Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015433000/hebatsiswa-smk-sulap-keong-racun-jadi-pupuk-kualitas-super
Thumbs up [HEBAT]Siswa SMK Sulap Keong Racun jadi Pupuk Kualitas Super
[HEBAT]Siswa SMK Sulap Keong Racun jadi Pupuk Kualitas Super

Keong Racun tidak hanya dijadikan inspirasi menjadi sebuah lagu. Kini, siswa SMK Negeri Pertanian Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menemukan inovasi baru membuat pupuk organik berbahan dasar keong racun pertama di Indonesia.

"Ini merupakan inovasi dari siswa yang mengembangkan agribisnis pertanian, dengan membuat pupuk cair organik yang bahan bakunya dari keong racun yang selama ini menjadi hama bagi dunia pertanian," kata Ketua Jurusan Agronomi, Awan Sudianto kepada wartawan, Kamis.

Kelebihan dari pupuk cair organik ini, masa pertumbuhan tanaman dan buah akan lebih cepat dibandingkan dengan pupuk kimia lainnya serta bisa menghidupkan organisme tanah yang sudah mati sehingga tanah kembali subur.

Menurut Awan, pembuatan pupuk ini tidak sulit karena hanya membutuhkan waktu dua minggu agar permentasi keong racun yang dicampur dengan molase effectif micro organisme bamboo mengeluarkan cairan yang kemudian cairan tersebut disaring. Pengembangan pembuatan pupuk cair organik dari keong racun ini sudah berjalan satu tahun.

"Sudah ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dan perguruan tinggi yang tertarik dengan produksi siswa kami ini dan saat ini mereka tengah melakukan pengujian khasiat dari pupuk ini," tambahnya.

Selain itu, kelebihan dari pupuk ini adalah tidak ada efek buruk kepada tumbuhan dan petani karena tidak mencampurnya dengan bahan kimia, dan tidak akan tumbuh hama. Namun, saat ini masih ada kendala dalam promosi langsung ke petani, karena kebiasaan petani yang masih senang menggunakan pupuk kimia.

"Kami berusaha menciptakan metode pertanian yang ramah lingkungan salah satunya dengan membuat pupuk dari keong racun ini, selain itu harga yang ditawarkan cukup murah yakni Rp 20 ribu per dua liter. Ini merupakan hasil karya anak didik kami yang bisa bersaing dengan karya para mahasiswa di bidang pertanian," kata Awan.

Sementara, siswa kelas XII Jurusan Agronomi SMKN Pertanian, Muhamad Ramli mengatakan, cara penggunaan pupuk cair ini yakni dengan mencampur satu liter pupuk dengan 10 liter air untuk lahan satu hektare kemudian disemprotkan kepada tanah agar organisme penyubur tanah tumbuh.

"Penggunaan yang tepat pupuk ini yakni pada saat fase generatif atau fase pembungaan dan penggunaannya tidak perlu rutin hanya satu minggu sekali. Kelebihan lain dari pupuk ini, bisa mengembalikan kesuburan tanah dan tidak akan membunuh organisme penyubur tanah," demikian Ramli.

SUMBER

Dengan kata lain keong racun-nya jadi bermanfaat dung...

utk anak SMK satu ini

Berita Lainnya Tentang Pupuk

Mohon dibantu
Syukur2 diberi

Silahkan Mampir Ke Trit Ane yg Lain:
\t
[Wow]Ekstrak Tembakau Bisa Jadi Insektisida Alami
[HOT NEWS] Garuda Indonesia Jadi Sponsor Liverpool
[Info Yamaha Asean Cup U-13]Tim U-13 Indonesia Terinspirasi 'No 9 Palsu' Spanyol
[HOT INFO] Palembang Tuan Rumah Indonesia Terbuka Grand Prix Gold
[BUKAN BERITA BIASA] Video Ungkap Pembentukan Wajah Manusia
Tinggalkan TvOne, Grace Natalie Jadi CEO Lembaga Survei
[HOT INFO] Serial "Para Pencari Tuhan" Dibeli Malaysia
[Wow Keren] Rekor Dunia Mengoper Bola Dipecahkan Di Monas
[Mantabz Gan] UNESCO Tetapkan Wakatobi Sebagai Cagar Biosfir Dunia
[Keren Gan] Ciptakan Mobil Terhemat, ITS Surabaya Juara Se-Asia Pasifik

