Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015434499/lsm-pro-ham-ingatkan-jerman-soal-ham-terkait-penjualan-tank-leopard-2-ke-indonesia
LSM pro HAM Ingatkan Jerman Soal HAM terkait Penjualan Tank Leopard 2 ke Indonesia
LSM pro HAM Ingatkan Jerman Soal HAM terkait Penjualan Tank Leopard 2 ke Indonesia

Rencana Beli Tank Leopard
Pemerintah Jerman Diingatkan Soal HAM di Indonesia

Selasa, 10 Juli 2012 | 09:11 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Beberapa organisasi masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil, Kontras, Imparsial, Elsam, IDSPS dan HRWG, mengingatkan pemerintah Jerman agar mempertimbangkan rencana pembelian Tank Leopard oleh pemerintah Indonesia.

Apalagi, menurut Koalisi Masyarakat Sipil itu, pemerintah Jerman telah mengetahui beberapa masukan terkait penegakan hak asasi manusia (HAM) dan meratifikasi statuta Roma tentang mahkamah pidana internasional. "Pemerintah Indonesia masih tetap ngotot, karenanya kami meminta Jerman untuk mempertimbangkan kembali rencana pembelian Leopard," kata peneliti hukum dan HAM Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam), Wahyudi Djafar, Senin (9/7/2012).

Selain penegakan HAM, beberapa hal yang semestinya menjagi bahan pertimbangan pemerintah Jerman adalah menyangkut postur TNI. Menurut dia, hal yang lebih dibutuhkan TNI adalah tank jenis menengah, bukan Main Battle Tank (MBT) Leopard, sesuai dengan medan yang ada.

Sementara untuk tank Leophard, dengan berat sekitar 63 ton, dinilai tidak memungkinkan dioperasikan di Indonesia. "Kan tidak mungkin Leopard melalui jalan aspal, justru akan merusak jalanan nantinya," kata dia. Disinggung penolakannya sejalan dengan rencana kedatangan Kanselir Jerman, Angela Merkel, Wahyudi dengan tegas menolaknya. Sejak awal rencana pembelian TMB Leopard, pihaknya bersama beberapa lembaga lain yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil sudah menolaknya. Meski diakui pihaknya mengetahui adanya rencana kunjungan kenegaraan Kanselir Jerman tersebut.
http://nasional.inilah.com/read/deta...m-di-indonesia

Pembelian Tank Leopard Keliru dan Tidak Tepat
Selasa, 10 Juli 2012 | 08:56 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan menilai rencana pembelian tank Leopard, keliru dan tidak tepat. Sebab, pembelian itu tidak sesuai dengan kebijakan pembangunan postur pertahanan negara. "Dalam postur pertahanan 2007, pembelian tank Leopard tidak termasuk dalam kebijakan pembangunan postur pertahanan," tegas peneliti hukum dan HAM Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) Wahyudi Djafar dalam jumpa pers di Sekretariat Imparsial, Senin (9/7/2012).

Dia mengemukakan, kebijakan dan buku postur pertahanan negara yang dibuat adalah bentuk perencanaan kementerian pertahanan hingga 2029. Sikap inkonsisten pemerintah ini menunjukkan carut marutnya pengadaan alutsista di Indonesia. Pemerintah dan parlemen seharusnya memiliki perencanaan yang jelas dan diikuti dengan skala prioritas dalam pengadaan alutsista. Hal yang semestinya menjadi perhatian dibandingkan alutsita adalah kesejahteraan prajurit TNI yang cukup memprihatinkan. Diakui memang penguatan alat utama sistem persenjataan menjadi kebutuhan bagi TNI. "Pembelian alutsista harus didasarkan atas kebutuhan obyektif pertahanan Indonesia, bukan atas kebutuhan politis. Apalagi jika ditunjukkan untuk mencari keuntungan segelintir kelompok dan elite di pemerintahan," jelas Wahyudi.

