alexa-tracking

KEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015447367/keindahan-gunung-kerinci-jambi
Smile 
KEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBI
Spoiler for No Repost:

Terimakasih dah Mampir ke tread ane. Kali ini ane mau berbagi salah satu keindahan yang ada di kampung asal ane gan, Jambi. Silakan di nikmati dlu ya gan. emoticon-Kiss

KEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBI


KABUPATEN Kerinci, Jambi, adalah "surga" tropis yang eksotis yang belum banyak diekplorasi. Keindahan alam hingga ragam budayanya, menjadi daya tarik bagi siapapun. Sayangnya, untuk bisa mencapai daerah ini, memang perlu nyali tersendiri.

Selain jalan yang berliku dan median yang sempit, tiga akses jalan dari Tapan (Sumatera Barat) dan Solok, serta Bangko (jambi).

Perjalan darat dari selatan, bagi mereka yang datang dari Bengkulu atau Pesisir Selatan (Sumbar), yakni jalur Tapan-Sungai Penuh yang berjarak 62 Km. Jalur ini dianggap paling mengerikan karena selain berada di ketinggian hampir 2.500 m dari permukaan laut, jalannya sangat sempit, rawan longsor dan jarang kendaraan lewat.

Biasanya, kendaraan dari Tapan atau dari Sungai Penuh yang lewat, memilih berkonvoi karena sepanjang jalan tak ada perumahan penduduk. dan merasakan bagaimana tantangan sekaligus keindahan perjalanan.

Objek Wisata Menawan
Setiba di Kerinci, kita akan melihat sebuah surga yang menawan, dengan keelokan alam, plus peninggalan-peninggalan bersejarah di masa lalu. Beragam flora dan fauna langka yang dilindungi berada di tanah ini, yakni di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Selain di Kerinci, wilayah TNKS juga berada di Bengkulu (Muko-muko) dan Sumbar (Pesisir Selatan)

Secara topografi, hanya 50.6 persen tanah Kerinci dimanfaatkan sebagai kawasan produktif dan ditempati penduduk, sedangkan 49.4 persen menjadi kawasan TNKS. Daerah yang dihuni penduduk (Sungai Penuh dan sekitarnya) terlihat seperti berada dalam kuali, dan di seluruh penjuru mata angin dikelilingi bukit (Bukit Barisan).

Ada beberapa gunung yang ada di Kerinci. Yakni Gunung Kerinci (3.800 meter), Gunung Patah Sembilan (1.817 meter), Gunung Sumbing (2.507 meter), Gunung Masuarai (2.935 meter), dan Gunung Seblat (2.363 meter). Secara umumnya Kerinci beriklim tropis dengan suhu rendah, kerana dipengaruhi oleh udara pergunungan dengan limpahan sinar matahari sekitar 9 jam sehari. Rata-rata suhu di daerah ini berkisar antara 18�C hingga 26�C.

Gunung Kerinci sendiri adalah simbol dari kemegahan, keindahan dan sekaligus misteri. Di kaki gunung inilah tersebar mitos tentang Orang Pendek yang diyakini memang ada di sana. Selain itu, Gunung Kerinci adalah salah satu gunung yang sangat menarik bagi pendaki dari berbagai daerah.

Konon, di puncak gunung ini sering turun hujan salju. Dan ketika berada di puncak gunung ini, terasa bisa melihat seluruh daratan Sumatera, karena Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatera.

Di lereng gunung ini, terdapat perkebunan Teh Kayu Aro dengan luas 3.050 Hektar yang berada di ketinggian lebih dari 1.500 meter dari permukaan laut (dpl), dan merupakan perkebunan teh dengan hamparan terluas di dunia yang di kelola oleh PT Perkebunan Nusantara VI. Perkebunan teh ini adalah perkebunan tertua di Indonesia, dibuka antara tahun 1925 dan tahun 1928 oleh perusahaan Belanda, Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdam (NV HVA).

Teh di tempat ini mulai ditanam 1929 dengan varietas spesifik, ditanam asli dari biji teh. Empat tahun kemudian, 1932, perusahaan Belanda itu membangun pabrik teh di Bedeng VIII Kayu Aro dengan kapasitas produksi 90 ton pucuk teh per hari, dan kapasitas terpasang 100 ton. Pabrik Teh Kayu Aro hingga kini merupakan pabrik teh terbesar di dunia yang masih aktif dan merupakan pabrik teh tertua di Indonesia. Teh produksi Perkebunan Teh Kayu Aro hingga kini merupakan teh hitam terbaik di dunia.