'KASKUSER YANG BIJAK SELALU MENINGGALKAN JEJAK'

Alhamdulillah...Ini Hot Thread ane yg ketiga
Spoiler for Bukti HT:
karena masih sepi tritnya....PERTAMAX milikTS....

[HEBAT]Siswa SMK Sulap Keong Racun jadi Pupuk Kualitas Super

Ngakak Berita Lainnya Tentang Pupuk

Petani Gorontalo Racik Bensin dan Solar Jadi Pupuk

[HEBAT]Siswa SMK Sulap Keong Racun jadi Pupuk Kualitas Super

Petani di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), mulai memanfaatkan campuran bahan bakar bensin dan solar sebagai pupuk.

Kepala Dinas Pertanian, Zukri Harmain, Kamis (9/2), mengatakan seorang petani di Limboto, Syafrudin, berhasil meracik kedua bahan bakar tersebut sebagai bahan dasar pupuk yang mampu meningkatkan produksi pertanian.

Dengan melakukan uji coba pada kedua bahan bakar tersebut di areal persawahan, Syafrudin mampu meningkatkan produksi pertanian sebesar 40 persen.

"Jika selama ini, banyak orang berpendapat bahwa bahan bakar seperti bensin dan solar bisa membuat tanaman mati, namun dari hasil uji coba yang dilakukan para petani di daerah ini ternyata bisa mementahkan pendapat tersebut," tandas Zukri.

SUMBER

kok bisa ya....
semoga Keong Racun sudah tidak " beracun" dan lebih baik jadi pupuk dari pada jadi Sosis






SOLUSI MENGATASI PANAS KETIKA BERSEPEDA MOTOR
wah mantap sekali infonya...ini harus diteliti lebih jauh.n jangan lupa dipatenkan...

thank for sharing ya TS
Quote:Original Posted By kerajaan.sorga
semoga Keong Racun sudah tidak " beracun" dan lebih baik jadi pupuk dari pada jadi Sosis


wah....si agan suka sosis keong racun?..
ane pikir keong racun sinta jojo, trnyata keong beneran
wih ini dia nih karya anak bangsa,,,, nice info gan,,,
Teryata Sinta dan jojo jadi pupuk gan hahahaha
nais post gan...
bantu::::
anak SMK emang pada kreatif ya
mantap gan

satu lagi karya anak bangsa

semoga didengar para petinggi yang nongkrong di atas, biar jadi produk unggulan yang suskes secara komersil

nampang di pejwan nih
Tidak usah di ragukan lagi...

Kalo siswa/siswi SMK sekarang itu sangat berkualitas...

Salut...
semoga cara bikinnya bisa tersebar luas untuk para petani yang
tidak mampu membeli pupuk mahal
Nah, yang kaya gini ini yang harusnya dikasih beasiswa dan diberikan perhatian lebih.
Bukannya Shinta dan Jojo yang nggak jelas dan kelihatan bego itu!
memang anak smk sekarang pada pinter-pnter and kreatif :
Quote:Original Posted By Zephyr1502
ane pikir keong racun sinta jojo, trnyata keong beneran


agan ini bisa aja, 2 jempol dech untuk idenya ...............
Quote:Original Posted By PSJ
Teryata Sinta dan jojo jadi pupuk gan hahahaha


haduh2...bukan gitu maksudnya,bleduk
oww,......... ide cerdas,........

lanjutin dah,........
Luar biasa gan ,keong racun bisa di jadikan Pupuk supper , perlu berapa keong racun tuh
×