Menurut dia, pembelian tank Leopard dan menempatkannya di wilayah perbatasan, salah satunya di Papua, dikhawatirkan akan menjadi alat untuk menekan rakyat dengan cara-cara represif. Apalagi kondisi Papua saat ini sedang bergejolak sehingga bahaya sekali jika pembelian tank Leopad ini digunakan untuk menghadapi rakyat karena akan berpotensi pada pelanggaran HAM. "Akan lebih baik jika pemerintah menambah kekuatan TNI AD dengan jenis medium dan light tank atau membeli helikopter," tuturnya. Terkait hal ini pula, koalisi yang terdiri dari Imparsial, Kontras, Elsam, LBH Jakarta, HRWG, IDSPS, Lespersi dan Ridep Institute, mendesak Kanselir Jerman Anggela Merkel yang akan berkunjung ke Indonesia untuk meninjau kembali rencana penjualan 100 MBT Leopard
http://nasional.inilah.com/read/deta...an-tidak-tepat


LSM pro HAM Ingatkan Jerman Soal HAM terkait Penjualan Tank Leopard 2 ke Indonesia

Presiden : Tank Leopard Dibutuhkan
Rabu, 11 Juli 2012 | 08:09 WIB

JAKARTA (KRjogja.com) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan pembelian tank Leopard yang menjadi perdebatan di DPR sudah tidak perlu dirasaukan karena memang dibutuhkan untuk menjaga kedaulatan dan pertahanan nasional. "Saya pastikan semua itu terbuka dan transparan, kami tidak pernah menggunakan tank tempur untuk menembaki rakyat kami. Dan itu harapan kami dengan harapan peacefull, dan sebuah negara memerlukan minimum essential force," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) memastikan membeli Tank Berat (Main Battle Tank) Leopard dari Jerman sebanyak 100 unit dalam rangka modernisasi alat utama sistem senjata TNI Angkatan Darat, padahal sebelumnya berencana untuk membeli Tank Leopard dari Belanda
http://kedaulatanrakyat.co.id/read/1...-dibutuhkan.kr

-------------

Kalau ada revolusi lagi, sudah jelas, siapa musuh dalam selimut dan siapa teman dalam perjuangan menegakan kedaulatan dan kehormatan NKRI. Heran juga gua, di zaman kebebasan seperti saat ini, pola pikirnya LSM-LSM itu dalam melihat peran militer TNI kok seperti zaman ORBA dulu. Padahal kalau betul begitu, pastilah LSM-LSM itu tak akan pernah sempat bikin pernyataan pers seperti berita diatas, karena mereka sudah pada dikarungin satu persatu.

TNI yang kuat dan professional, didukung alutsista yang modern dan mematikan, akan disegani negara-negara lain, sehingga mereka enggan melakukan invasi atau melanggar kedaulatan NKRI. Sebaliknya, kalau TNI letoy, otomatislah mereka akan berani melangar kedaulatan NKRI, dan bahkan menjajah dengan melakukan invasi territorial wilayah kita. Padahal, invasi menguasai wilayah, itu sama saja penjajahan, dan penjajahan itu adalah bentuk pelanggaran HAM paling berat. Aktivis HAM itu kayaknya lebih senang negeri ini lemah, lalu dijajah Tuan-Tuannya yang selama ini memberinya makan, mungkin begitu yang ada dalam benak mereka umumnya?
gampang, kalau perang kirim aja para aktifis pro HAM ke medan perang sambil bawa LPG 3Kg, gak usah pake Leopard dah.

protas-protes membela yang bayar

asssssuuueeemmmm
masih yang ini2 juga rupanya...

mmmmm... tanyakan aja dech pada mereka...apa yang telah mereka berikan untuk bangsa dan negara ini...no offense....
Quote:Original Posted By nga_pak
masih yang ini2 juga rupanya...

mmmmm... tanyakan aja dech pada mereka...apa yang telah mereka berikan untuk bangsa dan negara ini...no offense....


ane suka kata2 ente gan..cek kulkas

mau LSM ngomong apa kek..ane tetap mendukung Leo 2 sebagai MBT TNI kita
bagaikan muter kaset rusak.. itu2 aja dari dulu alasannya.. basi... gak argumentatif...
Quote:Original Posted By eugol
ane suka kata2 ente gan..cek kulkas

mau LSM ngomong apa kek..ane tetap mendukung Leo 2 sebagai MBT TNI kita


belum positif loh...
belum ada pesenan resmi ke Jerman....
moga2x bisa lobby cepet...
Quote:Original Posted By bukaniwanenator
belum positif loh...
belum ada pesenan resmi ke Jerman....
moga2x bisa lobby cepet...


