yag bisa menafsirkan ayat duanya tuh gan
Quote:


nah agan rivan mungkin punya datanya , kalau DKI pake yang 50%

Quote:


Kita tunggu aja gan, siapa tahu aja ada ahli hukum mampir disini...emoticon-Big Grin
Ternyata ini penyebabnya gan...
masing2 daerah punya aturan sendiri mengenai pilkada..emoticon-Big Grin

Mahfud MD: Pilkada DKI Dua Putaran Itu Benar
Dalam Pilkada di daerah khusus ada aturan tersendiri yang mengatur.

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai bahwa langkah Komisi Pemilihan Umum Daerah DKI Jakarta yang menetapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI dua kali putaran sudah tepat.

"Menurut undang-undang yang berlaku untuk DKI Jakarta harus dua putaran, kalau belum ada yang menang lebih dari 50 persen," kata dia di sela acara Sarasehan Budaya di Jakarta, Minggu 15 Juli 2012.

Mahfud menjelaskan, dalam Pilkada di daerah-daerah khusus ada aturan tersendiri yang mengatur. Di Indonesia, terdapat empat daerah khusus yang diatur tersendiri oleh undang-undang, yaitu Aceh, DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Papua.

Keistimewaan pemilihan untuk Aceh adalah ada partai lokal. Di Yogyakarta, pemilihan kepala daerah melalui penetapan. Sedangkan Papua, keistimewaannya adalah 25 persen anggota DPRD harus penduduk asli.
Sementara itu, keistimewaan DKI Jakarta adalah Pilkada selesai kalau pemenang meraup suara 50 persen lebih sesuai UU Nomor 29 tahun 2007. "Oleh sebab itu, apa yang dilakukan KPUD DKI Jakarta sudah benar, undang-undangnya begitu," ujarnya.

Namun, Mahfud mempersilakan jika ada warga negara yang melakukan judicial review undang-undang tersebut. Sebab, MK tetap memeriksa semua permintaan judicial review dan akan terbuka untuk umum. (umi)
Selamat kowi