Selain perkebunan teh Kayu Aro, di lereng Gunung Kerinci adalah sentra sayur terbesar di Provinsi Jambi, yang memasok hampir seluruh kebutuhan sayur di provinsi itu, juga provinsi lain seperti Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Berada di Kerinci, kita akan kekurangan waktu untuk menikmati keindahan alamnya. Karena semakin lama kita di sana, akan semakin ingin kita tinggal lebih lama lagi.
Spoiler for Puncak gunung kerinci 1:

Spoiler for Puncak gunung kerinci 2:

Spoiler for Kawah Gunung Kerinci:

Spoiler for Perkebunan Teh Kayu Aro:

Spoiler for Petani Teh Gunung Kerinci:

Spoiler for Jejak kaki Orang Pendek:

Spoiler for Ilustrasi Orang Pendek:

Sumber

Ane mengharapkan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
tapi jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya ganz
terimakasih udah bantu emoticon-Rate 5 Star

Spoiler for Bonus dari agan rifalmi:


Quote:


Spoiler for pertamax:

keren gan.emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
mantap gan, terus lestarikan alam indonesia. PA mana gan
pa apaan ya gan????
wow.. itu pemandangan terbaru kah gan?
kerenn emoticon-Belo
Quote:


PA pecinta Alam shakehand2
Quote:

ane ambil dari mbah google ganz, rencananya bru lebaran bisa pulkam untuk ambil pic terbarunya emoticon-Malu (S)
Quote:

emoticon-Shakehand2 gini ya ganz emoticon-Toast
ane pernah kesana gan, di perkebunan kayu aro nya aja suhu udah dingin bgt, apalagi nyampe ke gunungnya..emoticon-Takut (S)
yg bilang Indonesia ga indah matanya katarak emoticon-Smilie

semoga bisa di nikmati generasi-generasi selanjutnya emoticon-Smilie
emoticon-Matabelo
keindahan alam di indonesia emang g bisa tertandingi bro...
emoticon-Rate 5 Star
kapanyah ane bisa kesana,.. emoticon-Belo

indahnyo.... emoticon-thumbsup
emoticon-Matabelo foto yg kebun teh tu gan...keknya nyaman bener klo tinggal disanaemoticon-Malu (S)






original posted by bakteri.baik
KEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBI
pasti moto'e bukan pake hP gan emoticon-Hammer2

emoticon-Matabelo keren gan..
indonesia emang banyak banget wisata alam yang indah
kalau bisa foto TSnya dong pas lagi digunung emoticon-I Love Indonesia (S)
ane dulu sempat tinggal di kebun teh deket gunung kerinci gan, bokap dinas disitu..dingiin bener deh, klw pagi2 ampe beku sambel emoticon-Ngakak (S), tapi pas taon 93an ya, rumah disana juga pada pake tungku api. klw jejak orang kerdil ane ga pernah denger, tapi ane pernah ma temen2 nemuin jejak gede bgt, 2x normal ukuran orang dewasa. ane pernah ngilang dikebun tehnya ama temen2, ampe dicariin warga sekampungemoticon-Ngakak (S)emoticon-Malu (S), tapi emang keren dah ni gunung. emoticon-I Love Indonesia (S)
keren coy..........


belum pernah kesana.............



KEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBIKEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBIKEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBIKEINDAHAN GUNUNG KERINCI JAMBI
Daerah nya 11/12 lah sama padang kampung ane sih kayaknya emoticon-Big Grin
wah, ane pernah naik itu gunung gan sekitar 2 tahun lalu,
tapi sayangnya pas naik lg musim hujan, jadi agak lama jalannya ,
dan jeleknya lagi nyampe puncak pas kabutnya naik emoticon-Mewek jadi yg kliatan cm background putih,
ud gtu pas turun, nyampe pos 1 itu ud sekitar jam 7 malem, jd ud gelap,
tiba2 dari samping denger suara macan mengaum, kenceng banget, ane ud hampir lari itu gan, tapi dibilangin sama temen ane suruh biasa aj, pura2 g ada apa2 biar g dikejar,
alhamdulillah banget g dikejar sama itu macan,,
pengen ksana lg kapan2, masih penasaran sama puncaknya
amazing, indah bgt gan emoticon-Matabelo
×