klo ditolak juga masih banyak pilihan MBT lain kan. K1A1/K2, T-90, Leclerc, Abrams, dll..(tpi kayakanya sih, klo leo gagal barang kroya lagi nih yg kepilih)
A Says : "Kan tidak mungkin Leopard melalui jalan aspal, justru akan merusak jalanan nantinya"

B Says : pembelian tank Leopad ini digunakan untuk menghadapi rakyat karena akan berpotensi pada pelanggaran HAM

C Says : Daripada Beli Tank, Lebih Baik Kapal Selam

D Says : harusnya anggarannya buat perbaikan jalan dan sarana transportasi

E Says : Masih banyak orang2 yang kelaparan ,mending anggarannya di pakai buat itu

F Says : Mending anggarannya buat bayar utang negara

G Says : seharusnya melihat kondisi sekarang anggarannya dipakai buat subsisi BBM

H Says : Bagusnya sih dipakai buat bikin backbone fiberoptik saja ,biar internet dinegara kita cepat

i : Says : mengapa gak dipakai buat anggaran pelayan kesehatan masyarakat sj

K Says : anggaran pendidikan kita msh kurang nih ,banyak sekolah yg mau roboh

L Says : Lebih baik dipakai anggarannya untuk pengembangan pariwisata dan budaya ,biar budaya kita gak diklaim2 lagi sm tetangga


_____________
kapan militer di indonesia mau maju kalo banyak yang protes tiap beli persenjataan
yaaa mpppuuunnn.. mereka" itu ngapain sih ngurusin MBT, tank dan pertahanan negara.. sumpah, kalau aja ane presiden, ane berangus ini LSM" ga guna.. keinget di suatu daerah, ga diundang rapat, malah banting" kursi.. siapa loe. baik banget LSM".. :
serba salah mau maju salah ,mau munur salah ,lari di tempat juga salah.
mislanya ada yg nyerang ke negara indonesia gimana mau nyerang ngga ada persenjataan militer. musuh pake senjata teknologi baru dan moderen tinggal tekan tombol, indonesia masih pake senjata bambu runcing
terus LSM mau tanggung jawab klu indonesia ngga punya persenjataan militer
paling LSM lari terkencing-kencing dan sembunyi di wc

maaf ane marah
ealah , ga sekalian usul TNI di bubarkan ??
HAM HIM HUM HEM HOM
LSM kampret

Ngakak 

Kadang-kadang gw berpikir...
Mungkin ada baiknya leopard tu kita pake buat bombardir lsm-lsm kayak gitu...
Dengerin kaset rusak mbosenin sih...
LSM ga guna... ga salah emang malaysia berani maen2 ama kedaulatan di Indo, orang di Indo aja maw bli tank untuk memperkuat pertahanan ada alasan jalan aspal rusak untuk menolak pembeliannya..
kalo niat belinya untuk kebaikan, bagus
ane sendiri mikir silahkan silahkan saja beli, jika diperlukan
jika masih banyak kepentingan lain yang lebih mendesak, ngapain beli dulu?
saya menghimbau saya akan tembak tembakin LSM yang tidak berguna trima kasih

Mr.Susilo Bambang Yudhoyono

wkeke
Pasti mereka antek2 barat, ato anti NKRI..
Buktinya mereka berharap Indonesia kita ngga lebih kuat dari tetangga brengsek tukang maling..

ato jangan2..
Bahaya laten: Keturunan anggota OT

Semoga NKRI tidak terpecah gara2 begundal2 macam gini.
Quote:Original Posted By LordDF
Kadang-kadang gw berpikir...
Mungkin ada baiknya leopard tu kita pake buat bombardir lsm-lsm kayak gitu...
Dengerin kaset rusak mbosenin sih...


gua setuju sama pendapat lu bro
kalo perlu, waktu operasi, culik aja tuh pentolan2 LSM jadiin tameng, biar paham gimana rasanya jadi tentara di medan perang, sempat mikir HAM nggak?
Quote:Original Posted By JamNajam
kalo niat belinya untuk kebaikan, bagus
ane sendiri mikir silahkan silahkan saja beli, jika diperlukan
jika masih banyak kepentingan lain yang lebih mendesak, ngapain beli dulu?


agan paham nggak kondisi militer kita kek gimana? paham nggak ancaman yg mengintai kita itu apa aja?
kalo nggak mah ane maklum agan komen kayak gini
×